Jurusan Antropologi

Jurusan Antropologi

Kategori Sosial dan Humaniora

Jurusan Antropologi_[626 x 626]-02

Jurusan Antropologi

Kategori Sosial dan Humaniora

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Antropologi

Jurusan Antropologi merupakan cabang ilmu kemanusiaan yang meneliti unsur-unsur, kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia, mulai dari ekonomi masyarakat, agama dan keyakinan, politik pemerintahan, fisik manusia, kesehatan, perkembangan teknologi, bahasa, musik, seni, arsitektur dan jejak atau bekas tempat tinggal manusia dari suatu masyarakat majemuk.

Jurusan ini mempelajari bagaimana perilaku manusia berubah seiring perkembangan jaman, bagaimana manusia hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dan mengapa masyarakat di belahan bumi yang berbeda memiliki budaya yang berbeda, hingga bagaimana supaya suatu individu dapat hidup dengan baik di lingkungan yang penuh dengan perbedaan budaya.

Antropologi sebagai ilmu humanis dan humaniora yang sekaligus bersifat ilmiah. Para antropolog mengeksplorasi hal-hal unik yang membuat manusia menjadi manusia, dengan tujuan meningkatkan pemahaman manusia tentang diri manusia itu sendiri dan satu sama lain.

Kenapa Jurusan Antropologi

Tidak hanya bekerja di lokasi-lokasi terpencil, antropologi akan membawamu pergi ke berbagai negara di seluruh dunia edufriends. Prospek kerjanya juga terbuka lebar di berbagai bidang mulai dari institusi pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga pendidikan, media, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat, kesehatan, dan lain-lain. Sebab Ilmu Antropologi mempelajari seluruh kehidupan manusia, baik dari segi aspek fisik maupun budayanya.

Jurusan ini sangat tepat untukmu yang menyukai ragam budaya. Selain kebudayaan kamu juga akan mempelajari perilaku, interaksi, dan hubungan manusia yang dikaitkan dengan fenomena dalam kurun waktu tertentu. Ilmu Antropologi mempertanyakan bagaimana masyarakat bisa menjadi sama atau berbeda, bagaimana evolusi membentuk cara berpikir manusia, apa itu budaya, adakah manusia yang universal dan lainnya.

Selain sebagai ilmu pengetahuan, dengan mempelajari antropologi kamu dapat melatih kemampuan analisa dan berpikir kritis, mengumpulkan dan menginterpretasikan data, manajemen waktu, berdiskusi hingga rasa menghargai keanekaragaman dan dinamika sosial budaya dalam konteks lokal, nasional, maupun global.

Jurusan Antropologi_[626 x 626]-02

Keahlian Jurusan Antropologi

✓ Kemampuan analisis

✓ Kemampuan berpikir kritis

✓ Kemampuan komunikasi

✓ Kemampuan manajemen waktu

✓ Kemampuan presentasi dan menyampaikan argumen

✓ Kemampuan memahami masyarakat

Jurusan Antropologi_[626 x 626]-02

Kebutuhan Lulusan Antropologi Di Dunia Kerja

  • Departemen pemerintah banyak memerlukan tenaga ahli antropologi, baik itu untuk bidang perencanaan, riset, hingga posisi manajerial. Beberapa posisi yang terbuka untuk lulusan antropologi diantaranya pengembangan internasional, manajemen sumber daya budaya, cabang legislatif, antropologi forensik dan fisik, manajemen sumber daya alam, hingga bagian investigasi, keamanan dan pertahanan.
  • Lulusan jurusan antropologi idealnya dapat berkarir dalam bidang riset dan akademisi. Mereka dapat bekerja di laboratorium penelitian, dan mengajar keilmuan di kelas
  • Menghasilkan karya Etnografi untuk memberikan kontribusi keilmuan dengan memproduksi karya tulis tentang berbagai fenomena sosial maupun kebudayaan.
  • Banyak perusahaan memperkerjakan lulusan antropologi, khususnya di bidang lembaga riset, dimana mereka akan mengadakan sejumlah survei untuk meneliti pola, selera dan perilaku konsumen.
  • Lulusan antropologi juga dapat berkarir di organisasi-organisasi non-pemerintah, seperti organisasi kesehatan internasional dan organisasi perbankan yang memerlukan antropolog untuk membantu merancang dan mengimplementasikan beragam program dan kebijakan.
  • Lulusan ini juga dapat berkarir di bidang pemasaran karena pengetahuan etnografinya.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Antropologi

Ilmu Antropologi dibagi menjadi antropologi fisik dan antropologi budaya. Antropologi fisik berfokus mempelajari ciri-ciri fisik, forensik dan terbagi lagi menjadi paleoantropologi dan antropologi ragawi. Sedangkan antropologi budaya berfokus mempelajari interaksi dan hubungan antar manusia kemudian terbagi menjadi prehistori, etnolinguistik, dan etnologi.

Materi perkuliahan jurusan antropologi dibagi menjadi empat sub kategori yaitu Antropologi Budaya, Arkeologi, Antropologi Linguistik dan Antropologi Biologis. Setiap bidang mengajarkan teori dan keahlian yang berbeda, termasuk metode penelitian yang khas, rumusan dan hipotesis, serta data yang unik edufriends. Ilmu Antropologi menggunakan metode penyelidikan dan prinsip-prinsip analisis ilmiah serta merangkul dimensi artistik, ekspresif dan simbolik perilaku manusia.

Mata Kuliah Jurusan Antropologi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Antropologi, edufriends:

  1. Folklore
  2. Sejarah Teori Antropologi
  3. Antropologi Pariwisata
  4. Antropologi Kependidikan
  5. Etnografi Wilayah Sulawesi
  6. Etnografi Wilayah Sumatera
  7. Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat
  8. Etnografi Diaspora di Indonesia
  9. Migrasi dan Perubahan Sosial Budaya
  10. Antropologi Hukum
  11. Etnofotografi
  12. Etnografi Kesejahteraan Sosial
  13. Antropologi Ekologi
  14. Kebudayaan dan Indrawi Manusia
  15. Perubahan Iklim dan Bencana Alam
  16. Etnografi Wilayah Maluku dan NTT
  17. Kesukubangsaan dan Nasionalisme
  18. Studi Gender
  19. Antropologi Kesehatan
  20. Antropologi Ekonomi
  21. Antropologi Agama
  22. Etnografi Wilayah Jawa & Bali
  23. Etnografi Wilayah Papua
  24. Studi Literatur Antropologii
  25. Etnovideografi
  26. Kajian Transgresi Sosial
  27. Kajian Pemberdayaan Masyarakat
  28. Etnografi Wilayah Eropa
  29. Etnografi Wilayah Asia Tenggara
  30. Kajian Konsumsi dan Gaya Hidup
[algolia_carousel]

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Antropologi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team
[algolia_carousel]

Universitas Terbaik Jurusan Antropologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik (terakreditasi A oleh BAN-PT) untuk jurusan Antropologi di Indonesia :

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  6. Universitas Brawijaya (UB)
  7. Universitas Sumatera Utara (USU)
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Antropologi

Tertarik mempelajari manusia dan budaya dari hasil interaksi sosial manusia sehari-hari? Jurusan Antropologi dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu. Peluang kerjanya sangat luas, karena terdiri dari bidang pekerjaan yang beranekaragam. Jika tertarik, berikut beberapa prospek kerja yang dapat dipilih setelah lulus dari Jurusan Antropologi edufriends:

ETNOGRAFI PEMASARAN

Etnografi sebagai salah satu mata kuliah yang ada pada jurusan Ilmu Antropologi. Maka sudah jelas bahwa keahlian lulusannya memiliki peluang menjadi seseorang yang berprofesi sebagai etnografi pemasaran. Etnografi sendiri merupakan pendekatan kontemporer yang memiliki tujuan mengungkap suatu fenomena yang sulit dipahami dengan pendekatan riset yang biasa. Dengan begini, maka etnografi pemasaran akan membantu pengusaha atau pasar untuk mengenali pelanggan secara menyeluruh.

KEDINASAN LUAR NEGERI

Jurusan Antropologi dapat membawammu berjalan-jalan ke berbagai negara di seluruh dunia. Wawasan yang kamu miliki diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh negara tempat bekerja saat itu. Pekerjaan yang satu ini cukup menarik, terutama jika suka mempelajari budaya dari negara lain.

AHLI ANTROPOLOGI

Ahli antropologi akan melakukan evaluasi, meneliti, serta menetapkan kebijakan publik tentang asal-usul manusia baik dari segi fisik, bahasa, sosial, dan budayanya.

STAFF LITBANG (PENELITIAN & PENGEMBANGAN)

Tugas dari staf litbang ini adalah melakukan kajian penelitian yang mana fungsinya mengumpulkan data serta informasi yang nanti berguna untuk menemukan solusi untuk berbagai macam jenis permasalahan. Pengetahuan tersebutlah yang erat sekali kaitannya dengan antropologi.

KONSULTAN

Saat ini, lulusan Antropologi dapat  menjadi seorang konsultan dengan syarat mampu membangun komunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami. Tugasnya hampir sama dengan tugas konsultan dari lulusan Psikologi. Perbedaannya terletak pada jenis masalah yang dihadapi.

MANAJEMEN SDM

Lulusan antroplogi memiliki skill untuk melakukan analisa budaya dan karakteristik seseorang maka sangat relevan dengan pekerjaan yang satu ini sehingga perusahaan akhirnya bisa menemukan orang yang tepat bagi posisi yang tersedia diperusahaannya. SDM adalah aset yang paling penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

TEKNISI MUSEUM DAN KONSERVATOR

Profesi ini erat kaitannya dengan sejarah yang juga dapat menjadi prospek kerja bagimu yang merupakan lulusan antropologi. Jenis pekerjaan ini mempergunakan sejarah untuk mencari pengetahuan terkait kejadian sejarah, indikator, dan dampaknya kepada kehidupan masyarakat. Maka dengan begitu, profesi sebagai teknisi museum dan konservator ini sangat berkaitan erat denganmu yang merupakan lulusan jurusan Ilmu Antropologi.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa perbedaan antara arkeologi dengan antropologi?

Meskipun Arkeologi merupakan cabang dari Antropologi, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari manusia dan peradabannya di masa lalu. Sedangkan Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari manusia dari segi budaya kontemporer dan asal usul atau historisnya edufriends

Apa saja yang dipelajari di jurusan Antropologi?

Melalui ilmu antropolog kamu akan mempelajari manusia, interaksi sosial, dan hubungan manusia dengan berbagai fenomena budaya dari waktu ke waktu.

Karakter seperti apa yang cocok mengambil jurusan Antropologi?

Jurusan Antropologi cocok untukmu yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap budaya-budaya yang berbeda. Jika kamu merasa takjub dengan kemajemukan hidup masyarakat di masing-masing negara dan kebiasaan mereka yang beraneka ragam maka jurusan ini adalah pilihan yang tepat untukmu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *