in

Begini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP – Grameds tentu sudah mengetahui betapa canggihnya kamera yang tersedia di handphone (HP) saat ini. Kita bisa dengan mudah menemukan kamera HP dengan megapixel yang cukup tinggi. Kecanggihannya membuat kita bisa lebih leluasa dalam memotret sesuatu, dan menghasilkan foto yang bagus.

Jika dulu Grameds memerlukan foto dengan kualitas tinggi, kita biasanya menggunakan kamera DSLR agar mendapatkan hasil foto yang bagus. Sekarang, hanya bermodalkan HP saja, kualitas foto yang dihasilkan bisa menyamai kualitas foto kamera DSLR. Ini membuat kita beralih untuk dari memotret menggunakan kamera DSLR, memakai kamera HP.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Namun, apapun alat yang kita gunakan untuk memotret, terkadang ada saja masalah yang bisa menimpa kita. Salah satu kejadian yang umum terjadi ketika kita sedang mengambil foto adalah foto yang kita hasilkan terhapus, baik sengaja maupun tidak sengaja.

Ketika kita mengetahui kalau foto yang kita simpan terhapus, tentu kita akan mencari cara mengembalikan foto yang terhapus di HP kita. Meskipun ada beberapa yang bisa dibiarkan saja, terdapat pula alasan kenapa kita ingin mengembalikan foto yang terhapus di HP.

  • Foto yang terhapus merupakan kenang-kenangan bersama seseorang yang dekat dengan kita, seperti orang tua, adik, teman, atau pacar. Dan kemungkinan akan sulit untuk bertemu lagi dengan orang tersebut, sehingga kita ingin menyimpan foto tersebut.
  • Foto yang terhapus adalah foto penting dan nantinya akan digunakan untuk keperluan lain, seperti foto alamat jalan, foto ruangan rumah, atau foto dokumen, sehingga penting bagi kita untuk tidak kehilangan foto tersebut.
  • Foto yang terhapus yaitu foto yang momennya akan sulit terulang. Foto-foto ini biasanya berupa foto peristiwa yang unik, sehingga kita bisa secara spontan mengabadikannya di kamera HP kita. Peristiwa ini misalnya berupa pertemuan dengan idola, melewati pemandangan menarik, atau kejadian lain yang sulit dicerna oleh akal sehat.

Selain itu, terdapat juga sejumlah faktor yang bisa menyebabkan foto terhapus di HP. Namun, jika ditarik secara garis besar, ada 2 faktor utama kenapa peristiwa ini bisa terjadi, yaitu faktor manusia dan faktor perangkat. Berikut penjelasan faktor-faktor tersebut agar Grameds bisa menghindari kejadian tersebut ke depannya.

[algolia_carousel]
  • Faktor manusia: Penyimpanan nama file foto kurang tepat, lupa di mana menyimpan foto sehingga mengira foto terhapus, tidak memilah-milih ketika sedang menghapus foto, dsb.
    Faktor perangkat: HP, perangkat penyimpanan foto, atau aplikasi penyimpanan foto mengalami error hingga diserang virus, foto mengalami corrupt, dsb.
  • Foto yang terhapus di HP memang terlihat agak sulit untuk dikembalikan. Namun, itu bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Terdapat sejumlah cara mengembalikan foto yang terhapus di HP, berdasarkan jenis HP, tempat penyimpanan, serta aplikasi yang Grameds miliki.

Tetapi, tentu saja kehilangan foto di HP tidak akan menyurutkan keinginan Grameds untuk memotret dengan HP bukan? Grameds yang memiliki ketertarikan dalam dunia fotografi, bisa mencoba membaca buku “Smartphone Photography“, untuk menambah keahlian Grameds dalam memotret menggunakan HP.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Mengembalikan Foto yang Terhapus di Aplikasi Penyimpanan (Cloud)

Aplikasi penyimpanan (cloud) adalah aplikasi yang membantu kita untuk menyimpan file kita sebagai backup jika file yang berada di perangkat kita mengalami masalah. Saat ini, sudah banyak sekali aplikasi penyimpanan seperti Google Drive, Dropbox, dan iCloud.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan juga kalau kita masih bisa kehilangan file di aplikasi ini, termasuk foto-foto. Alasannya beragam, mulai dari terhapus ketika membersihkan file lama, salah menghapus file, atau file mengalami corrupt karena mengalami gangguan.

Untungnya, tidak sulit untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP, jika foto tersebut tersimpan di aplikasi penyimpanan ini. Grameds hanya perlu mencari foto tersebut di bagian trash atau sampah aplikasi penyimpanan, dan memilih tulisan restore atau pulihkan foto yang terhapus.

Alasan foto-foto ini bisa dengan mudah dikembalikan adalah karena foto-foto tersebut berada di bagian penyimpanan sampah dan tidak terhapus secara permanen. Tetapi Grameds harus berhati-hati, karena mayoritas aplikasi penyimpanan hanya menyimpan foto tersebut selama 30 hari. Lebih dari itu, foto biasanya akan terhapus secara permanen.

Mengembalikan Foto yang Terhapus di SD Card

SD Card juga merupakan salah satu tempat yang biasa digunakan banyak orang untuk menyimpan file mereka di HP, termasuk foto. Kelebihan dari SD Card adalah bisa dipindahkan ke berbagai perangkat lain dengan cepat dan tidak perlu menunggu waktu lama untuk memindahkan file mereka ke perangkat lain menggunakan aplikasi tertentu.

Namun, kerap terjadi peristiwa file di dalam SD Card di HP terhapus. Lebih buruk, terkadang alasan file terhapus bukan karena keinginan kita sendiri, tetapi karena faktor lain seperti SD Card yang sudah rusak atau karena terserang oleh virus.

Mengembalikan foto yang terhapus di SD Card bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Namun, prosesnya cukup panjang dan terkadang tidak ada jaminan bagi kita untuk melihat foto yang terhapus bisa kembali lagi. Bagi Grameds yang ingin mengembalikan foto yang terhapus di SD Card HP, berikut cara yang bisa dicoba.

  • Mengunduh aplikasi untuk mengembalikan gambar. Hal ini akan lebih mudah jika dilakukan di komputer atau laptop. Beberapa contoh dari aplikasi tersebut yaitu EaseUS Data Recovery Wizard, Stellar Photo Recovery, dan Disk Drill Photo Recovery.
  • Memasukan SD Card ke dalam komputer atau laptop. Alangkah baiknya bagi Grameds untuk melakukan scanning SD Card terlebih dulu, untuk menghindari potensi adanya virus di SD Card Grameds.
  • Prinsip dari aplikasi-aplikasi ini cukup mirip. Grameds memilih ruang penyimpanan mana yang Grameds inginkan untuk dikembalikan datanya. Dalam kasus ini, Grameds memilih SD Card sebagai ruang penyimpanan yang ingin dikembalikan datanya.
  • Lalu, pilih scan untuk mencari file apa saja yang terhapus. Grameds nantinya akan disajikan dengan file di SD Card yang sebelumnya pernah terhapus. Setelah itu, Grameds bisa memilih mengembalikan foto mana saja yang ingin dikembalikan, dan memilih recover now.
  • Foto-foto yang terpilih akan kembali ke ruang penyimpanan yang sebelumnya telah terhapus. Setelah ini, Grameds sebaiknya memindahkan foto-foto yang ada di SD Card ke ruang penyimpanan lain, dan memastikan SD Card tersebut aman digunakan untuk menyimpan foto.

Aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas tersedia gratis dan bisa membantu Grameds untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP. Jika Grameds juga tertarik menggunakan aplikasi gratis untuk mengedit video, buku “Aplikasi Gratisan Audio-Video Editor Online” dapat membantu Grameds mencari aplikasi gratis sesuai keperluan Grameds.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Mengembalikan Foto yang Terhapus di Ruang Penyimpanan HP

Normalnya, ketika kita memotret menggunakan HP, foto yang dihasilkan akan otomatis tersimpan ke internal storage atau ruang penyimpanan HP. Dan ruang penyimpanan HP ini cukup aman untuk menyimpan foto-foto yang sudah kita abadikan.

Sayangnya, lagi-lagi ada kalanya foto yang tersimpan di ruang penyimpanan HP terhapus begitu saja. Hal ini bisa terjadi baik karena kesalahan penggunanya sendiri, atau adanya masalah yang terjadi di HP kita.

Kesalahan yang biasa kita lakukan dan bisa menyebabkan foto terhapus di HP adalah ketika kita menghapus file kurang penting di HP. Kita tidak menyadari kalau foto tersebut merupakan bagian yang juga akan dihapus oleh HP.

Sementara itu, ada kalanya HP kita mengalami masalah seperti error dalam aplikasinya, terserang virus yang berasal dari suatu sumber, atau menimbun terlalu banyak sampah di dalamnya. Hal ini bisa berpotensi membuat file dalam HP, termasuk foto, terhapus begitu saja.

Lebih buruk, cara mengembalikan foto yang terhapus di HP jika tersimpan di ruang penyimpanan HP terbilang sulit. Ini disebabkan karena HP kita saat ini tidak lagi menggunakan sistem “USB Mass Storage”, yang memperbolehkan kita mengakses file yang hilang.

Untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP, Grameds memerlukan HP yang sudah melewati proses rooting. Proses rooting merupakan salah satu cara untuk mendapat kebebasan lebih dalam mengatur serta memodifikasi HP sesuai kemauan tanpa halangan.

Tetapi, proses rooting memiliki beberapa kekurangan. HP yang sudah melalui proses rooting bisa jadi semakin rentan terkena serangan virus dari aplikasi mencurigakan, dan berpotensi untuk merusak sistem. HP juga bisa mengalami kerusakan permanen ketika proses rooting berlangsung, terlebih jika penggunanya tidak memahami cara melakukan rooting.

Oleh karena itu, Grameds tidak disarankan melakukan rooting hanya untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP, karena ada kemungkinan seluruh data di HP menghilang jika tidak memahami cara rooting di HP.

Tetapi, jika Grameds sudah melakukan proses rooting di HP masing-masing, terdapat cara menggunakan aplikasi, yang bisa mengembalikan foto yang hilang di HP. Berikut langkah-langkah yang Grameds bisa coba terapkan.

  • Mengunduh aplikasi untuk mengembalikan gambar. Beberapa dari aplikasi ini ada yang berbayar, namun tidak sedikit juga yang bisa diunduh secara gratis. Contoh aplikasi yang bisa digunakan adalah DiskDigger Photo Recovery, DigDeep Image Recovery, dan Photo Recovery – Restore Image.
  • Pilih bagian full scan, dan pilih untuk melakukan scanning di internal storage Untuk mencari foto-foto yang terhapus, Grameds bisa memilih format file JPG atau PNG. Format tersebut adalah format yang paling umum digunakan untuk menyimpan foto.
  • Setelah itu, aplikasi akan memindai HP kalian untuk mencari foto-foto yang sebelumnya terhapus. Ada kemungkinan kalau Grameds akan menemukan ratusan foto lain yang sebelumnya pernah terhapus. Grameds bisa melakukan filter, seperti filter ukuran foto atau tanggal pengambilan foto, untuk mencari foto spesifik yang ingin dikembalikan.
  • Jika Grameds sudah menemukan foto yang hilang, foto tersebut bisa di-recover, dan disimpan di tempat penyimpanan yang biasa digunakan untuk menyimpan foto, yakni di dalam folder Digital Camera Images (DCIM).

Perlu diketahui, kalau banyak dari aplikasi tersebut tidak selalu bisa mengembalikan foto yang sudah terhapus. Seperti yang sudah dijelaskan, beberapa foto bisa saja mengalami corrupt karena satu dan lain hal, sehingga tidak bisa dikembalikan.

Cara Menjaga Agar Foto Tidak Terhapus

Ada pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan”, yang memiliki arti sebagai “lebih baik bersiap daripada menyesal”. Oleh karena itu, lebih baik Grameds mempelajari cara apa saja yang bisa Grameds gunakan kedepannya, untuk menghindari kemungkinan foto yang terhapus di HP.

Sebenarnya, terdapat berbagai cara untuk menghindari foto yang terhapus di HP. Tidak hanya itu, cara-cara ini juga tidak sulit untuk diterapkan. Namun, terkadang kita menyepelekan dan menunda cara-cara ini, sehingga kita lupa dan akhirnya mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Cara-cara yang akan disampaikan di bawah ini diharapkan mampu untuk meminimalisir resiko foto terhapus, baik karena kesalahan kita sendiri maupun akibat faktor-faktor lain.

[algolia_carousel page=2]
  • Memberi nama file foto dengan tepat. Terkadang, foto yang terhapus di HP disebabkan karena kita tidak mengetahui persis nama file foto tersebut. Oleh karena itu, jika foto tersebut merupakan foto penting, sebaiknya Grameds memberi nama file foto tersebut dengan nama yang mudah diingat.
  • Memeriksa keamanan HP, perangkat penyimpanan, dan aplikasi penyimpanan. Ini dilakukan untuk mencegah foto terhapus karena faktor-faktor lain di luar kehendak kita. Cara-cara yang bisa kita lakukan meliputi membersihkan cache, install antivirus, dan menggunakan aplikasi resmi untuk menyimpan foto.
  • Menduplikat foto. Foto-foto yang ada di HP bisa diduplikat. Untuk menduplikat foto, bisa dilakukan di HP masing-masing, atau di laptop dan komputer, dengan cara copy dan paste foto dari satu folder ke folder Tujuannya agar ketika salah satu foto terhapus, kita masih memiliki foto lain sebagai cadangan.
  • Melakukan backup ke aplikasi penyimpanan. Untuk memastikan kalau foto-foto yang kita punya benar-benar aman, Grameds bisa mengunggah foto-foto tersebut ke aplikasi penyimpanan. Selain keamanannya lebih terjaga, foto yang hilang bisa lebih mudah untuk dikembalikan, seperti penjelasan sebelumnya.

Kelebihan lain dari aplikasi penyimpanan adalah mereka multiplatform atau bisa digunakan di berbagai jenis HP. Jika Grameds ingin mengetahui apa saja aplikasi multiplatform yang tersedia, buku “Best Multiplatform Apps For Smartphone” dapat menjadi panduan Grameds untuk mendapat informasi terkait aplikasi multiplatform saat ini.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Kesimpulan

Memotret dengan HP menjadi kegiatan yang mengasyikan bagi sejumlah orang, terlebih dengan kemampuan kamera HP saat ini yang bisa menyamai kamera DSLR. Penggunaannya yang juga semakin sederhana, membuat kita semakin mudah untuk mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang baik.

Kendati demikian, aktivitas ini bukan tanpa halangan. Meskipun zaman sudah semakin maju, peristiwa kehilangan foto di HP masih bisa terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Dan penyebabnya hampir bisa dipastikan karena kelalaian kita dalam menjaga foto-foto itu.

Oleh karena itu, jika Grameds ingin memastikan kalau foto-foto di HP tidak hilang, Grameds harus selalu teliti dalam menjaga foto-foto tersebut. Meskipun terdapat cukup banyak cara mengembalikan foto yang terhapus di HP, kenyataannya masih ada kemungkinan kalau foto tersebut terhapus dan tidak bisa lagi dikembalikan.

Cukup sampai di sini saja artikel kali ini. Semoga Grameds bisa selalu menjaga foto-foto yang berada di HP Grameds. Karena, bisa saja foto yang Grameds dapatkan merupakan momen berharga dan akan sulit untuk diulang di masa mendatang.

Jika Grameds memiliki minat lebih lanjut di bidang teknologi maupun fotografi, Grameds bisa mengunjungi situs www.gramedia.com untuk mencari buku yang sesuai dengan keperluan Grameds untuk mengembangkan minat dan passion. Karena Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas, selalu berusaha untuk terus menyiapkan buku-buku berkualitas untuk keperluan Grameds.

Penulis: M. Adrianto S.

BACA JUGA:

  1. 6 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Segala Kondisi 
  2. Cara Menghapus Akun Google dari Laptop dan Ponsel Tanpa Ribet 
  3. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer dan Handphone 
  4. 6 Cara Mengatasi Lupa Password di Laptop 
  5. Cara Mengetahui HP Disadap, Tanda-Tanda, dan Solusinya 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda