in

Cara Bangun Pagi & Keuntungan Bangun Pagi

Cara Bangun Pagi & Keuntungan Bangun Pagi – Jika sudah mendengar suara ayam berkokok itu berarti sudah menunjukkan waktu di pagi hari. Waktu pagi adalah waktu yang sangat baik bagi tubuh karena kesegaran udara di pagi hari masih segar dan sejuk serta bisa lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Namun, tidak semua orang tahu bahwa bangun di pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan imun tubuh, membuat napas lebih segar, mendapatkan vitamin D, dan lain sebagainya. Semua manfaat itu hanya bisa dirasakan dan didapatkan pada waktu pagi hari. Oleh karena itu ada baiknya membiasakan diri untuk bangun di pagi hari.

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa bangun di pagi hari, awal-awalnya akan canggung dan bingung harus melakukan apa. Ada beragam aktivitas atau kebiasaan yang bisa dilakukan di pagi hari, seperti minum air putih, mandi, dan lain-lain. Dengan demikian, melakukan kegiatan di pagi hari dengan semangat beraktivitas yang positif akan membuat hari-hari menjadi lebih produktif.

Bagi kamu yang belum terbiasa bangun di pagi hari jangan merasa khawatir karena dalam artikel akan diberi tahu cara jitu bangun di pagi hari hingga keuntungan atau manfaat bangun di pagi hari. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Bangun Pagi

Ilustrasi Bangun Pagi
Ilustrasi Bangun Pagi

Meskipun sudah tahu bahwa banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika bangun pagi, tetapi terkadang masih saja sulit untuk bangun di pagi hari. Bagi kamu  yang belum bisa bangun di pagi hari bisa mengikuti tips-tips berikut. Simak cara jitu bangun di pagi hari.

1. Membuang Rasa Malas Bangun Pagi

Membiasakan diri untuk bangun pagi bisa dimulai dengan membuang rasa malas yang ada di dalam diri. Rasa malas ini bisa dikatakan sebagai penyebab diri kamu malas bangun di pagi hari. Oleh karena itu, kamu harus menghindari rasa malas bangun pagi dan membiasakan diri untuk bangun di pagi hari.

Bagi yang belum terbiasa bangun pagi, biasanya tubuh akan kesulitan untuk beradaptasi, tetapi setelah aktivitas bangun pagi dilakukan secara rutin maka tubuh sudah bisa menyesuaikan dan dapat bangun tanpa harus merasa terpaksa.

Untuk membuang rasa malas ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti tidak mengambil selimut ketika mata sudah melek, tidak main hp di atas kasur, dan yang terpenting adalah tidak kembali ke kasur setelah beranjak dari kasur.

2. Tidur Efektif

Jangan terlalu sering begadang karena tidak baik bagi kesehatan dan membuat jam tidur menjadi tidak efektif. Jam tidur yang baik adalah pada awal-awal malam atau sekitar jam delapan malam.

Hal itu dikarenakan empedu aktif mulai aktif bekerja antara jam sebelas malam hingga jam satu dini hari, sedangkan, hati bekerja pada jam satu dini hari. Oleh karena itu, jika pada jam-jam tersebut belum tidur maka bisa merusak alur yang ada pada tubuh.

Tidur yang efektif bisa otot-otot yang ada di dalam tubuh menjadi lebih rileks dan bisa beristirahat setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Tubuh yang awalnya terasa lelah dan capek akan menjadi fit kembali.

Sebaiknya kurangi jam tidur yang terlalu malam apalagi begadang. Dengan demikian, tidur yang efektif bisa memudahkan diri untuk bangun di pagi hari serta membuat diri sendiri lebih semangat dalam memulai aktivitas.

3. Menyusun Jadwal Tidur dan Bangun Tidur

Bila kamu bisa menjaga kualitas tidur maka ketika bangun, tubuh akan terasa lebih fit, dan konsentrasi lebih meningkat. Oleh karena itu, membuat jadwal tidur yang teratur dan cukup dapat membantu memudahkan diri kamu untuk tahu kapan waktu tidur dan kapan harus bangun pagi.

Sudahkah Anda menyusun jadwal tidur dan bangun? Jika belum, segeralah menyusunnya karena dengan menyusun jadwal tersebut maka kualitas tidur akan menjadi lebih baik.

Jika kamu sudah bisa menjaga kualitas tidur dan sudah membuat jadwal kapan harus tidur dan kapan harus bangun maka bangun di pagi hari akan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Jadi, mulai saat ini jangan ragu untuk menyusun jadwal tidur dan bangun.

Tidur yang teratur dan cukup bisa membuat metabolisme kulit dipercepat dan banyak sel-sel tubuh yang menunjukkan peningkatan produksi dan mengurangi kerusakan protein.

4. Hindari Minum Beralkohol dan Kafein Sebelum Tidur

Apakah kamu masih minum minuman beralkohol dan berkafein sebelum tidur? Jika masih minum minuman beralkohol dan berkafein sebaiknya segera dihindari. Hal itu dikarenakan bisa membuat mata melek lebih lama sehingga tidak bisa tidur tepat waktu.

Penelitian menunjukkan bahwa minuman yang mengandung alkohol dan kafein dapat mengganggu kualitas tidur. Terlebih lagi, jika dikonsumsi pada malam hari, bisa menyebabkan perut bergejolak sehingga  tidur pun akan terganggu dan tidak bisa bangun di pagi hari.

Untuk menghindari minuman beralkohol dan berkafein sebelum tidur sangatlah tidak mudah apalagi kalau sudah terbiasa meminum minuman tersebut sejak lama. Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan kebiasaan minum minuman beralkohol dan berkafein, seperti berolahraga, mengganti dengan minuman yang lebih sehat, dan lain-lain.

Dahsyatnya Bangun Pagi Bagi Usaha & Karier
Dahsyatnya Bangun Pagi Bagi Usaha & Karier

tombol beli buku

Buku Dahsyatnya Bangun Pagi bagi Usaha dan Karier akan menceritakan rahasia para pengusaha kakap dan orang terkenal di dunia yang selalu bangun pagi. Seperti halnya, Steve Jobs, Barack Obama, Tony Robbins, dan masih banyak lagi.

Dengan buku ini, kalian akan termotivasi untuk terbiasa bangun pagi dan menjadi sesukses mereka.

5. Hindari Pemakaian Gadget Sebelum Tidur

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan diri kamu bermain gadget sebelum tidur, seperti sedang melakukan chat atau telepon dengan kekasih, menonton film atau drama, bermain media sosial, dan masih banyak lagi.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bermain gadget sebelum tidur sangat menyenangkan. Namun, tanpa disadari dibalik hal yang menyenangkan itu terdapat dampak yang kurang baik bagi tubuh. Bahkan bisa mengganggu jam tidur dan bangun.

Apakah kamu sering bermain gadget sebelum tidur? Jika kamu termasuk orang yang bermain gadget sebelum tidur maka sebaiknya kebiasaan itu segera dihilangkan. Hal itu perlu dilakukan karena bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan yang terpenting bisa bangun pagi.

Dengan demikian, bersegeralah untuk mengurangi kebiasaan buruk ini supaya kamu bisa bangun pagi dan bisa memulai aktivitas dengan tubuh yang fit dan semangat.

6. Membuka Jendela dan Gorden

Cahaya matahari bisa dikatakan sebagai “alarm” yang tidak berbunyi karena dapat memberikan sinyal kapan harus bangun tidur. Cahaya matahari juga dapat meningkatkan kadar serotonin otak atau senyawa kimia yang bisa menambahkan mood.

Pencahayaan yang redup bisa membuat rasa kantuk semakin parah. Oleh karena itu, begitu matahari terbit sebaiknya segera membuka jendela dan hordeng supaya sinar matahari bisa masuk ke kamar. Dengan cahaya matahari, ruangan kamar akan lebih terang dan rasa kantuk berkurang.

Bukan hanya itu, dengan membuka jendela dan gorden oksigen yang masuk akan lebih maksimal sehingga oksigen di dalam rumah tercukupi. Sementara itu, kadar karbondioksida akan menetap di dalam rumah jika ventilasinya tidak maksimal.

Ketika melakukan cara ini maka bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, pertama bangun pagi bisa terwujud, dan yang kedua ventilasi udara akan berjalan maksimal sehingga aliran udara akan mengalir terus menerus.

7. Menggunakan dan Menjauhkan Alarm

Banyaknya aktivitas yang dilakukan sehari-hari adalah salah satu penyebab waktu tidur menjadi berkurang dan bangun pagi menjadi sulit. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk menggunakan alarm supaya bisa bangun pagi tepat waktu.

Alangkah baiknya meletakkan alarm sekitar lima langkah dari tempat kamu tidur dan pilihlah suara alarm yang cukup nyaring. Hal ini penting untuk dilakukan karena ketika alarm sudah berbunyi kamu akan berusaha untuk mematikan alarm  yang berjarak lima langkah tersebut.

Secara tidak langsung, saat mematikan alarm, kaki kamu akan bergerak dan tubuh pun secara otomatis akan ikut bergerak. Supaya rasa kantuk tidak muncul kembali sebaiknya ketika sudah beranjak dari kasur jangan kembali ke kasur lagi. Jika kembali ke kasur lagi besar kemungkinan rasa kantuk muncul kembali dan bangun pagi pun gagal.

8. Hindari Makan Sebelum Tidur

Tidak mengonsumsi makanan sebelum tidur adalah salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk membuat bangun pagi. Makanan yang dikonsumsi sebelum tidur bisa menyebabkan tubuh bekerja lebih keras sehingga jam kerja tubuh bertambah.



Dengan bertambahnya jam kerja pada tubuh bisa mengakibatkan kualitas tidur terganggu. Kualitas tidur yang tidak baik adalah salah satu penyebab sulitnya bangun di pagi hari. Dengan kata lain, untuk menjaga kualitas tidur dan bangun di pagi hari bisa dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan sebelum tidur.

Namun, jika pada malam hari perut terasa lapar sebaiknya segera minum air putih saja. Jika masih terasa lapar sebaiknya tidak makan makanan yang berat karena akan sulit dicerna oleh tubuh.

9. Percaya Bahwa Bangun Pagi itu Sehat

Bangun di pagi hari adalah salah satu cara agar tubuh menjadi sehat. Oleh karena itu, kamu harus menanamkan motivasi pada diri sendiri supaya bisa bangun pagi. Tanamkan di dalam diri bahwa “memulai aktivitas di pagi hari sangat baik bagi kehidupan sehari-hari”.

Tingkat kewaspadaan memori dan konsentrasi pada pagi hari perlahan-lahan akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan suhu tubuh. Dengan kondisi seperti ini pekerjaan atau tugas yang bersifat kognitif akan mudah dikerjakan pada pagi hari. Dengan begitu, penting untuk kamu supaya membiasakan diri untuk bangun pagi.

Dengan tubuh yang sehat maka segala aktivitas akan dilakukan dengan penuh semangat dan bergairah. Bukan hanya itu, pekerjaan akan terselesaikan dengan baik dan maksimal jika kamu bekerja dengan kondisi tubuh yang sehat.

Dahsyatnya Bangun Pagi, Lari Pagi, dan Berfikir Positif bagi Kehidupan Anda
Dahsyatnya Bangun Pagi, Lari Pagi, dan Berfikir Positif bagi Kehidupan Anda

tombol beli buku

Buku ini hadir untuk menjelaskan secara ilmiah dahsyatnya bangun pagi, lari pagi, dan berpikir positif bagi kehidupan anda. Kemudian, dijelaskan pula tips-tips untuk membiasakan hal baik tersebut. Jadi, segera miliki buku ini dan bersiaplah menjalani hidup yang lebih baik!

Keuntungan Bangun Pagi

Bangun pagi mempunyai beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Dengan mengetahui keuntungan atau manfaat bangun pagi siapa tahu kamu jadi tertarik untuk bangun di pagi hari. Berikut keuntungan bangun pagi.

1. Membangun Rasa Percaya Diri 

Manfaat bangun pagi yang pertama adalah bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas. Rasa percaya diri seseorang menunjukkan bahwa orang itu mempunyai karakter yang lebih proaktif sehingga bisa mencapai prestasi yang lebih baik baik itu di dunia pekerjaan atau sekolah.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sinar matahari dapat meningkatkan sirkulasi darah yaitu dengan cara melebarkan pembuluh darah yang ada di kulit. Sirkulasi darah yang lancar maka nutrisi dan oksigen yang dibawa ke sel-sel akan lebih banyak sehingga kesehatan menjadi lebih baik. Selain itu, bisa mengurangi risiko terkena tekanan darah.

3. Bisa Berolahraga Sebelum Beraktivitas

Bangun pagi bisa memberikanmu waktu untuk berolahraga. Olahraga di pagi hari bisa membangunkan rasa semangat dalam diri sehingga ketika bekerja badan sudah dalam keadaan fit dan siap bekerja dengan produktif.

4. Bisa Mendapatkan Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang. Sedangkan fungsi khusus vitamin D adalah membantu pengerasan tulang. Vitamin D juga sangat bermanfaat bagi tubuh karena bisa mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

5. Mengatasi Depresi 

Bangun pagi hari bisa membuat diri kamu mendapatkan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi sangat bagi tubuh khususnya mengeluarkan atau melepaskan endorfin. Endorfin adalah suatu antidepresan alami yang dimiliki oleh tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.

6. Mempunyai Waktu Lebih Sebelum Beraktivitas

Biasanya jika kamu bangun kesiangan maka dalam menjalani aktivitas akan terburu-buru. Kondisi seperti ini bisa membuat diri kamu terlihat seperti tidak ada persiapan memulai hari yang baru.



Namun, hal itu tidak akan terjadi jika bisa bangun pagi. Dengan bangun pagi, waktu yang dibutuhkan untuk persiapan memulai hari baru lebih banyak dan yang terpenting semua hal dapat dilakukan dengan lancar dan tidak terburu-buru.

7. Menambah Mood 

Sinar matahari bisa meningkatkan produksi hormon serotonin atau sebuah hormon yang mengatur suasana hati. Dengan kata lain, kondisi mood akan terus terjaga. Kondisi mood yang terjaga maka suasana hati akan lebih positif serta cara berpikir menjadi lebih tenang dan fokus.

Kaya Raya Berkah Bangun Pagi, Tahajud, Subuh, Dhuha & Sedekah
Kaya Raya Berkah Bangun Pagi, Tahajud, Subuh, Dhuha & Sedekah

tombol beli buku

Bersama lima amal ajaib ajaran Allah dan Rasul-Nya ini, maka Allah Ta’ala akan memudahkan jalan untuk meraih sukses di atas rata-rata, seperti halnya hidup berkah, keluarga harmonis, rezeki melimpah, jauh dari penyakit, tubuh selalu bertenaga, awet muda, dan akhirnya dapat meraih keindahan surga-Nya.

Menariknya lagi, buku ini dilengkapi doa-doa mengundang rezeki sehingga semakin komplet dalam menemani kalian meraih sukses dunia akhirat.

Kebiasaan Saat Bangun Pagi

Bangun pagi memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan kualitas bangun pagi.

1. Minum Air Putih

Biasanya orang malas minum air putih ketika bangun tidur. Padahal kebiasaan itu sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Tubuh sangat rentan mengalami dehidrasi setelah beristirahat 7-8 jam. Oleh karena itu, ketika bangun pagi sebaiknya minum air putih supaya tubuh tidak jadi dehidrasi. Bukan hanya itu, air putih juga bisa memperlancar pencernaan dan membuat tubuh menjadi lebih fit.

2. Buang Air 

Kebiasaan bangun pagi berikutnya adalah kebiasaan buang air. Meskipun terlihat seperti kebiasaan yang jorok, tetapi kebiasaan membuang air setelah bangun pagi ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Zat sisa dalam tubuh sebaiknya segera dikeluarkan karena jika tidak segera dikeluarkan bisa menyebabkan fungsi metabolisme dan pencernaan tubuh lainnya terganggu.

3. Jalan Pagi dan Berjemur 

Sebelum memulai aktivitas seperti bekerja kebiasaan baik yang dilakukan setelah bangun tidur adalah jalan pagi dan berjemur. Rasa semangat dan badan  fit akan bisa dirasakan ketika kamu melakukan jalan pagi dan berjemur setelah bangun pagi.

Jalan pagi dan berjemur juga bisa mendapatkan vitamin D. Vitamin D adalah vitamin yang dapat membantu pembentukan tulang.

Kesimpulan dari Bangun Pagi

Aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang berbeda-beda sehingga kualitas tidur seseorang juga berbeda-beda. Kualitas yang baik bisa dilihat dengan bangun di pagi hari. Kebiasaan bangun pagi ini sebaiknya dilakukan secara teratur supaya tubuh bisa menyesuaikan dan mempunyai jam biologis yang tidak berantakan.

Bangun tidur di pagi hari sekarang juga, jangan ditunda-tunda supaya bisa mendapatkan keberkahan dan manfaat bangun di pagi hari. Jangan ragu untuk memulai kebiasaan bangun pagi ini.

Dahsyatnya Berkah Bangun Pagi, Tahajjud, Subuh & Dhuha
Dahsyatnya Berkah Bangun Pagi, Tahajjud, Subuh & Dhuha

tombol beli buku

Di antara jalan untuk meraih keberkahan dari Allah adalah dengan menanamkan semangat untuk hidup produktif, penuh optimisme, serta menyingkirkan sifat malas sejauh-jauhnya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan karunia Allah dengan hal-hal yang berguna dan mendatangkan kemaslahatan bagi hidup kita. Termasuk di antaranya memanfaatkan waktu yang paling baik untuk beraktivitas dan memulai hari, yakni pagi hari.

Buku ini akan mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang lebih produktif, khususnya di pagi hari.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha