Jurusan Biologi

Jurusan Biologi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Biologi_[626 x 626]-01

Jurusan Biologi

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Biologi

Jurusan Biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan hubungannya dengan lingkungannya, mulai dari mikroorganisme terkecil sampai hewan terbesar, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya, tidak hanya itu, jurusan biologi juga akan mempelajari kesehatan manusia dan hewan. Ilmu biologi modern sangat luas, hingga dibagi lagi menjadi berbagai macam cabang, dan subdisiplin (didefinisikan berdasarkan skala organisme yang dipelajari, jenis organisme yang dipelajari, dan metode yang digunakan untuk mempelajarinya), berikut beberapa diantaranya:

  • Biokimia: Mempelajari kimia kehidupan
  • Biologi molekuler : Mempelajari interaksi antar molekul biologis
  • Botani: Mempelajari biologi tumbuhan seluler dan meneliti satuan dasar setiap kehidupan sel
  • Fisiologi: Mempelajari fungsi fisik, kimia jaringan organ, dan sistem organ suatu organisme
  • Biologi evolusioner: Meneliti proses yang menghasilkan keanekaragaman hayati
  • Ekologi: Mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya.

Kenapa Jurusan Biologi

Mempelajari Ilmu Biologi tentunya sangat menarik, sebab bukan hanya tentang konsep, teori, dan berhitung. Biologi akan mengajakmu memahami banyak hal tentang mahluk hidup, hingga ke seluk beluknya mulai dari unit terkecil alias sel hingga ke berbagai ragam spesies yang ada. Bagimu yang menyukai hewan dan tumbuhan juga kegiatan-kegiatan outdoor, jurusan ini sangat cocok untukmu. Sebab kamu akan banyak meneliti perkembangan hewan dan tumbuhan secara langsung juga melakukan banyak kegiatan menarik di laboratorium dengan menggunakan mikroskop. Kini jurusan biologi kian berkembang pesat dan keberadaannya mutlak dibutuhkan dalam perkembangan teknologi, sejak berbagai penemuan sebelumnya seperti genetika, bioteknologi, mikrobiologi, dan obat-obatan herbal. Ditambah lagi isu-isu mengenai “pemanasan global” mulai menyentuh bidang ekologi dan konservasi alam. Karenanya selain menarik, jurusan ini juga memiliki prospek masa depan yang cukup menjanjikan edufriends.

Jurusan Biologi_[626 x 626]-02

Keahlian Jurusan Biologi

✓ Detail, rapi dan teliti

✓ Keingintahuan yang tinggi

✓ Kemampuan dalamm menganalisis

✓ Kemampuan dalam melakukan sebuah riset

✓ Pemahaman biologi

✓ Pemahaman ekologi

Jurusan Biologi_[626 x 626]-02

Kebutuhan Lulusan Jurusan Biologi Di Dunia Kerja

  • Lulusan Biologi banyak dibutuhkan di lembaga negara yang berfokus ke penelitian, seperti di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA (Sumber Daya Alam), dan PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).
  • Jika tertarik untuk terjun ke industri, maka industri makanan dan minuman menjadi peluang berikutnya. Sebab perusahaan makanan membutuhkan bahan baku yang mayoritas berasal dari makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan edufriends
  • Lulusan Biologi juga dapat bekerja sebagai seorang QC (Quality Control). Beberapa perusahaan besar seperti Unilever, Indofood, Ultrajaya, WingsFood, Japfa, Charoen Pokphand Indonesia, dan Malindo Feedmill membutuhkan banyak lulusan Biologi.
  • Kamu juga bisa bekerja di instansi yang membutuhkan seorang peneliti untuk memunculkan pengetahuan baru misalnya dengan bekerja sebagai peneliti di laboratorium perusahaan komersil.
  • Industri farmasi dan kesehatan umumnya juga membutuhkan tenaga kerja ahli di bidang biologi, seperti Kimia Farma, Kalbe Farma, Indo Farma, Pharos Indonesia, Tempo Scan Pasific dan Sanbe Farma.
  • Selain sebagai peneliti atau bagian riset, kamu juga dapat di tempatkan di bagian marketing karena pengetahuan mendalammu tentang makhluk hidup secara keseluruhan.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Biologi

Jurusan ini berada dibawah naungan Fakultas MIPA atau di beberapa universitas berdiri di fakultasnya sendiri (Fakultas Biologi). Jurusan ini memiliki 2 peminatan diantaranya peminatan ke hewan (zoologi) dan peminatan ke tumbuhan (botani). Materi yang dipelajari sendiri diantaranya Bioteknologi Hewan dan Tumbuhan, Biosistematika dan Konservasi (Hewan, Tumbuhan, Mikroorganisme), Ekologi Darat dan Perairan Tawar, Aplikasi atau Bioprospek (Hewan, Tumbuhan, Mikroorganisme), Ekologi dan Fisiologi Biota Laut hingga Fisiologi dan Imunologi Hewan edufriends.

Selain itu perkuliahannya sendiri tak jauh-jauh dari praktikum, materi kelas dan berhitung. Bagimu yang lekas menghapal tentu akan sangat terbantu berkuliah di jurusan ini, sebab ada banyak istilah ilmiah yang harus kamu pelajari. Mengambil jurusan biolog juga tak bisa terlepas dari matematika, meskipun tidak secara khusus membahas matematika, tapi mata kuliah seperti matematika dasar, fisika dasar, statistika, dan genetika mengandung banyak unsur matematika (perhitungan). Begitu juga saat penelitian, perlu analisis yang melibatkan angka-angka matematika edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Biologi

Berikut ini beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Biologi, edufriends:

  1. Biologi Umum
  2. Ekologi Umum
  3. Kimia Organik
  4. Biokimia
  5. Struktur Tumbuhan
  6. Struktur Hewan
  7. Perkembangan Tumbuhan
  8. Sistematika Tumbuhan
  9. Perkembangan Hewan
  10. Sistematika Hewan
  11. Biostatistik
  12. Evolusi
  13. Genetika
  14. Mikrobiologi
  15. Ekologi Hewan
  16. Ekologi Tumbuhan
  17. Biologi Molekuler
  18. Fisiologi Tumbuhan
  19. Mikrobiologi Lingkungan
  20. Biomonitoring
  21. Bioteknologi
  22. Fisiologi Mikrobia
  23. Sistematika Mikrobia
  24. Mikrobiologi Industri
  25. Anatomi & Fisiologi Hewan
  26. Biosistematik
  27. Biologi Sel
  28. Biologi Sintetik
  29. Bioetika
  30. Akuakultur
  31. Filogenetik Molekuler
  32. Imunologi
  33. Ekologi Tanah

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Biologi

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Observan
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset

Universitas Terbaik Jurusan Biologi

Berikut ini adalah list universitas terbaik (terakreditasi A oleh BAN-PT) untuk jurusan Biologi di Indonesia :

  1. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung
  3. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya
  5. Institute Pertanian (IPB), Bogor
  6. Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta
  7. Universitas Indonesia (UI), Depok
  8. Institute Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  9. Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta
  10. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Karena selama berkuliah seorang mahasiswa Biologi memiliki dasar teori dan praktek yang kuat, maka menjadi peneliti, ilmuwan dan dosen adalah pekerjaan yang paling pas untukmu. Selain bekerja di kampus, cukup banyak lembaga negara yang berfokus ke penelitian, seperti di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA, dan PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan untuk para Sarjana Biologi, edufriends:

ANALIS LABORATORIUM

Lulusan Biologi memiiki peluang kerja yang besar sebagai analis laboratorium. Syaratnya memiliki pengetahuan yang luas mengenai biokimia, biologi molekuler dan mikrobiologi. Seorang analis laboratorium dapat bekerja di bagian laboratorium analisis kesehatan dan laboratorium uji bahan edufriends.

BADAN PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN (BPOM)

Bagi para lulusan biologi yang bekerja di Badan Pengawasan Obat dan Makanan mempunyai tugas mengawasi peredaran serta melakukan pengecekan berkala terhadap obat dan makanan yang beredar di pasaran agar keamanan produknya terkontrol dengan baik. Untuk bisa bekerja di BPOM, Dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai obat dan gizi untuk mengamati kandungan nutrisi dari suatu makanan dan dampak buruk yang mungkin dapat ditimbulkan edufriends.

KONSULTAN

Sebagai seorang konsultan kamu dituntut memiliki pandangan biologi yang luas sehingga dapat memberikan saran ataupun solusi mengenai permasalahan biologi yang tengah dihadapi. Terdapat beberapa jenis konsultan bidang biologi dengan prospek menarik yakni konsultan lingkungan dan konservasi, konsultan perusahaan yang berkaitan dengan R&D (Research and Development), konsultan rancangan serta data penelitian, dan lain sebagainya.

AHLI GIZI

Sebagai seorang ahli gizi kamu dituntut memiliki pengetahuan yang luas mengenai proses pencernaan dalam tubuh manusia serta manfaatnya dalam memenuhi kebutuhan pangan sehingga dapat menyusun komposisi menu makanan yang bermanfaat bagi tubuh.

MIKROBIOLOG

Sebagai seorang yang mempelajari kehidupan mikroorganisme. Pekerjaan sebagai seorang mikrobiolog dapat menjadi pilihan, banyak dibutuhkan untuk menangani kasus yang berhubungan dengan mikroba baik yang menguntungkan maupun yang merugikan kehidupan manusia.

BADAN LINGKUNGAN HIDUP

Bekerja sebagai bagian badan Lingkungan Hidup dengan tugas menyusun dan melaksanakan kebijakan daerah di bidang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup daerah. Berbeda dari seorang aktivis yang melakukan aksi nyata berdasarkan peristiwa yang terjadi, badan ini harus bersinergi dengan kebijakan daerah setempat edufriends.

AKTIVIS LINGKUNGAN

Kamu juga bisa bekerja sebagai penggiat lingkungan cocok bagimu yang mencinta alam dan hewan didalamnya. Organisasi non pemerintah diantaranya WWF, Greenpeace Indonesia, Flora Fauna International, Walhi, YPBB, dan Indecon (Indonesian Ecotourism Network) edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa modal utamanya untuk berkuliah di Jurusan Biologi?

Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, Cinta lingkungan hidup (hewan dan tumbuhan), Suka bekerja di laboratorium (praktikum) dan bekerja di alam, karena hampir setiap semester biasanya akan ada praktek lapangan edufriends.

Apa Perbedaan antara Jurusan Biologi dan Jurusan Pendidikan Biologi?

Jurusan Biologi lebih berfokus pada pembahasan tentang keilmuan biologi, arahnya lebih ke teori, penelitian dan praktek laboratorium. Mahasiswa dituntut untuk paham ilmu Biologi secara mendalam dan bisa menerapkannya dalam menemukan hal baru atau memperbaiki hasil penelitian yang sudah ada, sedangkan Jurusan Pendidikan Biologi ditujukan padamu yang ingin menjadi guru Biologi di sekolah (terutama tingkat SMA sederajat) edufriends.

Apa saja lapangan pekerjaaan yang bisa dimasuki oleh Sarjana Biologi?

Jika di luar negeri, jurusan ini sangat populer dengan prospek kerja yang sangat menjanjikan, maka di Indonesia sama menjanjikannya, sebab kamu bisa masuk ke lembaga penelitian (LIPI, Inhutani, Perhutani), bidang konservasi dan perlindungan alam, juga bidang industri seperti industri makanan fermentasi, industri perkebunan, industri pertanian dan kehutanan edufriends.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *