Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika

Kategori Komputer dan Teknologi

Jurusan Teknik Informatika_[626x626]

Jurusan Teknik Informatika

Kategori Komputer dan Teknologi

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, software, dan kinerja komputer. Jurusan Teknik Informatika mempelajari banyak pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dan prinsip serta proses logika.

Berkuliah di jurusan Teknik Informatika kamu akan mempelajari tentang pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Dalam prosesnya, kamu juga akan banyak membuat flowchart atau bagan alur juga bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter dasar yang harus kamu miliki untuk berkuliah di jurusan ini, edufriends.

Kenapa Jurusan Teknik Informatika

Jurusan ini cocok untukmu yang mempunyai pemahaman dan logika yang kuat, teliti, tekun, memiliki orientasi pada detail, terbiasa berpikir secara sistematis, terstruktur, menyukai hitungan atau matematika, gemar melakukan analisis, dan menyukai tantangan. Di jurusan Teknik Informatika kamu tidak harus pusing-pusing mempelajari fisika atau menghafal konsep ilmiah kimia dan biologi. Hal ini dikarenakan jurusan ini hanya mempelajari logika pemrograman, sistem bisnis dan mendalami berbagai bahasa pemrograman lainnya.

Salah satu keuntungan lain berkuliah di jurusan teknik informatika adalah lapangan pekerjaannya yang sangat luas. Saat ini hampir semua perusahaan menggunakan teknologi informasi. Tim IT bahkan menjadi salah satu tulang punggung keberhasilan suatu bisnis. Tidak hanya di Indonesia, sarjana teknik Informatika dibutuhkan di berbagai perusahaan seluruh dunia terkait dengan perkembangan teknologi. Selain itu, sebagai sarjana IT, kamu juga dapat mendirikan software house hingga membangun startupmu sendiri, edufriends.

Jurusan Teknik Informatika_[626x626]

Keahlian Jurusan Teknik Informatika

✓ Kemampuan melakukan rekayasa komputer

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan berpikir sistematis

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan memahami bahasa pemrograman

✓ Kreatif, Tekun, Teliti, Detail

Jurusan Teknik Informatika_[626x626]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Teknik Informatika di Dunia Kerja

  • Pada era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah, BUMN, maupun perusahaan-perusahaan swasta, bahkan Perusahaan seperti besar Google
  • Programmer adalah pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi mengingat teknologi kini berkembang dengan sangat pesat, kamu dapat memulai karirmu sebagai Junior Programmer 
  • Database engineer, bertugas merancang dan memonitor suatu sistem database yang kompleks
  • Software Developer merupakan profesi yang beperan penting dalam menciptakan suatu software atau perangkat lunak yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan sebuah sistem
  • Web Designer bertugas merancang tampilan sebuah website agar tampak menarik serta memudahkan penggunanya Seorang Web Designer akan bekerja berdampingan dengan web programmer dalam perancangan web tersebut
  • Konsultan IT, bertugas memberi ide untuk klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar dapat memenuhi target bisnis mereka

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika akan banyak mempelajari pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Mempelajari pengantar Rekayasa dan Desain (dasar–dasar rekayasa perangkat lunak atau software engineering mulai dari teori, metode, hingga  perkembangannya), Selain itu kamu juga akan mempelajari desain–desain perangkat lunak, Pengantar Analisis Rangkaian (mempelajari metode dan teknik-teknik dalam melakukan analisis terhadap rangkaian sistem yang ada), Dasar–Dasar Pemrograman, Algoritma dan Struktur Data, dan lain-lain. Sementara untuk Mata kuliah dasar yang harus kamu pelajari diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama, Kewarganegaraan, Matematika, Fisika Dasar dan Kimia Dasar.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Berikut ini mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Informatika:

  1. Algoritma & Struktur Data
  2. Sistem Operasi
  3. Logika Informatika
  4. Strategi Algoritma
  5. Probabilitas dan Statistika
  6. Pemrograman Berorientasi Objek
  7. Rekayasa Perangkat Lunak
  8. Artificial Intelligence
  9. Pemrograman Internet
  10. Kalkulus
  11. Dasar Dasar Pemrograman
  12. Sistem Komputer
  13. Teori Komputasi
  14. Metode Pengembangan Software
  15. Sistem Jaringan
  16. Data Mining
  17. Database dan Sistem Informasi
  18. Kriptografi
  19. Etika & Hukum Cyber
  20. Intelegensia Buatan
  21. Basis Data

Karakter Siswa yang Sesuai Jurusan Teknik Informatika

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Terstruktur
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Informatika

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Teknik Informtika (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  2. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  3. Telkom University, Bandung
  4. Universitas Riau (UNRI), Riau
  5. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
  6. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung
  7. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  8. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
  9. Universitas Sam Ratulangi (USRAT), Manado
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

ANALIS SISTEM KOMPUTER

Seorang lulusan Teknik Informatika dapat meekuni profesi sebagai analis sistem komputer. Tugasnya menganalisa sistem yang akan digunakan suatu perusahaan. Nantinya, seorang analis sistem komputer akan memeriksa sistem atau model bisnis dalam suatu proyek dan menganalisa kebutuhan sistem, melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan atau mengatur juga mengujinya. Jika kamu tertarik terjun di bidang ini maka kamu harus menguasai ilmu komputer dan elektronik, matematika, bahasa Inggris serta punya ketelitian yang tinggi.

PROGRAMMER

Menjadi salah satu pilihan pekerjaan untuk lulusan jurusan Teknik Informatika yang paling umum. Tugasnya membuat sebuah program tertentu. Contohnya bila berada di tim IT perbankan, maka kamu akan diminta mengembangkan sistem core banking yang sesuai dengan SOP instansi. Pembuatan program ini pun biasanya kerap disebut proyek dan dibagi atas beberapa tahap sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perlu diketahui ada beberapa jenis programmer, di antaranya:

  • Web Programmer : Programmer yang mengembangkan aplikasi berbasis web
  • Mobile Programmer : Programmer yang mengembangkan aplikasi untuk mobile phone seperti android dan iOS.

KONSULTAN IT

Beberapa orang yang sudah lama menekuni dunia teknik informatika merasa lelah untuk terus bekerja di depan komputer. Mereka yang sudah berpengalaman biasanya memutuskan untuk menjadi IT consultant. Bertugas menerapkan teknologi informasi dalam bisnis serta memberi saran atau konsultasi pada klien untuk mencapai suatu tujuan dan target tertentu. Konsultan IT harus berpikir kritis serta memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk memahami masalah dan membuat solusinya agar tidak merugikan banyak pihak. Penghasilan IT consultant berkisar antara 7 hingga 10 juta, tergantung dengan beban kerjanya. Biasanya, IT consultant tidak hanya menangani satu atau dua perusahaan saja edufriends.

SOFTWARE ENGINEER

Tugas dari pekerjaan ini adalah mengaplikasikan prinsip-prinsip software engineering seperti ilmu komputer, teknik informatika, analisis matematika dalam desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian dan evaluasi dari software komputer atau device lain. Adapun jenis-jenis software yang dibuat seorang software engineer antara lain sistem operasi, network distribution serta software untuk compiler yang mengkonversi program untuk eksekusi pada komputer.

START UP

Jika enggan bergabung dalam perusahaan dan bekerja sebagai karyawan kamu juga bisa mencoba menjadi seorang pebisnis. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan IT yang bermunculan  bahkan dengan kantor di garasi sendiri namun keuntungan yang fantastis. Kamu bisa mulai membangun startupmu sendiri. Mulailah bersama dengan orang-orang di inner circlemu yang kompeten dan dapat dipercaya. Dengan bekerja seperti ini, kamu tidak hanya memberikan keuntungan bagi diri sendiri, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, edufriends.

DOSEN IT

Jika sudah mahir dan memahami lebih dalam ilmu yang kamu peroleh, serta memiliki passion sebagai pengajar, maka menjadi Dosen di bidang IT dapat menjadi pilihanmu. Untuk dapat bekerja sebagai dosen kamu harus mengantongi gelar magister atau S2, edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa yang dipelajari di jurusan Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan di fakultas teknik yang mempelajari bagaimana penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi meliputi transformasi data atau pengolahan fakta-fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer dengan seoptimal mungkin.

Apa Saja Prospek kerja untuk para lulusannya?

Software Engineer, System Analyst dan System Integrator, Konsultan IT, Database Engineer atau Database Administrator, Web Engineer atau Web Administrator, Computer Network atau Data Communication Engineer, Game Developer, Programmer dan yang lainnya, edufriends.

Apa perbedaan antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Teknik Informatika lebih menekankan pada kemampuan dalam merancang dan mengembangkan suatu ragam algoritma komputasi, sementara Sistem Informasi menekankan kemampuan merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *