Jurusan Fisika

Jurusan Fisika

Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Fisika_[473 x 314]

Jurusan Fisika

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Fisika

Jurusan Fisika sebagai salah satu ilmu dasar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jurusan Fisika juga merupakan salah satu disiplin akademik tertua melebihi ilmu astronomi yang juga termasuk di dalamnya. Dengan ilmu fisika kita akan mempelajari alam melalui teori dan rumus matematika sebagai ilmu dasarnya. Ilmu Fisika juga mengajak kita mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Fisika sebagai salah satu ilmu dasar yang menjadi landasan dari berbagai ilmu lain. Hampir semua jurusan teknik berakar dari ilmu fisika, sehingga tidak heran jika seorang ahil fisika bahkan bisa membuat robot, edufriends. Ilmu Fisika memberikan pengetahuan mendetail tentang bumi, serta turut berperan dalam perkembangan teknologi dan berbagai peran penting sejak berabad-abad lalu, sebut saja penemuan Newton mengenai gravitasi hingga Teori Relativitas Einstein. Hingga saat ini ilmu fisika sangat mendukung perkembangan teknologi, industri, komunikasi, kerekayasaan, kimia, dan kedokteran edufriends.

Kenapa Jurusan Fisika

Jurusan ini cocok bagimu yang memiliki rasa ingin besar terhadap cara kerja dunia. Fisika menarik dipelajari sebab telah menyumbangkan banyak sekali kontribusi penting dalam pengembangan teknologi. Sebut saja dalam pemahaman mengenai elektromagnetisme atau fisika nuklir yang kemudian menghasilkan berbagai teknologi baru seperti televisi, komputer, hingga senjata nuklir.

Selain itu lulusan jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang gemilang di bidang industri perminyakan dan pertambangan, kamu dapat memulai karier sebagai seorang field engineer, research and development di lembaga penelitian atau menjadi seorang software developer dan analis data sains di berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia. Peluang yang luas untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana di kampus bergengsi juga terbuka lebar baik di dalam maupun di luar negeri.

Bagimu si pecinta sains, hal menarik lainnya di Jurusan ini adalah Kamu  akan mempelajari tentang nuklir, serta cabang-cabang ilmu seperti:

  • Mekanika: Salah satu cabang ilmu Fisika yang mempelajari tentang gerak. Pada dasarnya mekanika klasik terdiri dari dua bagian, yaitu kinematika dan dinamika
  • Fisika Kuantum: Cabang dasar ilmu Fisika yang berhubungan dengan atom maupun subatom.
  • Mekanika Fluida: Cabang ilmu Fisika yang mempelajari fluida, baik berupa cair atau gas.
  • Elektronika: Cabang ilmu Fisika yang mempelajari aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, semikonduktor, dan peralatan elektronik lainnya.
  • Termodinamika: Ilmu Fisika yang mempelajari tentang energi atau perpindahan panas
  • Optika Geometris: Ilmu Fisika yang mempelajari tentang cahaya serta peralatan manusia yang membantu penglihatan.
  • Astronomi: lmu Fisika yang mempelajari tentang perbintangan dan benda-benda angkasa. Astronomi, Tata Surya
  • Fisika Medis: Cabang ilmu Fisika yang berhubungan dengan bidang kedokteran. Pada Fisika medis, meliputi beberapa hal diantaranya  Biomekanika,  Biooptik dan Biolistrik edufriends
Jurusan Fisika_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Fisika

✓ Kemampuan melakukan riset

✓ Kemampuan analisis

✓ Kemampuan senang berhitung

✓ Kemampuan observan

✓ Kemampuan bekerja dibawah tekanan

✓ Pemahaman matematika

✓ Pemahaman fisika dan astronomi

Jurusan Fisika_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Fisika di Dunia Kerja

  • Lulusan ilmu fisika bisa mulai meniti karier di bidang perminyakan dan pertambangan sebagai teknisi tambang, minyak, dan material.
  • Lulusan ilmu ini juga berpeluang mendapatkan hak paten dari alat-alat atau penemuan yang mereka ciptakan atau temukan, edufriends.
  • Fisika sebagai dasar bidang keteknikan, karenanya kamu juga bisa masuk di berbagai industri, terutama industri pengolahan dasar, seperti listrik, dan manufaktur (Pertamina, PLN, Medco Energy, Group Astra (perakitan mobil), Sat Nusapersada (perakitan smartphone), dan berbagai perusahaan elektronik seperti Maspion dan Polytron.
  • Lulusan Fisika juga bisa bekerja sebagai peneliti di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ), Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA, BATAN, dan PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).
  • Bidang Teknologi Informasi juga bisa tidak lepas dari Fisika, jadi lulusannya pun dapat bekerja sebagai software developer maupun analis data sains di berbagai perusahaan negeri atau swasta edufriends.
  • Selain itu kamu juga bisa menjadi Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa, Ahli Pengolahan Bahan Bakar, Ahli Hidrologi, Astronot, Ahli Kimia, Ahli Biokimia dan Biofisika

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Fisika

Studi fisika memiliki beberapa konsentransi peminatan, seperti Instrumentasi Elektronika, Geofisika, Fisika Medis, Fisika Nuklir dan Partikel, Fisika Material dan Terkondenisasi. Perkuliahannya berlangsung selama 4 tahun atau 8 semester, di jurusan ini akan diisi dengan banyak perhitungan matematika Aljabar. Jurusan Fisika bisa dikatakan jurusan yang seru bagimu yang suka perhitungan dan rumus – rumus. Sebab ilmu fisika merupakan matematikanya sains. Tidak hanya teori dan praktek, kamu juga akan banyak meneliti berbagai hal baru yang berhubungan dengan dunia fisika.

Selain itu kamu juga harus kuat dalam menghafal, sebab Jurusan ini  akan banyak melibatkanmu dalam kegiatan praktek dan penelitian untuk menguji berbagai teori. Karenanya ketelitian dan daya analisa tinggi sangat dibutuhkan. Logika berfikir dan dasar matematika juga sangat penting mengingat matematika digunakan sebagai alat untuk memahami rumus-rumus ilmu fisika. Para mahasiswa akan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Fisika

Berikut ini beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Fisika (MIPA) atau sering disebut juga sebagai Fisika Murni, edufriends:

  1. Matematika
  2. Fisika Dasar
  3. Kimia Dasar
  4. Fisika Matematik
  5. Mekanika
  6. Elektronika
  7. Fisika Modern
  8. Listrik Magnet
  9. Gelombang
  10. Fisika Termal
  11. Fisika Kuantum
  12. Eksperimen Fisika
  13. Fisika Komputasi
  14. Fisika Inti
  15. Fisika Zat Padat
  16. Sistem Instrumentasi
  17. Pengantar Teori Relativitas Einstein
  18. Fisika Reaktor
  19. Fisika Radiologi
  20. Interaksi Elektromagnetik dalam Materi
  21. Mekanika Kuantum Relativistik
  22. Biofisika
  23. Elektrodinamika
  24. Fisika Kedokteran
  25. Seismologi
  26. Elektrofisiologi dan Bioenergi
  27. Geologi Geofisika
  28. Radiologi
  29. Fisika Statistik
  30. Kontrol Otomatis

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Fisika

Berikut ini beberapa karakter yang sesuai dengan jurusan Ilmu Fisika, jika kamu berminat untuk mengambil jurusan ini:

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Fisika

Berikut ini beberapa list universitas terbaik untuk Jurusan Fisika berakreditasi A oleh BAN-PT di Indonesia:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  5. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  7. Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta
  8. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang
  9. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta
  10. Universitas Negeri Padang (UNP), Padang
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Fisika

Jenjang karir ahli fisika bisa diawali dengan berbagai jenis pekerjaan, mulai dari menjadi asisten laboratorium ataupun guru privat semasa kuliah sebagai awal. Selepas lulus, ahli fisika dapat bekerja sebagai asisten peneliti, teknisi instrumentasi, konsultan, quality assurance (penjamin mutu), quality control (pengontrol mutu), dan sejenisnya di perusahaan manufaktur, teknologi informasi, kesehatan, pertambangan, perminyakan, dan industri yang sesuai. Tentu saja ahli fisika juga dapat menjadi peneliti profesional atau dosen khususnya setelah memperoleh gelar Magister di bidangnya. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan dan bidangnya untuk para lulusan ilmu fisika edufriends:

AHLI FISIKA

Ahli fisika atau fisikawan adalah profesi yang sangat erat kaitannya dengan penyelesaian masalah berbagai fenomena alam. Profesi ini akan menganalisis berbagai sifat dan gejala unsur pembentuk alam semesta beserta akibat-akibatnya. Tugas lainnya yang dibutuhkan di masa kini adalah melakukan penelitian dan mengungkap hal-hal yang bisa bermanfaat untuk mendukung perkembangan teknologi. Fisika merupakan dasar ilmu pengetahuan yang memelopori beberapa jenis keilmuan, seperti halnya fisika medis, fisika nuklir, fisika material, geofisika, dan sebagainya. Oleh karena itu, para ahli fisika memiliki peluang yang besar untuk bekerja dimana saja.

PERTAMBANGAN DAN PERMINYAKAN

Beberapa perusahaan yang menerima lulusan jurusan Fisika diantaranya Pertamina, PT Aneka Tambang dan Freeport. Kamu juga berkesempatan melamar di perusahaan asing seperti Total, Caltex, dan Schlumberger di bidang perminyakan.

MANUFAKTUR DAN TELEKOMUNIKASI

Perusahaan manufaktur dan telekomunikasi merupakan prospek yang sangat sayang dilewatkan bagimu yang nantinya akan memilih Jurusan Fisika. Seiring dengan berkembangnya teknologi, tenaga yang kreatif dan inovatif dibutuhkan guna menciptakan produk yang unggul. Lulusan jurusan Fisika dapat mengisi bagian Research and Development, Quality Assurance, maupun di bagian Quality Control. Perusahaan yang membutuhkan lulusan Fisika sendiri di antaranya adalah PT LEN, PT INTI, Samsung, Astra Internasional, dan Telkom.

INDUSTRI TEKNOLOGI INFORMASI

Tak hanya bagi lulusan Teknik Informatika, lulusan Fisika juga dapat berkarir di dunia teknologi informasi. Salah satu bagian yang dapat diisi adalah sebagai software developer di beberapa perusahaan ternama seperti Dell dan Oracle.

INSTITUSI RISET DAN PENGEMBANGAN

Lulusan Fisika memang kerap ditarik sebagai peneliti. Peluang kerja ini masih cukup banyak, baik di lembaga riset pemerintah maupun swasta. Beberapa lembaga yang potensial diisi oleh lulusan Fisika antara lian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir (BATAN), Badan Pengawas Teknologi Nuklir (Bapeten), Lembaga Pengkajian Antariksa Nasional (LAPAN) dan lain sebagainya.

TENAGA PENDIDIK/DOSEN

Dengan perkembangan teknologi yang maju tentu lulusan fisika sangat dibutuhkan bagi banyak perusahaan sehingga tak heran banyak perguruan tinggi membuka program ini. Dibutuhkan gelas S2 untuk menjadi dosen di jurusan Ilmu Fisika, bagimu yang ingin berkuliah di luar negeri, berikut ini 5 universitas terbaiknya:

  • Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat)
  • University of Cambridge (Inggris)
  • Harvard University (Amerika Serikat)
  • Stanford University (Amerika Serikat)
  • University of California, Barkeley (Amerika Serikat)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajarai di Jurusan Fisika?

Fisika tidak sesempit yang kamu bayangkan, sebab mepelajari ilmu fisika sama dengan mempelajari hukum alam, dengan mata kuliah penting Matematika, Kimia Dasar dan Fisika Dasar edufriends. Diluar itu kamu akan mempelajari Biologi, Mekanika, Termodinamika, Elektronika, Optika, Medan Elektromagnetik hingga Biofisika edufriends

Gelar apa yang didapat di Jurusan Fisika Murni?

Untuk Lulusan Fisika Murni, Titel yang didapat adalah S.Si atau Sarjana Sains.

Apa perbedaan Fisika Murni, Teknik Fisika dan Pendidikan Fisika?

Saat ini terdapat setidaknya 3 jurusan Fisika: Jurusan Fisika, Jurusan Teknik Fisika, dan Jurusan Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika “saja” (atau sering juga disebut sebagai Jurusan Fisika murni), lebih berfokus pada keilmuan fisika itu sendiri. Arahnya lebih ke teori, penelitian dan praktek laboratorium dalam skala kecil namun detail. Mahasiswa dituntut untuk paham ilmu Fisika secara mendalam dan bisa menerapkannya dalam menemukan formula baru atau memperbaiki formula yang sudah ada. Jurusan Teknik Fisika arahnya lebih ke penerapan fisika di skala industri dan kehidupan sehari-hari. Jurusan ini menjadi jembatan antara ilmu Fisika dengan Teknik. Karena jurusan teknik banyak yang berasal dari ilmu Fisika, maka di jurusan Teknik Fisika juga banyak mempelajari ilmu dasar keteknikan lain. Jurusan Pendidikan Fisika ditujukan untuk bagi yang ingin menjadi guru/dosen Fisika. Selain mempelajari ilmu fisika, kamu juga akan mendapat mata kuliah tentang pendidikan seperti cara merancang kurikulum, penilaian tugas siswa, dan seterusnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *