Jurusan Agroteknologi

Jurusan Agroteknologi

Kategori Pertanian

Jurusan Agroteknologi _[473 x 314]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Agroteknologi

Jurusan Agroteknologi mempelajari tata cara penerapan teknologi untuk membudidayakan tanaman secara efektif dan efisien meskipun di lahan yang kurang subur. Penerapannya dimulai sejak pembenihan, pemeliharaan, perlindungan, produksi pasca panen, dan pengendalian hama. Selain itu, kamu juga akan mempelajari kelimuan tentang tanah, air, dan penyakit dari budidaya tanaman tersebut.

Cakupan bidang ini tak hanya terbatas pada penggunaan traktor, sistem pengairan, serta pengolahan hasil pertanian saja, melainkan pada seluruh proses dan berbagai macam aspek dalam budidaya tanaman ataupun ternak dan proses pengolahan hasilnya. Selain budidaya, jurusan Agroteknologi juga mempelajari beberapa aspek sosial. Diantaranya sosiologi pertanian, teknologi agroindustri, dan manajemen agribisnis dasar.

Kenapa Jurusan Agroteknologi

Lulusan Agroteknologi sangat dibutuhkan di Indonesia, terlebih kemajuan teknologi di masa kini sudah merambah ke berbagai bidang termasuk pertanian. Dengan perpaduan kajian agraria dan teknologi, diharapkan jurusan ini akan menjadi aset negara Indonesia sebagai tombak perkembangan sektor pertanian.

Jurusan ini cocok untukmu yang mencintai alam dan peduli terhadap kelestarian lingkungan. Selain itu, kreativitas dan keterampilan tinggi sebagai karakter yang sangat dibutuhkan sebab, kamu juga akan belajar teknologi ramah lingkungan yang melengkapi alat-alat pertanian konvensional.

Meskipun di bidang pertanian, kamu juga harus senang berhitung, teliti, dan berwawasan luas guna mencapai target budidaya tanaman yang tepat. Ketekunan juga dibutuhkan karena jurusan ini akan mempelajari berbagai teknis budidaya tanaman yang beraneka ragam.

Para mahasiswa jurusan Agroteknologi akan mempelajari bagaimana meningkatkan jumlah budidaya tanaman melalui penerapan teknologi agar lebih hemat tenaga dan hemat waktu. Dengan begitu, produktivitas akan lebih tinggi dan menciptakan bisnis yang lebih menguntungkan.

Jurusan Agroteknologi _[473 x 314]

Keahlian Jurusan Agroteknologi

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan komunikasi

Jurusan Agroteknologi _[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Agroteknologi di Dunia Kerja

  • Konsultan Pertanian, tugasnya memberikan saran dalam sektor industri pertanian. Kamu dapat memulainya dari skala kecil kemudian ke sektor industri pertanian berskala besar
  • Sektor Industri, Kamu dapat terjun langsung ke berbagai sektor industri pertanian, apalagi industri ini terus mengalami perkembangan
  • Instansi Pemerintahan, Lulusan agroteknologi juga bisa bekerja di institusi pemerintahan, mulai dari menjadi manajer pupuk dan pesitisida nasional, badan koordinasi survei, penelitian dan pengembangan pemerintah pusat, dan lain sebagainya
  • Pengelola Perkebunan, Salah satu peluang kerja Agroteknologi adalah menjadi pengelola perkebunan yang bertanggung jawab mengurus sebuah perkebunan baik yang dimiliki di sektor swasta atau pemerintah
  • Surveyor, menjadi surveyor untuk Badan Koordinasi Survei serta di Badan Pertahanan Nasional
  • Industri Pangan, Jurusan agroteknologi dapat berhubungan erat dengan teknologi pengolahan pangan
  • Perusahaan Perbenihan sebagai perusahaan yang sangat cocok untuk Program Studi Agroteknologi. Dalam hal ini perusahaan perbenihan bertugas mengembangkan serta menjual benih-benih serta berbagai kebutuhan para petani

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Agroteknologi

Perkuliahan di Jurusan Agroteknologi akan mempelajari bagaimana cara mengelola suatu komoditas dari yang berbentuk bibit, hingga yang berbentuk hasil dan selanjutnya menjadi produk. Kamu juga akan mempelajari mengenai tanaman dan tumbuhan, pangan atau hortikultura, serta bagaimana cara atau proses menanam dengan baik, proses memanen, proses mengolah, hingga proses produksi.

Program studi Agroteknologi mempelajari penerapan teknologi dalam budidaya tanaman, mulai dari perencanaan hingga perancangan sebuah sistem produksi tanaman yang efektif dan produktif memanfaatkan ilmu dan teknologi seperti genetika, fisiologi, pemuliaan, perbenihan, produksi tanaman dan lain sebagainya.

Kamu juga akan mempelajari lahan dan media tanam (evaluasi lahan, kesuburan dan nutrisi tanaman, pemupukan, mikrobiologi dan lain sebagainya), faktor lingkungan (hama-penyakit dan gulma, agroekosistem atau ekologi dan lain sebagainya), serta berbagai ilmu pendukung lain seperti bioteknologi, kewirausahaan, etika bisnis dan manajemen agar dapat memperoleh efisiensi produksi tanaman dalam mengatasi beragam permasalahan di bidang pertanian-pangan-hortikultura, perbenihan dan perkebunan.

Mata Kuliah Jurusan Agroteknologi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Agroteknologi:

  1. Pengantar Ilmu Pertanian
  2. Dasar Ilmu Tanaman
  3. Pemasaran Agribisnis
  4. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman
  5. Teknologi Pembenihan
  6. Teknologi Produksi Tanaman
  7. Rekayasa Tanaman
  8. Teknologi Perlindungan Tanaman
  9. Bioteknologi Pertanian
  10. Pengendalian Hama dan Penyakit terpadu
  11. Industri Perbenihan
  12. Teknologi Pasca Panen
  13. Sistem Pertanian Berkelanjutan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Agroteknologi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Agroteknologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Agroteknologi (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  2. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  3. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  4. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  5. Universitas Riau (UNRI), Riau
  6. Universitas Jember (UNEJ), Jember
  7. Universitas Lampung (UNILA), Lampung
  8. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang
  9. Universitas Nasional (UNAS), Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Agroteknologi

Lulusan Jurusan Agroteknologi dapat bekerja di Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional, Badan Pertanahan Nasional (BPN), hingga menjadi Fasilitator pemberdaya masyarakat (LSM) di bidang agribisnis atau pertanian. Berikut beberapa diantara prospek kerja lainnya:

PENELITI ATAU ILMUAN

Prosepek kerja agroteknologi yang pertama adalah menjadi peneliti atau ilmuwan. Seperti yang diketahui, pada banyak mata kuliah agroteknologi akan mempelajari bisnis yang berkaitan dengan produksi pangan seperti produksi bidang pertanian. Di masa yang akan datang, kebutuhan akan peneliti dalam kaitannya dengan produksi pangan akan sangat penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

INSTANSI PEMERINTAHAN

Lulusan Jurusan Agroteknologi dapat bekerja di Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, ataupun berbagai sektor pekerjaan di BUMN. Selain itu, kamu juga dapat bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS), Koperasi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Urusan Logistik (Bulog), Koperasi Unit Desa, pemetaan nasional (Nasional BPN) hingga di Badan Pertahanan Nasional (BPN).

KONSULTAN PERTANIAN

Lulusan Agroteknologi dapat menjadi seorang konsultan bidang pertanian. Tugasnya memberikan nasihat atau saran–saran di industri pertanian. Seorang Konsultan Pertanian harus bisa memberikan bimbingan terkait manajemen SDM dalam pertanian beserta pengelolaan keuangan. Konsultan pertanian juga harus bisa membuat program unggulan pertanian terutama dalam dipersivikasi berbagai usaha tani. Dalam profesi ini, tak hanya wawasan kamu juga dituntut untuk memiliki komunkasi yang baik, dan mampu menjaga kerahasiaan klien.

PERUSAHAAN PUPUK

Selain di perkebunan, dan pertanian lulusan Agroteknologi juga dapat bekerja di perusahaan pupuk. Indonesia memiliki banyak sekali perkebunan yang otomatis memerlukan pupuk sebagai penunjang hasil tanamananya. Kamu bisa menempati posisi sebagai petugas manajerial atau petugas operasional perusahaan.

PERUSAHAAN PERKEBUNAN

Selain menjadi pengelola perkebunan kamu juga bisa bekerja pada perusahaan perkebunan mengingat bayaknya perusahaan perkebunan di Indonesia, Dimana tugasnya adalah meneliti, merawat dan melakukan inovasi- inovasi mengenai tanaman.

PENULIS AGROTEKNOLOGI

Jika memiliki kemampuan menulis dan berniat membagikan ilmu yang kamu miliki ke masyarakat luas, maka menjadi seorang penulis cocok untukmu. Prospek kerja ini cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang. Kamu dapat membuat buku tentang pengetahuan Agroteknologi dari sudut pandang yang lain dalam bentuk buku atau e–book.

ENTERPRENEUR

Kamu dapat menjadi pengusaha bisnis pada komoditas perkebunan, hortikultura, pangan dan kehutanan. Pengusaha bisnis di bidang perbenihan, pestisida, usaha industri rumah tangga, pupuk dan sarana produksi pertanian.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Agroteknologi?

Mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan tanaman (genetika, fisiologi, pemuliaan, perbenihan, produksi tanaman, dan lain-lain), lahan dan media tanam (evaluasi lahan, kesuburan dan nutrisi tanaman, pemupukan, mikrobiologi, dan lain-lain).

Apakah prospek kerja untuk para lulusannya?

Menjadi Akademisi dan Peneliti, Bekerja di sektor industri, Bergabung dengan balitbang, Konsultan Pertanian, dan menjadi Wirausahawan.

Apa gelar yang akan didapat oleh para lulusan Agroteknologi?

Gelar yang akan didapat oleh lulusan jurusan Agroteknologi ialah Sarjana Pertanian atau (S.P.).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *