in ,

9 Cara Bungkus Kado yang Unik dan Menarik dan Inspirasi Menariknya!

unsplash.com

Cara Bungkus Kado – Kepada siapa kamu biasa memberikan kado? Biasanya orang yang menerima kado darimu adalah orang spesial dalam hidupmu. Bisa jadi itu orang tua, keluarga, saudara, pasangan, anak, guru, sahabat, dan lainnya.

Agar kado yang kamu berikan kepada orang spesial tersebut memiliki makna yang lebih dalam, biasanya kado tersebut dibungkus dengan cara yang unik dan bagus. Grameds, apakah kamu sudah bisa membungkus kado yang unik dan bagus?

Jika kamu belum bisa melakukannya, jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara membungkus kado yang bagus dan unik. Yuk Grameds, kita simak ulasannya di bawah ini.

Hadiah atau kado bisa diartikan sebagai pemberian dari orang lain yang wujudnya berupa barang, uang, atau jasa yang dilakukan tanpa adanya ikatan untuk imbal balik sebagaimana yang terjadi dalam transaksi perdagangan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan adanya keinginan dari pemberi kado untuk menerima imbal balik baik berupa barang, uang, jasa, nama baik, ataupun kekuasaan.

Dalam interaksi sosial hubungan antara manusia, memberikan kado dapat meningkatkan kedekatan sosial dan emosional. Istilah kado dapat juga diluaskan maknanya sebagai apapun yang dapat mendatangkan perasaan lebih bahagia atau mengurangi kesedihan setelah menerima kado tersebut. Pada beberapa kasus, kado juga diberikan sebagai ungkapan permohonan maaf.

Sebagaimana yang kita katakan di awal, kado diberikan kepada orang-orang yang spesial di dalam hidup kita. Kado dapat mewakili tujuan untuk menyampaikan maksud-maksud tertentu. Di antara maksud yang dapat diwakili dengan kado adalah pernyataan cinta, persahabatan, persaudaraan, kasih sayang dan empati sosial, berbagi, tolong-menolong, kenang-kenangan, dan perayaan hari spesial.

Contoh hari spesial yang yang menjadi momen yang tepat untuk memberikan kado adalah hari ulang tahun, kelahiran, pernikahan, kelulusan, hari ayah, hari ibu, dan momen tukar kado.

Dalam memberikan kado, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips berikut ini agar kado yang kamu berikan tepat guna dan tidak mubazir. Pertama, pastikan barang yang kamu pilih adalah barang yang spesial. Kedua, pastikan barang yang kamu pilih adalah barang yang dibutuhkan oleh penerima.

Ketiga, pastikan barang yang kamu pilih adalah barang yang memudahkan pekerjaannya. Keempat, pastikan kado yang kamu pilih memiliki makna yang dalam bagi penerima. Kelima, pastikan budget yang kamu miliki cukup. Keenam, pastikan warna yang dipilih adalah warna kesukaan penerima. Ketujuh sekaligus terakhir, bungkus kado dengan tampilan yang menarik dan unik.

Beberapa Inspirasi Cara Membungkus Kado

Agar kado lebih bermakna, kamu dapat membungkusnya dengan tampilan yang eye catching. Sesuai dengan istilahnya, kado sebaiknya dikemas dengan kemasan yang bagus dan menarik sehingga mata orang tertuju padanya karena merasa tertarik. Bagaimana caranya agar kado dapat dibungkus secara eyecatching? Yuk Grameds, kita simak uraiannya di bawah ini.

1. Menambahkan Hiasan Berupa Pita di Atas Kado

Cara Bungkus Kado
berta.yahoo.com

Cara yang paling mudah untuk membungkus kado adalah dengan menambahkan pita sebagai hiasan di atas kado. Untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan, kamu dapat memilih pita dengan warna yang senada dengan kertas kado. Misalkan kamu memilih kertas kado berwarna putih dengan aksen merah atau merah polos, kamu dapat memilih pita berwarna merah.

2. Ikat Kertas Kado Menggunakan Tali Rami

Cara Bungkus Kado
lazada.co.id

Jika kamu merasa pemakaian pita kurang maksimal, kamu punya alternatif lainnya, yaitu tali rami. Kamu dapat mengikatkan tali rami pada kertas kadomu. Selain menjadikan kemasan kadomu tampak natural, pemakaian tali rami sebagai pengikat kertas kado dapat memberikan estetika yang baik.

Apalagi jika kertas kado yang kamu pilih bertema polos, tampilan kado akan terlihat lebih cantik. Untuk menguatkan kesan spesial, jangan lupa untuk menyisipkan sebuah surat di atas kertas kado.

3. Bunga Kering di Atas Kertas Kado

Selain pita atau tali rami, kamu juga bisa menambahkan bunga kering di atas kertas kado agar tampak semakin estetik dan kekinian. Tidak hanya itu, kesan ecofriendly akan tercermin sebagai sifat yang kamu miliki. Jika kamu memutuskan untuk menambahkan bunga kering sebagai pemanis, sebaiknya kertas kado yang kamu gunakan bertema polos agar tidak terlalu ramai. Terlalu ramai juga tidak baik karena dapat mengurangi keseimbangan.

Penambahan bunga kering seperti ini sangat cocok diberikan kepada perempuan. Kesan feminim dan kalem yang dihadirkan semakin menunjukkan bahwa penerima kado adalah perempuan. Kamu dapat memberikannya di saat hari ibu, wisuda, ulang tahun, pernikahan, dan lamaran (tunangan).

4. Kertas Kado Warna Hitam

Cara Bungkus Kado
alicdn.com

Warna hitam identik dengan berkelas, elegan, dan kekuatan. Warna ini tidak selalu menggambarkan misteri dan kejahatan. Jadi kamu tidak perlu ragu untuk memilih kertas kado berwarna hitam. Kamu dapat melengkapinya dengan pita berwarna hitam.

Jika ingin menampilkan kemewahan dan kemegahan, kamu dapat menambahkan pita berwarna keemasan atau tali rami cokelat muda. Bagaimana, Grameds? Tampak kokoh kan?

5. Bentuk Amplop

Cara Bungkus Kado
temankreasi.com

Bagi kamu yang ingin memberikan kado berupa voucher, uang, aksesoris, atau barang-barang kecil lainnya, bungkus kado berbentuk amplop bisa jadi pilihan yang tepat. Berikut ini cara untuk membungkus kado berbentuk amplop.

  1. Pastikan kertas kado sebagai pembungkus sudah berbentuk persegi. Kemudian putar kertas tersebut dengan sudut putaran 45 derajat sehingga tampak seperti belah ketupat. Letakkan kertas berukuran persegi panjang (yang ukurannya lebih kecil dari kertas kado) secara melintang.
  2. Lipat bagian kanan dan kiri sesuai dengan ukuran kertas persegi panjang. Buka lipatan tersebut. Pastikan ada bekas lipatan untuk langkah berikutnya.
  3. Lipat bagian atas dan bawah sesuai dengan ukurang kertas persegi panjang. Setelah itu buka lipatan tersebut hingga terdapat bekas lipatan yang membujur dari atas ke bawah.
  4. Pada bekas-bekas lipatan akan kamu temukan empat segitiga kecil di pojok-pojok kertas kado. Potong keempat segitiga kecil tersebut.
  5. Lipat bagian bawah, kanan, dan kiri kertas. Kemudian tandai dengan bagian bawah yang bersinggungan dengan bagian kanan dan kiri. Setelah ditandai dengan garis lurus yang terhubung, buka lipatan-lipatan sayap tersebut.
  6. Potong ujung bawah yang telah ditandai berupa garis lurus tersebut.
  7. Lipat kembali sayap kanan dan kiri. Olesi bagian miring secara keseluruhan dari keduanya dengan lem.
  8. Lipat sayap bawah dan pastikan menempel dengan baik pada sayap kanan dan kiri yang telah diolesi lem.

6. Kotak Berbentuk Hati

Cara Bungkus Kado
fimela.com
Cara Bungkus Kado
fimela.com

Bentuk hati merupakan perlambang cinta. Kado dengan kemasan yang berbentuk hati tentunya hanya akan diberikan kepada orang yang terspesial dari yang spesial. Istilahnya best of the best.

Untuk mengungkapkan kedalaman cinta tersebut, kamu dapat mengemas kado yang akan kamu berikan dengan bentuk hati. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Agar prosesnya lebih simpel dan efisien, kamu dapat mencetak template di bawah ini sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.
    Cara Bungkus Kado
    minieco.co.uk
    Cara Bungkus Kado
    minieco.co.uk
  2. Lipat bagian-bagian yang kecil berada di ujung tersebut.
  3. Olesi bagian yang telah dilipat tersebut dengan lem yang memiliki daya lekat yang tinggi agar tidak mudah lepas.
  4. Lekatkan bagian atas dan bawah agar saling menempel dan terikat satu sama lain.
  5. Biarkan lem mengering hingga kertas kado dapat membentuk dengan sempurna.

7. Bentuk Baju

Cara Bungkus Kado
Zaferina.com

Bentuk bungkus kado berikutnya yang unik adalah bentuk baju. Cara membungkus kado berbentuk kotak atau tabung sepertinya sudah umum untuk digunakan. Bentuk baju bisa menjadi alternatif yang kamu pilih agar kado yang kamu berikan tampak menarik.

Bagaimana cara membungkus kado berbentuk baju? Yuk Grameds, kita ulas cara membentuknya di bawah ini.

  1. Gelar kertas kado dengan posisi terbalik. Maksudnya bagian dalam berada di atas.
  2. Letakkan kado yang akan kamu bungkus. Tentunya sudah kamu atur sedemikian rupa sehingga kado berbentuk kotak atau dikemas di dalam kardus kotak.
  3. Lipat kertas kado agar dapat membungkus kado secara keseluruhan. Rekatkan dengan selotip agar tidak mudah lepas.
    ri374.files.wordpress.com
  4. Lipat kertas bagian atas dan bawah. Sisakan ruang pada bagian atas lebih banyak dibandingkan bagian bawah agar dapat dibentuk kerah baju.
    ri374.files.wordpress.com
  5. Lipat bagian atas setinggi 3 cm sebanyak dua kali.
    ri374.files.wordpress.com
  6. Gunting sisi kanan dan kiri yang terdapat bekas lipatan tersebut sepanjang 7 cm.
  7. Sisipkan pita dengan warna yang berbeda dari kertas kado di antara lipatan tersebut agar dapat dibentuk sebagai dasi.
  8. Lipat bagian kanan dan kiri yang digunting tadi sehingga membentuk kerah baju.
    ri374.files.wordpress.com
  9. Rekatkan bagian tengah dengan menggunakan double tape sehingga kerah baju menempel erat di bagian depan.
  10. Atur pita sehingga membentuk dasi.
  11. Kado dengan bungkusan berbentuk baju telah siap diberikan kepada orang spesial.

8. Bentuk Permen

wikihow

Bentuk kado yang unik lainnya adalah kado berbentuk permen. Cara membungkus kado dengan bentuk permen cukup mudah. Kamu tidak perlu khawatir, karena kita akan mengulas cara bagaimana membentuk kado seperti permen.

Berikut ini adalah cara membungkus kado berbentuk permen.

  1. Bentangkan kertas kado dengan posisi bagian dalam (polos) berada di atas.
  2. Pastikan bahwa kado yang akan kamu bungkus adalah kado yang bisa dibentuk tabung atau yang bisa digulung.
  3. Bentuk kado memanjang dan letakkan kado tersebut di atas kertas kado.
  4. Gulung kertas kado bersama dengan kadonya dengan rapi. Setelah tergulung dengan baik, rekatkan batas-batas kertas dengan double tape atau selotip.
  5. Pada bagian kanan dan kiri yang berbatasan dengan ujung kado, rekatkan kertas kado dengan selotip atau diikat dengan tali atau pita hingga membentuk seperti permen.
  6. Pada ujungnya kertas kado, baik di sebelah kanan maupun kiri, tarik secara bersamaan bagian atas dan bawahnya agar mengembang sehingga tampak lebih lucu.
  7. Kado siap diberikan kepada orang spesial.

8. Dekorasi Mini pada Bagian Atas Kado

Agar tampak lebih semarak, kamu dapat menambahkan beberapa dekorasi mini pada kertas kado. Misalnya kamu dapat menampilkan miniatur snowman pada kado yang hendak kamu berikan. Kamu dapat membungkus kado dengan kertas kado berwarna putih.

Di atas kertas kado tersebut, kamu dapat menempelkan potongan kertas berbentuk lingkaran. Kemudian tambahkan hiasan mata mata dan paruh di atas potongan kertas tersebut.

Contoh lainnya kamu bisa menambahkan pernak-pernik seperti confetti. Bagi kamu yang sudah familiar dengan confetti, pasti kamu tahu kalau bahan ini sangat murah meriah. Kesan yang dihadirkan confetti juga meriah dan semarak.

Kamu juga bisa menghadirkan kertas krep sebagai penyemarak kertas kadomu. Kamu hanya perlu membungkus kado sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Misalnya saja kamu ingin membentuk kado dengan bentuk yang sederhana, yakni kotak atau tabung.

Kado yang sudah dibungkus dengan kertas kado kemudian diberi hiasan potongan kertas krep warna-warni yang berukuran kecil. Pastikan jumlah kertas krep secukupnya, tidak kurang dan juga tidak berlebihan.

9. Membungkus Kado dengan Menggunakan Kain

blo.mitramulia.com

Ada beberapa alasan mengapa sebagian orang membungkus kado dengan kain, yaitu:

  • Unik
    Membungkus kado dengan kain tentunya memiliki keunikan tersendiri dan antimainstream. Kamu dapat memilih motif kain, jenis, dan tekniknya sesuai dengan keinginanmu sendiri.
  • Ramah Lingkungan dan Bisa Dipakai Ulang
    Tidak seperti kertas kado yang hanya bisa digunakan satu kali pakai, kain yang kamu gunakan untuk membungkus kado bisa dipakai berkali-kali. Selain memberikan kado dengan kemasan yang spesial, kamu juga bisa membantu untuk melindungi bumi dari tumpukan sampah yang semakin banyak.
  • Mudah
    Membungkus kado dengan kain tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Meski tekniknya dikatakan cukup mudah, bukan berarti penampilannya tidak menawan.

Untuk lebih detailnya, kamu dapat mencoba beberapa teknik membungkus kado dengan kain di bawah ini.

  1. Kain Scarf
    Kain scarf merupakan helaian kain yang didesain dengan beragam warna dan motif. Pada awalnya, kain scarf digunakan untuk menghangatkan tubuh ketika musim dingin tiba. Namun penggunaannya saat ini telah mengalami banyak improvisasi, salah satunya untuk bungkus kado.Cara membungkus kado dengan kain scarf ini adalah:

    • Bentangkan kain scarf pada permukaan yang datar dengan posisi belah ketupat.
    • Letakkan kado yang sudah dibentuk tabung atau kotak di atas kain tersebut.
    • Bungkus kado dengan melipat kain yang ada di bagian atas dan bawah dulu. Biarkan ujung kain tampak menjuntai agar tampak anggun.
    • Lipat kain bagian kanan dan kiri dan ikat dengan model ikatan simpul sebanyak dua kali.
  2. Kain Satin
    Kain satin seringkali digunakan sebagai bahan gaun pesta. Kesan mengkilap yang diberikan kain menghadirkan tampilan yang mewah. Jika kamu membungkus kado dengan kain satin ini, kado tersebut akan terlihat waw. Terlebih jika kamu menambahkan hiasan bunga kering kecil dan kartu ucapan, maka orang yang mendapatkan kado dari kamu akan merasa spesial.Berikut ini cara membungkus kado dengan kain satin.

    • Sediakan kain satin dengan bentuk persegi dan ukuran yang kamu butuhkan.
    • Letakkan barang di tengah-tengah kain satin.
    • Ambil dua ujung kain yang saling menyilang lalu ikat dua kali agar simpul tidak mudah terlepas.
    • Kain-kain yang tersisa dan tidak terlipat bisa kamu sembunyikan agar tidak terlihat terlalu tebal.
    • Sedangkan pada ujung kain lainnya, lakukan hal yang sama seperti nomor 3.

    Grameds, ulasan kita mengenai cara membungkus kado telah tiba di penghujungnya. Gramedia siap menemani kamu dalam memberikan kado spesial untuk orang spesial. Dengan buku-buku dan literasi yang kami sediakan, kamu juga dapat memilih bacaan dengan kualitas terbaik di gramedia.com sehingga kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mutiani Eka Astutik

  1. 20 Kado Ulang Tahun untuk Teman dan Sahabat 
  2. Rekomendasi Kado untuk Sahabat, Pacar, dan Saudara yang Berkesan
  3. 28+ Ide Kado Ulang Tahun Cewek, Istri, dan Pacar 
  4. 20 Ide Kado Ulang Tahun untuk Anak-Anak 
  5. Referensi Kado untuk Cowok/Pacar Berdasarkan Karakter


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda