Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen

Kategori Ekonomi dan Bisnis

profesi account executive

Jurusan Manajemen

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen mempelajari proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dalam suatu anggota organisasi dan mempergunakan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Bisnis dan manajemen merupakan salah satu jurusan terfavorit pelajar di seluruh dunia. Ada banyak alasan yang mendasarinya, salah satunya adalah peluang kerja lebih besar dikarenakan setiap lini bisnis atau perusahaan tentunya membutuhkan tenaga ahli di bidang ini.

Menariknya lagi, Ilmu Manajemen termasuk ke dalam ilmu praktis yang bisa langsung diterapkan dalam konteks pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Kamu akan mempelajari banyak hal mengenai pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur-prosedur dalam bisnis, wirausaha, pembukuan, marketing, perekrutan sumber daya hingga kepemimpinan.

Kenapa Jurusan Manajemen

Kebanyakan orang berpikir bahwa jurusan manajemen cenderung mempelajari hal-hal yang bersifat hapalan dan praktek. Namun kenyataannya, secara umum kamu akan mempelajari ilmu hafalan dan hitungan yang seimbang yaitu 50:50 dan mempraktekkannya dalam suatu kasus.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan manajemen diantaranya Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Ekonomi Makro, Akuntansi, Pengantar Bisnis, Pengantar Manajemen, dan masih banyak lagi. Manajemen dengan ilmu yang cakupannya luas kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bidang konsentrasi yang dapat dipilih sesuai minatmu, berikut beberapa diantaranya:

  • Manajemen Bisnis Di jurusan manajemen bisnis, Kamu akan berfokus mempelajari manajemen di dunia bisnis. Jurusan ini biasanya diambil oleh mereka yang memiliki passion di dunia bisnis dan ingin menjadi pebisnis setelah lulus kuliah nanti. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja sebagai konsultan bisnis di suatu perusahaan.
  • Manajemen Pemasaran, merupakan jurusan yang mempelajari ilmu manajemen berfokus pada bidang marketing atau pemasaran. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja sebagai staf marketing di sebuah perusahaan atau enterpreneur, Grameds.
  • Manajemen Perbankan merupakan jenis jurusan yang mempelajari ilmu manajemen dunia perbankan. Jurusan ini cocok untukmu yang ingin bekerja di bank.
  • Manajemen Keuangan, Ilmu manajemen keuangan sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar, sebab setiap perusahaan pasti membutuhkan pengaturan keuangan yang baik sehingga pasti akan membutuhkan lulusan dari manajemen keuangan.
  • Manajemen SDM merupakan salah satu pilihan jenis jurusan manajemen yang fokus belajar seputar sumber daya manusia atau human resource. Setelah lulus dari jurusan ini Kamu bisa bekerja sebagai staf HRD di sebuah perusahaan.
  • Manajemen Operasional berfokus pada ilmu analisis produk yang meliputi proses pembuatan hingga pengiriman produk ke konsumen.
profesi account executive

Keahlian Jurusan Manajemen

✓ Kemampuan mengatur manusia

✓ Kemampuan bersosialisasi

✓ Kemampuan berkomunikasi

✓ Kemampuan manajerial

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan menganalisis

profesi account executive

Kebutuhan Lulusan Jurusan Manajemen di Dunia Kerja

  • Konsultan Bisnis Perusahaan nasional atau internasional, Knsultan bisnis bertugas membantu perkembangan sebuah perusahaan. Tak heran jika bayaran yang ditawarkanpun bisa mencapai angka puluhan juta rupiah, Grameds.
  • Konsultan Perbankan berkaitan langsung dengan hal-hal yang berhubungan dengan perbankan. Jika kamu memang berminat untuk menjadi konsultan akan lebih baik jika waktu kuliahmu fokus pada manajemen perbankan.
  • Manajer keuangan, Bagimu yang berkonsentrasi di bidang manajemen keuangan, prospek pekerjaan ini merupakan salah satu yang paling cocok untukmu. Bidang keuangan merupakan bidang yang menangani kelancaran pemasukan dan pengeluaran keuangan, serta membuat laporan administrasi keuangan.
  • Manajemen Trainee biasanya juga disebut dengan Officer Development Program (ODP). Manajemen trainee merupakan suatu program yang diadakan perusahaan untuk calon pelamar kerja yang akan ditempatkan di posisi manajerial.
  • Akuntan, Walaupun akuntan identik dengan mahasiswa yang mengambil jurusan akuntansi, namun bukan berarti jurusan manajemen tidak bisa menjadi akuntan Grameds
  • Dosen, Jika kamu tertarik untuk berkecimpung di dunia pendidikan kamu bisa menjadi dosen jurusan manajemen, namun tentu saja sebelumnya kamu harus mengambil gelas magister atau S2 terlebih dahulu

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen mempelajari tanggung jawab dalam pengelolaan sebuah perusahaan atau organisasi, yang secara singkat merupakan sebuah cabang dari ilmu bisnis. Mata kuliah manajemen biasanya diajarkan pada jurusan bisnis dan ekonomi, namun banyak universitas di dunia yang menetapkannya sebagai satu jurusan yang berdiri sendiri.

Cakupan bidang ilmu bisnis dan manajemen sangat luas sehingga memiliki spesialisasi yang dapat dipilih tergantung minatmu. Di awal perkuliahan kamu akan mendapat materi pembelajaran dasar mengenai bisnis dan manajemen, kamu bisa memilih untuk fokus di bidang tertentu.

Bidang spesialisasi untuk jurusan manajemen sendiri sangat beragam, dan bisa berbeda dari satu universitas dan universitas lainnya. Namun, secara umum berikut ini 10 spesialisasi bisnis dan manajemen yang dapat dipilih, Grameds: Akuntansi, Administrasi, Manajemen keuangan Pemasaran (Marketing), Manajemen operasional, Manajemen sumber daya manusia, Ekonomi Kewirausahaan, Transportasi dan logistik juga Perbankan dan keuangan.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Berikut ini mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Manajemen:

  1. Pengantar Ekonomi Makro
  2. Pengantar Bisnis
  3. Matematika Bisnis
  4. Statistika Bisnis
  5. Akuntansi Keuangan Dasar
  6. Manajemen Keuangan
  7. Manajemen Sumberdaya Manusia
  8. Manajemen Pemasaran
  9. Analisis Optimasi
  10. Akuntansi Biaya
  11. Statistik Multivariat
  12. Penganggaran Bisnis
  13. Perilaku Organisasi
  14. Manajemen Operasional
  15. Akuntansi Manajemen
  16. Ekonomi Manajerial
  17. Komunikasi Bisnis
  18. Manajemen Database
  19. Sistem Informasi Manajemen
  20. Studi Kelayakan Bisnis
  21. Manajemen Stratejik
  22. Bisnis Internasional
  23. Kepemimpinan
  24. Perilaku Konsumen
  25. Manajemen Ritel
  26. Manajemen Resiko
  27. Manajemen Investasi
  28. Hubungan Industrial
  29. Rencana Bisnis
  30. Pemasaran Jasa
  31. Teknik Negosiasi Bisnis
  32. Budaya Organisasi
  33. Manajemen Keuangan Internasional
  34. Manajemen Perubahan dan Pengembangan Organisasi
  35. Teknik Proyeksi Bisnis

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Manajemen

  • Tekun
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Manajemen

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Manajemen (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia (UI), Depok
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  4. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  5. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan dengan minat terbanyak di Indonesia. Prospek kerja jurusan manajemen memang sangat luas dan menggiurkan, berikut beberapa diantaranya:

AKUNTAN

Akuntan ibarat tulang punggug perusahaan. Mereka adalah yang paling pertama dipekerjakan saat perusahaan baru berjalan dan yang paling akhir dikeluarkan saat perusahaan jatuh atau gulung tikar. Biasanya, yang memilih profesi Akuntan adalah mahasiswa yang kuliah manajemen dengan peminatan khusus manajemen keuangan. Menyukai Matematika adalah kewajiban bila ingin lancar menjalani profesi ini.

KONSULTAN BISNIS

Pekerjaan ini termasuk yang paling sering dipikirkan oleh mereka yang mengambil kuliah Manajemen. Apakah kamu salah satunya? Meskipun terdengar mewah, gaji seorang Konsultan Bisnis bermacam-macam, tergantung dengan perusahaan tempat mereka bekerja, Grameds.

MARKETER

Kuliah Manajemen juga secara langsung berhubungan dengan pemasaran atau marketing. Karenanya tidak heran bila selepas lulus kuliah Manajemen, banyak yang langsung mempertimbangkan karier ini. Bagi yang saat kuliah memutuskan untuk berkonsentrasi pada manajemen pemasaran, kamu akan mempelajari caranya mengatur pemasaran produk, periklanan, target pasar, dan masih banyak lagi. Seorang Marketer andal bertugas meyakinkan banyak orang untuk membeli dan mulai menggunakan produk atau jasa perusahaan yang bersangkutan.

STAF FINANCE

Staf Finance dan Akuntan sama-sama mengatur keuangan, namun dalam skala yang berbeda. Jika bagian finance berperan sebagai pihak yang berusaha mendapatkan dan menerima uang, maka seorang akuntan adalah pihak yang fokus pada pencatatan dan pengelompokan transaksi yang dilakukan oleh pihak finance.

RECRUITER

Kata siapa kuliah Manajemen hanya terpaku pada manajemen keuangan? Untuk yang berminat dengan manajemen SDM (sumber daya manusia), kamu bisa mengambil peminatan pada manajemen SDM, sehingga setelah lulus dapat menjadi seorang Recruiter perusahaan.

STAF HRD

Apa bedanya seorang Recruiter dengan seorang staf atau leader untuk human resources department? Recruiter adalah bagian dari departemen SDM atau human resources. Masih sama dengan seorang Recruiter, kamu yang ingin total berkecimpung di dalam bidang ini harus fokus pada manajemen SDM semasa kuliah Manajemen. Dalam human resources department sebuah perusahaan, tugasmu tidak hanya merekrut calon staf potensial untuk ditempatkan di bidang-bidang tertentu di perusahaan tempatmu bekerja. Kamu juga harus memastikan bahwa dari segala segi – termasuk karakter, keahlian (skill), dan pengalaman – kandidat tersebut cocok untuk pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja.

KONSULTAN PERBANKAN

Berbeda dengan bisnis secara umum, konsultan perbankan hanya berkaitan langsung dengan serba-serbi perbankan. Jadi bagimu yang tertarik dengan profesi ini, segeralah fokus pada manajemen perbankan di masa perkuliahan Manajemen. Meskipun kini sudah banyak fintech (financial technology) yang hadir sebagai produk perbankan alternatif, kehadiran bank tetap masih sangat dibutuhkan, Grameds.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

Ilmu dan pengorganisasian dalam menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan.

Apa prospek kerja untuk lulusan ilmu Manajemen?

Manajer Industri, Konsultan Bisnis, Konsultan Perbankan, Marketing Perusahaan, Manajemen Trainee Perusahaan, Pengusaha, Tenaga Pengajar, dan lain-lain.

Apa saja kemampuan yang sebaiknya dimiliki untuk berkuliah di Jurusan ini

Kemampuan mengatur manusia, Kemampuan mengelola keuangan, Kemampuan berkomunikasi, Kemampuan bersosialisasi, Kemampuan manajerial, Kemampuan menganalisis dan Sikap kepemimpinan Grameds.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *