in ,

Inilah Deretan Brand Termahal di Dunia: dari Makanan Hingga Otomotif

Infocity

Brand Termahal di Dunia – Tidak hanya di dunia fashion, ada beberapa brand termahal di dunia yang bergerak dalam berbagai industri. Mulai dari teknologi, food and beverages, hingga marketplace. Brand-brand ini tentu telah lama membangun nama untuk akhirnya bisa sukses dan meraih label sebagai brand termahal di dunia.

Lalu, apa saja brand termahal di dunia tersebut? Berikut list brand termahal di dunia tahun ini.

Bagaimana Cara Memperkirakan Nilai Suatu Brand?

Ada beragam cara berbeda yang digunakan untuk memperkirakan nilai yang dimiliki oleh suatu brand. Namun, ada tiga cara dengan metode yang cukup populer untuk estimasi nilai brand. Berikut penjelasannya.

1. Biaya total

Nilai brand dapat diperkirakan berdasarkan jumlah dari seluruh biaya yang dikeluarkan untuk membangun brand tersebut sejak awal. Biaya tersebut mencakup iklan, pembelian aset, gaji karyawan, dan lainnya.

2. Nilai pasar

Ini merupakan metode estimasi paling mudah. Caranya adalah dengan cukup mengalikan jumlah saham yang diterbitkan dengan harga pasar dari brand tersebut saat ini.

[algolia_carousel]

3. Pendapatan

Esensi dari metode yang ketiga ini adalah bahwa pendapatan bersih di masa datang langsung berkaitan dengan brand, dihitung untuk memperkirakan nilai dari brand saat ini.

Sederet Brand Termahal di Dunia

1. Apple Inc

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

Brand termahal di dunia pertama adalah brand yang bergerak di industri elektronik dan teknologi informasi. Produk-produk yang dihasilkan adalah PC atau personal computer, tablet, telepon seluler hingga pemutar radio.

Apple merupakan brand termahal di dunia dan saat ini logo dari band ini pasti telah banyak dikenali orang. Menurut perkiraan, Apple memiliki nilai sebesar 408 miliar USD.

Perusahaan Apple, didirikan pada 1 April tahun 1976 oleh Steve Wozniak, Ronald Wayne, serta Steve Jobs. Tiga sekawan tersebut pada mulanya terlibat dalam perakitan personal computer serta memperkenalkan model kepemilikan PC.

Akan tetapi, kesuksesan paling besar yang mereka raih baru datang di tahun-tahun belakang usai Apple memperkenalkan lini produk selulernya pada dunia, sebuah ponsel pintar iPhone serta tablet iPad.

Saat ini, rangkaian produk dari brand Apple telah semakin luas serta bahkan mencakup jam tangan pintar (smartwatch), komputer, tablet, laptop, ponsel pintar dan lain sebagainya. Brand Apple memiliki ciri khas popularitas produk dengan kualitas tinggi, desain minimalis dan stylish serta program pemasaran yang dinilai brilian dari Steve Jobs.

Hingga hari ini, Apple telah memiliki ribuan kantor, toko resmi bahkan pusat servis yang ada di seluruh dunia dengan staf yang jumlahnya hingga 132.000 orang. Kantor pusat Apple saat ini terletak di kota Cupertino, California, Amerika Serikat.

2. Amazon

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

Amazon merupakan perusahaan yang bergerak di industri bisnis retail. Amazon saat ini merupakan brand terbesar keempat di dunia dan menempati peringkat keempat perusahaan termahal menurut kapitalisasi pasar.

Amazon merupakan perusahaan retail asal Amerika yang terbesar dan menjual serta mengirimkan berbagai macam brand melalui internet. Pengguna internet, pemasok bahkan produsen dapat menjual barang apa saja, dengan mandiri cukup dengan menggunakan situs web Amazon sebagai toko online.

Lini usaha yang utama dari Amazon merupakan penjualan berbagai macam barang. Popularitas layanannya pun melambung dengan tinggi karena kualitas barang yang tinggi, harga yang rendah, pengiriman yang cepat serta keanekaragaman jenis barang yang mereka tawarkan.

Perusahaan Amazon didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan telah mempekerjakan sekitar 647.500 karyawan dengan aset lebih dari 321 miliar USD, sedangkan omsert tahunannya mencapai hingga 458 miliar USD.

3. Microsoft

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

Brand termahal di dunia selanjutnya merupakan perusahaan yang bergerak di industri pengembangan perangkat lunak yang menghasilkan beberapa brand berupa Microsoft Office, Microsoft Windows, dan Xbox.

Microsoft corporation telah dikenal secara internasional dan didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates. Saat itu, Microsoft merupakan pengembang software atau perangkat lunak yang pertama yang menyarankan penggunaan perangkat lunak rakitan untuk komputer pribadi, sehingga akan membuat pengalaman menggunakan komputer menjadi lebih ramah oleh pengguna serta lebih intuitif.

Software tersebut merupakan sistem operasi Windows, yaitu suatu terobosan nyata, sebab memungkinkan para pengguna awam untuk menguasai keterampilan komputer pribadi dengan lebih mudah. Sistem tersebut, kemudian membawa kesuksesan luar biasa serta keuntungan besar bagi perusahaan Microsoft.

Menurut laporan, Microsoft saat ini merupakan salah satu perusahaan terkemuka di pasar perangkat lunak untuk personal computer. Microsoft telah merilis sistem operasi Windows generasi baru dengan serangkaian aplikasi yang dapat digunakan bersama dokumen yang disebut dengan Microsoft Office serta sejumlah program perangkat lunak lainnya.

Selain itu, Microsoft juga memproduksi perangkat seluler, aksesoris, peralatan video, audio serta peralatan kantor sendiri.

4. Google

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

Google merupakan mesin pencari yang saat ini paling sering digunakan di internet, dan bahkan mungkin telah dikenal oleh seluruh pengguna jaringan global. Karena hal tersebut, brand Google menjadi salah satu brand termahal dalam peringkat global.

Menurut para ahli, nilai Google ada pada angka 197 miliar USD dan membuat Google menjadi brand terkenal kedua di dunia. Perusahaan Google didirikan di tahun 1993 oleh pendirinya yaitu Sergey Brin serta Larry Page. Fokus keduanya terarah pada layanan pencarian yang dapat memproses miliaran pertanyaan setiap harinya.

Berkat mesin pencari lanjutan, pembuat layanan tersebut pun mampu melakukan implementasi pada salah satu agregat iklan yang paling kuat di internet yang dapat menghasilkan bagian paling besar dari keseluruhan pendapatan untuk perusahaan Google.

Akan tetapi, mesin pencari bukan hanya satu-satunya produk dari perusahaan yang menaungi brand ini, beberapa proyek baru disebut-sebut telah menanti. Saat ini Google telah merilis gawai seluler brandnya sendiri, contohnya seperti perangkat lunak yaitu Android OS yang dimaksudkan untuk gawai terobosan dari Google yang juga memiliki beberapa layanan internet yang cukup populer, seperti Gmail, YouTube, Google Maps, Google AdWords serta lainnya.

[algolia_carousel page=2]

5. Samsung

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

Samsung saat ini dikenal secara global sebagai produsen dari barang-barang elektronik. Perusahaan ini bergerak di industri elektronik serta menghasilkan beberapa produk di industri elektronik, peralatan rumah tangga, bahan kimia, rekayasa pesawat, keuangan hingga hiburan.

Perusahaan ini didirikan di Korea Selatan pada tahun 1938, kemudian pada tahun 1969, Sanyo kemudian bergabung dengan Samsung hingga akhirnya melahirkan Samsung Group. Dari merger tersebut, terjadilah pendekatan pemasaran serta misi perusahaan yang kemudian mengalami perubahan.

Kemudian pada tahun 1980, Samsung Group pun mengeluarkan model pertama dari pendingin ruangan yang mulai muncul di pasaran. Pendingin tersebut kemudian menjadi awal mula dari pengembangan sukses brand Samsung di pasar Eropa serta Asia dalam ranah produksi peralatan yang berkaitan dengan iklim.

Pada tahun 1983, perusahaan Samsung kemudian mulai memproduksi komputer pribadi. Di antara tahun 1991 hingga 1992, pengembangan lini produk telepon seluler pertama selesai dilakukan. Lalu pada tahun 1999, Samsung Electronics berhasil memenangkan penghargaan dari majalah Forbes Global untuk kategori produksi barang-barang elektronik. Saat ini, Samsung Group telah memiliki banyak lini produksi untuk berbagai macam produk pula.

6. Coca-Cola

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

Brand satu ini bergerak di industri makanan dan memproduksi minuman non alkohol. Brand coca cola, berhasil memproduksi minuman ringan berkarbonasi yang paling dikenal di seluruh belahan dunia, dengan produksi minuman tersebut, Coca-Cola pun berhasil mendapatkan laba bersih lebih dari 6 miliar USD untuk perusahaan per tahun.

Brand minuman Coca-Cola dibentuk pada tahun 1882. Saat ini, rangkaian produk perusahaan dari brand Coca Cola berhasil membentuk rangkaian produk perusahaan meliputi minuman, contohnya seperti Fanta, Sprite, Schweppes hingga Diet Coke.

Saat ini brand Coca Cola memiliki nilai aset yang cukup besar, selain itu profitabilitasnya pun cukup tinggi, banyaknya staf serta hasil produksinya, nilai dari brand Coca Cola diperkirakan mencapai hingga 57 miliar USD.

7. Toyota

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

Brand-brand termahal di dunia tidak hanya meliputi brand yang bergerak di industri elektronik dan internet, meskipun daftar brand termahal mayoritas diisi oleh brand yang bergerak di industri tersebut.

Brand termahal di dunia berikutnya merupakan brand yang bergerak di industri pembuatan mobil yaitu Toyota. Brand ini merupakan brand yang berasal dari perusahaan Jepang dan telah mulai mengoperasikan perusahaan dari tahun 1924, perusahaan ini didirikan oleh Sakichi Toyoda.

Bagian menarik dari brand Toyota ialah pada mulanya perusahaan ini tidak terlibat dalam produksi mobil, akan tetapi dalam produksi mesin tenun. Kemudian anak laki-laki dari Sakichi Toyoda yaitu Kiichiro Toyoda memiliki minat pada pembuatan mobil, lalu mendirikan divisi baru dengan dana yang ia peroleh melalui penjualan paten dari sebuah mesin produksi yang cerdas.

Penjualan tahunan global dari mobil brand Toyota bahkan hampir mencapai 272 miliar USD di tahun 2018. Pada saat itu pula, penjualan mobil di Jepang menurun dengan cukup signifikan, sehingga menjadi suatu testimoni pada aktivitas dari perusahaan Toyota di pasar global. Meskipun telah dikenal secara global, hingga saat ini kantor pusat perusahaan Toyota masih berada di Aichi, Jepang.

8. Mercedes Benz

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

Selain dari brand Toyota, brand termahal di dunia juga diisi oleh Mercedes Benz, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di industri manufaktur produk serta memproduksi mobil-mobil yang memiliki fasilitas automobil. Toyota, tidak menjadi satu-satunya brand otomotif yang paling terkenal di dunia.

Sebab, Mercedes Benz juga turut menguasai pasar. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berasal dari Jerman dan didirkan pada tahun 1926 dengan melalui merger dengan dua kompetitor besarnya. Sejak tahun 2018, Mercedes Benz berhasil menempati urutan kedua di peringkat perusahaan manufaktur mobil.

Mercedes Benz dikenal sebagai perusahaan mobil yang menghasilkan mobil-mobil dengan teknologi tinggi serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi pula.

Brand ini pertama kali didirkan oleh Karl Benz yang berhasil menciptakan mobil dengan bahan bakar bensi pertama di dunia dan telah dipatenkan pada Januari tahun 1886. Lalu, mobil yang diproduksi dengan menggunakan nama brand Mercedes Benz baru diproduksi pada tahun 1926 usai merger perusahaan Benz serta Daimler.

Mercedes Bens kemudian memproduksi mobil, truk dengan desain premium, bis yang telah dikenal di seluruh dunia. Secara keseluruhan, perusahaan Mercedes Benz telah mempekerjakan hampir 168.000 di seluruh dunia.

9. McDonald’s

Brand Termahal di Dunia
unsplash.com

McDonalds menjadi satu-satunya brand termahal di dunia yang bergerak di industri makanan cepat saji. McDonalds merupakan restoran cepat saji yang cabangnya telah ada di seluruh dunia, brand ini juga berhasil menduduki peringkat kesepuluh sebagai brand termahal di dunia tahun 2022.

Sebagai brand termahal di dunia dan satu-satunya brand termahal yang bergerak di industri makanan, McDonalds diperkirakan memiliki nilai perusahaan yang mencapai 46 miliar USD, nilai perusahaan tersebut terlepas dari fakta, bahwa kapitalisasi McDonald telah menurun sekitar 11 persen, sebagai akibat dari rangkaian peristiwa yang sempat terjadi pada tahun 2015 lalu.

Brand ini pertama kali didirikan pada tahun 1940 sebagai sebuah restoran yang dioperasikan oleh Richard serta Maurice McDonald di San Bernardino, California, Amerika Serikat. Lalu, keduanya merubah restoran tersebut menjadi perusahaan waralaba dengan logo Golden Arches yang diperkenalkan paada tahun 1953, kemudian pada tahun 1955, Ray Kroc yaitu seorang pengusaha bergabung dengan perusahaan McDonald sebagai agen waralab dan mulai membeli rantai dari McDonald bersaudara.

Saat ini, McDonald tercatat sebagai rantai restoran paling besar di dunia berdasarkan pendapatan dan telah melayani lebih dari 69 juta pelanggan setiap harinya yang berada di lebih dari 100 negara di 37.855 outlet di tahun 2018.

McDonalds terkenal dengan produk makanan cepat saji seperti hamburger, burger keju, kentang goreng serta produk-produk ayam untuk sarapan, minuman ringan, wrap, milk shake hingga makanan penutupnya.

Brand McDonald mendapatkan pendapatannya melalui sewa, royalti serta biaya yang dibayarkan oleh para pemegang waralaba dan penjualannya di restoran yang telah dioperasikan oleh perusahaan.

Menurut dua laporan pada tahun 2018, McDonalds merupakan perusahaan swasta paling besar kedua di dunia yang memiliki kurang lebih 1,7 juta karyawan.

10. Disney

Brand Termahal di Dunia
unspalsh.com

Disney merupakan satu-satunya brand termahal di dunia yang bergerak di industri animasi, penyiaran, pembuatan film, serta taman hiburan. Disney merupakan brand yang diciptakan oleh Walt Disney pada tahun 1923 bersama dengan anak laki-lakinya bernama Roy Disney.

Perusahaan The Walt Disney Studios merupakan studio film asal Amerika Serikat serta salah satu dari empat bidang bidang bisnis utama yang dimiliki oleh The Walt Disney Company.

Brand Disney berhasil menghasil pendapatan kira-kira sebesar 2,703 miliar USD. bisnis hiburan yang diproduksi oleh Disney meliputi film animasi, live action, rekaman musikal serta pertunjukan teater yang berhasil meraup keuntungan 5, 83 miliar USD pada tahun 2012.

Saat ini, Disney tercatat sebagai brand studio animasi terbesar yang ada di Hollywood. Perusahaan ini juga memiliki 11 taman hiburan, 2 taman air serta ABC yaitu jaringan penyiaran televisi serta radio utama.

Itulah sepuluh brand termahal di dunia menurut catatan pada tahun ini dengan pendapatan serta nilai perusahaan masing-masing. Bagaimana brand-brand di atas berhasil meraih peringkat sebagai brand termahal di dunia dengan aset miliaran USD? Apakah dimulai dari branding barang yang mereka produksi atau branding dari para pemiliknya?

Grameds yang penasaran tentang branding atau ingin membangun branding diri, bisa mempelajari lebih lanjut dengan membaca buku-buku yang tersedia di Gramedia.com, sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan produk berkualitas untuk Grameds agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Buku Tentang Branding/Membangun Merek Best Seller
  2. Pengertian Brand Awareness: Tolok Ukur, Tingkatan, Peran, dan Upayanya
  3. Pengertian & Contoh Personal Branding
  4. Content Marketing: Pengertian, Bentuk, Kesalahan Umum
  5. Daftar Buku Social Media Marketing 2022 di Gramedia
  6. Daftar Buku Digital Marketing Best Seller 2022 di Gramedia
  7. Cara Promosi Produk Online yang Efisien
  8. Mengenal Social Media Marketing dan Strategi Jitu Meningkatkan Promosi

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda