Universitas Riau (UNRI)

Profile
  

Universitas Riau

Universitas Riau atau yang kerap disingkat Unri tergolong salah satu perguruan tinggi negeri yang berkolasi di Pekanbaru, Indonesia.  Perguruan tinggi ini berdiri atas keinginan dan cita-cita masyarakat Riau beserta pemerintah setempat. Demi mewujudkannya, dibentuklah Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau (P3TR) di kota Tanjung Pinang. Berdirinya Universitas Riau dipelopori oleh Kolonel Kaharuddin Nasution, Soesman Hs, Datuk Wan Abdurrahman, dan Drs. Sutan Balia. Panitia Persiapan yang dibentuk kemudian dipindahkan ke kota Pekanbaru setelah ditetapkannya ibukota Provinsi Riau yang baru.

Lewat usaha dan kerja keras dari Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau (P3TR), dibentuklah Yayasan Universitas Riau untuk mendirikan perguruan tinggi dicita-citakan. Melalui Surat Keputusan Yayasan Universitas Riau No.02/KPTS/JUR/62 pada 25 September 1962 dan diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 20 September 1963, Universitas Riau resmi didirikan sejak 1 Oktober 1962.

Pada awal pendiriannya, Universitas Riau atau Unri hanya memiliki dua Fakultas, yaitu Fakultas Ketataniagaan dan Ketatanegaraan (FKK) beserta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Di tahun berikutnya, tahun 1963 dibuka dua fakultas baru, yaitu Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Baru pada tahun 1964 didirikanlah Fakultas Perikanan, sehingga Unri berdiri lengkap dengan tiga fakultas non eksakta dan dua fakultas eksakta. Di tahun yang sama, FKIP memisahkan diri menjadi IKIP Jakarta cabang Pekanbaru. Kemudian di tahun 1968, FKIP kembali bergabung dengan Unri dan dipisahkan menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Fakultas Pendidikan. Dengan begitu Universitas Riau memiliki enam fakultas.

Seiring berjalannya waktu, Universitas Riau terus dikembangkan. Pada tahun 1981 dibuka Jurusan Penyuluhan Pertanian dan Teknik Sipil di atas naungan Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT). Berdirinya fakultas tersebut menjadi cikal bakal Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian. Unri melaksanakan penyederhanaan jenis fakultas, sehingga Fakultas Keguruan dan Fakultas Pendidikan digabung menjadi fakultas dengan na,a Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ditutupnya Fakultas Non Gelar Teknologi di tahun 1991, membuat Unri membuka fakultas baru, yaitu Fakultas Pertanian. Kemudian pada tahun 1994 didirikan Fakultas Tenik sebagai fakultas yang ketujuh.

Universitas Riau terus mengalami perubahan, baik dari segi struktur, bentuk, dan personalnya. Universitas Riau memakai sistem predisium sejak tahun 1962-1978. Tokoh-tokoh yang pernah menduduki jabatan sebagai ketua predisium, yaitu Brigjen. H. Kaharuddin Nasution di tahun 1962-1967 dan Brigjen. H. Arifin Achmad di tahun 1967-1978.

Masa peralihan sistem presidium ke sistem rektor Universitas Riau terjadi pada sejak tahun 1978-1980. Drs. H.M. Farid Kasmy ditunjuk sebagai pejabat sementara Rektor Unri. Kemudian pada tahun 1980, Universitas Riau resmi memiliki rektor berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 148/M/1980. Berikut ini adalah daftar mereka yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Riau.

  1. Dr. Muchtar Lutfi (1980-1984, 1985 – 1989)
  2. Drs. M. Bosman Saleh, MBA (1989 – 1993)
  3. Mohammad Diah, M.Ed. (1993 – 1997)
  4. Dr. Muchtar Ahmad (1997 – 2001 dan 2002 – 2006)
  5. Dr. Ashaluddin Jalil, MS. (2006 – 2010, 2010 – 2014)
  6. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc (2014 – sekarang)

Universitas Riau terus berupaya memberikan sumbangan perkembangan sosial, ekonomi, dan intelektual serta menggalakkan pembangunan demi kemajuan bangsa. Kampus berlambang daun pohon hayat ini melibatkan diri dalam berbagai proyek kemasyarakatan, baik dengan usaha sendiri maupun menggalang kerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta.

Visi:

“Menjadi Universitas Riset Unggul Bermartabat di Bidang Sains dan Teknologi di Kawasan Asia Tenggara Tahun 2035”

Misi:

  1. Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi yang Unggul
  2. Melaksanakan Tata Kelola Universitas yang bermartabat
  3. Mengembangkan Potensi Keunggulan Mahasiswa
  4. Menciptakan Sistem Informasi yang Handal dan Menerapkan Inovasi bagi Kepentingan Masyarakat

Akreditasi Universitas Riau (UNRI) : A

Universitas Riau sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Provinsi Pekanbaru saat ini sudah Terakreditasi “A” berdasarkan SK Nomor 143/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2018. Akreditasi ini berlaku hingga tahun 2023.

Video Profil Universitas Riau

Video profil Universitas Riau dapat disaksikan melalui tautan berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=C1t8LWUOPmU

Fakultas dan Jurusan di Universitas Riau (UNRI)

Biaya Kuliah di Universitas Riau (UNRI)

Biaya pendidikan di Universitas Riau diketahui telah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dilakukan secara otomatis setelah melakukan finalisasi pada proses update biodata. Rincian biaya pendidikan di Universitas Riau dapat disimak pada tautan berikut.

https://admisi.unri.ac.id/index.php?mod=login_default&sub=streamData&act=view&typ=html&dataId=3

 

 

Jurusan Favorit di Universitas Riau (UNRI)

Fasilitas

Untuk menunjang kegiatan kemahasiswaan dan pembinaan minat serta bakat mahasiswa Universitas Riau, tersedia fasilitas penunjang kegiatan, antara lain:

1. Riau University Training Center

Memantapkan langkahnya sebagai perguruan tinggi yang ungggul, Unri menyediakan fasilitas berupa training center yang bertujuan untuk memberi pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas civitas akademika. RUTC mampu menyediakan fasilitas untuk lima bidang, yaitu pertanian, kimia, biokimia, biologi dan lingkungan.

2. Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2)

Fasilitas ini diberikan Universitas Riau sebagai lembaga katalisator. Saat ada mahasiswa yang lulus, lembaga ini berperan dalam mengurangi masa tunggu lulusan Unri untuk memperoleh pekerjaan pertama. Jeda waktu yang mereka miliki dapat digunakan untuk membina mental menjadi wirausaha yang dapat berkontribusi dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

3. Perpustakaan

Perpustakaan memiliki peranan penting sebagai sarana penunjang dalam memperoleh sumber ilmu pengetahuan. Kehadiran perpustakaan dapat membantu kemajuan dan perkembangan perguruan tinggi itu sendiri. Di perpustakaan, mahasiswa dapat mencari berbagai jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. Fasilitas perpustakaan Unri menyediakan koleksi buku yang lengkap dari setiap jurusan. Perpustakaan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berdiskusi atau sekadar mengerjakan tugas sambil menikmati fasilitas Wi-Fi yang tersedia. Sejak tahun 2013, layanan taman digital online pembelajaran bahasa Inggris telah tersedia di perpustakaan ini.

4. Pusat Komputer (PUSKOM)

Gedung ini dapat kalian jumpai saat menjadi mahasiswa Universitas Riau. Fasilitas ini berfungsi sebagai sarana dan prasarana penunjang kegiatan akademik yang berhubungan dengan mata kuliah yang menuntut mahasiswa menggunakan komputer.

5. Unit Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UP2B)

Universitas yang berdiri sejak tahun 1962 ini terus mengembangkan fasilitas yang dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa. Unit ini menyediakan keperluan TOEFL bagi mahasiswa tingkat tengah sampai mahasiswa tingkat akhir. UP2B ini memiliki laboratorium bahasa yang menyediakan layanan kursus dan pelatihan bahasa. Mahasiswa tidak perlu repot mencari les di lembaga lain, karena Unri telah menyediakannya.

7. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Lembaga yang satu ini disebut sebagai pusat penelitian dan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa Unri. Jadi, lembaga ini berhubungan erat dengan mutu penelitian di kampus, baik pengembangan maupun publikasi. Sementara itu, untuk bidang pengabdian masyarakat, lembaga ini berkaitan dengan pengembangan program, pengembangan kemampuan mahasiswa Unri, dan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

8. Grand Gasing Millenium

Berbagai fasilitas di Universitas Riau disediakan untuk mendukung kegiatan mahasiswanya. Gedung auditorium bernama Grand Gasing Millenium ini diperkirakan menjadi auditorium termegah di Indonesia. Gedung ini akan dipergunakan sebagai tempat untuk melaksanakan pelbagai acara yang diselenggarakan Unri, baik upacara wisuda ataupun kegiatan lainnya dalam skala besar. Pada Oktober 2015, gedung yang memiliki daya tampung mencapai 5.000 kursi ini telah dijadikan tempat untuk melangsungkan upacara wisuda.

9. Kantor Urusan Internasional (KUI)

Universitas Riau ternyata memiliki fasilitas lainnya, seperti Kantor Urusan Internasional atau yang biasa disingkat KUI. Kantor ini berguna untuk mengurus berbagai keperluan, antara lain penyelenggaraan kelas internasional, summer school, exchange atau pertukaran pelajar, kunjungan luar negeri, short course, dan keperluan keluarnegerian lainnya. Kantor ini juga bisa kalian datangi saat ingin berkonsultasi atau mendapatkan informasi lainnya.

10. Sarana Ibadah

Dinilai sangat strategis dalam mewujudkan suasana yang religius di lingkungan kampus, Universitas Riau memiliki sarana beribadah yang cukup banyak, antara lain Masjid Universitas Riau Arfa’ Unnas yang berlokasi di Kampus Unri Panam dan Masjid Akramunas yang berlokasi di Kampus Unri Gobah, serta musala di setiap fakultas.

11. Wisma Universitas Riau

Salah satu fasilitas pendukung yang dimiliki kampus ini ialah wisma Universitas Riau. Bagi keluarga maupun kerabat yang ingin berkunjung tak perlu khawatir, karena Unri telah menyediakan fasilitas berupa wisma yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Wisma ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas kepentingan tamu agar keluarga maupun kerabat yang berkunjung bisa merasa nyaman.

12. Rumah Sakit

Rumah Sakit Pendidikan atau yang kerap disingkat Teaching Hospital difokuskan sebagai tempat pengembangan pendidikan kedokteran spesialistik, penguatan pusat pelatihan, dan berfokus sebagai unit pelayanan kepada masyarkat.

Beasiswa

Universitas Riau juga menyediakan berbagai jenis beasiswa yang dapat kalian ikuti. Berikut beberapa program beasiswa yang ada di Universitas Riau:

  1. Bidikimsi-Dikti,​ ​PPA,​ ​LPDP,​ ​dll. Beasiswa ini diberikan oleh pihak pemerintah. Persyaratan beasiswa tersebut bergantung pada jenis beasiswa yang diajukan.
  2. Beasiswa Salim, Beasiswa Tanoto National Champion, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Kemendikbud, Beasiswa Djarum, Beasiswa Bank Indonesia, dll.Beasiswa ini diberikan oleh pihak swasta (perusahaan) dengan syarat minimal IPK dan semester bergantung dengan pemberi beasiswa.
  3. The German Academic Exchange Service (DAAD). Program beasiswa bagi postdoctoral dan doctoral candidates.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Buku Pelajaran SD, SMP, SMA
  • Buku SBMPTN
  • Buku Persiapan Ujian
  • Buku Uji Kompetensi
  • Buku Tes Masuk TNI & Polri
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku novel, hobi, motivasi, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Biaya Hidup Di Riau

Biaya Hidup / Bulan

Terendah (Rp500.000)
Rata-rata (Rp800.000)
Tertinggi (Rp1.500.000)

Sewa Kos

Terendah (Rp400.000)
Rata-rata (Rp700.000)
Tertinggi (Rp1.200.000)

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Dimana lokasi Universitas Riau?

Ada di Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 28293

Apakah akreditasi Universitas Riau ?

Ada berapa jalur seleksi masuk UNRI?

Jalur SNMPTN, SBNMPTN, PBUD, dan Jalur Mandiri

Bagaimana sistem pembayaran pendidikan di UNRI?

Menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Spesialisasi
  • Teaching skills
Video