in

20 Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

Pada zaman yang sudah serba canggih seperti ini, jangankan hanya untuk mengandalkan penggunaan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan orang lain, tapi juga belajar menggunakan Bahasa Inggris.

Sebagai bahasa yang digunakan secara internasional, Bahasa Inggris amat dibutuhkan dalam berbagai macam kondisi. Sebagai contoh, saat harus melakukan pertemuan dengan klien, presentasi, bahkan dalam interview kerja. Sebenarnya, dalam belajar bahasa Inggris tidak sesulit yang banyak orang kira.

Dengan menjalani tips- tips belajar bahasa Inggris dengan mudah, kita bisa semakin meningkatkan kemampuan kita. Sehingga, kita tidak perlu lagi untuk gugup apalagi takut ketika perlu berbicara bahasa Inggris dengan orang lain.

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

Bagaimana kah cara belajar bahasa inggris secara mandiri dan mudah?

1. Belajar Kosakata Dengan Flashcard

Belajar Kosakata Dengan FlashcardMungkin kita pernah dengar dengan metode Flashcard? Flashcard merupakan sebuah jenis kartu dan juga ada kata-kata di dalam kategori tertentu. Semisalnya flashcard tentang nama kota, warna, binatang, atau makanan.

Flashcard terkadang dianggap membosankan. Namun, cara ini salah satu yang ampuh untuk penghafalan karena kata-kata seringkali diulang terus menerus.

Flashcard bisa didapatkan dengan membuatnya sendiri dengan mudah. Ada juga banyak macam Flash Card dalam Bahasa Inggris di pasaran yang bisa dibeli. Biasanya, flashcard ini ditambahkan dengan adanya gambar sehingga lebih menarik.

2. Dengar Musik dan Coba Tulis Liriknya

Dengar Musik dan Coba Tulis LiriknyaKita mungkin seringkali tidak sadar bahwa belajar bahasa Inggris ketika mendengar lirik lagu Inggris. Dengan mendengarkan  musik menjadi metode yang biasa digunakan untuk mengajari bahasa pada anak kecil. Namun, bukan berarti orang dewasa tidak dapat menggunakan manfaat ini.

Coba pilih lagu favorit kalian sehingga lebih nyaman. Jangan lupa juga dengan pelajari arti dari lirik lagu tersebut untuk menambah wawasan kosa kata Bahasa Inggris kita.

3. Sering Baca Buku Inggris

Sering Baca Buku InggrisUntuk para pemula, bisa memulai dengan membaca buku anak dalam berbahasa inggris. Selain dipenuhi dengan gambar yang menarik, buku anak pada umumnya menggunakan tata bahasa dan kosa kata dasar yang digunakan dalam keseharian.

Kalau sudah mulai terbiasa, maka secara bertahap bacalah buku yang lebih susah, seperti novel fiksi atau pun buku pengembangan diri berbahasa inggris.

4. Baca Berita & Artikel Bahasa Inggris Setiap Hari

Baca Berita & Artikel Bahasa Inggris Setiap HariSudah biasa untuk cek berita dan artikel dalam Bahasa Indonesia? Coba mulai untuk membiasakan diri untuk mencari berita terkini dalam Bahasa Inggris, baik itu berita tentang selebriti, bisnis, atau pun kesehatan.

Beberapa contoh laman yang sudah populer adalah Dailymail, CNN, dan Yahoo News. Tentunya ada banyak juga sumber berita yang bisa kamu cari di internet.

5. Nonton Film Tanpa Subtitle

Nonton Film Tanpa SubtitleLangkah yang berikut ini mungkin sudah sering kali di dengar. Tentunya dengan sering menonton bisa membantu kita untuk berbicara lebih natural. Hal ini bisa dipermudah dengan melalui YouTube atau pun Netflix.

Ketika menonton, nyalakan subtitle dalam Inggris dan juga Indonesia. Pastikan kamu jeda video setiap kali menemukan kalimat yang membingungkan. Tulis serta terjemahkan kalimat tersebut. Kemudian ulangi kembali cara ini setiap hari, proses ini terbukti cukup efektif.

6. Dengarkan Podcast Bahasa Inggris

Dengarkan Podcast Bahasa InggrisDi zaman serba digital saat ini, podcast semakin hari semakin populer di kalangan anak muda Indonesia. Dari pembahasan olahraga, cerita komedi, hingga sosial budaya, bisa didengar selagi mengerjakan berbagai macam aktivitas.

Sekali-kali untuk coba dengarkan podcast dengan Bahasa Inggris juga. Kita bisa akses podcast yang berbahasa Inggris dengan mudah melalui Spotify atau pun Apple Podcast. Mulailah dari pembahasan berita pendek atau pun tema kesukaan kamu.

7. Rutin Menulis dalam Bahasa Inggris

Rutin Menulis dalam Bahasa InggrisSebelumnya siapkan buku catatan dan bawa kemanapun. Berusaha aktif untuk mencari kosakata baru tiap harinya yang menarik dan tentunya untuk tulis dalam buku tersebut.

Salah satu cara cepat dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan cara menulis satu paragraf di setiap harinya. Kita bisa menentukan tema apapun itu. Tidak perlu khawatir akan kesalahan. Kita bisa meminta bantuan teman, guru, ataupun internet untuk cek hasil menulis kamu.

8. Gunakan Aplikasi

gunakan aplikasiBelajar Bahasa Inggris tidak perlu menggunakan biaya yang mahal. Ada banyak aplikasi gratis bisa membantu kita untuk mahir dalam berbahasa Inggris.

Misalnya, bisa memakai aplikasi menulis gratis, seperti Grammarly, yang berfungsi untuk mengecek tata bahasa dan kosa kata bahasa Inggris kamu dalam menulis. Bagi pemilik smartphone, bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi DuoLingo. Aplikasi ini cukup populer digunakan untuk mempelajari berbagai bahasa, seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, bahkan bahasa Indonesia.

9. Selalu Siapkan Kamus

selalu siapkan kamusDi zaman yang terbilang canggih seperti saat ini, kita tidak perlu kerepan untuk membawa kamus tebal kemanapun. Cukup dengan mengandalkan smartphone, kita bisa menerjemah kata-kata bahasa Inggris asing yang kamu temukan dalam sehari-hari.

Kebiasaan tersebut bisa membantu skill bahasa Inggris kita. Untuk dalam hal ini, kita bisa mengunduh aplikasi kamus Indonesia – Inggris atau dengan menggunakan google translate.

BACA JUGA: Kamus Bahasa Inggris Paling Populer untuk Belajar Bahasa Inggris

10. Latihan Bicara di Depan Cermin

Latihan Bicara di Depan CerminCobalah untuk melatih berbicara dengan diri sendiri didepan cermin, mungkin terkesan aneh. Namun, cara ini telah disarankan oleh para ahli untuk bisa meningkatkan percaya diri seseorang.

Lakukan metode ini paling tidak 3 kali per minggu selama 15 menit. Secara tidak sadar, bahasa Inggris kita akan terbiasa hingga semakin lancar!

Kamu bisa mempelajari tentang 50 Games For Fun, Belajar Bahasa Inggris dengan Lebih Menyenangkan karya Dessy Danarti:

50 Games For Fun, Belajar Bahasa Inggris dengan Lebih Menyenangkan
50 Games For Fun, Belajar Bahasa Inggris dengan Lebih Menyenangkan

11. Ikut Berbagai Forum di Internet

Ikut Berbagai Forum di InternetCara belajar bahasa Inggris kali bisa terbilang paling efektif, dengan menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari. Sekiranya tidak ada teman yang bisa menolong, bisa gunakan internet sebagai medianya.

Banyak orang diluar sana juga yang ingin belajar Inggris juga. Tentunya, dalam berbagai website tersedia untuk menghubungi dengan orang-orang tersebut. Hanya saja, selalu hati-hati jangan pernah untuk memberikan informasi pribadi!

12. Bangun Kosakata Inggris dengan Imbuhan

Bangun Kosakata Inggris dengan ImbuhanDalam Bahasa Indonesia, pasti kita banyak mengenal imbuhan seperti -an, ber-, di-, dan -kan. Setiap imbuhan tersebut ada yang berfungsi untuk membentuk kata kerja, kata sifat, kata keterangan, dll.

Begitupun dalam Bahasa Inggris juga memiliki kumpulan imbuhan yang disebut prefix dan juga suffix. Dengan mempelajari imbuhan ini menjadi trik mudah untuk bisa belajar Inggris dengan cepat.

Sebagai contoh, dengan mempelajari kata “happy” (bahagia), kita juga bisa sekaligus belajar kata “unhappy” (tidak bahagia).

13. Tentukan Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Tentukan Tujuan Belajar Bahasa InggrisSebenarnya seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari bahasa inggris? Jawaban ini selalu bergantung dengan tujuan dan juga kerutinan kamu.

Tentukan kembali sejak awal tujuan mempelajari Bahasa Inggris dan kapan juga ingin mahir. Apakah itu ingin sekolah di luar negri di enam bulan kedepan? Dengan memiliki batas waktu, ataupun target kita akan semakin semangat untuk belajar.

14. Disiplin

DisiplinKunci dari sebuah keberhasilan besar adalah menjadi disiplin. Dengan berlatih setiap harinya, dijamin akan mahir dalam berbahasa Inggris. Jika bisa tentukan juga jam yang sama di setiap harinya agar tidak mudah untuk tak sengaja terlupakan. Nyalakan alarm bila diperlukan. Yang tentunya secara pasti, jangan tertunda.

15. Kursus Bahasa Inggris

Kursus bahasa InggrisTentunya dalam belajar Bahasa Inggris pun juga akan lebih mudah dengan panduan guru yang memiliki keahlian mahir. Untuk kursus saat seperti ini bisa dengan mudah dilakukan secara daring melalui portal E-Learning. Seluruh pertanyaan kamu akan dengan cepat menjawab dimanapun dan juga kapan pun.

Namun jangan pernah untuk remehkan belajar sendiri. Kursus hanya dapat membantu, dan untuk sukses belajar bahasa Inggris perlu motivasi dan juga disiplin.

16. Chatting dalam Bahasa Inggris

Chatting dalam Bahasa InggrisLangkah selanjutnya yang bisa dicoba untuk belajar bahasa Inggris yaitu dengan membiasakan melakukan chatting atau percakapan menggunakan bahasa Inggris. Jika masih malu untuk melakukan percakapan bahasa Inggris, kita bisa untuk mengirim pesan bahasa Inggris.

Pastikan orang yang menerima chatting kita lebih memahami bahasa Inggris, supaya ia bisa mengoreksi beberapa kesalahan.

17. Main Games Bahasa Inggris

Main Games Bahasa InggrisCara seru yang bisa dicoba untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya yaitu main permainan bahasa Inggris. Kita bisa mencoba permainan yang menggunakan bahasa Inggris, seperti hangman, scrabble, dan juga find words.

Selain bisa dimainkan langsung bersama teman, permainan ini telah tersedia di aplikasi dan kita tinggal download saja.

18. Praktik Percakapan dengan Teman

praktik percakapan dengan temanApa artinya belajar listening dan reading, bila masih belum bisa speaking. Berbicara dalam bahasa asing akan melatih otak kamu untuk bisa berpikir serta akan mulai terbiasa.

Cara ini bisa membuat otak terbiasa mengolah bahasa dan juga menerjemahkannya, sehingga keterampilan kita akan meningkat. Sehingga, kamu akan lebih akan cepat merespons pertanyaan dan juga akan menemukan jawaban tepat dalam bahasa Inggris.

19. Nyanyi Lagu Bahasa Inggris

Nyanyi Lagu Bahasa InggrisSetelah kita belajar mendengarkan musik dalam bahasa Inggris, kini saatnya kita mulai bernyanyi. Dengan mengikuti alunan musik lagu favorit, lalu nyanyikan liriknya dengan menggunakan pelafalan yang tepat. Sehingga, secara perlahan kita akan terbiasa mengucapkan kata-katanya bahasa Inggris.

20. Pakai Bahasa Inggris di Ponsel

Mulai sekarang ubah pengaturan bahasa di ponsel menjadi bahasa Inggris. Begitu pula aplikasi lain yang kamu gunakan. Karena langkah ini bisa membantu untuk menemukan kata-kata asing yang belum dimengerti.

Kamu bisa mempelajari tentang Belajar English Conversation Ngga Pake Ribet
karya Arjuna Firmansyah

Belajar English Conversation Ngga Pake Ribet
Belajar English Conversation Ngga Pake Ribet

Situs Belajar Online untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris

Berikut ini merupakan sebuah cara belajar Bahasa Inggris secara online yang mungkin harus diketahui, supaya dapat mendongkrak semangat mempelajari bahasa Inggris.

1. Duolingo.com

Duolingo.comDuolingo sudah lebih dikenal dengan aplikasi belajar bahasa Inggris. Namun, jika kamu yang tidak bisa mengunduhnya, Duolingo juga hadir dalam versi websitenya di duolingo.com. Melalui situs duolingo.com, kita bisa mempelajari bahasa Inggris secara cepat, gratis, dan tentu saja akan menyenangkan.

Menariknya, Duolingo web menerapkan sistem tingkat pembelajaran yang menyesuaikan kemampuan bahasa Inggris oleh setiap para pengguna, dari basic, intermediate, bahkan untuk high level. Jadi, kita bisa berlatih kosakata dalam bahasa Inggris baru pada setiap harinya menyesuaikan dengan level kemampuan kita bertahap.

Selain dalam bahasa Inggris, kita bisa belajar bahasa asing lainnya, seperti Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Portugis, Swedia, Belanda, dan banyak lagi.

2. Cambridge English Online

Cambridge English OnlineWebsite belajar bahasa Inggris terbaik selanjutnya yang dapat dikunjungi secara gratis yaitu Cambridge English Online. Dalam situs ini, ada banyak sekali materi bahasa Inggris yang tersedia secara lengkap. Mulai dari materi secara speaking, writing, reading, dan listening.

Keseruan dari belajar berbahasa Inggris melalui situs ini karena dalam semua materi di situs ini memiliki grade yang dapat dicocokan dengan level skill bahasa Inggris kita. Untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris, kita juga bisa mengikuti berbagai macam tes yang ada di situs cambridgeenglish.org.

3. British Council

British CouncilDari semua kursus belajar bahasa Inggris daring, bisa dikatakan British Council termasuk yang menjadi sangat populer di seluruh dunia. Bukan tidak hanya gratis, belajar bahasa Inggris di situs tersebut menerapkan sistem belajar yang menyenangkan dan juga profesional.

Semua yang di dalam materi kursus di situs ini telah didukung dengan video, teks, audio, dan juga sudah lebih dari 2.000 latihan interaktif. Setiap para pengguna pun bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya untuk bisa bersama belajar dan juga bisa saling mengoreksi.

4. English Grammar

Supaya semakin mahir dalam berbahasa Inggris, setiap orang harus bisa menguasai pelajaran grammar. Beruntungnya materi tersebut bisa kamu dapatkan lengkap di situs englishgrammar.org. Dengan belajar grammar online secara gratis di English Grammar bisa dimulai dari tingkatan dasar, seperti pengejaan (spelling), preposisi, hingga penulisan dalam bahasa Inggris.

5. BBC – English Learning

BBC English LearningMempelajari Bahasa Inggris Online berarti memanfaatkan situs-situs yang ada di internet. Maka, dengan situs BBC – English Learning merupakan salah satu jawaban dari apa yang banyak ditanyakan mengenai cara belajar bahasa Inggris Online.

BBC merupakan salah satu stasiun radio yang sudah terkenal dari Inggris yang siarannya sudah bisa diterjemahkan sebanyak tiga puluh bahasa di dunia. Jauh sebelum internet muncul, orang-orang mengandalkan radio BBC ini untuk belajar bahasa Inggris.

Di situs BBC – English Learning ini sendiri, kalian akan mendapat banyak pembelajaran mengenai tata bahasa (Kosa Kata (Vocab), Pengucapan (Pronoun), Grammar), hingga untuk yang ingin membuka bisnis usaha, kalian bisa mendapatkan pembelajaran mengenai tata bahasa Inggris khusus untuk berkecimpung di dunia bisnis.

Dengan banyaknya pengetahuan dan juga metode pembelajaran yang telah diberikan pada situs tersebut, sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris secara efektif dan juga efisien. Namun perlu diingat kembali bahwa tidak ada yang instan.

6. English Central

Dalam mempelajari bahasa Inggris secara online sudah banyak sekali cara ataupun metode yang bisa digunakan. Salah satunya dengan yang diberikan situs English Central, melalui pelatihan sistem pengenalan suara. Yang artinya dengan situs English Central ini kalian bisa mengenali pengucapan tata bahasa Inggris secara benar agar bisa secara cepat dipraktekkan secara langsung di keseharian kita.

Hal ini menjadi penting, karena semakin sering mengenal pengucapan bahasa Inggris yang baik juga benar, kemudian langsung kita mencoba mempraktekkannya, maka semakin besar juga kemungkinan kita akan bisa lancar dalam berbahasa Inggris dan juga serta melatih keterampilan kosa kata dalam berbahasa Inggris.

Selain menggunakan sistem pengenalan suara, English Central juga menyediakan materi lainnya melalui video yang nantinya dapat menghasilkan pemahaman akan dunia berbahasa Inggris yang lebih jelas.

Kamu bisa mempelajari tentang Belajar English Conversation Ngga Pake Ribet
karya Arjuna Firmansyah

Mastering Basic English, Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Cepat
Mastering Basic English, Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Cepat

7. ManyThings.org

Sama layaknya seperti English Central dan juga BBC – English Learning, situs yang satu ini diperuntukkan untuk mereka yang ingin benar-benar ingin mempelajari serta menguasai bahasa Inggris dengan baik. Dengan tampilan lebih sederhana dari situs lainnya, situs ini tetap memberikan materi pembelajaran yang tidak kalah penting dari yang lainnya.

Pada dasarnya, situs ini dibuat untuk mereka yang bisa menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama ataupun bahasa kedua mereka. Seperti dengan situs belajar bahasa Inggris daring lainnya, memiliki berbagai macam jenis materi yang telah disesuaikan dengan tingkat kemampuan yang berbeda pada masing-masing orang.

Yang menariknya, selain juga memberikan materi bahasa Inggris yang serius dalam pembelajarannya, di dalam situs ini kita dapat menemukan materi yang dapat dipahami secara mudah dengan cara “bermain”.

Baca Juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rafi