Jurusan Geofisika

Jurusan Geofisika

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Geofisika-01

Jurusan Geofisika

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Geofisika

Jurusan Geofisika sebagai bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Penelitian di jurusan ini berfungsi untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi dengan melibatkan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan. Misalnya, dalam mengetahui struktur di bawah permukaan bumi seorang geofisikawan dapat memanfaatkan gelombang dan responnya terhadap material di bawah tanah untuk kemudian diinterpretasikan dan diketahui objek apa sajakah yang berada di bawah permukaan. Kuliah di jurusan geofisika kamu akan belajar tentang pendayagunaan sumber daya alam, sumber daya energi, dan sumber daya lingkungan, mitigasi bencana kebumian yang dalam praktiknya membutuhkan pemodelan dan pengolahan data geofisika, edufriends.

Kenapa Jurusan Geofisika

Jurusan Geofisika, akan membuatmu memahami fenomena yang terjadi di bumi secara mendalam. Program studi ini cocok bagimu yang memiliki minat besar terhadap bumi, serta keingintahuan untuk mengkaji segala sesuatu yang terjadi di dalamnya dengan menggunakan metode-metode Fisika. Berkuliah di jurusan ini juga tidak akan membuatmu bosan, sebab konsep belajar yang diterapkan memang memadukan pembelajaran teori di kelas, praktikum laboratorium dan pengamatan atau pengukuran langsung di alam bebas. Kamu akan banyak terjun langsung ke lapangan untuk melakukan praktikum lapangan ke berbagai tempat, misalnya ke pulau dengan gunung api purba, ke bentang alam batu granit, ke gunung krakatau, dan lain- lain.

Jurusan Geofisika juga memiliki 5 konsentrasi yang dapat kamu pilih sesuai dengan minatmu diantaranya minyak dan gas bumi, panas bumi (geothermal), pertambangan, geofisika teknik dan lingkungan (GTL), serta mitigasi bencana. Selain itu Lulusan Geofisika memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas, pertambangan, ataupun geothermal edufriends.

Jurusan Geofisika-03

Keahlian Jurusan Geofisika

✓ Kemampuan melakukan observasi

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan meneliti

✓ Kemampuan berpikir terstruktur

✓ Pemahaman matematika dan fisika

✓ Pemahaman geologi

Jurusan Geofisika-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Geofisika di Dunia Kerja

  • Lulusan lmu Geofisika adalah seorang peneliti lingkungan yang baik. Karenanya karir di lembaga penelitian lingkungan terbuka lebar untuk lulusannya. Kamu berkesempatan bekerja di LIPI bidang Geoteknologi dan Pusat Penelitian Fisika Terapan edufriends.
  • Jurusan geofisika memiliki prospek kerja yang cukup luas, mulai dari eksplorasi minyak dan gas bumi, eksplorasi panas bumi, serta dapat bekerja di bidang yang berhubungan dengan mitigasi bencana, seperti BMKG.
  • Lulusan Teknik Geofisika memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam mitigasi bencana mengingat Indonesia rawan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi, tanah bergerak dan lain-lain. Kamu dapat bekerja di Direktorat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral dan Pusat Peneltian Pengembangan Geologi.
  • Kamu juga memiliki prospek kerja yang bagus di berbagai perusahaan tambang atau perusahaan minyak dan gas bumi seperti di Freeport, British Petroleum, UNOCAL, Chevron, Total E&P Indonesia, dan lain-lain. Bekerja di perusahaan-perusahaan ini tentunya memiliki prospek masa depan yang sangat menjanjikan.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Geofisika

Perkuliahan di jurusan ini akan banyak mengkaji fenomena alam, pengukuran, karakteristik, dan penggunaannya untuk mengetahui kondisi di bawah permukaan bumi dengan kaidah, prinsip, dan berbagai aspek dalam fisika edufriends. Awal perkuliahan kamu akan bertemu dengan mata kuliah matematika dasar I, Fisika Dasar I, Kimia Dasar, Biologi umum, Perpetaan (mempelajari bagaimana memetakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam, memetakan daerah rawan gempa, dan lain sebagainya), Algoritma dan Pemrograman (Mata kuliah alpro akan kamu temukan pada semester genap, yakni semester dua.

Selain itu, kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan dasar yang menyeluruh mengenai ilmu geologi, diantaranya: Sedimentologi, Kristalografi dan Mineralogi, Geologi Struktur, Geologi Minyak dan Gas Bumi. Ilmu-ilmu ini akan menjadi alat yang sangat berguna untuk menerjemahkan hasil pemodelan geofisika ke dalam bahasa geologi yang dapat dipahami orang banyak. Pada proses perkuliahan, beberapa perangkat lunak juga akan diperkenalkan untuk membantu melakukan pengolahan data, pemodelan dan interpretasi gejala-gejala kebumian edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Geofisika

Berikut ini mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Geofisika:

  1. Konsep Fisika
  2. Matematika Kontektual
  3. Kimia Kontektual
  4. Teknologi Informasi Kontemporer
  5. Pengantar Geofisika
  6. Kalkulus
  7. Fisika Dasar
  8. Metode Komputasi
  9. Geologi Dasar
  10. Biologi Umum
  11. Mineralogi
  12. Termodinamika
  13. Geologi Struktur
  14. Elektronika
  15. Petrologi
  16. Geodinamika
  17. Analisis Spektrum Sinyal Digital
  18. Matematika Fisika
  19. Perpetaan
  20. Mekanika Analitik
  21. Geostatistika
  22. Gelombang
  23. Instrumentasi Geofisika
  24. Fisika Batuan
  25. Meteorologi
  26. Tektonik Indonesia
  27. Metode Seismik
  28. Metode Geoelektrisitas dan EM
  29. Metode Analisis Geofisika
  30. Stratigrafi
  31. Global Positioning System (GPS)
  32. Seismologi
  33. Metode Gravitasi dan Magnetik
  34. Fisika Gunungapi
  35. Geologi Minyak Bumi
  36. Mekanika Batuan
  37. Mekanika Fluida
[algolia_carousel]

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Geofisika

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Observan
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
[algolia_carousel]

Universitas Terbaik Jurusan Geofisika

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Geofisika (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Universitas Lampung (UNILA), Lampung
  3. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  6. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  7. Universitas Mulawarman (UNMUL), Kalimantan
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Geofisika

Program studi Geofisika memiliki prospek kerja yang luas diantaranya sebagai menjadi peneliti di LIPI pada bidang Geoteknologi dan Pusat Penelitian Fisika Terapan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), industri minyak bumi dan gas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa bidang pekerjaan untuk lulusan geofisika yang dapat menjadi gambaranmu edufriends:

INDUSTRI MINYAK DAN GAS BUMI

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang sangat tertarik dengan industri migas ini, gaji yang besar menjadi salah satu daya tarik yang kuat. Industri Minyak dan Gas Bumi di Indonesia tentunya tidak dapat dipandang sebelah mata, beberapa perusahaan besar seperti PT. Pertamina, PGN, British Petroleum, Schlumberger, Chevron, dan lain-lain menjadi perusahaan dengan peminat yang besar. Geofisika memiliki peran yang cukup penting dalam ranah industri migas yaitu eksplorasi. Disini sarjana geofisika memiliki peran untuk mencari sumber-sumber minyak dan gas bumi yang terdapat di bawah permukaan bumi Tidak hanya itu, dalam industri ini geofisika juga memiliki peran dalam “well monitoring” edufriends.

INDUSTRI PANAS BUMI (GEOTHERMAL)

Indonesia merupakan sebuah negara yang berada di pertemuan tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasific. Hal ini menyebabkan Indonesia berada di jalur subduksi sepanjang Barat Sumatra dan Selatan Jawa. Zona subduksi ini membentuk deretan gunung api di sepanjang Barat Sumatra dan Selatan Jawa yang membuat Indonesia masuk dalam kawasan Cincin Gunung Api (Ring of Fire). Gunung Api ini memberikan potensi energi yang sangat besar yaitu energi panas bumi (Geothermal) bagi Indonesia. Geofisika tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam eksplorasi dan eksploitasi panas bumi ini. Melihat potensi yang baru dimanfaatkan membuat kita sadar bahwa menjadi pr bagi kita untuk memperbaiki kualitas SDM, teknologi, serta hal-hal yang berkaitan dengan panas bumi agar potensi yang belum terjamah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

MITAGASI BENCANA

Seorang geofisikawan juga dapat bekerja di bidang mitigasi bencana. Disini seorang geofisikawan dapat memberikan prediksi kapan suatu gempa bumi, tsunami, tanah longsor dan bencana lainnya akan datang melalui beberapa metode geofisika, misalnya metode seismik. Pekerjaan ini tentunya tidak kalah menarik dengan industri energi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang dapat menjadi pilihanmu edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Geofisika?

Jurusan ini akan mempelajari tentang bagian terdalam bumi, ilmu geofisika sendiri merupakan perpaduan dari ilmu dasar Fisika, Matematika, Geologi, dan Instrumentasi edufriends.

Apa saja prospek kerja untuk paraa lulusan ilmu Geofisika, edufriends?

Bidang perminyakan, pertambangan, geothermal, seismologi, lingkungan, dan mitigasi bencana seperti Pertamina, Chevron, dan Total E&P Indonesia.

Apakah itu profesi Vulkanologi?

Lulusan Geofisika memiliki keterampilan dan bekal untuk menjadi seorang Vulkanolog, Tugasnya mengawasi gunung-gunung berapi yang masih aktif, mengumpulkan produk letusan termasuk diantaranya tephra (seperti abu, ash atau batu apung, pumice), batuan, dan lava edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *