Jurusan Sosiologi

Jurusan Sosiologi

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Sosiologi-03

Jurusan Sosiologi

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Sosiologi

Jurusan Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi sosial antara manusia atau organisasi dengan objek pembelajaran yang lebih mendalam, mulai dari ras, kelas sosial, hingga budaya. Jurusan Sosiologi berfokus kepada berbagai aspek dalam kehidupan suatu masyarakat, dari interaksi antar manusia hingga bagaimana suatu masyarakat terbentuk. Dimana sosiologi juga bisa mencakup keberagam topik, misalnya pengembangan institusi hingga interpretasi sikap-sikap kebudayaan.

Banyak ilmu akademis lainnya yang tergabung dalam jurusan ini seperti psikologi, sejarah, antropologi dan ilmu perilaku. Kamu juga akan mempelajari bagaimana peradaban modern terbentuk, hingga meneliti faktor-faktor yang menyatukan mereka. Bahkan, akan ada beragam topik yang bisa dipelajari dari kasus yang ada di kehidupan sehari-hari, seperti kriminologi dan gender, Berpikir sosiologis, analisis sosiologis masyarakat, Identitas dan perilaku Kebijakan sosial dan lain-lain.

Kenapa Jurusan Sosiologi

Apakah kamu senang mempelajari sifat manusia? Apakah kamu memiliki keingintahuan untuk memahami mengapa struktur masyarakat bisa terbentuk? Apakah alasan dan logika manusia merupakan hal yang menarik bagimu? Jika ya, maka sosiologi adalah jurusan yang tepat untukmu edufriends. Jurusan ini sangat cocok bagimu yang sangat menyukai segala hal tentang interaksi manusia, baik individu maupun kelompok, bahkan untuk yang lebih luasnya adalah tentang masyarakat. Sebab di jurusan ini kamu akan banyak mempelajari tentang apa yang dibutuhkan masyarakat, mulai dari sisi ekonominya, media, lingkungan, teknologi, dan lain-lain.

Para lulusan jurusan sosiologi, tidak perlu takut kesulitan mencari pekerjaan. Sebab ilmu ini terhubung dengan ilmu apapun seperti hukum, sastra, dan filsafat. Lulusan Sosiologi juga sangat dibutuhkan pemerintah dalam hal perancangan dan penyusunan kota dalam pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu, Tak hanya itu lulusan sosiologi juga dibutuhkan dalam proses pembangunan wilayah pedesaan. Dalam hal ini, kamu akan dikirimkan ke desa-desa dalam menganalisis perencanaan pembangunan. Diluar pekerjaan, para lulusan sosiologi memiliki kelebihan berupa pemahaman akan betapa kompleksnya manusia dan lingkungan sosialnya. Dengan mempelajari sosiologi, kamu dapat menganalisa, membandingkan, dan menyelesaikan masalah dari kebiasaan-kebiasaan manusia.

Jurusan Sosiologi-01

Keahlian Jurusan Sosiologi

✓ Kemampuan memahami fenomena sosial

✓ Kemampuan observasi

✓ Kemampuan meneliti

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Keterampilan komunikasi

✓ Kemampuan berpikir kritis

Jurusan Sosiologi-01

Kebutuhan Lulusan Jurusan Sosiologi di Dunia Kerja

  • Lulusan sosiologi memiliki peluang untuk berkarir di bidang pemberdayaan sosial dan sumber daya manusia. Kamu dapat bekerja di berbagai lembaga pemerintah terkait, misalnya Departemen Sosial, Departemen Dalam Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lain-lain.
  • Lulusan Sosiologi juga dapat bekerja di instansi swasta, lembaga survey dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai sektor.
  • Prospek Pekerjaan jurusan sosiologi berikutnya adalah Advice Worker. Di mana pekerjaan ini bisa disebut juga sebagai konsultan yang menjadi seorang penasihat umum mencakup hukum dan keuangan baik di bidang pendidikan, finansial, kesejahteraan, dan lain-lain.
  • Selain itu, lulusan Sosiologi juga bisa terjun ke ranah akademis sebagai pengajar dan peneliti, untuk menjadi dosen lanjutkan dahulu pendidikanmu hingga ke gelar magister, edufriends.
  • Kamu bisa bergabung dengan organisasi nirlaba menjadi aktivis yang melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Sosiologi

Perkuliahan di jurusan sosiologi secara garis besar akan mempelajari bagaimana peradaban modern terbentuk, hingga meneliti faktor-faktor yang menyatukan mereka. Bahkan, akan ada beragam topik yang bisa dipelajari dari kasus yang ada di kehidupan sehari-hari, seperti kriminologi dan gender. Selain itu, kamu juga akan mempelajari beberapa mata kuliah wajib seperti Berpikir sosiologis, Analisis sosiologis masyarakat Identitas dan perilaku Kebijakan sosial. Sebagian besar perkuliahan sosiologi dinilai melalui tugas dan ujian tertulis. Akan ada banyak pembelajaran dalam bentuk teori, seminar,tutorial dan lokakarya praktek. Sangatlah umum bagi mahasiswa program Sosiologi untuk dinilai melalui karya tulis dan tugas praktek, kerja kelompok, presentasi,ujian dan tugas tahun akhir. Berhubungan dengan banyaknya teori dan ideolog serta argument ada baiknya kamu secara aktif juga membaca buku-buku sosiologi secara independen.

Mata Kuliah Jurusan Sosiologi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sosiologi, edufriends:

  1. Pengantar Sosiologi
  2. Sosiologi Pendidikan
  3. Statistik
  4. Sosiologi Agama
  5. Berpikir Kritis dan Penulisan Ilmiah
  6. Analisa Sosial
  7. Analisa Demografi
  8. Analisa Geografis dan Spasial
  9. Teori Sosiologi Modern
  10. Tipologi Sosial
  11. Psikologi Sosial
  12. Sosiologi Pedesaan
  13. Sosiologi Kesehatan
  14. Sosiologi Hukum
  15. Sosiologi Gender
  16. Sosiologi Ekonomi
  17. Sosiologi Komunikasi
  18. Sosiologi Organisasi
  19. Pranata Sosial
  20. Sosiologi Perkotaan
  21. Ekologi Kota
  22. Masalah Sosial
  23. Sosiologi Keluarga
  24. Sosiologi Industri
  25. Sosiologi Politik
  26. Sosiologi Budaya
  27. Sosiologi Kependudukan
  28. Sosiologi Korupsi
  29. Teori Sosial Klasik
  30. Stratifikasi Sosial
  31. Masalah Kemiskinan dan Kesenjangan
  32. Perilaku Menyimpang
  33. Kesejahteraan Sosial
  34. Teori Sosial Modern
  35. Masalah Penduduk Lanjut Usia (Lansia)

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Sosiologi

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Sosiologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Sosiologi (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  4. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Surabaya
  5. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  6. Universitas Andalas (UNAND), Padang
  7. Universitas Indonesia (UI), Depok
  8. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  9. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  10. Universitas Sumatra Utara (USU), Padang
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Dengan berbagai topik yang telah dipelajari dan keterampilan yang dikuasai, mahasiswa bidang Sosiologi akan menemukan keuntungan dalam mencari pekerjaan. Di bawah ini adalah beberapa sektor yang bisa kamu masuki edufriends, mulai dari  Bidang Administrasi, Jurnalisme, Layanan sosial, Organisasi non-pemerintah, PNS, Bidang Pendidikan, Penyiaran hingga Public Relation. Berikut dibawah ini beberapa gambaran pekerjaan lebih lengkapnya, edufriends:

LEMBAGA PEMERINTAHAN

Lulusan sosiologi masih sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk menjadi pegawai negeri sipil baik yang berhubungan langsung dengan dunia sosiologi maupun yang tidak berhubungan secara langsung. Seperti Kementrian Sosial, Dinas pendidikan, Dinas Kependudukan dan masih banyak lagi.

PUBLIC RELATION

Pekerjaan jurusan sosiologi selanjutnya adalah Public Relations atau PR atau bisa juga disebut Humas (Hubungan Masyarakat). PR merupakan pekerjaan menjalankan fungsi-fungsi organisasi, seperti menjalin relasi dengan media, komunitas, konsumen, industri, lembaga, hingga pemerintahan. Bahkan PR dituntut harus mempu memahami sikap serta kepedulian komunitas, kosumen, karyawan, dan kelompok, demi kepentingan untuk mempertahankan hubungan kerjasama yang baik dengan perwakilan dari jurnalis berbagai media.

HUMAN RESOURCE

Lulusan sosiologi juga berpotensi untuk berkarier sebagai Human Resource atau HR. Sama-sama mempelajari tentang manusia, lulusan Sosiologi bisa memiliki pemahaman seputar berbagai sisi manusia kerja serta menganalisa masalah dan solusi di tempat kerja. Hal tersebut tentunya akan sangat berguna bagi divisi HR di perusahaan edufriends.

KONSELOR

Kemampuan memahami masyarakat membuat lulusan sosiologi bisa menjadi konselor. Sebagai konselor kamu dapat membantu seseorang dalam mengeksplorasi perasaan emosi yang berhubungan dengan pengalaman hidup sehingga membantu klien untuk merefleksi dan mempertimbangkan cara lain yang baik dalam melakukan sesuatu.

MEDIA PLANER

Pekerjaan ini menuntutmu untuk menilai kebutuhan suatu periklanan klien, dan selanjutnya merancang media yang cocok digunakan untuk menjangkau target pasar mereka. Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki yaitu kemampuan melakukan riset dan menganalisa preferensi dari tiap kalangan. Hal ini juga sesuai dengan latar belakang jurusan Sosiologi yang mempelajari karakteristik tiap kelompok masyarakat, edufriends.

MARKET RESEARCH ANALYST

Pekerjaan lain yang cocok untuk lulusan jurusan sosiologi adalah Market Research Analiyst. Kemampuan utama yang dibutuhkan adalah dalam memahami dan memiliki kemampuan meriset pasar. Salah satunya untuk memetakan gaya hidup, kebutuhan, dan berbagai pengelompokan lainnya di dalam masyarakat. Kebanyakan strategi pemasaran ini dibuat berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian, edufriends.

JURNALIS

Menjadi jurnalis membutuhkan pemahaman untuk melampirkan dan melaporkan data. Inilah yang bisa menjadi keunggulan dari lulusan Sosiologi. Dengan pengalaman riset yang cukup, para lulusan Sosiologi sudah sering terekspos dengan data dan analisa, sehingga diharapkan bisa memberikan informasi dengan lebih baik.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Gelar apa yang akan didapat oleh lulusan jurusan sosiologi?

Lulus jurusan ilmu Sosiologi, akan memeroleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos) edufriends.

Apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini?

Mempelajari tentang manusia sebagai mahkluk sosial dan interaksi yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat, edufriends.

Apa saja prospek kerja lulusan sosiologi?

Lembaga Pemerintah, Pegawai Negeri Sipil, Social Research, Staff Sumber Daya Manusia, Konselor, dan Tenaga Pendidik/Dosen

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *