in ,

Akan Menikah? Ini Biaya Pernikahan di Gedung yang Harus Kamu Tahu

pexels.com

Biaya Pernikahan di Gedung – Pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup yang sangat berarti. Oleh karena itu, tentunya setiap orang memiliki mimpi tentang pernikahannya masing-masing. Mulai dari dress atau pakaian yang digunakan, dekorasi, tema, siapa yang akan hadir, souvenir dan tentu saja di mana pernikahan tersebut dihelat.

Saat ini, ada banyak calon pengantin yang memilih untuk menikah di gedung. Alasannya tentu bermacam-macam, mulai dari kenyamanan, tempat yang luas, fasilitas dan lain sebagainya. Akan tetapi, biasanya ketika mengadakan pernikahan di gedung biaya yang diperlukan cukup mahal karena Grameds perlu mempersiapkan biaya sewa gedung.

Hal ini tentu berbeda ketika Grameds mengadakan pernikahan di depan rumah dengan memasang tratak atau tenda. Jika Grameds akan segera menikah dan ingin mengadakan pernikahan di gedung, maka Grameds perlu mengetahui rincian biaya pernikahan di gedung. Simak informasinya dalam artikel satu ini.

Biaya Pernikahan di Gedung

Biaya Pernikahan di Gedung
pexels.com

Jika Grameds memiliki impian untuk mengadakan pesta pernikahan di gedung, maka Grameds perlu mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan. Biasanya untuk hotel dan resort, Grameds akan ditawarkan untuk mengambil paket khusus.

Paket khusus untuk mengadakan pernikahan cenderung lebih murah dibandingkan hanya menyewa gedung saja. Sebab pihak mengelola akan membantu mulai dari catering hingga dekorasi.

Biaya pernikahan di gedung bervariasi. Dikutip dari situs harga.web.id kisaran biaya sewa gedung di Jakarta mulai dari Rp 4 jutaan untuk menampung 600 tamu hingga Rp 15 jutaan untuk kapasitas 800 tamu.

Agar semakin jelas, berikut rangkuman biaya sewa gedung untuk menikah di Jakarta mulai dari yang paling murah hingga cukup mahal.

Nama Gedung Perkiraan Tarif Sewa
Balai Pertemuan Bukit Permai Jakarta Timur Rp 4 juta dengan kapasitas 600 tamu
Aula Al Muhajirin Duren Sawit Jakarta Timur Rp 5 juta (biaya booking selama 2 jam) dengan kapasitas 800 tamu
Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Utara Rp 6 juta dengan kapasitas 1000 tamu
Rumah Saya Wedding Venue Rp 6 juta
Masjid Agung Al-Muchlisin Grogol Jakarta Barat Rp 8 juta dengan kapasitas 700 tamu
Masjid Al Bina Senayan Jakarta Selatan Weekday: Rp 8,5 juta kapasitas 1500 tamu

Weekend: Rp 10 juta dengan kapasitas 1500 tamu

Gedung Puslitbang PLN Duren Tiga Jakarta Selatan Rp 9 juta dengan kapasitas 800 tamu
Aula Masjid Babussalam Walikota Jakarta Rp 9 juta dengan kapasitas 1000 tamu
Gedung Aldevco Octagon Kalibata Jakarta Selatan Rp 10,5 juta dengan kapasitas 600-800 tamu
Auditorium Kementerian Pertanian Ragunan Jakarta Selatan Rp 10.5 juta dengan kapasitas 1000-15000 tamu
Gedung Puspa Pesona Taman Anggrek Jakarta Barat Rp 11 juta dengan kapasitas 1400 tamu
Balai Makarti Muktitama Depnakertrans Jakarta Selatan Rp 15 jutaan dengan kapasitas 800 tamu

Informasi harga sewa gedung untuk pernikahan tersebut diambil dari beberapa sumber. Sehingga sewaktu-waktu harga sewa dari gedung di atas bisa berubah entah naik atau turun. Oleh sebab itu, Grameds lebih baik mengkonfirmasi secara langsung dengan pihak pengelola gedung tersebut.

Jika ingin mengadakan pesta pernikahan di gedung, ada hal lain yang perlu Grameds perhatikan selain biaya sewa gedung. Misalnya dengan harga Rp 5 juta gedung tersebut hanya dapat menampung 500 tamu saja dengan durasi sewa selama 2 jam.

Jadi, Grameds perlu menimbang ada berapa banyak tamu yang ingin Grameds undang dan apakah durasi waktu 2 jam tersebut cukup. Karena jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan bahwa pihak gedung meminta charge tambahan karena durasi waktu yang lebih dari ketentuan.

Sebenarnya di setiap kota tentu saja ada banyak opsi untuk memilih gedung mana yang ingin Grameds sewa untuk pernikahan. Akan tetapi, Grameds perlu memerhatikan fasilitas hingga biaya sewa gedung.

Pastikan bahwa biaya sewa gedung sesuai dengan budget. Jika Grameds memiliki budget cukup besar dan ingin pesta pernikahan yang cukup mewah, maka Grameds bisa menyewa gedung komersil seperti Balai Sarbini atau Balai Kartini yang biaya sewanya sekitar Rp 200 juta untuk 500 tamu.

Namun jika Grameds memiliki budget yang kecil, maka Grameds bisa memilih menyewa gedung milik pemerintahan. Sebab gedung pemerintahan biasanya disewakan dengan harga relatif mewah. Jangan khawatir, Grameds juga bisa mengadakan pesta pernikahan mewah di gedung dengan harga sewa rendah asalkan dekorasi dan tema disesuaikan dengan baik!

Ketika mengadakan pernikahan di gedung, tentu saja budget paling besar adalah untuk biaya sewa gedung. Sehingga Grameds perlu menekan biaya lain-lainnya, seperti souvenir, katering atau bahkan Make Up Artist (MUA).

Untuk menekan biaya lain-lain, Grameds bisa mempertimbangkan untuk mengambil paket komplit yang disediakan oleh penyelenggara gedung. Biasanya paket komplit tersebut terdiri dari dekorasi dan katering. Selisih biaya pun cukup besar, bisa mencapai Rp 5 jutaan.

Selain dapat menekan biaya, mengambil paket komplit akan lebih praktis untuk Grameds. Karena Grameds tidak perlu memikirkan vendor lainnya dan tidak bingungan dengan masalah kebersihan.

Apabila dirinci, biaya pernikahan di gedung akan membutuhkan budget sekitar Rp 10 jutaan hingga Rp 30 jutaan termasuk MUA dan souvenir. Bagaimana, tertarik mengadakan pernikahan di gedung?

Biaya Pernikahan di Gedung

Rincian Biaya Pernikahan di Gedung

Biaya Pernikahan di Gedung
pexels.com

Dari perkiraan biaya pernikahan di gedung, Grameds tentu mengetahui bahwa biaya yang dibutuhkan cukup besar. Akan semakin jelas dalam merinci keperluan dan biaya apa saja yang Grameds butuhkan untuk menikah di gedung, berikut rincian biaya pernikahan di gedung.

1. Hantaran pernikahan

Hantaran atau seserahan pernikahan telah menjadi salah tradisi yang dilakukan secara turun temurun. Biasanya, hantaran ini berisi perlengkapan yang dibutuhkan atau disesuaikan dengan permintaan dari calon istri, contohnya seperti tas, peralatan rias, skincare, baju dan lainnya

Perkiraan biaya hantaran yang diperlukan berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 4 juta bergantung dari jenis maupun jumlah barang yang dibeli. Namun, hantaran ini bukanlah suatu hal wajib. Oleh sebab itu, Grameds bisa menekan biaya hantaran dengan mendiskusikannya pada calon istri dan keluarga.

2. Mahar atau mas kawin

Salah satu aspek penting dalam pernikahan adalah mas kawin. Mahar atau mas kawin merupakan harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki pada mempelai perempuan.

Jenis atau bentuk dari mahar yang diberikan dapat berupa bermacam-macam, mulai dari emas, uang, tanah, properti, perlengkapan ibadah dan lainnya. Dalam memberikan mahar, tidak ada aturan yang mengikat.

Biasanya besaran atau bentuk mahar ditentukan dari hasil diskusi antara kedua mempelai, keluarga dan melihat kesanggupan dari mempelai laki-laki. Namun sebagai estimasi biaya mahar biasanya dibutuhkan kurang lebih sebesar Rp 1 juta.

Estimasi biaya mahar tersebut dapat berupa uang tunai, emas beberapa gram, alat ibadah atau berupa jasa dan barang lain yang diminta oleh mempelai wanita.

3. Biaya tempat pernikahan

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai estimasi dari biaya sewa gedung di area Jakarta. Umumnya, biaya sewa gedung di kota lain pun tidak jauh berbeda dan berkisar mulai dari Rp 4 jutaan atau hingga ratusan juta rupiah, Grameds hanya perlu menyesuaikan budget serta fasilitas gedung yang diinginkan.

Biaya Pernikahan di Gedung

4. Cincin kawin

Agar momen pernikahan Grameds dengan pasangan semakin sempurna dan terasa spesial, tentu saja Grameds perlu mempertimbangkan cincin kawin yang pas dan sesuai.

Ketika memilih cincin kawin, Grameds lebih baik berdiskusi dengan pasangan untuk menentukan brand, model, warna, bahan yang digunakan hingga berat dari cincin kawin.

Diskusi soal mas kawin ini membutuhkan kesepakatan antara kedua belah pihak, sebab cincin kawin menjadi salah satu benda yang menjadi simbol dari ikatan suami istri dalam pernikahan.

Harga dari cincin pun beragam dan bergantung pada jenis, model, berat gram, brand dan lain sebagainya. Namun kebanyakan dari cincin kawin memiliki berat sekitar 5 gr.

Estimasi biaya cincin kawin dengan berat 5 gr tersebut berkisar antara Rp 5 juta untuk sepasang. Namun jika ingin memilih cincin dengan bahan perak, maka estimasi biayanya adalah Rp 2 juta untuk sepasang.

5. Wedding Organizer (WO) jika dibutuhkan

Wedding Organizer atau WO biasanya dibutuhkan ketika pasangan ingin mendapatkan pesta pernikahan dengan tema tertentu tanpa harus ribet. Sebab jasa WO ini akan memenuhi permintaan Grameds yang dibutuhkan untuk hari besar Grameds.

Jasa WO biasanya menawarkan konsep, gedung, dekorasi hingga katering. Dengan begitu, Grameds pun akan menjadi lebih santai dan tidak repot memikirkan kebutuhan untuk mewujudkan pernikahan impian.

Biaya WO biasanya cukup mahal, terutama bagi jasa WO yang menawarkan paket lengkap. Estimasi dari jasa WO adalah berkisar Rp 8 juta. Grameds bisa memiliki WO yang menawarkan paket bundling, sehingga biaya pernikahan pun akan menjadi lebih murah.

6. Katering

Tentu saja agar pesta pernikahan menjadi meriah, Grameds perlu pintar-pintar dalam memilih vendor katering yang baik dan menyajikan menu makanan yang enak. Dengan menjamu tamu dengan baik, maka pernikahan Grameds pun akan mendapatkan berkah.

Ketika akan memilih katering, Grameds bisa memilih menu seperti apa yang Grameds ingin. Apakah masakan Indonesia atau masakan internasional. Lalu, berapa menu yang akan Grameds sajikan dan lain sebagainya.

Biasanya biaya katering akan disesuaikan dengan berapa banyak tamu undangan. Semakin banyak tamu yang diundang, maka akan semakin mahal pula biaya katering yang harus Grameds keluarkan.

Umumnya penyedia katering telah membandrol harga katering dengan estimasi biaya Rp 50.000 per paxnya. Harga tersebut umumnya sudah termasuk nasi, lauk, sayur dan kondimen lainnya.

Untuk menghitung biaya total estimasi untuk katering, Grameds bisa mengkalikan jumlah tamu undangan dengan biaya per pax dari katering. Contohnya Grameds ingin mengundang 300 tamu, maka estimasi biaya katering adalah Rp 15 juta.

Namun, jika estimasi biaya katering tersebut di luar budget, Grameds bisa menekan biaya katering dengan memilih paket komplit yang disediakan oleh WO atau penyedia gedung.

Biasanya jasa WO maupun penyedia gedung telah menyediakan paket-paket khusus untuk acara pernikahan dan bagi konsumen yang memilih paket tersebut akan mendapatkan diskon atau harga yang lebih murah.

7. Undangan dan jumlah tamu

Jika budget Grameds sangatlah mepet, maka salah satu cara menghemat biaya adalah dengan membatasi jumlah tamu. Grameds bisa mengundang teman dekat dan keluarga besar saja.

Dengan begitu, maka Grameds dapat menghemat biaya undangan dan lain-lain. Namun jika tidak ingin membatasi jumlah tamu, maka Grameds bisa memilih undangan digital yang tidak perlu dicetak.

Meskipun undangan digital sangat digandrungi beberapa tahun belakangan ini, terutama ketika pandemi Covid-19 akan tetapi undangan cetak masih banyak diminati.

Apabila Grameds ingin mencetak undangan, maka estimasi biayanya adalah sebesar Rp 500.000 hingga Rp 2 juta bergantung dari desain, jenis kertas dan berapa banyak undangan tersebut dicetak.

Umumnya undangan digital jauh lebih murah. Karena tidak membutuhkan biaya cetak dan hanya desain saja. Undangan digital hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 200.000 saja dan bisa disebarkan luaskan sebanyak apapun. Grameds bisa memilih bentuk undangan digital berupa website yang dapat diakses oleh tamu undangan.

8. Souvenir

Dalam pesta pernikahan, pengantin tidak hanya membahagiakan diri sendiri, akan tetapi juga tamu undangan dengan memberikan jamuan yang pantas dan tentu saja sedikit souvenir.

Souvenir pernikahan tidak perlu mewah dengan harga mahal, Grameds bisa memilih souvenir yang cukup sederhana akan tetapi berkesan dan fungsional bagi tamu undangan.

Contohnya berupa peralatan makan, tas atau tote bag, tumblr minum dan lain sebagainya. Ketika memilih souvenir, pastikan untuk memilih jenis barang dan harga sesuai budget.

Grameds bisa mendapatkan souvenir paling murah dengan harga Rp 5.000 per barangnya. Jika memilih barang dengan budget Rp 5.000 tersebut, maka total biaya souvenir adalah sekitar Rp 1,5 juta.

9. Tata rias dan baju pengantin

Biaya lain yang harus dipertimbangkan adalah tata rias serta baju pengantin. Kedua hal ini tidak bisa dianggap sepele, karena tentu saja kedua mempelai ingin tampil terbaik ketika merayakan hari pernikahan.

Oleh karena itu, Grameds harus mempersiapkan budget, MUA dan baju pengantin seperti apa yang dikenakan. Jika budget Grameds cukup kecil, maka Grameds bisa memilih menyewa baju dibandingkan beli karena tentu saja harganya akan menjadi lebih murah.

Pada umumnya biaya sewa baju pengantin adalah sekitar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta, estimasi biaya ini telah meliputi baju untuk keluarga pengantin dan kedua mempelai.

Lalu biasanya tempat penyewaan baju telah menyiapkan paket khusus yang termasuk dengan MUA nya atau MUA telah menyediakan pilihan baju pengantin. Dengan begitu, Grameds tidak perlu repot mencari MUA dan vendor penyewaan baju secara terpisah. Untuk MUA, biaya estimasinya adalah sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta.

10. Dokumentasi dan hiburan

Biaya terakhir yang harus diperhitungkan adalah dokumentasi dan hiburan. Grameds tentu ingin mengabadikan momen membahagiakan, sehingga perlu mempertimbangkan biaya dokumentasi.

Selain itu, pesta pernikahan tidak akan meriah tanpa adanya hiburan tertentu, contohnya seperti live band, MC dan lainnya. Estimasi fotografer umumnya adalah berkisar Rp 2 juta – Rp 5 juta.

Sementara biaya hiburan termasuk musik berkisar Rp 2 juta – Rp 3 juta. Sedangkan biaya untuk MC pernikahan dialokasikan sebesar Rp 1 juta.

Biaya Pernikahan di Gedung

Nah, itulah penjelasan mengenai biaya pernikahan di gedung yang harus Grameds pertimbangkan jika ingin menikah di gedung. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Bagi Grameds yang akan segera menikah, selain memikirkan biaya pernikahan hal penting lain yang harus dipikirkan adalah cara membangun rumah tangga yang baik. Grameds bisa mendapatkan informasi dan tipsnya dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku bermanfaat dan original untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. 10 Rekomendasi Buku Tentang Pernikahan
  2. 15 Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Menikah 
  3. Susunan Acara Pernikahan dan Hal yang Harus Dipersiapkan 
  4. Mengenal Prosesi Pernikahan Adat Jawa 
  5. Pernikahan Beda Agama Dilihat dari Sudut Pandang Hukum 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda