in

12 Cara Mengembalikan Semangat Kerja yang Hilang

Pengertian Semangat Kerja – Apa yang dimaksud dengan semangat kerja? Semangat kerja atau dalam padanan bahasa Inggris disebut employee morale adalah suatu hal yang sangat penting dalam melakukan sebuah usaha, baik bersama sekelompok orang atau organisasi.

Kemudian semangat kerja juga bisa diartikan sebagai bukti pengabdian seseorang terhadap pekerjaan yang ditekuninya. Terlepas dari itu semua, semangat kerja setiap karyawan merupakan gambaran emosi, kepuasan, dan keseluruhan sikap terhadap tempat kerja.

Produktivitas yang berhubungan langsung dengan pekerjaan menjadi salah satu bentuk strategi yang efektif dalam meningkatkan semangat kerja. Kehadiran, kedisiplinan, dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab menjadi gambaran semangat kerja karyawan yang terlihat begitu nyata.

Semangat kerja atau employee morale akan sangat memengaruhi produktivitas dan potensial kerja pada suatu perusahaan. Semangat kerja dapat terlihat dari sejauh mana orang tersebut menunjukkan keadaan psikologis yang positif.

Pemimpin perusahaan kerap menyepelekan semangat kerja karyawannya. Padahal bagi karyawan itu sendiri semangat kerja adalah hal yang penting untuk mengerahkan segala kemampuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan pekerjaan.

Apabila setiap karyawan memiliki semangat kerja yang tinggi, mereka akan menyelesaikan tugas dengan cepat. Kemudian kinerja maupun hasilnya akan memberikan kepuasan tersendiri pada perusahaan. Melalui penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa semangat kerja atau employee morale adalah kondisi mental yang dapat memengaruhi seseorang untuk melakukan pekerjaan lebih giat dan bertanggung jawab.

Faktor yang Memengaruhi Semangat Kerja atau Employee Morale

Lalu ada beragam faktor yang dapat memengaruhi semangat kerja atau employee morale seseorang, yakni gaji atau upah, minat seseorang terhadap pekerjaan yang dilakukannya, status sosial pekerjaan, tujuan pekerjaan, dan suasana kerja atau hubungan dalam pekerjaan.

tombol beli buku

Ada beberapa aspek yang dapat memengaruhi semangat kerja atau employee morale seseorang, yakni afektif, tujuan masa depan, dan interpersonal. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Afektif (affective)

Aspek yang satu ini dapat memengaruhi semangat kerja seseorang, seperti merasa dihargai dan dianggap serius, dukungan, komunikasi, dan harga diri.

Misalnya, Grameds adalah seorang karyawan yang mendapat pengakuan setelah menyelesaikan tugas dengan baik.

Hal tersebut adalah salah satu contoh bentuk afektif yang tinggi pada karyawan. Kemudian contoh afektif yang rendah pada karyawan adalah ketika seseorang merasa tidak adil apabila hasil kerjanya dikritik atau tidak dipuji sesuai dengan harapan yang diinginkannya.

2. Tujuan masa depan (future)

Pandangan akan masa depan dan kemajuan menjadi salah satu aspek yang dapat memengaruhi semangat kerja seseorang. Misalnya, Grameds adalah seorang karyawan yang merasa tidak mengalami kemajuan atau merasa gagal dalam suatu pencapaian yang telah ditargetkan. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dari tujuan masa depan yang rendah.

3. Interpersonal

Interpersonal adalah salah satu aspek yang dapat memengaruhi semangat kerja kamu, misalnya pengaruh orang lain dan hubungan dengan orang lain. Pengaruh dari orang lain bisa kamu dapatkan melalui kontribusi, perasaan bangga, kerja sama, dan pekerjaan yang kamu anggap menarik. Lalu hubungan dengan orang lain bisa kamu dapatkan melalui atmosfir perusahaan yang baik.

12 Cara Mengembalikan Semangat dalam Bekerja

Salah satu kunci keberhasilan yang harus mulai kamu terapkan adalah semangat kerja. Semua orang mulai dari pemilik bisnis, eksekutif, dan manajer ingin mendapatkan hasil kerja nyata yang maksimal dari karyawannya.

Di satu sisi, karyawan kerap terjebak dalam rutinitas kerja yang itu-itu saja. Sejak diharuskan bekerja dari rumah atau work from home, pekerja mulai kelelahan dengan segala rutinitas baru.

Rutinitas yang dianggap melelahkan dan juga membosankan adalah berada di depan komputer sepanjang hari, mengikuti rangkaian rapat online, dan mulai tenggelam dalam tumpukan proyek. Alhasil pekerjaan yang tadinya kamu cintai jadi terasa membosankan dan semangat kerja menurun drastis.

Semua orang pasti pernah mengalami rasa penat dan jenuh dalam bekerja. Deadline yang menumpuk, tugas dan tanggung jawab yang perlu diselesaikan, dan target pencapaian kerap menjadi beban kerja bagi para karyawan, termasuk kamu.

Sadar atau tidak, semua hal itu dapat menurunkan semangat dan motivasi kamu. Jika benar terjadi, maka bisa berdampak buruk terhadap kinerja kamu dan semakin menyulitkan dirimu untuk mengembangkan karier.

Psst… Sengsara dengan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home tak perlu dijadikan alasan. Sekarang saatnya kamu bangkit untuk mulai membuka lembaran baru demi rutinitas kerja penuh semangat dan produktif.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

tombol beli buku

Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa Grameds lakukan untuk mengembalikan semangat kerja agar semakin membara, sehingga produktivitas kamu semakin meningkat.

1. Temukan hal yang membuatmu bahagia

Menemukan hal yang membuatmu bahagia mungkin memang terdengar klise, tapi percayalah cara yang satu ini akan membantumu meningkatkan semangat kerja. Tak perlu ambil pusing apa yang kamu lakukan atau di mana kamu berada, mulailah bahagia sejak detik ini.

Hal tersebut bisa kamu lakukan sesederhana mencari sesuatu untuk disyukuri. Setidaknya setiap orang punya satu hal kecil untuk disyukuri. Banyak hal yang bisa kamu syukuri saat work from home. Entah secangkir kopi hangat di pagi hari, terbebas dari kemacetan, hingga memiliki waktu berkualitas bersama keluarga di rumah.

2. Menata meja kerja senyaman mungkin

Meski bekerja dari rumah atau work from home, kenyamanan meja kerja juga perlu diperhatikan. Meja kerja yang berantakan adalah sebuah tanda pikiran yang berantakan pula. Nyatanya, waktu yang kamu habiskan hanya untuk mencari kertas-kertas penting yang terselip di suatu tempat adalah waktu tambahan yang bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Jika Grameds menginginkan semangat kerja yang tinggi, coba luangkan waktu sebentar untuk merapikan dan membersihkan meja kerja kamu.

Grameds juga bisa menghias meja kerja dengan gaya khas kamu, seperti meletakkan foto keluarga atau orang terkasih, memajang poster idola kesayangan, dan menaruh boneka pajangan. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan suasana yang nyaman untuk bekerja.

3. Istirahat ketika jenuh

Menumpahkan segala tenaga dan pikiran untuk bekerja setelah menikmati secangkir kopi dan sarapan sejenak di pagi hari menjadi waktu yang paling tepat. Begitu jarum jam mulai bergeser menuju sore hari, rasanya mata mulai terasa berat, bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, coba bangkit sejenak dari kursi kerjamu untuk jalan-jalan sebentar atau mengisi air minum di dapur.

Atau kamu juga bisa pergi ke toilet untuk sekadar mencuci muka. Selingan singkat ini benar-benar dapat meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja. Untuk kembali memelototi pekerjaan dengan kondisi mata yang segar, kamu perlu memompa aliran darah segar mengalir lancar.

4. Kurangi multitasking

Meski pekerjaan kamu erat hubungannya dengan multitasking, bersikeras untuk menghabiskan lebih dari satu tugas secara bersamaan justru dapat membuang waktu berharga yang kamu miliki.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mencoba untuk melakukan dua atau lebih pekerjaan/kegiatan secara bersamaan memiliki pikiran yang mudah teralihkan. Kemudian multitasking juga dapat memperburuk kualitas pekerjaan kamu.

Fokus menyelesaikan satu tugas dari waktu ke waktu sebelum beralih ke proyek berikutnya menjadi kunci utama menjaga semangat kerja.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

5. Hindari makan siang yang terlalu banyak

Makan siang yang membabi buta saat kelaparan justru hanya akan menaik-turunkan gula darah kamu dengan cepat. Akibatnya Grameds justru akan merasa lesu dan mulai mengantuk di sore hari. Sebaiknya Grameds membagi porsi makan dalam 4-5 kali sesi camilan sehat yang kaya akan serat, protein, dan antioksidan.

Camilan sehat dengan porsi makan tersebut dapat membantu kamu tetap kenyang dan fokus lebih lama. Grameds bisa mengatur camilan sehat, seperti secangkir greek yogurt dan granola bar menjelang makan siang. Kemudian porsi makan selanjutnya bisa dengan semangkuk oatmeal dengan berbagai jenis topping, seperti granola, madu, dan buah-buahan di sore hari.

6. Tersenyumlah

Mengenang berbagai memori indah akan membantumu tersenyum. Kata “senyum” adalah sesuatu yang sederhana, tetapi dapat meningkatkan kebahagian kamu saat bekerja. Jika Grameds ingin membuat pekerjaan terasa lebih baik dan hasilnya maksimal, tetap tersenyum dan semangat.

7. Lakukan ritual penyemangat

Apa kamu termasuk orang yang lebih suka memulai hari dengan tenang, lengkap dengan kehadiran secangkir kopi hangat dan koran di tangan? Atau kamu adalah orang yang lebih bersemangat jika mengisi ulang tenaga dengan memulai hari lewat dentuman musik rock?

Apa pun itu, lakukanlah. Lakukan berbagai hal yang dapat membantumu mendorong semangat dan mood positif di pagi hari sebelum mulai bekerja.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa tubuh dan mental membutuhkan daya yang perlu diisi ulang untuk menjadi lebih bahagia sebelum mengerjakan sesuatu. Dengan begitu Grameds akan bekerja lebih baik.

8. Beri penghargaan untuk diri sendiri

Banyak orang mengabaikan cara yang satu ini, yakni penghargaan untuk diri sendiri. Sebagian besar orang kerap mengabaikan diri sendiri dan hanya memfokuskan diri untuk bekerja, bekerja, dan bekerja.

Namun, ketika sudah merasa lelah, malas, dan kurang bergairah kamu baru sadar akan dampaknya. Bekerja tanpa memberikan penghargaan untuk diri sendiri hanya akan menguras pikiran dan tenaga kamu.

Yang dimaksudkan dengan memberi penghargaan pada diri sendiri adalah berupaya memanjakan diri atau menyenangkan diri sendiri dengan berbagai kegiatan positif yang akan membantumu membangkitkan semangat baru dan motivasi baru.

Lakukanlah kegiatan yang bisa membuat kamu rileks, seperti berkumpul bersama teman dan keluarga, menyalurkan hobi, liburan, atau bahkan berbelanja. Jadi, mulai sekarang luangkan sedikit waktu untuk memberi penghargaan pada diri sendiri.

tombol beli buku

9. Cintai Pekerjaanmu

Melakukan pekerjaan apa pun akan terasa berat dan menjadi beban jika tidak mencintai pekerjaan tersebut. Grameds perlu belajar untuk mencintai pekerjaan dengan segala tugas dan tanggung jawab di dalamnya. Jika kamu melakukan suatu pekerjaan dengan senang hati, tentu akan mendapatkan hasil yang terbaik pula. Karier beserta kenaikan gaji akan segera menghampirimu jika kamu membangun kinerja yang baik. Jadi, penting untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang sudah ada di depan mata.

10. Jangan takut dan ragu

Apabila kamu memiliki rasa takut dan ragu yang berlebihan, motivasi beserta semangat kerja bisa saja redup. Hal tersebut bisa menurunkan performa dan merugikan diri sendiri. Grameds perlu melawan rasa takut dan ragu yang bersarang dalam diri.

Tunjukkan keahlian dan kemampuan kamu dengan bekerja secara maksimal. Ada beragam cara untuk dapat mengatasi rasa takut dan ragu, seperti bertemu dengan teman atau mencari kegiatan positif yang kamu anggap ampuh mengembalikan semangat dan motivasi kerja.

11. Banyak pengangguran yang menginginkan pekerjaanmu

Saat kamu merasa gairah bekerja mulai kendur, buka mata dan lihatlah bahwa di luar sana masih banyak pengangguran yang berusaha mati-matian mencari pekerjaan atau bahkan menginginkan pekerjaan kamu sekarang.

Pikirkan bahwa kamu adalah orang yang beruntung bisa memiliki pekerjaan, gaji tetap, dan bisa beli ini itu tanpa harus mengemis pada orang tua. Jangan selalu melihat ke atas, cobalah sesekali melihat ke bawah. Dengan begitu kamu bisa lebih bersyukur dan semangat kerja kamu secara perlahan akan bangkit.

12. Memotivasi diri sendiri

Motivasi terbaik sejatinya berasal dari diri kamu sendiri. Kemudian tak ada salahnya jika kamu meminta motivasi dari orang tua atau orang-orang terdekat di sekitar agar kamu semangat dalam bekerja. Segala pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati dan maksimal akan mengantarkan kamu pada tujuan-tujuan yang ingin dicapai.

 

Baca juga :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila