Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Ilmu Pemerintahan-02

Jurusan Ilmu Pemerintahan

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, serta lembaga-lembaga lain yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Kamu juga akan mempelajari berbagai dinamika yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan negara, baik dinamika internal maupun eksternal, landasan moral dalam pengembangan ilmu sosial dan politik, pengembangan teknologi dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan, memahami tugas-tugas administrasi, manajemen, dan organisasi pada badan-badan publik. Kamu juga akan dibekali dengan skill public speaking, negosiasi, dan pengetahuan politik. Mahasiswa ilmu pemerintahan dididik dengan serius untuk membentuk tenaga kerja yang profesional dalam dunia pemerintahan.

Kenapa Jurusan Ilmu Pemerintahan

Perkembangan IPTEK dan pembangunan pemerintahan adalah suatu rantai yang saling membutuhkan satu sama lain. Oleh karenanya jurusan ilmu pemerintahan dianggap penting sebagai bibit awal penerus pembangunan bidang pemerintahaan yang terstruktur. Selain itu Jurusan ini secara tidak langsung juga akan membentuk pengetahuan dan pemahaman teoritismu, membentuk kemampuan berpikir, memperkuat berbagai kemampuan praktis, analisis dan kemampuan managerial.

Prospek kerja jurusan ini juga cukup menjanjikan. Berbagai pilihan pekerjaan bisa menjadi referensimu, mulai dari anggota legislatif, baik di pusat maupun di daerah, asisten peneliti, hingga organisasi masyarakat. Tidak hanya itu kamu juga bisa membagi ilmu yang telah kamu miliki dengan menjadi dosen atau guru jurusan ilmu pemerintahan. Selain dalam lingkup pemerintahan secara formal, sarjana ilmu pemerintahan juga sangat berpeluang dalam bidang konsultan kebijakan maupun konsultan politik yang saat ini sedang menjadi primadona. Faktanya, saat pesta demokrasi berlangsung, konsultan politik sangat dibutuhkan perannya dalam kajian kebijakan hingga evaluasi dari kebijakan-kebijakan pemerintahan.

Jurusan Ilmu Pemerintahan-02

Keahlian Jurusan Ilmu Pemerintahan

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan berpikir kritis

✓ Kemampuan berwawasan luas

✓ Kemampuan berpikir logis

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan negosiasi

Jurusan Ilmu Pemerintahan-02

Kebutuhan Lulusan Jurusan Ilmu Pemerintahan di Dunia Kerja

  • Kamu bisa anggota legislatif, atau anggota partai politik, juga dapat terlibat secara aktif dalam menjalankan roda pemerintahan, baik itu di pusat ataupun daerah,
  • Lulusan Ilmu Pemerintahan juga dapat terjun sebagai konsultan atau pengamat politik dan pemerintahan
  • Bekerja sebagai Spesialis Hubungan Masyarakat yang Bertanggung jawab dalam mempromosikan atau menciptakan citra publik untuk individu, kelompok maupun organisasi. Tugasnya menulis atau bahkan memilih bahan yang dirilis ke berbagai macam media komunikasi.
  • Kamu juga bisa berkarir di bidang sosial dengan menjadi anggota Lembaga Sosial Masyarakat. Dengan ilmu yang Kamu miliki, kamu bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat umum
  • Siapa yang tidak mengenal nama Najwa Shihab yang berkarir sebagai jurnalis politik? Kini Najwa telah menjadi seorang pembawa acara dengan tema politik dan pemerintahan.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan

Perkuliahan di jurusan Ilmu Pemerintahan akan memperlajari berbagai Objek dan subjek kajian di Ilmu Pemerintahan meliputi lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, serta lembaga-lembaga lain yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu kamu juga akan mempelajari dinamika yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan negara, baik dinamika internal maupun eksternal. Dinamika internal pemerintahan dilihat dalam beberapa mata kuliah seperti Proses Legislatif, Organisasi dan Manajemen Pemerintahan, Sistem Pemerintahan RI, Sistem Pemerintahan Daerah RI, Kebijakan Pemerintah, dan Birokrasi Indonesia. Sedangkan untuk dinamika eksternal beberapa matakuliah yang dipelajari adalah Negara dan Masyarakat Sipil, Analisa Kekuatan Politik Indonesia dan Masalah Sosial dan Pembangunan. Secara umum, arah kurikulum jurusan ini ada dua, yaitu materi yang bersifat teoritik dan metodologik serta materi yang bersifat pengembangan.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Ilmu Pemerintahan.

  1. Pendidikan Kewarganegaraaan
  2. Pengantar Ilmu Politik
  3. Sistem Hukum Indonesia
  4. Sistem Sosial Budaya Indonesia
  5. Pengantar Ilmu Pemerintahan
  6. Teori-teori Politik dan pemerintahan
  7. Sistem Perekonomian Indonesia
  8. Statistik Sosial
  9. Ekologi Pemerintahan
  10. Manajemen SDM Pemerintahan
  11. Sistem Pemerintahan di Indonesia
  12. Sistem Politik Indonesia
  13. Hukum Tata Pemerintahan
  14. Sistem Pemerintahan Daerah
  15. Etika Politik dan pemerintahan
  16. Sistem Kepartaian dan Pemilu di Indonesia
  17. Organisasi & Manajemen Pemerintahan
  18. Kepemimpinan dalam Pemerintahan

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Ilmu Pemerintahan

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Pemerintahan

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Pemerintahan (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Pemerintahan

Profesi yang diutamakan bagi para lulusan prodi Ilmu Pemerintahan biasanya terkait dengan birokrasi dan administrasi pemerintahan, edufriends. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan untuk lulusan Ilmu Pemerintahan:

APARAT PEMERINTAH

Terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan baik di poros pusat ataupun jangkauan daerah, merupakan pekerjaan inti dari lulusan Ilmu Pemerintahan. Menetapkan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik mungkin, serta menyediakan solusi dari pemerintah untuk permasalahan rakyat adalah beberapa contoh kerja dari lulusan Ilmu Pemerintahan. Untuk itu, menjadi anggota ataupun aparat dari suatu sistem pemerintahan baik itu kecamatan, kelurahan, kabupaten bahkan kementrian pusat, adalah salah satu prospek kerja dari lulusan Ilmu Pemerintahan yang paling tepat serta menjanjikan.

ANGGOTA LEGISLATIF

Fungsi tenaga ahli anggota dewan ini adalah Menyusun strategi dan menentukan kebijakan pemerintah inti. Ilmu di bidang pemerintahan yang baik, diharapkan bisa membawa rakyat jauh lebih sejahtera dengan apa yang sudah dijalankan pada roda pemerintahan.

KONSULTAN POLITIK

Menjadi seorang penasihat kandidat dalam pemilihan kepala daerah, pemilihan umum wakil rakyat, atau pemilihan presiden guna meningkatkan adanya elektabilitas kandidat. Tugas yang sangat penting diemban seperti mempelajari kandidat dalam mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang hingga anamcan yang dihadapi, bahkan hingga mempelajari karakter calon pemilih dan melakukan analisis isu sosial yang berkembang di masyarakat dan kebijakan yang sudah ada, sehingga bisa merumuskan strategi kampanye yang tepat.

KONSULTAN PEMERINTAH

Jalannya roda pemerintahan tentu mengalami berbagai jenis hambatan. Agar hambatan tersebut hilang dan kerja pemerintahan dapat berjalan dengan baik, maka hambatan dan masalah – masalah yang mengganggu pun harus segera dipecahkan. Tugas memberikan solusi, masukan, ataupun merumuskan strategi yang dirancang agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik, adalah tugas dari konsultan pemerintahan. Ya, seringkali konsultan pemerintahan dibutuhkan untuk menangani masalah – masalah khusus dalam pemerintahan.

AKTIVIS LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah lembaga yang secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan memperoleh keuntungan dari kegiatannya. Aktivitasnya biasanya membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat yang tertinggal, yang pada intinya membantu membangun masyarakat agar dapat hidup ideal sesuai dengan hukum yang berlaku.

JURNALIS PEMERINTAHAN

Bertugas meliput berbagai berita dan fenomena mengenai politik dan pemerintahan. Jurnalis pemerintahan merupakan prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan Ilmu Pemerintahan, sangat tepat untukmu karena lulusan ilmu politik tentunya memiliki kemampuan menganalisis, dan menguasai materi – materi dasar dari fenomena politik ataupun fenomena pemerintahan.

TENAGA PENDIDIK/DOSEN

Mempelajari dengan detail dan menyeluruh mengenai ilmu pemerintahan, tentu menjadikan lulusan Ilmu Pemerintahan sangat menguasai seluk beluk dunia pemerintahan baik dari segi teori maupun praktis. Dengan adanya kedalaman pengetahuan atas keilmuan yang dipelajari ini, menjadi dosen ataupun tenaga pendidik dalam bidang ilmu pemerintahan pun juga menjadi prospek kerja dari lulusan Ilmu Pemerintahan.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa gelar yang didapat oleh lulusan ilmu pemerintahan?

Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP.) edufriends.

Apa saja prospek karirnya?

Aparat Pemerintah, Asisten Peneliti Staf untuk Anggota Legislatif Pusat atau Daerah, Anggota Legislatif, Anggota Partai Politik, Aktivis LSM, Jurnalis Pemerintahan atau Politik, Konsultan Pemerintahan dan Tenaga Pendidik atau Dosen.

Apa yang dipelajari di Jurusan ini?

Mempelajari tentang manajemen atau pengelolaan organisasi publik, diantaranya lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi dalam menjalankan fungsi negara, yang diatur dalam undang-undang

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *