Jurusan Manajemen Pemasaran

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Apa Itu Jurusan Manajemen Pemasaran

Jurusan Manajemen Pemasaran mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan penjualan produk, seperti perencanaan pengembangan konsumen segmentasi dan analisa pasar, metode periklanan, promosi dan lain sebagainya. Pada jurusan ini kamu juga akan belajar membuat strategi pemasaran, memahami dan memecahkan masalah dalam penjualan, mempelajari perilaku konsumen, menetapkan harga serta komunikasi ke konsumen. Manajemen Pemasaran sebagai ujung tombak sebuah perusahaan karena berhubungan dengan operasional perusahaan.

Jurusan Manajemen Pemasaran akan mengajarkanmu untuk berbikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi. Pemasaran sebagai salah satu faktor penentu suksesnya suatu perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh masyarakat yang menjadi konsumennya. Sama seperti bidang ilmu lainnya, jurusan manajemen pemasaran juga memiliki spesialisasi yang beragam, diantaranya Digital marketing, Public relations, Marketing research and analytics, Database marketing, Marketing management, Content marketing, Search engine marketing (SEM), Social media marketing, Integrated marketing communications dan Guerilla marketing.

Kenapa Jurusan Manajemen Pemasaran

Jurusan Manajemen Pemasaran memiliki prospek kerja yang sangat luas, sebab hampir semua perusahaan memiliki bagian pemasaran baik itu perusahaan periklanan, teknologi, tambang, industri pariwisata, Fast-moving consumer goods (FMCG) hingga media. Beberapa prospek karier yang cocok untuk lulusan manajemen pemasaran diantaranya Product Manager, Brand Executive, Marketing Relations Executive, Media Planner, Digital Marketing Manager, dan Account Manager. Jika memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi, kamu juga bisa membuka & mengembangkan usahamu sendiri setelah lulus nanti. Dengan kemampuan manajemen dan marketing yang dimiliki kamu tak hanya terlatih mengelola perusahaan tetapi juga dapat turun langsung dalam penjualan dan pemasaran.

Selain itu berkuliah di Jurusan ini juga dapat membantumu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara tidak langsung. Manajemen pemasaran akan memfasilitasi terjadinya perdagangan antara pembuat produk serta konsumen yang membutuhkan barang dan jasa. Selain itu, bidang pemasaran yang baik juga meningkatkan pengetahuan konsumen sehingga konsumen mengerti mengenai hal-hal yang akan mereka konsumsi.

jurusan pemasaran internasional

Keahlian Jurusan Manajemen Pemasaran

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan analisis

✓ Kemampuan komunikasi

Kebutuhan Lulusan Jurusan Manajemen Pemasaran di Dunia Kerja

  • Marketing Analysis, Tugas seorang marketing analysis adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan data mengenai target pemasaran untuk keperluan klien atau perusahaan dan biasanya bekerja di perusahaan konsultan
  • Social Media Marketing, Perkembangan teknologi digital juga membuat banyaknya peluang kerja baru untuk lulusan manajemen pemasaran, salah satunya social media marketing. Seorang social media marketing bertugas memasarkan produk atau jasa menggunakan pendekatan social media
  • Digital Marketing Staff, Pekerjaan ini mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa secara digital. Hanya saja digital marketing staff menggunakan platform digital lebih banyak lagi sebagai media pemasarannya
  • Staff Advertising , eluang atau prospek kerja manajemen pemasaran selanjutnya adalah staff advertising. Perusahaan advertising bertugas untuk merancang dan mengelola kampanye iklan suatu produk atau perusahaan agar produk perusahaan tersebut bisa dikenal banyak orang.
  • Supervisor Pemasaran, Seorang supervisor pemasaran bertugas membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengembangkan, serta menerapkan strategi-strategi baru yang bisa membuat pemasaran produk atau jasa lebih meningkat lagi

Perkuliahan & Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

Perkuliahan di Jurusan Manajemen Pemasaran tak hanya mempelajari materi-materi terkait dunia marketing tetapi juga dibekali dengan kemampuan manajemen bahkan psikologi. Kamu akan bertemu dengan beberapa mata kuliah seperti komunikasi pemasaran (integrated marketing communication) dan pemasaran internasional (international marketing).

Sedangkan mata kuliah untuk bidang manajemen kamu akan mempelajari Integrated marketing communication, brand management, strategic management hingga yang sifatnya lebih kepada psikologi dan juga consumer-focus dalam dunia jasa seperti consumer behaviour & service marketing.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Pemasaran

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Manajemen Pemasaran:

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Bisnis
  3. Perilaku Konsumen
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia
  5. Akuntansi
  6. Statistik Bisnis
  7. Manajemen Produk
  8. Matematika Bisnis
  9. Pemasaran Digital
  10. Managemen Operasi
  11. Pemasaran Jasa
  12. Periklanan dan Promosi Penjualan
  13. Manajemen Hubungan Pelanggan
  14. Manajemen Retail
  15. Perencanaan Pemasaran
  16. Riset Pemasaran
  17. Komunikasi Bisnis
  18. Etika dan Hukum Bisnis
  19. Manajemen Pemasaran Wisata
  20. Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah
  21. Pemasaran Informasi
  22. Sistem Informasi Manajemen
  23. Perpajakan
  24. E-Commerce
[algolia_carousel]

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Manajemen Pemasaran

  • Tekun
  • Kritis
  • Observan
  • Senang berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Bisa bekarjasama dengan team
[algolia_carousel]

Universitas Terbaik Jurusan Manajemen Pemasaran

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Manajemen Pemasaran di Indonesia:

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta
  2. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  3. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  4. Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo
  5. Universitas Surabaya (UBAYA), Surabaya
jurusan pemasaran internasional

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pemasaran

SALES EXECUTIVE

Mempelajari bidang pemasaran, kamu dapat menjadi seorang sales executive. Pekerjaan ini selalu dibutuhkan di setiap perusahaan karena setiap bisnis atau perusahaan pasti membutuhkan sales executive untuk memasarkan produknya. Kisaran gaji sales executive bervariasi tergantung perusahaan, namun biasanya mereka juga akan mendapat komisi atau bonus sekitar 5-10% dari setiap nilai penjualan yang berhasil didapatkan.

SOCIAL MEDIA OFFICER

Profesi Social Media Officer bertanggung jawab dalam pemasaran dan interaksi yang terjadi di media sosial, merancang dan melakukan interaksi dengan pelanggan serta calon pelanggan dengan memberikan konten-konten yang interaktif, menganalisa, melakukan pengujian, mengoptimalkan strategi, dan memantau dengan tujuan membangun kesadaran merek (Brand Awareness). Sosial media yang di maintain seorang Social Media Officer diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, YouTube dan Vine.

DIGITAL MARKETING

Profesi Digital Marketing bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing. Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:

  • Search Engine Optimization: Teknik digital marketing dengan memanfaatkan hasil pencarian search engine untuk pemasaran
  • Email Marketing: Teknik pemasaran dengan memanfaatkan media email untuk melakukan pemasaran.
  • Periklanan online: Teknik pemasaran dengan memanfaatkan periklanan online seperti Facebook ads, Google ads, Instagram ads, dan lain-lain
  • Video Tron, Teknik pemasaran digital dengan memanfaatkan Billboard elektronik. Iklan televisi & radio
  • Teknik digital marketing dengan cara beriklan di televisi & radio.

EVENT PLANNER

Profesi Event organizer (EO) atau yang sering juga disebut dengan event planner bertugas sebagai penyelenggara acara, menyusun suatu acara, mengkoordinasikan semua bagian yang berperan serta dan memastikan semua orang menikmati acara yang diselenggarakan. Disebut juga sebagai event planner untuk acara konvensi dan rapat perusahaan, EO melakukan segala yang diperlukan untuk memastikan sebuah acara berjalan dengan lancar, termasuk memilih lokasi, menyediakan katering, hiburan dan vendor lainnya. Event planner juga dapat mengatur akomodasi dan transportasi untuk peserta acara.

SUPERVISOR PEMASARAN

Seorang marketing supervisor bertugas membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan strategi terbaru untuk menjual produk. Dengan cara menganalisis banyak faktor, seorang supervisor marketing mampu mencari tahu bagaimana cara yang paling hemat untuk pembiayaan produksi, iklan, dan pada akhirnya akan menjual suatu barang. Tujuan utama dari pengawasan tersebut adalah untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan sambil untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan produk terbaik dari perusahaan.

PUBLIC RELATION

Profesi Public Realtions menjalankan fungsi-fungsi organisasi, seperti menjalin relasi dengan media, komunitas, konsumen, industri, pemerintahan. Public relations juga berperan dalam perwakilan kelompok kepentingan, mediasi konflik, serta hubungan antara karyawan dan investor. Para public relations mengatur dan melaksanakan program-program serta menjadi perwakilan organisasi dengan masyarakat. Ia mempersiapkan slide, dan presetasi-presentasi visual lainnya untuk meeting mewakili perusahaan yang bersangkutan. Seorang Public relations merancang siaran pers dan menghubungi orang-orang di media yang mungkin dapat menyiarkan materi tersebut, mulai dari radio, televisi, media online, hingga media cetak.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di Jurusan Manajemen Pemasaran?

Mempelajari pemasaran produk dan jasa kepada organisasi bisnis (industri) termasuk di dalamnya perusahaan manufaktur, organisasi pemerintah, swasta, pendidikan, rumah sakit, distributor dan dealer.

Apakah prospek kerja untuk para lulusannya?

Sales Excecutive atau Marketing Division, Konsultan atau Marketing Analisis, Social Media Marketing, dan Entrepreneur.

Apakah jurusan marketing sama dengan ekonomi?

Tidak. Tergantung universitas yang kamu pilih, jurusan marketing dan ekonomi biasanya dipisah dimana bidang ekonomi mempelajari bidang ekonomi secara luas, sedangkan marketing lebih berfokus pada pemasaran serta pengembangan suatu produk atau jasa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *