Jurusan Statistika

Jurusan Statistika

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Jurusan Statistika-03

Jurusan Statistika

Kategori Matematika & IPA (MIPA)

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Statistika

Jurusan Statistika merupakan cabang ilmu matematika yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data kemudian mengolahnya menjadi sebuah informasi yang bermanfat. Dalam Jurusan Statistika, kompetensi yang diajarkan untuk mencapai kelima tujuan tadi diantaranya Strong Basic Statistics (kompetensi untuk data collecting, eksplorasi data, metode analisis data, teoritis, aplikasi teori dan metode yang dipelajari dalam kasus real secara mandiri), Excellent Soft Skill (kompetensi untuk komunikasi, adaptasi (team work, under pressure, inisiatif, entrepreneurship, kejujuran, dan manajerial), serta Computation Skill (kompetensi data processing menggunakan software statistic, programming, dan simulasi) edufriends.

Kenapa Jurusan Statistika

Jurusan ini cocok untukmu yang menyukai pelajaran matematika dan perhitungan, selain itu cocok bagimu yang menyukai data dan pemprosesannya, sebab kamu akan banyak menganalisis dan mengolah data menjadi berbagai informasi yang bermanfaat. Penerapan ilmu Statistika sendiri banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menggambarkan peluang kerja yang besar di bidang Statistika sebab kebutuhannya tersebar di banyak sektor, mulai dari  keputusan bisnis yang biasanya dilakukan berdasarkan analisa data, kebijakan pemerintah pun banyak yang didasarkan dari data yang dikumpulkan lembaga tertentu seperti BPS (Badan Pusat Statistik). Lulusan Statistika juga memiliki peluang yang sangat menjanjikan untuk berkarir sebagai aktuaris di perusahaan asuransi, dana pensiun, konsultan aktuaria, investasi, dan manajemen risiko edufriends.

Jurusan Statistika-03

Keahlian Jurusan Statistika

✓ Pemahaman matematika

✓ Kemampuan dasar programming

✓ Kemampuan mengorganisasi data

✓ Kemampuan melakukan analisis

✓ Kemampuan problem solving

✓ Kemampuan komunikasi

Jurusan Statistika-03

Kebutuhan Lulusan Jurusan Statistika di Dunia Kerja

  • Lulusan Jurusan Statistika bisa bekerja di Instansi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) untuk pengolahan data jumlah masyarakat, bangunan dan lain-lain di Indonesia.
  • Sementara itu di sektor swasta, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja hampir di hampir industri mulai dari Industri Keuangan, Perbankan, Manufaktur, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), hingga Teknologi sebab sistem elektronik menjadi bagian penting dalam pendataan di perusahaan, sehingga banyak membutuhkan lulusan Statistika sebagai Electronic data processing untuk memproses data-data tersebut.
  • Kamu juga bisa menjadi seorang Analis Investasi yang bertugas meneliti, mengumpulkan dan menganalisis informasi agar manajer investasi dapat membuat keputusan yang efektif dan menguntungkan atas nama klien sembari membangun portofolio investasi yang sukses
  • Berkarir sebagai Analis risiko keuangan tugasnya mengidentifikasi dan menganalisis bidang-bidang risiko potensial yang mengancam aset, kapasitas penghasilan, atau keberhasilan perusahaan di sektor industri, komersial, atau publik
  • Perbankan dan Lembaga Keuangan Dunia membutuhkan ahli Statistika untuk mengolah data menjadi sebuah informas

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Statistika

Berkuliah di Jurusan statistika kamu akan mempelajari Strong Basic Statistics atau kompetensi untuk data collecting, eksplorasi data, metode analisis data teoritis, dan aplikasi teorinya, kemudian mempelajari Excellent Soft Skill atau kompetensi dalam hal komunikasi, adaptasi, team work, dan entrepreneurship, mempelajari penerapan suatu metode untuk menganalisis data menggunakan software statistic, programming, dan simulasi seperti SPSS, Minitab, SAS, Lisrel, Stata, Eviews, Amos, R, dan Matlab. Jurusan  Statistika sendiri dibagi menjadi 4 bidang peminatan yaitu Ekonomika dan Bisnis, Industri, Komputasi, juga Sosial dan pemerintahan edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Statistika

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Statistika, edufriends:

  1. Metode Statistika
  2. Fisika Dasar
  3. Aljabar Linier Elementer
  4. Kimia Dasar
  5. Biologi Umum
  6. Logika & Teori Bilangan
  7. Aljabar Linear
  8. Matematika Keuangan
  9. Algoritma dan Perangkat Lunak Statistika
  10. Metode Numerik
  11. Statistika Matematika
  12. Metode Statistika Lanjut
  13. Analisis Real
  14. Teori Matriks Statistika
  15. Pengantar Teori Probabilitas
  16. Teknik Sampling
  17. Statistika Nonparametri k
  18. Analisis Multivariat
  19. Proses Stokastik
  20. Analisis Regresi
  21. Rancangan Percobaan
  22. Model Kerugian
  23. Runtun Waktu
  24. Statistika Pengendalian Mutu
  25. Metode Survei
  26. Matematika Aktuaria
  27. Statistika Spasial
  28. Analisis Data Kuantitatif
  29. Teori Keputusan Statistika
  30. Metode Peramalan Statistika
  31. Statistika Genom
  32. Analisis Data Katagorik
  33. Analisis Survival
[algolia_carousel]

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Statistika

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah
[algolia_carousel]

Universitas Terbaik Jurusan Statistika

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Statistika (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  3. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  4. Universitas Indonesia (UI), Depok
  5. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  6. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  7. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  8. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  9. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  10. Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Statistika

Prospek kerja lulusan Statistika cukup luas, karena bisa menempatkan diri di segala bidang. Lulusan statistika bisa bekerja di bidang pemerintahan, ekonomi, kesehatan, penelitian, pendidikan, pertanian, industri, teknologi, dan berbagai bidang profesi lainnya. Adapun jenis profesi yang bisa ditempati lulusan statistika diantaranya ahli statistika, analyst, aktuaria, data scientist, quality control, peneliti, konsultan, pengusaha, tenaga pendidik (dosen) dan berbagai jenis profesi lainnya, berikut beberapa diantaranya:

AKTUARIS

Aktuaris adalah seorang pakar risiko keuangan yang bertanggung jawab untuk memperkirakan, menilai, dan memberi nasihat. Mereka juga merencanakan risiko di masa depan yang terlihat maupun yang tidak terduga, serta menggunakan pengetahuan prinsip-prinsip komersial, pasar, dan ekonomi. Pekerjaan ini menggunakan matematika, statistik, dan teori keuangan untuk menilai risiko bahwa suatu peristiwa akan terjadi. Selain itu, aktuaris juga membantu bisnis serta klien untuk mengembangkan kebijakan yang meminimalkan biaya risiko. Aktuaris biasanya akan bekerja di perusahaan asuransi.

DATA SCIENTIST

Perusahaan akan banyak menggunakan dan mengumpulkan sejumlah besar data selama operasi sehari-hari mereka, sehingga dibutuhkan seorang data scientist. Tugasnya adalah mengubah data mentah menjadi informasi bermakna yang dapat digunakan suatu perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka. Kamu akan mengekstraksi, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah besar dari berbagai sumber juga melakukan semua itu menggunakan algoritma, penambangan data, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan alat statistik agar dapat diakses oleh perusahaan.

AHLI STATISTIKA

Seorang ahli statistik akan menggunakan metode statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data serta membantu memecahkan masalah dalam bisnis, teknik, kesehatan, atau bidang lainnya. Seorang ahli statistik bertanggung jawab atas pengumpulan, evaluasi, interpretasi, dan penyajian data kuantitatif. Ahli statistik memberikan wawasan, rekomendasi, dan saran tentang kebijakan dan strategi untuk klien internal atau eksternal. Profesi ini bisa bekerja di pemerintahan untuk mengeksplorasi data sensus, atau di perusahaan otomotif untuk menilai bagaimana berbagai mesin mobil bekerja di bawah panas atau dingin yang ekstrem.

ANALIS RISET OPERASI

Analis riset operasi menggunakan metode matematika dan analitik yang canggih untuk membantu perusahaan menyelidiki masalah kompleks, mengidentifikasi dan memecahkan masalah, serta membuat keputusan yang lebih baik. Seorang analis riset operasi bertugas melayani bisnis dan organisasi dalam segala jenis. Dia juga menerapkan teknik yang canggih untuk menyelesaikan masalah tingkat tinggi dengan menilai cara terbaik mengalokasikan sumber daya yang langka atau bagaimana memperkenalkan sistem yang lebih efektif.

ANALIS BISNIS

Jika kamu senang mengevaluasi, menganalisis data, dan menciptakan solusi, dan memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi informasi, karir sebagai analis bisnis mungkin cocok untukmu. Sebagai seorang analis bisnis, kamu akan bekerja dalam suatu perusahaan untuk membantu mengelola, mengubah, dan merencanakan masa depan yang sejalan dengan tujuan mereka. Kamu bisa bekerja untuk suatu proyek tertentu atau bekerja sebagai staff di perusahaan.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Apa sifat utama yang mendukung berkuliah di jurusan ini?

Jurusan statistika cocok bagimu yang senang bekerja dengan angka dan tertarik mempelajari matematika, komputer, ilmu fisika, dan sosial edufriends.

Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

Mempelajari statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya di bidang industri dan bisnis, komputasi, ekonomi finansial dan aktuaria, sosial dan kependudukan, serta lingkungan dan kesehatan.

Apa saja prospek kerja lulusan ini?

Instansi bidang konsultan riset, quality assurance, riset dan perkembangan, analisis data, bank pemerintah dan swasta, riset pasar, Badan Pusat Statistik (BPS), pemerintah daerah, industri (PT. Philips, JVC, Astra, Petrokimia, Djarum), dan lain-lain.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *