in

12 Oleh-Oleh Khas Bali yang Harus Dibeli Saat Berkunjung!

Kuliner Kota

Oleh-Oleh Khas Bali – Siapa yang tidak kenal Bali? Bali bisa dikatakan sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang sudah dikenal oleh banyak orang. Bahkan, bukan hanya dikenal oleh masyarakat dalam negeri saja, tetapi Bali juga sudah dikenal oleh masyarakat luar negeri. Hal ini bukan tanpa alasan karena di Bali banyak sekali tempat wisata yang sangat indah terutama pantainya. Misalnya, Pantai Kuta, pantai Sanur dan masih banyak lagi tempat lainnya

Oleh sebab itu, Bali sering dijadikan sebagai destinasi wisata untuk berlibur. Bukan hanya dijadikan sebagai tempat berlibur saja, tetapi Bali juga menjadi pusat oleh-oleh. Banyak orang yang berkunjung akan membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman di rumah nanti. Bahkan, bisa dibilang kalau ketika pergi ke Bali rasanya kurang lengkap kalau tidak membeli oleh-olehnya.

Di Bali itu sendiri bisa dibilang ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa kamu pilih, mulai dari pakaian, jajanan, hingga aksesoris. Terlebih lagi, hampir di setiap tempat di Bali memiliki menyediakan pusat oleh-oleh, sehingga kamu jadi lebih mudah dalam memilih oleh-oleh.

Namun, terkadang masih ada sebagian orang yang merasa masih bingung untuk memilih oleh-oleh khas Bali. Jika kamu salah satu orang itu, jangan khawatir karena pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang oleh-oleh khas Bali. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Oleh-Oleh Khas Bali

Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang halal dan wajib untuk kamu beli untuk dijadikan sebagai buah tangan orang-orang di rumah.

1. Pie Susu Bali

Oleh-Oleh Khas Bali
travel.kompas.com

Ketika pergi ke Bali bisa dibilang kurang lengkap kalau tidak membawa oleh-oleh khas Bali, yaitu pie susu. Makanan yang satu ini sudah sangat dikenal oleh berbagai macam kalangan masyarakat, sehingga sudah banyak orang yang menjadikan camilan yang satu ini sebagai oleh-oleh.

Makanan kecil atau camilan ini memiliki rasa yang manis sekaligus renyah dan akan sangat nikmat jika ketika memakannya ditemani dengan kopi atau teh. Bentuk dari pie susu adalah bulat tipis dan pada bagian pinggirnya ketika dimakan seperti ada krenyesnya. Sementara itu, pada bagian tengahnya terdapat vla susu yang creamy dengan cita rasa yang manis. Bahkan, makanan yang satu ini bisa dibilang memiliki berbagai macam rasa, seperti kacang almond, kismis, keju, dan sebagainya.

Untuk mereknya sendiri sangatlah beragam, mulai dari Pie Susu Dhian, Pie Susu Enaaak, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, pie susu ini dijual dalam kotakan yang di mana dalam satu kotak berisi sekitar 10 buah pie susu yang dibanderol mulai dari Rp25.000. Dikarenakan makanan ini sudah sangat terkenal, maka ketika ingin membelinya, kamu harus antre terlebih dahulu.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

2. Kacang Koro Bali

Oleh-Oleh Khas Bali
Kuliner Kota

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah kacang koro Bali. Oleh-oleh yang satu ini bisa dibilang mudah ditemukan di Bali, mulai dari toko-toko di pinggir jalan hingga di toko-toko pusat oleh-oleh. Hal ini karena kacang yang satu ini sangat disukai oleh banyak wisatawan.

Kacang koro Bali itu sendiri memiliki berbagai macam cita rasa, mulai dari rasa pedas, rasa asin, dan sebagainya. Ketika membeli kacang koro, sebaiknya pilihlah rasa yang sesuai kamu suka.

Uniknya, kacang koro ini berbeda dengan kacang-kacang pada umumnya. Perbedaan itu terletak pada bentuknya yang di mana kacang koro memiliki bentuk yang lebih tipis. Selain itu, warna dari kacang ini juga sangatlah unik, yaitu berwarna keemasan. Rasa dari kacang koro ini adalah gurih dan renyah. Oleh sebab itu, kacang koro ini sangat pas dijadikan sebagai camilan terutama ketika sedang berpergian.

3. Pia Legong Bali

Oleh-Oleh Khas Bali
manisdansedap.com

Ternyata, makanan bakpia bukan hanya kita temukan di Jogja saja, tetapi bisa kita temukan di Bali. Bahkan, bisa dibilang kalau bakpia Bali juga tidak kalah lezatnya dengan bakpia Jogja. Bakpia Bali ini juga dikenal dengan nama Pia Legong, apakah kamu pernah mencobanya? Pia legong ini sudah ada sejak 2006 lalu.

Rasa dari pia legong ini bisa dibilang sangatlah beragam, seperti keju, kacang hijau, dan cokelat. Oleh-oleh yang satu ini bisa tahan atau tidak berjamur 1 hingga 2 minggu. Adapun ciri khas dari pia legong ini ada pada ukurannya yang sangat besar dan juga diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan oleh-oleh yang satu ini, kamu harus mengantre terlebih dahulu.

Dikarenakan sering antre, maka sebaiknya kamu memesan oleh-oleh ini dari jauh-jauh hari. Biasanya, pia legong ini dijual dalam satu kotak yang di mana dalam satu kotak berisi 8 buah pia legong.

4. Topeng Bali

Oleh-Oleh Khas Bali
BP Guide

Selain makanan, ternyata Bali juga sangat dikenal dengan dengan oleh-olehnya berupa aksesoris dan kerajinan tangan, salah satunya adalah topeng Bali. Topeng Bali ini memiliki bentuk yang sangat khas, serta didominasi dengan warna merah. Topeng Bali ini biasanya berupa topeng barong dan juga topeng leak seram. Bahkan, bisa dibilang topeng Bali ini sering diincar oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri atau luar negeri.

Jika kamu tertarik untuk membeli topeng Bali ini, maka bisa mendapatkannya di beberapa pasar seni Bali. Misalnya, pasar seni Sukawati, pasar seni Kumbasari, dan sebagainya. Bahkan, beberapa topeng Bali juga menghasilkan ukiran yang sangat unik, sehingga oleh-oleh yang satu ini bisa dijadikan sebagai aksesoris di rumah.

5. Udeng Bali

Oleh-Oleh Khas Bali
my-best.id

Sebagai pasangan dari Kebaya Bali yang dikenakan wanita, kamu bisa membeli Udeng yang biasa digunakan kaum pria di Bali. Udeng atau Ikat Kepala khas Bali ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan bisa juga digunakan sebagai aksesoris pakaian. Untuk mendapatkan udeng Bali ini bisa dibilang kalau mudah ditemukan karena hampir di pusat oleh-oleh, kamu bisa membeli udeng Bali ini.

Udeng Bali ini memiliki perbedaan dengan udeng Jawa. Adapun perbedaan dari keduanya adalah udeng Bali memiliki warna yang lebih mencolok bila dibandingkan dengan udeng Jawa. Selain itu, warna yang mencolok ini, mempunyai maknanya tersendiri.

Meskipun Udeng bali sering digunakan pada upacara adat, tetapi saat ini udeng Bali bisa digunakan kapanpun dan oleh siapapun tidak hanya pada saat pelaksanaan upacara tertentu. Jadi, apakah tertarik untuk membeli dan menjadikan udeng Bali sebagai oleh-oleh?

6. Kain Bali

Oleh-Oleh Khas Bali
BandungKlik

Jika kamu ingin mencari oleh-oleh khas Bali selain makanan, maka kain Bali sangatlah pas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kain Bali ini bisa dibilang sangat disukai oleh banyak wisatawan karena motifnya yang sangatlah unik. Adapun motif dari kain ini, biasanya adalah motif bunga.

Bukan hanya terkenal dengan motif bunga saja, tetapi perpaduan warna dari kain batik bisa dibilang sangatlah khas. Warna yang digunakan biasanya cenderung cerah, tetapi ada juga warna-warna gelap. Selain warna dan motifnya, kain Bali juga dikenal dengan bahannya yang sangat halus dan juga terasa sangat dingin. Oleh sebab itu, ketika menggunakan kain ini tidak terasa gerah.

Untuk menemukan dan membeli kain ini, kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh Bali. Harga yang ditawarkan pun sangatlah beragam, sehingga kamu harus pastikan bujet yang kamu terlebih dahulu sebelum membeli kain ini, Grameds.

7. Kacang Disco

Oleh-Oleh Khas Bali
Resepedia

Kacang Disco bisa dibilang salah satu oleh-oleh khas Bali yang sudah dikenal oleh banyak orang. Bahkan, kacang yang satu ini sering dijadikan sebagai camilan. Kacang disco Bali ini rasanya sangat identik dengan rempah-rempahnya, sehingga sangat pas untuk dimakan bersama nasi atau hanya dijadikan sebagai camilan.

Di Bali, bisa dibilang kacang disco ini mudah ditemukan di pusat oleh-oleh, sehingga kamu tak perlu repot mencari oleh-oleh yang satu ini. Rasa dari kacang ini berbagai macam, seperti keju, udang, barbeque, pedas, dan sebagainya.

Harga dari kacang disco ini, mulai dari Rp25.000 per 250 gram. Harga yang sangat murah ini bisa dibilang menjadi salah satu alasan wisatawan Bali ingin membeli oleh-oleh yang satu ini.

8. Kopi Kintamani Bali

kintamani.id

Para penikmat kopi tentu tidak boleh melewatkan kesempatan menikmati Kopi Kintamani. Kopi Kintamani ini bisa dibilang sudah menjadi salah satu jenis Kopi Bali terbaik di Bali yang tak boleh untuk dilewatkan. Rasa dari kopi ini sendiri bisa dibilang sangatlah unik terutama pada cita rasa masamnya.

Selain itu, kopi ini hanya dapat tumbuh dengan baik di lokasi khusus bersama dengan pohon jeruk dan cokelat. Bukan hanya dikenal dalam negeri saja, tetapi kopi yang satu ini juga dikenal oleh masyarakat luar negeri. kopi ini selain dijual dalam bentuk bubuk, ternyata dijual juga dalam bentuk biji.

Kopi Kintamani ini termasuk ke dalam jenis kopi arabika. Sementara itu, harga jual dari kopi ini tergantung dari jenis kopi itu sendiri. Selain itu, ukuran menjadi pembeda harganya juga.

9. Kaos Joger Bali

Jika ingin mencari oleh-oleh khas Bali berupa kaos, maka jawabannya adalah kaos Joger. Kaos Joger ini bisa dibilang sudah sangat dikenal karena keunikan dari gambar dan juga bahannya. Bukan hanya pada gambarnya saja, tetapi kaos Joger dikenal karena kata-kata yang ada pada kaosnya yang sangatlah unik.

Bahkan, karena identik dengan Bali, maka rasanya kurang lengkap kalau tidak membeli atau menjadikan kaos Joger sebagai oleh-oleh. Bukan hanya kaos saja, tetapi Joger juga menyediakan berbagai macam produk, seperti sandal, jaket, topi, gantungan kunci, dan sebagainya. Jika kamu ingin menemukan berbagai macam produk Joger, maka bisa membelinya di Denpasar dan Luwus.

10. Salak Bali

Salak Bali bisa dikatakan sebagai salah satu oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan ketika pergi ke Bali. Bahkan, salak Bali ini rasanya tidak kalah dengan salak Pondoh. Salak Bali itu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, salah satu jenisnya yang sangat terkenal adalah salak Bali Gula Pasir.

Keunikan dari salak Bali Gula Pasir adalah ukuran daging buahnya yang cukup besar, tetapi bijinya yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis salak lainnya. Selain itu, salak Bali Gula Pasir ini rasanya sangat manis dan daging buahnya yang memiliki warna putih.

Oleh-oleh khas Bali lain yang juga tidak boleh terlewatkan adalah buah Salak Bali. Rasa dari Salak Bali ini bisa dibilang rasanya mampu bersaing dengan salak Pondoh yang rasa manisnya sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Salak Balik ini salah satu jenis salak Bali yang sudah sangat dikenal yaitu salak Bali Gula Pasir.

Ketika sudah memasuki musim panen, harga dari salak Bali ini bisa dibilang cukup murah karena dibanderol dengan harga Rp20.000 per kilonya. Akan tetapi, jika bukan pada musimnya, maka harga salak Bali ini bisa dibilang sangat mahal karena biasa dijual mulai dari Rp90.000 per kilonya.

11. Heavenly Chocolate Bali

woke.id

Bukan hanya dikenal dengan oleh-oleh kopinya saja, tetapi Bali juga dikenal dengan oleh-oleh cokelatnya. Salah satu oleh-oleh cokelat Bali yang terkenal adalah Heavenly Chocolate Bali. Bahkan, rasa cokelat tidak kalah lezat dengan cokelat-cokelat luar negeri.

Ragam dari cokelat ini bisa dibilang cukup banyak, seperti milk caramel, dark chocolate, matcha, dan sebagainya. Bahkan, merek lokal yang satu ini juga menyediakan varian cokelat dengan varian alkohol, misalnya rum dan baileys. Jadi, apakah kamu ingin menjadikan merek cokelat lokal ini sebagai oleh-oleh?

12. Dodol Buleleng Bali

budayaindonesia.org

Jika kamu pencinta dodol, maka di Bali ada dodol yang tak kalah saing dengan dodol Betawi dan juga dodol Garut. Dodol khas Bali ini dikenal dengan nama dodol Buleleng. Seperti namanya, maka dodol ini kebanyakan diproduksi di Bali. Selain itu, cara membuat dodol ini bisa dibilang masih menggunakan cara tradisional.

Tidak hanya itu, bungkusan dari dodol ini bisa dibilang sangatlah unik karena dibungkus dengan daun jagung yang kemudian diikat dengan tali rafia. Oleh sebab itu, ketika makan dodol ini, maka masih melekat dengan nuansa tradisionalnya.

Ketika sudah dibungkus dengan daun jagung dan diikat dengan tali rafia, maka dodol ini bentuknya akan menyerupai permen yang sudah digulung. Biasanya makanan yang satu ini dijual dengan cara digantung. Adapun harga dari dodol Buleleng ini berkisar Rp10.000 per 10 buah. Bahkan, oleh-oleh makanan yang satu ini dapat bertahan dari jamur hingga 3 minggu.

Penutup

Pada dasarnya, masih ada banyak jenis oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu bawa pulang. Meski begitu, ketika membeli oleh-oleh sebaiknya kamu pilih dengan sesuai yang kamu suka. Selain itu, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Bali yang sesuai pesanan teman, keluarga atau kekasih. Dengan begitu, orang-orang yang diberikan oleh-oleh akan sangat senang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau oleh-oleh khas Bali bukan hanya makanan saja, tetapi juga ada pakaian. Oleh sebab itu, kamu bisa memilih berbagai macam oleh-oleh khas Bali dengan mudah. Selain itu, di Bali sendiri sudah ada banyak pusat oleh-oleh. Demikian pembahasan tentang oleh-oleh khas Bali, semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak lagi seputar oleh-oleh khas Bali dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 12 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Bawa Pulang 
  2. Daftar Oleh-Oleh Khas Jogja yang Harus Kalian Beli 
  3. 21 Inspirasi Oleh-Oleh dari Jakarta 
  4. 20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Bisa Kamu Coba 
  5. Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Turki yang Bisa Kamu Bawa Pulang 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean