Jurusan Administrasi Publik

Jurusan Administrasi Publik

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan-Administrasi-Publik-02-626x430

Jurusan Administrasi Publik

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Administrasi Publik

Jurusan Administrasi Publik merupakan jurusan yang mempelajari pengelolaan administrasi secara spesifik, khususnya administrasi negara beserta berbagai unsur di dalamnya. Kamu akan fokus pada aspek perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan. Berbeda dengan ilmu manajemen yang mengkaji cara pengelolaan organisasi, administrasi publik mempelajari perilaku birokrasi, manajemen sumber daya manusia, tata laksana pemerintahan, implementasi kebijkakan pemerintah baik itu pada lembaga Legislatif, Yudikatif, maupun Eksekutif, dengan berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan publik, tujuan negara, administrasi pembangunan, dan etika penyelenggaraan negara, .

Mempelajari Ilmu Administrasi Publik akan membuatmu memiliki kompetensi dalam hal pengelolaan dan manajemen organisasi publik, seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen kinerja, sistem pemerintah daerah, kepemimpinan, administrasi keuangan, opini dan kebijakan publik. Lulusan jurusan ini juga akan dibekali dengan kemampuan, etika, dan pengetahuan tentang sistem administrasi negara, pemerintahan daerah, birokrasi dan demokrasi, dan lain-lain.

Kenapa Jurusan Administrasi Publik

Jurusan Administrasi Publik sangat cocok bagimu yang menyenangi hal-hal terkait tata kelola negara dan ingin bekerja sebagai aparat pemerintahan ataupun anggota legislatif . Selain itu berkuliah di jurusan ini juga akan membuatmu memiliki ketelitian yang tinggi, sebab selama masa perkuliahan kamu akan banyak berurusan dengan pendataan dan urusan administrasi. Jurusan ini juga akan membuatmu memiliki kemampuan bersosialisasi yang sangat baik.

Jurusan Administrasi Publik memiliki prospek kerja yang cukup luas dan menjanjikan di masa depan, kamu bisa bekerja di Instansi Pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), kamu juga dapat bekerja sebagai Konsultan Publik, anggota Legislatif, Tenaga Edukatif, Enterpreneur, Tax Planner, Konsultan Pajak, Akuntan Pajak, Auditor Keuangan, Manajer Keuangan, Auditor Pajak (Eksternal ataupun Internal), dan lain-lain .

Jurusan-Administrasi-Publik-02-626x430

Keahlian Jurusan Administrasi Publik

✓ Kemampuan berpikir strategis

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan analisa dan berfikir kritis

✓ Kemampuan mengelola organisasi

✓ Pemahaman sistem administrasi negara Indonesia

✓ Pemahaman ilmu administrasi publik

Jurusan-Administrasi-Publik-02-626x430

Kebutuhan Lulusan Administrasi Publik di Dunia Kerja

  • Lulusan administrasi publik banyak terserap di pemerintahan. Kamu akan terlibat aktif dalam menjalankan roda pemerintahan baik di poros pusat ataupun daerah.
  • Bagimu yang gemar mempelajari buku-buku teori, menjadi peneliti di lembaga riset dapat menjadi pilihan. Pemerintah biasanya menggandeng lembaga riset untuk memberikan masukan-masukan berharga dalam memperbaiki birokrasi dan sistem kerjanya.
  • Konsultan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Pemerintah biasanya memerlukan bantuan para profesional di bidang manajemen SDM, .
  • Bagimu yang gemar menulis, kamu juga dapat menjadi jurnalis khususnya pos politik dan pemerintahan. Dengan menjadi jurnalis yang paham soal administrasi publik, kamu bisa bersikap kritis terhadap kebijakan publik yang digodok oleh pemerintah.
  • Tertarik advokasi dan mengawasi sistem kerja pemerintah? Jadilah aktivis LSM .

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Administrasi Publik

Setiap mahasiswa administrasi publik akan berhadapan dengan sejumlah data dan aturan yang masih erat kaitannya dengan urusan negara. Mereka dituntut untuk mampu berpikir kritis dalam menggagas serta menyelesaikan suatu permasalahan yang menyangkut kebijakan publik. Tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga mempelajari bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi dan komunikasi untuk meneliti, menganalisa dan mencari solusi seputar masalah implementasi kebijakan. Untuk peminatannya, kamu dapat memilih diantara konsentrasi pemerintahan daerah, konsentrasi administrasi pembangunan, dan kebijakan publik .

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Publik

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Administrasi Bisnis, :

  1. Pengantar Ilmu Administrasi Publik
  2. Teori Organisasi
  3. Administrasi Pembangunan
  4. Sistem Administrasi Negara Indonesia
  5. Kebijakan Publik
  6. Sistem Pemerintahan Daerah
  7. Filsafat Ilmu
  8. Manajemen Sumber Daya Manusia
  9. Sistem Hukum Indonesia
  10. Struktur dan Proses Organisasi Publik
  11. Perilaku Organisasi
  12. Perencanaan SDM
  13. E-Government
  14. Ekonomi Sektor Pulbik
  15. Isu-Isu Organisasi Publik
  16. Manajemen Aset
  17. Formulasi Kebijakan Publik
  18. Administrasi Pemerintahan Daerah & Desa
  19. Implementasi Kebijakan Publik
  20. Evaluasi Kebijakan Publik
  21. Manajemen Pertumbuhan Wilayah
  22. Etika Administrasi Publik
  23. Governasi Publik
  24. Studi Kependudukan
  25. Manajemen Sumber Daya Aparatur
  26. Ekologi Administrasi
  27. Pembangunan Kapasitas dan Kelembagaan Sektor Publik
  28. Teori Birokrasi Publik
  29. Etika Administrasi
  30. Politik Pemilihan Tingkat Nasional & Daerah
  31. Manajemen Keuangan Publik
  32. Manajemen Pelayanan Publik

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Administrasi Publik

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang menganalisis
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Administrasi Publik

Berikut ini adalah list universitas terbaik (terakreditasi A oleh BAN-PT) untuk Jurusan Administrasi Publik di Indonesia :

  1. Universitas Brawaijaya (UB), Malang
  2. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  3. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta
  5. Universitas Andalas (UNAND), Padang
  6. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  7. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar
  8. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jawa Timur
  9. Universitas Katolik Parahyangan Bandung (UNPAR), Bandung
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik

Prospek lulusan Administrasi Publik umumnya akan terjun ke instansi  pemerintahan, baik itu pemerintah pusat maupun daerah, baik dalam golongan PNS maupun non-PNS. Tidak hanya di instansi pemerintahan, tapi juga berbagai instansi non-pemerintahan yang bergerak di bidang pelayanan publik dan sosial, serta instansi yang bergerak di bidang ekonomi dan pembangunan. Beberapa jenis pekerjaan para lulusan jurusan Administrasi Publik, diantaranya:

APARAT PEMERINTAH

Terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan baik di poros pusat ataupun jangkauan daerah. Kamu akan berhadapan dengan sejumlah data dan aturan negara, tugasmu untuk mampu berpikir kritis dalam menggagas dan menyelesaikan suatu permasalahan yang menyangkut kebijakan publik. Selain itu, kamu juga harus tanggap, terutama dalam menganalisa segala risiko atas kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah.

ANGGOTA LEGISLATIF

Berpikir secara strategis untuk menentukan kebijakan pemerintahan, sudah ditanamkan dengan baik sejak awal bagi mahasiswa Administrasi Negara. Berbekal berbagai keilmuannya dalam bidang pemerintahan lulusan administrasi publik dapat membawa masyarakat menjadi lebih sejahtera melalui roda pemerintahan yang dijalankan, .

BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN)

Sebagai perusahaan milik pemerintah, di mana akan begitu banyak hubungan dengan pemerintah, lulusan Administrasi Publik cocok untuk menempati sektor keuangan dan perpajakan.

AKTIVIS LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM)

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah lembaga yang secara sukarela mau memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, tanpa harus mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang dilakukan olehnya. Kegiatan atau aktivitas yang biasanya dilakukan adalah membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat tertinggal, yang mana pada intinya membantu untuk membangun masyarakat sehingga dapat hidup dengan ideal, sesuai dengan hukum yang berlaku.Tertarik dengan kegiatan kemanusiaan? Lakoni saja profesi sebagai aktivis LSM alias Lembaga Swadaya Masyarakat, rata-rata seorang aktivis LSM akan langsung turun ke jalan untuk bertemu banyak orang dengan lika-liku hidup yang berbeda.

KONSULTAN PEMERINTAH

Menjalankan pemerintahan tentu mengalami berbagai macam kendala dan masalah yang dihadapi. Sama halnya dengan fenomena yang ditemui, khususnya yang ada di masyarakat, sebagai sasaran inti dari sistem pemerintahan tersebut. Untuk mengatasi hal yang terjadi tersebut, biasanya para ahli pemerintahan akan melakukan suatu bentuk riset atau penelitian yang berguna untuk memecahkan suatu masalah yang sekiranya bisa memperbaiki kinerja dan roda pemerintahan yang dijalankan.

JURNALIS

Lulusan dari Administrasi Publik tentu selalu dituntut untuk peka terhadap berbagai macam isu pemerintahan atau politik yang sedang hangat. Lulusan Jurusan ini juga sudah ditempa dengan sebaik mungkin untuk bisa menganalisa dan melaporkan, mengembangkan hingga memberdayakan yang hasilnya akan menjadi sebuah jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi pada suatu pemerintahan. Kemampuan untuk peka, mendata serta melaporkan di dalam ruang lingkup pemerintahan inilah yang tentunya sangat berguna untuk mejadi jurnalis yang tugasnya meliput berbagai macam berita dan fenomena mengenai politik dan pemerintahan, yang menjadi prospek kerja sangat menjanjikan untuk lulusan ini.

TENAGA PENDIDIK/DOSEN

Mempelajari dengan detail dan menyeluruh mengenai ilmu pemerintahan, tentu menjadikan lulusannya sangat menguasai seluk beluk dunia pemerintahan baik dari segi teori maupun praktis. Dengan adanya kedalaman pengetahuan atas keilmuan yang dipelajari ini, menjadi dosen ataupun tenaga pendidik dalam bidang ilmu pemerintahan pun juga menjadi prospek kerja dari lulusan administrasi negara.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apakah benar anggapan bahwa kuliah di jurusan administrasi publik itu membosankan?

Tentu tidak, berkuliah di jurusan ini bukan hanya mempelajari tentang dokumen tapi juga berbagai macam kebijakan yang dikeluarkan negara, mulai dari pengelolaan dan manajemen organisasi publik, seperti manajemen SDM, e-Government, hingga desain organisasi baik untuk Instansi Pemerintah maupun Swasta.

Apa perbedaannya antara jurusan Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis?

Administrasi bisnis dilakukan dengan tujuan menjaga kelangsungan dan kelancaran bisnis, sementara administrasi negara dilakukan dengan tujuan memakmuran masyarakat dan merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah kepada seluruh rakyatnya .

Apakah lulusan administrasi publik bisa bekerja di sektor swasta?

Tentu, sebab banyak perusahaan swasta yang membutuhkan kemampuan lulusan ini dalam menganalisa dan mengevaluasi sebuah solusi penting suatu keputusan strategis.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *