in

Cara Membuat Telur Asin Beserta Kandungan Gizi dalam Telur Asin

pexels.com

Cara Membuat Telur Asin – Bicara tentang telur asin mungkin sudah banyak yang tahu. Bahkan, hingga saat ini kepopuleran dari telur asin juga masih terus bertahan.

Meski sudah banyak yang tahu tentang telur asin. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana cara membuat telur asin. Sebab, beberapa orang hanya bisa mendapatkan telur asin di toko terdekat tanpa tahu bagaimana proses pembuatannya.

Padahal, jika dilihat dari segi bisnis, usaha telur asin begitu menjanjikan. Hal ini tak lain karena citra rasa telur asin yang bisa pas di lidah seluruh kalangan. Tentunya, jika Anda memiliki kemampuan membuat telur asin akan lebih mempermudah menjalankan bisnis jualan telur asin.

Apalagi saat ini sudah ada media sosial maupun marketplace yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat jualan telur asin. Nah, untuk itu Anda hanya perlu mencari tahu sumber informasi yang bisa dijadikan panduan cara membuat telur asin.

Tak perlu bingung tak perlu khawatir jika Anda belum menemukannya sampai saat ini. Sebab dalam artikel ini sudah tersedia lengkap cara mudah dalam membuat telur asin dengan kualitas terbaik.

Cara Mudah Membuat Telur Asin

cara membuat telur asin
kompas.com

Layaknya jenis makanan lainnya, proses pembuatan telur asin juga membutuhkan bahan dan alat pendukung. Meski begitu, baik alat maupun bahan yang dibutuhkan akan sangat mudah sekali kita dapatkan di lingkungan sekitar. Secara umum, proses pembuatan telur asin memiliki dua cara yaitu secara kering dan secara basah.

Sedangkan untuk media yang digunakan dalam proses pembuatan telur asin terbilang cukup beragam. Mulai dari abu gosok, batu bara hingga menggunakan lumpur sawah. Setiap media tersebut memiliki cara membuat telur asin yang berbeda-beda. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut merupakan cara membuat telur asin berdasarkan media pembuatannya.

1. Cara Membuat Telur Asin Menggunakan Abu Gosok

Bahan:

  • Telur itik sejumlah 50 butir atau sesuai dengan kebutuhan
  • Garam krosok atau garam gandu sebanyak 1 kg
  • Abu gosok sebanyak 2 kg.

Alat:

  • Kompor
  • Baskom
  • Panci
  • Ulekan
  • Ember
  • Sendok

Cara Membuat Telur Asin:

  1. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan seperti keterangan sebelumnya.
  2. Jika sudah, cuci telur bebek hingga dalam kondisi bersih dengan bantuan amplas ata kawat pencuci piring. Namun tetap diperlukan kehati-hatian dalam prosesnya agar telur tidak pecah
  3. Siapkan garam krosok atau gandu yang sudah dalam kondisi halus yang kemudian bisa dicampur dengan abu gosok.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit pada campuran abu gosok dengan garam krosok yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Jika sudah lanjutkan dengan membalut telur dengan adonan tersebut hingga ketebalan kurang lebih 3 cm.
  6. Letakkan telur yang sudah dibaluti adonan campuran abu gosok dengan garam krosok tadi pada wadah baskom.
  7. Diamkan selama kurang lebih 15 hari.
  8. Ketika sudah sesuai dengan waktu yang ditetapkan, lanjutkan dengan membongkar adonan telur tersebut dengan menggunakan sedikit air agar adonan bisa sedikit basah dan kering (cara ini akan menjadikan telur lebih aman dan tidak mudah rusak).
  9. Cuci Kembali telur asin yang telah lepas dari balutan adonan abu gosok dengan garam krosok hingga dalam kondisi bersih.
  10. Masukkan telur ke rebusan air. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi retakan atau pecahan pada telur.
  11. Rebus air kurang lebih selama 1 jam hingga dalam kondisi matang.

2. Cara Membuat Telur Asin Cara Kering

Bahan:

  • Siapkan telur dengan usia 1 sampai 2 hari sebanyak 30 butir.
  • Siapkan garam krosok sebanyak 500 gr.
  • Siapkan air bersih atau air mineral sebanyak 2 L.

Alat:

  • Kompor
  • Baskom
  • Panci rebusan
  • Plastik atau toples kaca yang ada penutupnya
  • Sendok

Cara Pembuatan:

  1. Pertama-tama rebus telur asin pada wadah yang sudah berisikan air bersih. Perlu diketahui juga jika terdapat telur yang mengapung pada proses ini, maka telur tersebut tidak layak untuk diolah lebih lanjut.
  2. Berikutnya cuci kulit telur dengan cara menggosok menggunakan kawat pencuci piring.
  3. Ketika sudah bersih, tiriskan telur tersebut dan simpan pada wadah yang telah disiapkan sebelumnya.
  4. Sembari menunggu telur kering dari air, Anda bisa mencoba membuat larutan perendam dari campuran air dan gara (akan lebih baik jika gunakan air dingin).
  5. Ketika larutan campuran telah siap, segera tuangkan pada wadah yang telah berisikan telur sebelumnya. Perlu diketahui juga jika air garam tersebut harus dalam kondisi larut sempurna.
  6. Ketika dalam proses tersebut ada telur yang tak teredam dengan sempurna, maka atur Kembali peletakannya dan segera tutup wadah tersebut dengan rapat-rapat.
  7. Lakukan perendaman telur selama 12 hari lamanya agar hasil yang didapatkan semakin terasa enak dan masir.

3. Cara Membuat Telur Asin Cara Kering

Bahan:

  • Siapkan telur bebek sebanyak 10 butir dengan rentan usia 1 hingga 2 hari.
  • Siapkan garam krosok sebanyak 900 gram.
  • Siapkan bubuk bata merah sebanyak 800 gram.
  • Siapkan lumpur sebanyak 1.000 gram.
  • Siapkan air bersih secukupnya.
  • Siapkan abu gosok sebanyak 200 gram.

Alat:

  • Kompor
  • Baskom
  • Panci rebusan
  • Plastik atau toples kaca yang ada penutupnya
  • Sendok

Cara Pembuatan:

  1. Pertama-tama cuci telur menggunakan kawat pencuci piring.
  2. Lanjutkan dengan membuat adonan lumpur dan garam dengan perbandingan 4:1.
  3. Selain itu Anda juga bisa membuat adonan tersebut dari abu gosok, bata merah dan juga garam dengan perbandingan 2:2.
  4. Tambahkan sedikit air pada adonan tersebut agar lebih mudah dalam proses berikutnya.
  5. Balut telur dengan adonan tersebut hingga ketebalan 1 cm. Jika Anda merasa terlalu sulit dalam membalut telur, gunakan plastic sebagai media pembungkusnya.
  6. Simpan telur selama 15 hari dalam tempat tertutup rapat.
  7. Ketika sudah melewati kurun waktu yang ditentukan, Anda bisa mencoba membuang balutan adonan yang menempel pada kulit telur secara hati-hati.
  8. Cuci Kembali telur tersebut hingga dalam kondisi bersih dan segera rebus Kembali pada air mendidih.
  9. Tunggu hingga matang dan telur siap untuk disantap.

Nah, itulah tiga cara membuat telur asin berkualitas. Tentunya Anda bisa memilih cara paling mudah dalam proses pembuatan telur asin.

Kandungan Telur Asin

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat telur asin dengan beberapa media. Berikutnya kita akan mempelajari tentang kandungan yang ada di dalam telur asin. Jika dilihat secara sekilas, ukuran telur bebek memang lebih besar dibandingkan dengan telur ayam serta memiliki warna hijau kebiruan.

Adapun kandungan yang dimiliki oleh telur asin di dalamnya adalah sebagai berikut ini.

  • Karbohidrat 1,08 gram.
  • Vitamin A 472 IU.
  • Kalium 165 miligram.
  • Zat besi 2,7 miligram.
  • Selenium 25,5 mikrogram.
  • Kolesterol 619 miligram.
  • Vitamin B12 3,8 mikrogram.
  • Lemak 9,6 gram.
  • Protein 9 gram.

Meskipun telur asin memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi. Namun telur asin juga kaya akan protein.

Cara Membuat Telur Asin

Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan

Cara Membuat Telur Asin
kompas.com

Selain memiliki citra rasa khas, telur asin juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Meski begitu tak banyak orang tahu apa saja manfaat dari telur asin. Padahal, telur asin mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda, mulai dari kesehatan mata hingga kesehatan kulit.

Bagi masyarakat Indonesia, telur asin adalah salah satu makanan yang tak asing. Sebab telur asin banyak ditemukan di toko-toko makanan terdekat.

Seperti yang dijelaskan jika telur asin terbuat dari bahan dasar telur bebek. Yang mana telur bebek tak hanya memiliki tekstur yang kenyal serta rasa yang enak ketika dikonsumsi.

Bahkan telur bebek juga terkenal akan kandungan gizi serta beragam kandungan nutrisi seperti vitamin A, B kompleks, lemak, potassium, protein, mineral, asam amino vitamin hingga karbohidrat yang baik bagi tubuh.

Adapun beberapa manfaat yang dimiliki telur asin bagi tubuh adalah sebagai berikut ini.

1. Menjaga dan Meningkatkan Fungsi Pengelihatan

Manfaat pertama dari telur asin bagi manusia adalah membantu meningkatkan fungsi penglihatan mata. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kandungan vitamin A serta beta karoten yang ada di dalamnya.

Dimana vitamin A bisa membantu meningkatkan fungsi bagian mata yang dibutuhkan ketika Anda melihat pada area ruangan rendah cahaya. Oleh karena itu, vitamin A baik untuk mengurangi resiko adanya penyakit rabun senja. Selain itu vitamin A juga mampu menjaga kelembaban bola mata hingga membantu terhindar dari adanya serangan infeksi.

2. Membangun Serta Memperbaiki Jaringan Yang Rusak

Berikutnya, telur asin juga mampu membangun serta memperbaiki jaringan yang rusak. Dimana pada dasarnya telur secara umum dikenal sebagai sumber protein dalam makanan sehari-hari.

Selain itu, telur juga memiliki kandungan karbohidrat dan juga lemak yang cukup penting bagi tubuh manusia. Telur juga kaya akan protein yang bisa berfungsi sebagai pembentukan sel baru sekaligus memperbaiki sel dan juga jaringan tubuh yang rusak.

Adanya asupan gizi yang Anda dapatkan dari telur asin bisa membantu perkembangan otot, kulit serta rambut, yang mana ketiga kombinasi gizi dari telur asin tersebut bisa memberikan manfaat seperti menjaga fungsi metabolisme tubuh agar dapat bekerja secara normal.

3. Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh Manusia

Manfaat telur asin yang berikutnya adalah membantu sistem kekebalan tubuh manusia. Dimana adanya kandungan mineral seperti selenium dan zat besi pada telur asin dipercaya mampu membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun manusia.

Sebua penelitian menjelaskan jika tubuh akan menggunakan selenium untuk membentuk enzim yang Bernama selenoprotein. Selenoprotein membantu peranan penting dalam mempengaruhi respon peradangan serta mencegah adanya kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas.

Selain itu, bisa juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh manusia jika ada infeksi tertentu. Perlu diketahui juga jika adanya kandungan zat besi dalam telur asin akan memberikan manfaat dalam pembentukan hemoglobin sehingga mampu terhindar dari anemia.

Hemoglobin juga memiliki peran penting sebagai pembawa oksigen yang bisa meningkatkan proses penyembuhan pada jaringan tubuh yang rusak.

Cara Membuat Telur Asin

4. Menurunkan Adanya Resiko Osteoporosis

Telur asin juga dapat membantu membangun kepadatan tulang dan juga gigi karena adanya kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya. Tak hanya memiliki kandungan kalsium dan fosfor saja. Namun telur asin juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Kalium memiliki fungsi untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang. Kandungan mineral yang ada pada telur asin juga dapat membentuk kalsium tidak mudah terbuang melalui cairan urine.

Pada Wanita dewasa yang sudah memasuki fase menopause, asupan mineral bisa membantu mengurangi risiko osteoporosis. Sebuah studi memperlihatkan jika asupan kalsium mampu membantu menjaga kepadatan tulang sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Adanya kandungan kalsium yang cukup tinggi pada telur asin mampu memberikan kasiat yang cukup penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Dimana selama masa kehamilan, kebutuhan kalsium pada ibu hamil memang akan bertambah untuk membantu perkembangan tulang serta gigi pada janin yang ada pada kandungan.

Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 dokosaheksaenoat atau DHA yang ada pada telur asin juga bisa membantu perkembangan otak, sistem saraf beserta penglihatan bayi. Namun sayangnya kandungan natrium yang cukup tinggi pada telur asin diperkirakan akan dapat memicu terjadinya hipertensi pada masa kehamilan yang berdampak buruk bagi ibu serta perkembangan janin.

Akan lebih baik jika Anda konsultasi kepada dokter ahli di bidangnya ketika hendak mengkonsumsi telur asin pada saat masa kehamilan.

6. Mencegah Terjadinya Anemia

Adanya kandungan zat besi yang cukup tinggi pada telur asin juga dapat membantu tubuh mencegah terjadinya gejala anemia. Mulai dari mual, pusing, sakit kepala serta mudah lelah. Untuk beberapa alasan mengkonsumsi telur asin memang bisa mencegah terjadinya gejala anemia.

7. Kaya Akan Antioksidan

Tak hanya bisa didapatkan pada teh apel dan buah-buahan lainnya saja. Namun, antioksidan juga bisa ditemukan pada telur asin. Dengan adanya antioksidan pada telur asin bisa membantu menjadi penangkal radikal bebas. Hal tersebut akan menjadikan tubuh tetap dalam kondisi sehat serta mencegah terjadinya kanker.

Cara Membuat Telur Asin

8. Memperlancar Peredaran Darah

Telur asin juga memiliki kandungan mineral dan nutrisi. Kedua kandungan tersebut dipercaya mampu melancarkan peredaran darah pada tubuh manusia serta mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

9. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Adanya kandungan omega 3 pada telur asin juga bisa membantu pertumbuhan sel otak. Bahkan, kandungan tersebut juga bisa membantu mencegah terjadinya permasalahan pada sel otak. Oleh karena itu, telur asin sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil maupun anak dengan usia tiga tahun pertamanya.

10. Membantu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Siapa sangka jika mengkonsumsi telur asin juga bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Hal tersebut tak lain karena telur asin memiliki kandungan nutrisi yang dipercaya mampu meningkatkan serta mempertahankan tekanan darah secara normal hingga mampu mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

Protein yang terkandung dalam telur asin juga bisa menurunkan tekanan darah terhadap dinding pada arteri yang secara otomatis membantu mengatasi penyakit darah tinggi.

Penutup

Nah, itulah ulasan mengenai cara membuat telur asin serta hingga manfaat yang diberikan oleh telur asin bagi tubuh manusia. Meskipun telur asin memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, tetapi sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini karena terdapat kandungan yang tak baik di dalamnya ketika dikonsumsi terlalu sering. Jadi, konsumsilah telur asin dengan wajar.

Cara membuat telur asin memang tidak begitu mudah apalagi kalau belum terbiasa. Namun, jika kamu sering mencobanya, maka akan lebih mudah untuk membuat telur asin. Setelah mengetahui cara membuat telur asin, apakah kamu tertarik untuk membuat telur asin, Grameds?

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang telur, maka bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

BACA JUGA:

  1. 7 Resep dan Cara Membuat Soto Nikmat yang Bisa Dilakukan di Rumah 
  2. Cara Membuat Donat Anti Gagal & Resep Terbaiknya!
  3. Cara Membuat Nasi Goreng Mudah, Spesial, dan Praktis!
  4. 5 Resep Cara Membuat Cimol Anti Meledak yang Kekinian
  5. Rekomendasi Buku Resep Masakan Rumahan untuk Bunda di Rumah


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda