Universitas Tadulako (UNTAD)

Profile
  

Universitas Tadulako

Universitas Tadulako berdiri sejak 14 Agustus 1981 melalui Keppres No. 36 Tahun 1981. Universitas Tadulako, atau biasa disebut Untad merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Palu, Sulawesi Selatan, Indonesia. Universitas Tadulako menduduki peringkat posisi 38 dari 100 Perguruan Tinggi di Indonesia. Saat ini Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP menjabat sebagai rektor Universitas Tadulako periode 2019-2023.
Ada beberapa tahapan perjalanan sejarah dari Universitas Tadulako. Pada tahun 1963-1966, Untad masih menyandang status sebagai perguruan tinggi swasta. Kemudian pada tahun 1966-1981 Universitas Tadulako menjadi perguruan tinggi negeri dengan status cabang sebagai Universitas Tadulako Cabang Universitas Hasanuddin. Setelah menyandang status perguruan tinggi negeri dengan status cabang, sejak tahun 1981 Untad mengefektifkan upaya untuk mewujudkan satu universitas negeri yang berdiri sendiri.

Visi & Misi Universitas Tadulako 2020-2045

Visi:

“Universitas Tadulako Menjadi Perguruan Tinggi Berstandar Internasional Dalam Pengembangan IPTEKS Berwawasan Lingkungan Hidup”

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, modern, dan relevan menuju pencapaian standar internasional dalam pengembangan IPTEKS berwawasan lingkungan hidup.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu untuk pengembangan IPTEKS berwawasan lingkungan hidup.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai pemanfaatan hasil pendidikan dan hasil penelitian yang dibutuhkan dalam pembangunan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan akan reformasi birokrasi dan kerja sama regional, nasional, dan internasional.

Video Profil Universitas Tadulako (UNTAD)

Profil Universitas Tadulako dapat disimak pada tautan video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=6gH3MyjKTVQ

Akreditasi Universitas Tadulako (UNTAD): B

Kampus yang terletak di kota Palu, Sulawesi Selatan ini telah mendapatkan Akreditasi “B” berdasarkan 365/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 yang diberikan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Fakultas dan Jurusan di Universitas Tadulako (UNTAD)

Biaya Kuliah di Universitas Tadulako (UNTAD)

Besaran biaya kuliah di Universitas Tadulako dapat disimak pada tautan berikut:

https://untad.ac.id/besaran-biaya-kuliah-di-universitas-tadulako/

Jurusan Saintek di Universitas Tadulako (UNTAD)

Jurusan Soshum di Universitas Tadulako (UNTAD)

Fasilitas Universitas Tadulako (UNTAD)

  • Gedung Auditorium UNTAD

Berbagai fasilitas di Universitas Tadulako disediakan untuk mendukung kegiatan mahasiswa. Gedung auditorium menjadi fasilitas penting dalam menunjang kegiatan kampus. Gedung ini biasa digunakan sebagai tempat melangsungkan acara yang diselenggarakan Untad ataupun di luar Untad, seperti upacara wisuda ataupun kegiatan mahasiswa lainnya. Auditorium Untad pernah digunakan untuk melangsungkan Festival Budaya Internasional yang turut mendatangkan pihak asing untuk menyukseskan acara.

  • Gedung UPT Bahasa

Universitas yang berdiri sejak tahun 1981 ini memiliki fasilitas Gedung UPT Bahasa yang menyediakan kursus dan pelatihan bahasa. Gedung ini melayani mahasiswa tingkat tengah sampai tingkat akhir untuk keperluan TOEFL. Jadi, mahasiswa tak perlu mendatangi lembaga les lain karena Untad telah memfasilitasinya.

  • Gedung Research dan IT Center

Gedung IT Center yang terletak di belakang Gedung Auditorium ini masih tergolong baru. Gedung ini didesain pada tahun 2011 bersama dengan Gedung Research. Pembangunan kedua gedung tersebut membuktikan bahwa Universitas Tadulako sudah memiliki banyak perkembangan. Gedung IT Center yang memenuhi perkembangan teknologi dapat menjadi tempat layanan informasi, tempat pertemuan, dan seminar. Banyak mahasiswa yang berkunjung ke gedung ini untuk menikmati layanan Wi-Fi.

  • Laboratorium

Untad memiliki laboratorium di setiap fakultas sebagai sebagai salah satu unit pelaksana. Fasilitas laboratorium menjadi fasilitas penunjang dalam pelaksanaan kegiatan akademik. Di laboratorium ini mahasiswa dapat dalam belajar mengintegrasikan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dipraktikkan secara empiris. Jadi, mahasiswa tak hanya menggunakan tempat ini untuk pembelajaran. Secara tidak langsung, fasilitas ini difungsikan sebagai tempat pengembangan keilmuan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepda masyarakat.

  • Perpustakaan

Perpustakaan menjadi sarana penunjang dalam mendapatkan sumber ilmu pengetahuan. Kehadiran perpustakaan penting bagi instansi pendidikan tinggi untuk kemajuan dan perkembangan institusi. Universitas Tadulako menyediakan fasilitas perpustakaan bagi mahasiswa untuk berdiskusi dalam mengerjakan tugas. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang lengkap dengan jurnal nasional maupun internasional beserta Wi-Fi gratis yang bebas diakses. Perpustakaan Untad ramai dikunjungi mahasiswa bahkan pada saat libur kuliah. Jam operasional perpuskaan Untad dibuka Senin-Jumat pukul 8.00-16.00.

  • Theater Center UNTAD

Berbagai fasilitas di Universitas Tadulako disediakan untuk mendukung kegiatan mahasiswa. Gedung Theater Center menjadi salah satu fasilitas penting penunjang kegiatan kampus. Gedung ini tak hanya digunakan untuk pementasan teater, tetapi juga workshop, sosialisasi, lomba, dan lain sebagainya.

  • Koperasi Mahasiswa

Universitas Tadulako membuka fasilitas koperasi khusus untuk mahasiswa dengan bidang usaha kafetaria, fotokopi, dan penjualan barang yang dikelola langsung oleh mahasiswa.

  • Rusunawa Untad (Asrama Bidikmisi)

Rusunawa Untad terletak di hamparan perumahan Dosen Untad, persis di samping kiri Universitas Tadulako dan berhadapan langsung dengan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Tadulako. Fasilitas ini dapat dikatakan sebagai fasilitas khusus bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi yang berasal dari luar kota. Pemerintah Daerah terus berupaya meningkatkan kualitas SDM di kota Palu. Sehingga keberadaan Rusunawa ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi yang membanggakan bagi Universitas Tadulako.

  • Wisma Universitas Tadulako

Salah satu fasilitas pendukung yang dimiliki kampus ini ialah wisma Universitas Tadulako. Bagi keluarga maupun kerabat yang ingin berkunjung tak perlu khawatir, karena Untad telah menyediakan fasilitas berupa wisma yang berada tak jauh dari kampus. Wisma ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas kepentingan tamu agar keluarga maupun kerabat yang berkunjung bisa merasa nyaman.

  • Sarana Ibadah

Masjid Darul Hikmah Universitas Tadulako merupakan salah satu sarana ibadah yang berfungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan umat Islam. Unit Pengkajian Islam Mahasiswa (UPIM) Untad kerap mengadakan kegiatan keagamaan di masjid ini.

  • Taman Kampus

Taman kampus selalu menjadi ikon menarik yang sering dikunjungi mahasiswa dari luar kampus ataupun dalam kampus. Fasilitas taman kampus dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang aktif berorganisasi untuk mengadakan rapat atau sekadar berfoto-foto di tempat ini. Tak hanya mahasiswa, dosen pun menjadikan taman ini sebagai tempat belajar yang baru. Biasanya taman ini tampak ramai oleh para wisudawan yang ingin mengabadikan momen. Sejumlah mahasiswa beserta orang tua mengambil gambar dengan background rektorat dan taman Untad untuk mengabadikan momen berharga. Adanya air mancur di taman ini dapat menciptakan keindahan, kesejukan serta ketenangan.

Dibuatnya taman kampus tidak hanya bersinggungan dengan keindahan saja, tetapi melingkupi nilai guna, fungsi dan sebagainya. Tersedianya taman kampus, mampu memberikan suasana yang asri, nyaman,  dan sejuk yang menimbulkan keistimewaan bagi para penikmatnya. Selain memberikan keindahan atau estetika, taman kampus dapat menjadi sarana penunjang proses belajar-mengajar.

  • Rumah Sakit

Rumah sakit ini  menjadi salah satu fasilitas yang ditawarkan Untad. Fasilitas rumah sakit Untad menawarkan sarana dan prasarana yang jauh lebih baik dan canggih dibandingkan rumah sakit lain yang ada di Palu. Fasilitas ini akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Untad yang akan melakukan praktik.

Beasiswa Universitas Tadulako (UNTAD)

  • Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa program pemerintah yang diperuntukan bagi mahasiswa dengan kondisi tidak mampu secara ekonomi, tetapi memiliki potensi akademik dan nonakademik yang baik. Pendaftaran beasiswa Bidikmisi dibuka  secara online, seperti yang dilansir dari laman resmi Bidikmisi. Mahasiswa jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun Mandiri dapat mendaftar beasiswa Bidikmisi.

  • Beasiswa-PPA dan BBP-PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA) ialah yang dikhususkan bagi mahasiswa kurang mampu dengan potensi akademik yang baik. Persyaratan beasiswa ini antara lain, mahasiswa jenjang S1/Diploma IV antara Semester II-VIII, mahasiswa dengan prestasi sangat baik (nilai ujian nasional, nilai rapor X-XII, dan membutuhkan rekomendasi dari sekolah). Selain itu, calon penerima beasiswa PPA wajib melampirkan fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3.00 sedangkan untuk BBP-PPA melampirkan transkrip nilai dengan IPK minimum 2.75.

  • Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa ini sedikit berbeda dari yang lain, selain mendapatkan dana bantuan selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai pelatihan soft skills yang akan mempersiapkan peneriba beasiswa  menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.

Pelatihan soft skills yang dilakukan, meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Penerima beasiswa ini diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai soft skills yang telah didapatkan dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan solusi pada suatu permasalahan sosial di lingkungan sekitar.

Persyaratan yang diberikan Djarum ialah mahasiswa jenjang S1/D4 pada semester IV dari semua jurusan dengan IPK minimum 3.00 pada semester III. Setelah itu, penerima wajib mempertahankan IPK tersebut hingga akhir semester IV. Beswan juga dituntut untuk aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun di luar kampus.

  • Beasiswa Bank BNI

Beasiswa Bank BNI diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dengan kondisi ekonomi kurang mampu yang sedang menempuh pendidikan S1 di seluruh universitas tanah air. BNI atau Bank Negara Indonesia sebagai sebuah bank milik pemerintah (Kementrian BUMN) memberikan beasiswa dengan syarat berada antara semester 2 sampai dengan semester 8, IPK minimal 3.00, dan aktif di berbagai kegiatan fakultas dan universitas.

  • Beasiswa Lembaga atau UKM

Beasiswa yang jarang diketahui ini biasanya direkomendasikan kepada beberapa orang calon penerima yang aktif dalam suatu organisasi mahasiswa. Misalnya BEM, DPM, dan lainnya.

  • Beasiswa XL Future Leaders

Tidak jauh berbeda dengan beasiswa lain, beasiswa XL Future Leaders adalah pemberian beasiswa dengan durasi satu tahun serta pendidikan pengembangan diri yang diberikan oleh fasilitator. Persyaratan yang perlu dipenuhi ialah mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan tahun ke-4 (semester 7) dengan IPK minimum 3.00

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi tautan berikut.

http://www.xlfutureleaders.com

  • Beasiswa Salemba Empat

Bentuk beasiswa ini berupa tunjangan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan jenjang S1 dan telah menempuh pendidikan minimal di semester kedua.

  • Beasiswa BCA Finance

Bank BCA memberikan beasiswa kepada mahasiswa program S1 di perguruan tinggi negeri maupun swasta pada setiap tahunnya sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Penerima beasiswa akan diberikan bantuan finansial sebesar RP 3.000.000 hinggs lulus kuliah. Persyaratan yang harus dipenuhi ialah mahasiswa semester 2 dengan IPS minimum 3.00. Info lebih lanjut dapat diakses melalui tautan berikut.

http://www.bcafinance.co.id/beasiswa

  • Beasiswa Aktivis Peneleh

Beasiswa Aktivis Peneleh adalah beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Rumah Peneleh di setiap tahunnya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi aktivis mahasiswa yang masih menempuh studi semester 1-6. Total bantuan dana yang diberikan sebesar Rp 500.000/bulan. Info selengkapnya dapat dikunjungi melalui situs resmi pada tautan berikut.

http://www.rumahpeneleh.or.id/beasiswa-aktivis-pineleh/

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Palu

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp. 252.000)
Rata-rata (Rp. 637.700)
Tertinggi (Rp.1.100.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp. 250.000)
Rata-rata (Rp. 413.500)
Tertinggi (Rp.600.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah Fakultas Favorit Universitas Tadulako?

Pendidikan Dokter, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Biologi, Ekonomi Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Ilmu Komunikasi.

Dimanakah Lokasi Universitas Persada (UNSADA)?

Di Jl. Soekarno Hatta No.KM. 9, Tondo, Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94148

Apakah Ada Biaya Tambahan Selain Biaya Semester ?

Iya,ada

Spesialisasi
  • Teaching skills
Video

Event
Untad Kirim 22 Atlet di POMNAS 2019
Selasa (3/9/2019) Universitas Tadulako (Untad) akan mengirim sebanyak 22 atlet yang akan bertanding di tujuh cabang olah raga pada perhelatan Pekan Olah Raga Mahasiswa (POMNAS) XVI tahun 2019 di DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 17 – 26 September mendatang .