Daftar Jurusan Kuliah IPA dan IPS

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Kategori Pendidikan

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_[473 x 314]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang pendidikan SMP dan SMA, guru bahasa Indonesia bagi penutur asing, peneliti, praktisi, dan penulis atau penyunting buku bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kamu akan mempelajari sastra, bahasa dan budaya Indonesia secara komprehensif. Di masa perkuliahannya kamu akan banyak mempelajari Kesusastraan Linguistik Sintaksis dan lain sebagainya. Tidak hanya pandai dalam perkembangan linguistik, sarjana lulusan mata kuliah ini juga dapat menganalisis bahasa dan sastra Indonesia dengan baik. Mereka dapat dengan fasih menerapkan banyak teori sastra Indonesia dalam praktek sehari-hari baik itu secara lisan maupun tulisan.

Pelajaran Jurusan ini juga cukup beraneka ragam. Tidak hanya berfokus pada bahasa Indonesia saja, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia juga mengajarkanmu tentang penelitian budaya, corak dan dinamika kehidupan bangsa Indonesia, serta filsafat dan pemikiran modern bangsa. Gelar yang nantinya didapatkan oleh para lulusanya adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd), edufriends.

Kenapa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Berkuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia akan memperluas wawasanmu, kamu akan belajar berbagai skill kebahasaan, mulai dari menulis, membaca, menyimak, mendengarkan dan mengajarkannya. Berkuliah di Jurusan ini juga secara tidak langsung kamu telah Ikut Merawat dan melestarikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Selain itu Prospek Kerjanya juga cukup luas. Peluang utamanya menjadi Akademisi di Tingkat SD/SMP/SMA, selain itu Kamu juga berpeluang untuk menjadi pengajar bahasa Indonesia di luar negeri melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang dirancang oleh Badan Bahasa. Diluar situ Kamu dapat memilih menjadi penulis berita, penulis buku, bekerja di lembaga penelitian hingga menjadi penulis naskah film atau scriptwriter. 

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_[473 x 314]

Keahlian Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

✓ Kemampuan teliti, detail, dan tekun

✓ Kemampuan interpersonal

✓ Kemampuan bekerja secara tim

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berfikir kritis

✓ Kemampuan komunikasi

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_[473 x 314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Dunia Kerja

  • Akademisi, Peluang kerja pertama untuk jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah menjadi guru Bahasa Indonesia. Bagimu yang senang mengajar dan berbagi ilmu, maka profesi ini sangat cocok untukmu. Jika ingin menjadi dosen, miliki gelar magister atau S2, edufriends
  • Penulis Novel atau Cerpen Sastra, Peluang kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah menjadi seorang penulis novel atau cerpen sastra
  • Penerjemah Bahasa, Translator biasanya merujuk pada penerjemah tulisan. Profesi ini bertugas menerjemahkan berbagai macam buku karya sastra, dokumen bisnis, materi akademik, maupun film dari bahasa sumber ke bahasa Indonesia
  • Jurnalis, Peluang kerja berikutnya yang juga dapat Kamu lakukan sebagai seorang lulusan sastra Indonesia adalah menjadi seorang jurnalis. Tugasnya menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa
  • Penulis Script Film, tugasnya menciptakan jalan cerita Membuat Ringkasan sinopsis, Menciptakan dan menulis dasar acuan dalam bentuk naskah atau skenario atas dasar ide cerita sendiri atau dari pihak lainnya
  • Copywriter, tugasnya menulis teks yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau juga memasarkan produk maupun jasa yang ada dari klien atau perusahaan di tempat ia bekerja
  • Pengusaha Percetakan, Bagimu lulusan sastra Indonesia tetapi memiliki passion bisnis, maka Kamu dapat menekuni pekerjaan sebagai pengusaha percetakan dengan penghasilan profesi ini dapat mencapai puluhan juta rupiah, edufriends

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Perkuliahan di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan bidang yang mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan efektif, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis  juga akan belajar bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkannya. Selain itu kamu juga akan mempelajari morfologi, fonologi, semantik, sintaksis, dan sebagainya. Tak ketinggalan materi bidang kesusastraan mulai dari apresiasi hingga pengkajian karya.

Kamu juga akan mengkaji Bahasa, Sastra dan Budaya secara mendalam, sehingga lulusan jurusan ini akan menguasai konsep teoritis kebahasaan dan kesastraan Indonesia, menguasai dasar-dasar pengetahuan untuk berkreasi di bidang kebahasaan dan  menguasai dasar-dasar metode penelitian kesastraan Indonesia.

Tak ketinggalan materi tentang puisi, prosa, novel, drama, dan karya sastra lainnya juga banyak dikaji. Nah, yang membedakan dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dengan Sastra Indonesia adalah materi tentang kependidikan. Di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia kamu juga akan belajar menjadi seorang pengajar yang kompeten lengkap dengan ilmu manajemen pendidikan.

Mata Kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia:

  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Pendidikan Agama
  3. Bahasa Indonesia Linguistik Umum
  4. Teori dan Sejarah Sastra
  5. Pendekatan Kajian Sastra
  6. Pendidikan Sosial dan Budaya
  7. Dasar-Dasar Kependidikan
  8. Teori Belajar dan Pembelajaran
  9. Fonologi
  10. Morfologi
  11. Telaah Kurikulum Bhs Indo. SLTA & SLTP
  12. Media Pengajaran Bahasa Indonesia P
  13. enyuntingan
  14. Filsafat Ilmu Pengetahuan
  15. Kurikulum & Buku Teks Bahasa Indonesia
  16. Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia
  17. Profesi Kependidikan
  18. Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia
  19. Tata Bahasa Baku
  20. Pragmatik
  21. Filsafat Bahasa
  22. Analisis Kesalahan Berbahasa
  23. Psikolinguistik
  24. Penelitian Sastra dan Pengajarannya
  25. Kajian Prosa Fiksi
  26. Antropolinguistik
  27. Sosiolinguistik
  28. Sintaksis
  29. Kajian Puisi
  30. Penelitian Bahasa & Pengajarannya
  31. Semiotika
  32. Kejurnalistikan
  33. Penulisan Kreatif Sastra
  34. Semantik
  35. Kejurnalistikan

Karakter Siswa yang Sesuai di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Teliti
  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal

Universitas Terbaik Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Terkreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Negeri Padang (UNP), Padang
  2. Universitas Muhammadyah Surakarta (UMS), Surakarta
  3. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang
  4. Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
  5. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  6. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  7. Universitas Jember (UNEJ), Jember
  8. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Aceh
  9. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar
  10. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Surabaya
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

TENAGA PENGAJAR

Peluang karier utama bagi lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah menjadi guru bahasa Indonesia. Baik itu pengajar di suatu lembaga pendidikan atau  mengajar siswa SD, SMP, dan SMA, atau menjadi Dosen dengan minimal pendidikan S2/Magister. Kamu juga berpeluang untuk menjadi pengajar bahasa Indonesia di luar negeri melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang dirancang oleh Badan Bahasa.

INSTANSI PEMERINTAH

Tidak hanya di instansi swasta saja, kamu juga dapat melamar menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Instansi pemerintahan yang paling relevan untuk lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia ialah Kementerian Dalam Negeri ataupun Kementerian Luar Negeri, edufriends.

JURNALIS

Bekerja di media massa cetak maupun elektronik mempunyai prospek yang cukup menjanjikan bagi para lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dengan kemampuan berbahasa kamu dapat bekerja di media massa sebagai wartawan, editor, penulis, redaktur, maupun jurnalis untuk penulisan artikel-artikel. Kemampuan gramatikal dibutuhkan jika ingin bekerja di bidang tulis-menulis, sedangkan kemampuan verbal dibutuhkan jika ingin bekerja sebagai pembaca maupun peliput berita yang baik di TV.

COPYWRITER

Lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia juga dapat bekerja di perusahaan periklanan atau advertising sebagai seorang copywriter. Tugasnya menulis naskah iklan untuk perusahaan, yang mana nantinya iklan tersebut akan disiarkan di berbagai media, baik itu media cetak, televisi, online, ataupun radio, edufriends.

CONTENT WRITER

Dunia startup berkembang kian pesatnya. Fenomena yang berlangsung ini tak hanya menguntungkan lulusan ekonomi dan bisnis serta teknik saja, melainkan juga bagi lulusan sastra. Setiap perusahaan startup tentu memiliki website. Lulusan sastra berpeluang menjadi content writer yang mengisi website ini dengan tulisan atau konten-konten yang menarik.

LEMBAGA PENELITIAN

Menjadi seorang peneliti memang tak begitu populer di Indonesia. Padahal, di luar sana, tenaga peneliti sangat populer dan begitu dibutuhkan. Lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat bergabung dengan lembaga penelitian, lembaga survey, atau bahkan bergabung dengan suatu perusahaan dan menjadi bagian dari Research and Development.

LEKSIKOGRAFER

Leksikografer merupakan orang-orang yang mengerti dan bekerja secara teknis untuk menyusun kamus. Nah, jika kamu lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan sangat menyukai bahasa Indonesia, maka profesi sebagai ini dapat menjadi pilihan.

PUBLIC RELATION

Jika suka menulis, mampu berbahasa secara fasih, bertemu orang baru dan berbicara banyak hal, berkarir sebagai public relation cocok untukmu. Public Relation bertugas merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan yang dirancang untuk menciptakan atau menjaga citra publik yang baik atau meningkatkan awareness. Kecakapan berkomunikasi, kecerdasan verbal, dan kecerdasan interpersonal tentu menjadi nilai tambah untuk bekerja sebagai seorangpublic relation.

INTERPRETER

Pekerjaan ini juga cocok untuk peluang kerja lulusan sastra Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang suka menerjemahkan bahasa. Walaupun mirip dengan translator, namun pekerjaan Interpreter berbeda dalam penyampaiannya. Interpreter bertugas menerjemahkan bahasa secara lisan dan langsung tanpa menulisnya. Sehingga, seorang interpreter harus berkonsentrasi tinggi dalam menerjemahkan orang yang berbicara. Interpreter sering digunakan saat pertemuan antar negara dunia berlatar bahasa yang berbeda.

TRANSLATOR

Profesi penerjemah dapat dibedakan menjadi dua, yaitu penerjemah secara lisan (interpreter) dan penerjemah secara tulisan (translater). Gaji penerjemah lisan bisa menjadi lebih besar daripada penerjemah tulisan apabila bekerja di proyek resmi seperti menerjemahkan pidato pejabat atau wawancara selebritis asing secara lisan pada siaran langsung di TV. Para lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia juga dapat melamar pekerjaan sebagai penerjemah di perusahaan-perusahaan penerbitan untuk menerjemahkan buku, majalah, hingga komik.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia?

Mempelajari pengetahuan Bahasa Indonesia mulai dari cara pelafalan bunyi yang benar dalam Bahasa Indonesia, struktur dan tata bahasa, dan lain sebagainya.

Apa saja prospek kerja untuk para lulusannya?

Editor, Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif, Penerjemah, Dosen, dan masih banyak lagi.

Apa gelar yang akan didapat oleh para Lulusannya?

Gelar lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah Sarjana Pendidikan atau disingkat S.Pd.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *