in ,

Analisa SWOT: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Penggunaan

unsplash.com

Analisa SWOT – Dalam merencanakan strategi dan menganalisis suatu masalah, kita seringkali melihat beberapa faktor yang hadir di sekitar masalah tersebut lalu memetakannya satu per satu. Dari pemetaan hal-hal yang hadir dari rencana maupun permasalahan tersebut, maka secara perlahan kita akan menemukan rencana yang tepat maupun cara penyelesaian masalah yang kita hadapi itu sendiri.

Cara merencanakan sebuah strategi maupun menganalisis suatu persoalan, khususnya dalam bidang bisnis, akan lebih mudah apabila kita menemukan cara yang tepat dalam proses menganalisisnya. Penggunaan metode perencanaan strategi maupun penyelesaian masalah yang tepat akan mempermudah kita dalam menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi Salah satu cara terbaik yang dapat kita gunakan adalah memanfaatkan metode yang disediakan melalui rangkaian tahap dalam analisa SWOT.

Analisa SWOT adalah singkatan yang berasal dari empat elemen dalam metode analisis ini, yakni Strength yang berarti kekuatan, Weakness yang berarti kelemahan, Opportunities yang berarti kesempatan, dan Threats yang berarti ancaman.

Dengan demikian, analisa SWOT dapat kita artikan sebagai sebuah teknik perencanaan strategi maupun penyelesaian masalah yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk keperluan bisnis tertentu atau suatu proyek. Metode ini menekankan pada pentingkan peran faktor internal maupun faktor eksternal guna menyusun strategi perencanaan ide dan penyelesaian masalah secara efektif.

Analisa SWOT

[algolia_carousel]

Dalam tulisan kali ini, kami mengajak Grameds untuk mengenal lebih dekat terkait analisa SWOT yang berguna sebagai alat yang efektif dalam perencanaan strategi maupun penyelesaian masalah dalam sebuah bisnis.

Kami akan membahasnya mulai dari pengertian analisa SWOT, tujuan analisa SWOT, manfaat analisa SWOT, hingga cara penggunaan analisa SWOT secara tepat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjabarannya yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Analisa SWOT

Analisa SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey yang mempergunakan teknik ini pada tahun 1960-an ketika ia menginisiasi sebuah proyek penelitian yang dikerjakan di Stanford Research Institute. Sejak saat itu, perlahan analisis SWOT mulai dikenal luas oleh kalangan luas dan perlahan digunakan oleh para pebisnis pada masa itu untuk memanfaatkan metode analisis ini demi menumbuhkan sekaligus mengembangkan perusahaan mereka masing-masing.

Analisa SWOT sangat bermanfaat bagi Grameds untuk merencanakan sesuatu dalam sebuah proyek atau bisnis. Secara sederhana dapat kita artikan bahwa analisa SWOT merupakan metode perencanaan suatu strategi dengan mempertimbangkan sekaligus mengevaluasi 4 komponen utama, yaitu:

1. Strengths

Komponen dalam analisa SWOT yang pertama adalah strengths atau bisa kita artikan sebagai kekuatan. Dari sini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang menjadi kekuatan dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan.

2. Weaknesses

Komponen dalam analisa SWOT yang kedua adalah weakness atau bisa kita artikan sebagai kelemahan. Dari sini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang menjadi kelemahan dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan.

3. Opportunities

Komponen dalam analisis SWOT yang ketiga adalah opportunities atau bisa kita artikan sebagai peluang. Dari sini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang menjadi peluang dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan.

4. Threats

Komponen dalam analisis SWOT yang keempat adalah opportunities atau bisa kita artikan sebagai ancaman. Dari sini kita bisa melihat seberapa jauh faktor yang menjadi ancaman dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan.

Dari keempat komponen analisa SWOT tersebut, bisa terlihat dengan jelas bahwa metode analisis ini secara efektif akan mempermudah para penguasa atau pebisnis dalam rangka perencanaan bisnisnya yang mana mencakup pemahaman tentang kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang mungkin timbul secara terstruktur dan sistematis. Dengan demikian, para pihak yang bersangkutan dengan bisnis yang sedang dijalankan dapat lebih mudah mencerna, memahami, sekaligus mengenali lebih dekat proyek atau perusahaan.

Dari penggunaan keempat komponen tersebut, kita dapat melihat dengan jelas bagaimana bisnis yang didasarkan pada perencanaan a la analisa SWOT akan membantu bisnis yang sedang dijalankan secara signifikan.

Dengan demikian, analisa SWOT dapat sangat membantu Grameds dalam merencanakan berbagai strategi bisnis yang didasarkan pada faktor-faktor penting yang ada sehingga akan melahirkan pengambilan keputusan tepat.

Analisa SWOT
Sumber: Menlhk.go.id

Tujuan Analisa SWOT

Sebagai metode yang mempermudah Grameds dalam melakukan perencanaan strategi yang secara khusus di bidang bisnis, analisa SWOT memiliki tujuan utama sebagai berikut.

1. Memudahkan Pemetaan Faktor-Faktor Penting

Keempat komponen analisa SWOT akan memudahkan Grameds dalam mengetahui sekaligus memetakan faktor-faktor penting yang mengelilingi sebuah rencana atau strategi. Dengan menggunakan analisa SWOT, Grameds dapat mengetahui apa saja faktor-faktor internal yang dimiliki perusahaan, seperti faktor kekuatan dan kelemahan, sekaligus faktor-faktor eksternal yang berada di luar perusahaan, seperti kesempatan dan ancaman.

2. Memprediksi Berbagai Masalah yang Mungkin Timbul

Dengan mengetahui potensi-potensi pemicu permasalahan dari analisa SWOT yang dapat berupa kekurangan maupun ancaman, Grameds dapat lebih jeli dalam melihat kemungkinan masalah yang akan datang di hari depan.

3. Mengetahui Posisi Perusahaan di Tengah Pusaran Persaingan

Metode analisia SWOT yang memperhatikan dengan saksama bagaimana suatu rencana disusun berdasarkan pertimbangan faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman tak hanya berguna untuk melihat posisi perusahaan Grameds sendiri, namun juga untuk melihat perusahaan kompetitor yang ikut bersaing di pasar. Dengan analisa SWOT, Grameds dapat juga menganalisis perusahaan lawan agar dapat mengalahkannya dalam persaingan secara nyata di pasar.

4. Memberi Kesempatan untuk Perusahaan Berkembang Lebih Pesat

Penggunaan analisa SWOT yang tepat dan semaksimal mungkin dapat mempermudah Grameds dalam memperoleh kesempatan yang semaksimal mungkin untuk mengembangkan perusahaan. Perencanaan yang matang dengan memperhatikan faktor-faktor penting dalam 4 komponen SWOT akan semakin mendekatkan Grameds pada kemajuan perusahaan.

5. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Pada akhirnya, sesuai fungsinya yang digunakan untuk keperluan perencanaan strategi dan penyelesaian masalah, analisa SWOT dapat mempermudah Grameds dalam mengambil keputusan-keputusan penting selama menjalani bisnis di perusahaan.

Grameds dapat menjadikan faktor-faktor dari 4 komponen utama analisa SWOT–kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman–sebagai bahan pertimbangan di setiap pengambilan keputusan krusial. Sebagai contoh, Grameds dapat menentukan apakah akan membuka cabang baru, menciptakan produk baru, atau mengatur harga diskon baru.

Manfaat Analisa SWOT

Jika telah mengenal dan memahami apa saja tujuan dari penggunaan analisis SWOT, Grameds akan dengan mudah untuk memahami lebih dekat manfaat yang dapat diperoleh darinya. Secara umum, sebenarnya Grameds dapat memperoleh sangat banyak manfaat dari analisa SWOT yang dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya ketika Grameds menggunakannya untuk perencanaan strategi dan pemecahan masalah dalam bisnis.

Secara sederhana, Grameds dapat menjadikan keempat komponen utama analisa SWOT tersebut untuk kegunaan yang praktis, seperti menjadikannya sebagai acuan dasar selama proses perencanaan dan pelaksanaan strategi bisnis hingga mencapai tujuan proyek yang ingin diperoleh.

Dalam arti lain, analisa SWOT dapat dimanfaat untuk membantu Grameds dalam proses perencanaan hingga pelaksanaan rangkaian tahap bisnis secara terstruktur dan sistematis melalui pengetahuan dasar tentang hal-hal berikut.

  1. Bagaimana caranya agar dapat memanfaatkan kekuatan (strengths) sehingga menghasilkan keuntungan melalui peluang (opportunities).
  2. Bagaimana strategi yang harus diambil untuk mengatasi kelemahan (weaknesses) perusahaan yang berisiko mencegah datangnya keuntungan sekaligus berpotensi mendatangkan kerugian.
  3. Bagaimana cara yang tepat agar dapat memanfaatkan kekuatan (strengths) yang dimiliki oleh perusahaan sehingga bisnis yang dijalankan mampu menghadapi dan menyelesaikan ancaman (threats) yang ada maupun yang mungkin akan timbul.
  4. Apa langkah yang harus diambil untuk mengendalikan dan mengatur kelemahan (weaknesses) perusahaan yang berisiko dalam memicu ancaman (threats) dalam menjalankan bisnis.

Melalui pencarian jawaban tepat atas pertanyaan-pertanyaan kunci analisa SWOT dalam suatu bisnis atau proyek perusahaan seperti yang disebutkan di atas, Grameds dapat mempertimbangkan sekaligus mengambil keputusan yang tepat dan menentukan skala prioritas perusahaan dengan lebih baik dan bijak.

Tidak hanya terbatas pada manfaat yang disebutkan seperti di atas, analisa SWOT juga memiliki manfaat lain seperti mempermudah perkembangan bisnis para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ingin memperoleh modal usaha dari pemodal maupun pemerintah melalui pengajuan proposal.

[algolia_carousel page=2]

Metode analisa SWOT tersebut tentu akan sangat bermanfaat dalam perintisan usaha mereka, termasuk agar pengusaha UKM tersebut dapat mengetahui dan memahami secara jelas dan konkrit kondisi internal maupun eksternal yang mengelilingi calon usahanya.

Analisa SWOT

Cara Penggunaan

Penggunaan analisa SWOT pada dasarnya cukup mudah apabila Grameds ingin menggunakannya untuk menyusun rencana atau strategi bisnis yang akan dibangun. Dengan menggunakan tahap-tahap analisa SWOT dengan tepat, maka Grameds akan lebih berpeluang untuk mencapai target sesuai dengan rencana di awal.

Berikut kami uraikan beberapa tahapan yang dapat Grameds lakukan agar dapat menggunakan metode analisa SWOT dengan tepat sehingga dapat mencapai hasil yang lebih maksimal.

1. Tentukan Tujuan yang akan Dicapai Secara Rinci, Jelas, dan Rasional

Langkah awal yang dapat Grameds lakukan dalam menggunakan analisa SWOT adalah menentukan tujuan yang akan dicapai. Di sini, tujuan merupakan fondasi yang paling mendasar dari setiap langkah yang akan Grameds ambil, khususnya dalam berbisnis.

Tujuan yang Grameds miliki juga harus memiliki beberapa kriteria kunci. Tujuan itu harus memiliki beberapa sifat utama, seperti rinci, jelas, dan rasional. Pertama, dengan tujuan yang rinci, Grameds dapat melihat seberapa dalam dan detail tujuan yang akan Grameds capai.

Kedua, melalui tujuan jelas Grameds dapat menentukan arah bisnis secara konsisten karena memiliki sandaran yang pasti. Ketiga, dengan tujuan yang bersifat rasiona, Grameds dapat menentukan secara bertanggung jawab apakah tujuan tersebut dapat dicapai atau tidak.

2. Buat Diagram atau Matriks Analisa SWOT

Langkah selanjutnya yang dapat Grameds lakukan adalah memetakan unsur-unsur analisa SWOT melalui matriks atau diagram. Dari sini dapat terlihat faktor-faktor yang menghambat pencapaian tujuan, seperti weaknesses atau kelemahan dan threats atau ancaman, di samping faktor-faktor yang membantu tercapainya tujuan, seperti strengths atau kekuatan dan opportunities atau peluang.

Analisa SWOT

Selain itu, tahap ini juga dapat mempermudah Grameds untuk melihat faktor internal (strengths dan weaknesses) dan faktor eksternal (opportunities dan threats) yang ada di sekitar rencana Grameds. Di tahap ini, Grameds dapat mulai mempersiapkan diri untuk memasukkan hal-hal apa saja pada kolom yang tersedia di masing-masing unsur analisa SWOT.

3. Bentuk Tim Perencana dan Lakukan Brainstroming

Tahapan yang harus Grameds lakukan sekarang adalah membentuk tim perencana yang dapat menganalisis hal-hal apa saja yang berkaitan dengan bisnis yang Grameds bangun. Grameds dapat membentuk tim yang berasal dari beragam latar belakang bidang pendidikan berbeda, seperti ekonomi, hukum, ilmu komunikasi, bahkan hingga teknik arsitektur.

Semakin beragam latar belakang tim perencana, peluang pencarian hal-hal yang berkaitan dengan empat unsur analisis SWOT akan semakin detail. Melalui tim yang bertugas melakukan brainstorming atau penyusunan ide ini, Grameds dapat terbantu dalam menentukan isu-isu yang akan sangat berkaitan dengan bisnis yang akan dimulai.

4. Susun Pertanyaan Penting dalam Empat Unsur Analisa SWOT

Setelah mengetahui beberapa isu penting melalui tahapan brainstorming bersama tim, Grameds dapat mulai menyusun pertanyaan-pertanyaan fundamental yang menyangkut kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman atas bisnis yang akan Grameds bangun.

Dari pertanyaan-pertanyaan ini, Grameds dapat menentukan empat unsur analisa SWOT atas rencana yang Grameds susun. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang dapat Grameds susun untuk menentukan empat unsur analisis SWOT tersebut.

a. Strengths

Fokus pada hal-hal unik, istimewa, dan unggul yang dimiliki oleh bisnis yang dibangun oleh Grameds. Beberapa pertanyaan dapat diajukan, seperti berikut.

  1. Apa saja keunggulan dari produk barang/jasa yang bisnis kita miliki?
  2. Apa saja hal unik dari produk barang/jasa kita yang dapat membuat berbeda?
  3. Apa keunggulan sistem pemasaran yang kita miliki dibanding yang dimiliki oleh kompetitor?
  4. Apa hal yang membuat perusahaan kita menjadi istimewa dibanding perusahaan lain?
  5. Pujian apa saja yang diberikan oleh konsumen kepada produk yang kita jual?
  6. Apa yang membuat banyak pelanggan menjadi terus menerus membeli produk kita?
  7. Strategi pemasaran apa yang membuat kita sangat akrab di telinga konsumen?

b. Weaknesses

Fokus pada hal-hal yang merupakan kekurangan sehingga membuat produk yang Grameds tawarkan menjadi membosankan, tidak laku, bahkan dijauhi konsumen, seperti berikut.

  1. Apa yang membuat produk kita tidak laku di pasar?
  2. Mengapa konsumen tidak mengenal produk yang kita tawarkan?
  3. Bagaimana strategi marketing kita sehingga membuat produk kita tidak laku?
  4. Di mana letak toko kita sehingga sepi pengunjung?
  5. Apa yang membuat pelanggan setia berhenti membeli produk kita?

c. Opportunities

Fokus pada hal-hal yang bisa menjadi kesempatan bagi Grameds sehingga dapat mengembangkan bisnis menjadi lebih maju, seperti berikut ini.

  1. Apakah bisnis kita telah memenuhi tren yang sedang berlaku di pasar?
  2. Apakah bisnis kita telah dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara umum?
  3. Apakah gerai yang dibangun sesuai dengan letak target pasar?

d. Threats

Fokus pada hal-hal yang dapat berpotensi mengancam atau mengganggu jalannya bisnis Grameds, seperti berikut.

  1. Tren apa yang telah bisnis kita lewatkan?
  2. Apa yang dilakukan kompetitor sehingga mereka begitu kuat?
  3. Peristiwa politik atau bencana alam apa saja yang dapat mempengaruhi bisnis kita?

Analisa SWOT

Kita telah membahas secara ringkas dan padat berbagai hal terkait analisa SWOT, mulai dari pengertiannya, tujuan, manfaat, hingga contoh dan cara yang tepat untuk menggunakannya. Melalui pemahaman yang lebih baik mengenai analisa SWOT ini, Grameds dapat mulai membuat berbagai rencana bisnis secara lebih terarah sekali matang.

Melalui analisa ini, Grameds juga dapat memecahkan berbagai masalah bisnis yang akan timbul di kemudian hari, entah yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Selamat mencoba menerapkan analisa SWOT dalam kehidupan sehari-hari! Jika Grameds membutuhkan buku-buku terkait, silakan kunjungi gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Savero Aristia Wienanto

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Analisa SWOT

  1. Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, Perencanaan, Unsur dan Komponen
  2. Manajemen: Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, & Prinsip
  3. Manajemen Operasional: Pengertian, Tujuan, Ciri, Fungsi, dan Strategi
  4. Mengenal Usaha Ritel, Peluang Bisnis yang Menguntungkan
  5. Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Tips-Tipsnya
  6. 15 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan
  7. Rekomendasi Buku-Buku Tentang Bisnis Terbaik
  8. Memahami Strategi Pengembangan Produk dan Tahapannya 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda