in

9 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran serta Manfaat Hati Tenang

pixabay.com

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran – Rasa gelisah yang kemudian dirasakan oleh tubuh dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Biasanya, saat pikiran cemas akan mengganggu pola tidur, nafsu makan, dan lain sebagainya. Sementara itu, memiliki pikiran yang tenang juga akan membantumu terhindar dari hal-hal tidak baik seperti diantaranya stres, gangguan mental, hingga kesehatan fisik yang menurun.

Namun, terkadang masih ada sebagian orang yang belum mengetahui cara untuk menenangkan hati dan pikiran. Jika kamu belum mengetahui caranya jangan cemas karena pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang cara menenangkan hati dan pikiran dan manfaat hati dan pikiran tenang.

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

 

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara menenangkan hati dan pikiran yang perlu kamu ketahui.

1. Mengatur Pernapasan

Cara menenangkan diri saat merasa cemas diantaranya adalah dengan mengatur pernapasan. Tariklah nafas melalui hidung serta keluarkan dari mulut. Lakukan hal ini secara berkala hingga kemudian pikiran menjadi lebih tenang. Latihan sederhana ini juga akan membantu oksigen mengalir lebih banyak ke otak. Dengan begitu, pikiran menjadi lebih mudah terbebas dari masalah yang mengganggu mental.

2. Mengalihkan Pikiran ke Hal Positif

Kamu dapat mulai menenangkan diri dengan melakukan kegiatan olahraga ringan sekitar 15 sampai 30 menit. Kegiatan ini juga akan membantu tubuh melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin juga akan membuat suasana perasaan menjadi lebih baik, fokus, serta mengontrol pola tidur menjadi lebih terjaga. Jadi, pastikan untuk rutin melakukan olahraga secara rutin.

3. Mengambil Waktu untuk Liburan

Menenangkan pikiran juga dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal berbeda dari biasanya. Carilah aktivitas yang akan menjernihkan pikiran seperti piknik ke gunung, bukit, ataupun menikmati alam yang jauh dari perkotaan. Melakukan kegiatan seperti itu diyakini dapat membantumu dalam melepaskan ketegangan, stres, tekanan darah, dan lain sebagainya.

4. Melakukan Meditasi

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran
pixabay.com

Ketenangan akan menjadi kunci untuk meraih ketenangan pada diri. Hal ini sendiri dapat dilakukan dengan melakukan meditasi selama satu hingga dua jam. Dalam waktu tersebut, kamu dapat menenangkan pikiran yang gelisah.

Jauhkan semua pikiran negatif kemudian biarkan tubuh merasa puas dalam keadaan damai. Lalu, nikmatilah juga ketenangan yang tercipta karena keseimbangan antara perasaan dan pikiran.

5. Mensyukuri Semua Kondisi yang Dialami

Cara menenangkan diri selanjutnya adalah dengan belajar mensyukuri semua kondisi yang dialami. Katakan terima kasih pada hal-hal baik walau sederhana namun sering terabaikan. Dengan menggunakan cara ini bisa membantu pikiran menjadi lebih siap serta menerima setiap kondisi yang ada.

Jadi, mulailah bersyukur untuk kesehatanmu, makanan yang masih bisa dinikmati, serta pertolongan kecil lainnya dari orang yang mungkin tak dikenal. Pastikan juga untuk mulai memahami serta membaca lingkungan sekitar dengan jeli.

6. Fokus pada Saat Ini

Sering kali, hal yang akan membuatmu merasa tidak tenang adalah karena kamu terlalu fokus memikirkan kejadian di masa lalu serta mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Hal ini juga tentunya dapat membuat hati serta pikiran menjadi tidak tenang. Solusinya adalah dengan fokus pada apa yang terjadi saat ini.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Lalu, pilihlah juga suatu objek serta fokus dengan objek tersebut dan amati juga bagaimana bentuknya. Jiak perlu sentuh objek tersebut agar terasa lebih nyata. Selain objek, kamu juga perlu merasa hadir pada aktivitas yang sedang kamu lakukan saat ini.

Jika kamu sedang makan, maka pusatkanlah pikiran serta perhatianmu pada makanan yang sedang kamu makan. Kemudian, jika kamu sedang membaca, fokuslah kepada apa yang kamu baca. Hal ini juga akan membantumu merasa lebih hadir sekaligus akan membuatmu merasa tenang karena tidak perlu mengkhawatirkan apa yang telah dan akan terjadi.

7. Batasi Aktivitas Online

Aktivitas online kemudian akan menimbulkan stres. Membatasi aktivitas online juga akan membuatmu merasa lebih tenang. Informasi yang kamu baca juga akan mempengaruhi suasana hatimu.

Misalnya, kamu tengah mencari pekerjaan sementara kamu melihat postingan kesuksesan temanmu di tempat kerjanya. Hal ini juga tentunya akan membuatmu merasa sedih serta tidak nyaman. Jadi, kamu perlu memberikan jeda dari aktivitas di dunia maya agar kemudian menenangkan hati serta pikiranmu dari hiruk-pikuk dunia.

8. Berikan Reaksi yang Tepat

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran
pixabay.com

Kendalikan responmu dengan baik terhadap situasi yang terjadi. Terdapat banyak hal yang terjadi di luar kendalimu. Misalnya, pada perlakuan orang lain terhadapmu serta berbagai situasi yang terjadi. Hal ini tentu saja tidak dapat kamu perkirakan serta kendalikan.

Kamu juga hanya bisa mengendalikan responmu terhadap situasi yang terjadi. Jadi, penting bagi kamu untuk dapat menilai serta memilah respon seperti apa yang dapat kamu berikan terhadap situasi yang terjadi. Misalnya, ketika kamu sedang menghadapi masalah, apakah kamu kemudian akan memberikan respon yang agresif ataupun tetap bersikap tenang. Respon ini juga akan mempengaruhi kondisi ketenangan hati dan pikiranmu.

9. Lakukan Banyak Kegiatan

Lakukan kegiatan dengan aktif yang kemudian akan membuatmu teralihkan dari segala pikiran buruk yang akan menghantui pikiranmu. Lakukan kegiatan aktif yang akan membuatmu senang sesuai dengan hobimu. Seperti misalnya lari, senam, serta berjalan-jalan ke pantai, berkebun, membereskan rumah, atau hal lain yang kemudian akan membantumu tetap aktif. Hal ini juga akan memberikan dampak kebahagiaan pada hati dan pikiranmu.

Manfaat Hati dan Pikiran Tenang

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran
pixabay.com

Tak dapat dipungkiri kegelisahan kerap muncul dalam hidup. Kita cemas tak memiliki banyak waktu menyelesaikan tugas atau kita bingung mengenai masa depan yang masih terasa abu-abu. Keadaan seperti ini juga pada akhirnya membuat kita panik. Ketenangan ini sangat dibutuhkan agar segala sesuatu yang kita kerjakan serta berbuah maksimal.

Bukan hanya dibutuhkan agar bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan tenang, tetapi dengan bersikap tenang, ternyata juga ada manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat dari bersikap tenang yang perlu kamu ketahui:

1. Terhindar dari Kesalahan Pemilihan Keputusan

Panik hanya menyesatkan jalan hidup. Ketika panik melanda kita untuk cenderung memilih keputusan dengan gegabah. Hasilnya, kita kemudian merasa terpaksa menjalani pilihan yang sebetulnya tak ingin diambil. Hal ini juga akan berimbas pada kinerja yang tak maksimal. Jadi, ketenangan sangat diperlukan agar tak ada lagi keterpaksaan dalam menjalani suatu pilihan. Sesuatu yang dijalani dengan terpaksa juga akan membuat kita makin tersesat dalam rasa penyesalan.

2. Menjadi Lebih Rileks

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran
pixabay.com

Memang tak mudah dalam menuntaskan setiap persoalan kehidupan. Tapi, jika problem diatasi dengan kecemasan maka sama saja menimbulkan berbagai masalah baru. Daripada mencemaskan masalah yang datang lebih baik tenangkanlah diri sebelum menghadapi berbagai permasalah kehidupan yang ada. Ketenangan diri kemudian akan membuat kita menjadi lebih rileks. Dengan begitu, tidak gentar menghadapi berbagai tantangan yang telah menanti di depan mata.

3. Menumbuhkan Kreativitas yang sebelumnya Tak Terlihat

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran
pixabay.com

Menjadi nilai tambah yang berguna di masa mendatang, juga Memenuhi pikiran dengan rasa cemas rasanya akan sangat mudah dilakukan. Namun efeknya juga tak akan baik bagi kita, salah satunya adalah berdampak pada sisi kreatif yang kita miliki, Belum mulai mencoba kita sudah berpikir mengenai penolakan dan kegagalan. Padahal, belum tentu hasilnya akan menjadi seperti itu.

Hal sebaliknya kemudian akan terjadi jika kita mengedepankan sikap tenang. Ketenangan juga akan mendorong kreativitas secara sedikit demi sedikit muncul. Dari situlah, timbul keberanian untuk kemudian mengeksplorasi lebih banyak hal yang bukan tak mungkin berguna bagi masa depanmu.

4. Mengendalikan Emosi Negatif agar Tidak Menguasai Diri

Hubungan dengan sesama manusia tak akan lepas dari prahara. Kita juga pasti akan dihadapkan pada konflik dengan keluarga, teman serta pasangan. Sikap kita ini jadi penentu apakah hubungan kemudian akan bertambah rekat ataupun sebaliknya. Ketenangan juga akan membantu menghindarkan kita dari berbagai emosi negatif yang justru akan merusak hubungan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam menyelesaikan konflik dalam suatu hubungan tanpa perlu menunjukkan amarah yang berlebihan.

5. Lahirkan Optimisme di Tengah Himpitan Rintangan

Saat tengah berupaya meraih impian tak jarang terdapat komentar-komentar kurang baik kemudian menyertai perjalanan kita. Jika menanggapinya dengan rasa pesimis maka kamu akan merasa impian begitu mustahil dicapai.

Semangat yang menggebu kemudian secara perlahan padam karena hal tersebut. Jadi, agar asa tetap terjaga, maka kita juga harus memunculkan sikap tenang. Ketenangan membuat kita optimis bahwa segalanya masih mungkin akan terjadi. Kita juga tak lagi memusingkan opini miring orang lain.

6. Menjadi Fokus Saat Mengerjakan Tugas

Pada saat berada dalam kondisi tenang kita kemudian menjadi lebih fokus mengerjakan tugas. Kita juga tak akan terganggu pada hal apa pun di luar diri kita yang akan menurunkan produktivitas. Pekerjaan jadi lebih cepat selesai serta tak perlu lagi merasa cemas akan tugas yang menumpuk.

7. Badan Jadi Lebih Sehat dan Bugar

Salah satu cara menjaga agar tubuh menjadi lebih bugar selain berolahraga adalah bersikap tenang. Mengisi pikiran dengan hal-hal baik kemudian membuat tubuh bereaksi dengan memberikan stimulus yang lebih baik juga ke seluruh organ tubuh.

Stimulus inilah yang kemudian akan membuat kita menjadi lebih sehat serta mencegah tubuh terserang penyakit. Menanamkan ketenangan dalam hidup kemudian akan menuntun kita pada jalan yang baik. Menyiksa diri dengan kecemasan kemudian tak akan membuat kita bergerak maju.

Pada awalnya untuk menerapkan beberapa langkah di atas memang susah. Namun, jika sudah terbiasa melakukannya, maka kita pun akan terbiasa juga untuk menenangkan hati dan pikiran. Demikian pembahasan tentang cara menenangkan hati dan pikiran beserta dengan manfaat dari pikiran dan hati yang tenang.

Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu dan lebih mudah dalam mengendalikan pikiran dan hati agar tetap tenang.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

1. Filosofi Teras Edisi Baru

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

Lebih dari 2000 tahun lalu, sebuah mazhab filsafat menemukan akar masalah dan juga solusi dari banyak emosi negatif. Stoisisme, atau Filosofi Teras, adalah filsafat Yunani-Romawi kuno yang bisa membantu kita mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang tangguh dalam menghadapi naik-turun nya kehidupan. Jauh dari kesan filsafat sebagai topik berat dan mengawang-awang, Filosofi Teras justru bersifat praktis dan relevan dengan kehidupan Generasi Milenial dan Gen-Z masa kini.

2. Yoga & Meditasi Untuk Mempercepat Kehamilan

Banyak orang menginginkan kehamilan, tetapi belum juga mendapatkannya. Berbagai cara dapat dilakukan sebagai usaha memperoleh keturunan, termasuk yoga dan meditasi. Yoga mampu meningkatkan kesehatan fisik, memberikan relaksasi pada pikiran, mengurangi stres, serta menjaga keseimbangan batin. Gerakan-gerakan yoga juga mempunyai fokus untuk membuka dan mengencangkan pingguL, sehingga dapat mendongkrak kesuburan.

Di dalam buku ini diuraikan segala hal terkait yoga, meditasi, dan hubungannya dengan kesuburan agar kamu berhasil hamil. Tidak hanya teori, buku ini juga disertai gambar-gambar gerakan yoga, sehingga mempermudah pembaca untuk mempraktikkannya. Buku ini cocok untuk kamu yang menginginkan kehamilan. Selain itu, ibu yang ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan juga bisa mengaplikasikan gerakan-gerakan yoga beserta meditasi dalam buku ini.

3. Titik Hening: Meditasi Tanpa Objek

Dalam meditasi dengan objek, mengumpulkan dan memiliki pengalaman merupakan hal yang amat penting; sementara dalam meditasi tanpa objek, tidak ada yang lebih penting daripada kemampuan melihat dalam kejernihan batin. Untuk melihat dalam kejernihan, pengalaman, pengetahuan, kepercayaan yang sering kali menjadi latar penyaring dalam melihat justru menjadi perintang utama. Terang atau kejernihan dalam melihat segala sesuatu membuat batin terbebaskan dari apa saja yang dilihat.

Batin yang bebas dari keterkondisian adalah batin yang hening, murni, suci, religius, dan batin yang hening, mungkin mampu melihat Kebenaran Sejati. Buku ini merupakan kumpulan dialog dan testimoni tentang Meditasi Tanpa Objek. Buku ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berisi kumpulan dialog dengan peserta retret. Sebagian besar dari bagian pertama buku ini merupakan transkripsi dialog selama Retret Meditasi 10 hari yang pernah diadakan oleh penulis beberapa waktu lalu.

Sebagian kecil yang lain merupakan dialog dengan peserta retret sebelum dan setelah Retret Meditasi tersebut. Bagian kedua berisi kumpulan testimoni dari para peserta retret yang pernah mengikuti Retret Meditasi Tanpa Objek. Semoga buku ini bermanfaat bagi siapa saja untuk memperkaya pengolahan batin melalui Meditasi Tanpa Objek.

4. 5 Menit Meditasi untuk Public Speaking yang Mengagumkan

Tahukah kamu bahwa para pembicara hebat di dunia ini tidak pernah tidak mengalami yang namanya grogi? Tahukah kamu bahwa berbicara khususnya berbicara di depan umum adalah seni yang dapat dipelajari? Dan tahukah kamu ada sebuah cara cepat yang dapat mengakselerasi kemampuan kamu berbicara di depan umum? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kamu wajib membaca buku ini sekarang juga.

Dalam buku ini tidak diajarkan teori muluk-muluk mengenai public speaking yang banyak ditakuti oleh sebagian orang. Banyak orang berpikir bahwa hanya orang tertentu yang dapat berbicara di depan umum. Tentu saja tidak! Semua orang sangat dapat berbicara di depan umum, asalkan tahu trick serta rajin berlatih (jam terbang). Yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Membaca buku ini dengan saksama sampai akhir.
  • Mempraktikkan semua langkah public speaking yang disampaikan dalam buku ini.
  • Tampil dan tampil terus di depan banyak orang.
  • Membuat ‘bintang’ kamu sendiri.

Jika ingin mencari buku tentang meditasi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: Dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 30 Cara Mengatasi Stres yang Paling Efektif dan Ampuh 
  2. Manajemen Stres: Pengertian, Fakta, Tips, dan Strategi Menghadapinya 
  3. Cara Menghilangkan Banyak Pikiran dan Penyebab Psikologis 
  4. Arti Healing atau Self Healing untuk Kondisi Diri yang Lebih Baik 
  5. Metode Self Healing untuk Menyembuhkan Luka Batin 
  6. Rekomendasi Buku Self Healing Terbaru: Bantu Berdamai dengan Diri 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by R Adinda

Dunia psikologi memang selalu menarik untuk dibahas. Selain menarik, dunia dengan mengetahui dunia psikologi akan membantu seseorang dalam dalam mengenali dirinya sendiri.