Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Akuntansi_[473x314]

Jurusan Biologi

Kategori Kesehatan

Daftar Isi

Apa Itu Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi mempelajari seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter. Secara garis besar, jurusan ini mempelajari cara memelihara keuangan. Kamu akan dipersiapkan menjadi seorang akuntan dengan mempelajari prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak.

Data ini nantinya akan digunakan untuk mengukur hasil kinerja entitas dan menginformasikan keputusan tentang masa depan dan kontrol dari suatu lembaga atau perusahaan. Karena alasan inilah banyak orang menyebut Akuntansisebagai “Bahasa Bisnis”. Seorang lulusan Akuntansi akan banyak ditempatkan sebagai Tenaga Akuntansi atau juga ditempatkan pada  finance division di suatu Perusahaan.

Akuntansi sebagai studi yang paling banyak peminatnya dikarenakan prospek karier yang menjanjikan. Tiap-tiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga profesional dalam mengatur keuangan perusahaan. Disinilah peran lulusan Akuntansi dibutuhkan. Selain itu, lulusan Akuntansi juga dapat melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi untuk kemudian dapat membuka praktik akuntannya sendiri, edufriends.

Kenapa Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi cocok untukmu yang memiliki ketertarikan pada bidang keuangan dan ingin menyelami dunia bisnis dengan leibih lagi, sebab didalamnya kamu akan mempelajari berbagai transaksi keuangan. Karir di bidang akuntansi sediri menjanjikan pemasukan yang menggiurkan, serta peningkatan karir yang terjamin. Sehingga tidak heran jika Jurusan Akuntansi menjadi salah satu jurusan terpopuler di Indonesia, edufriends.

Setiap sektor membutuhkan staf di bidang Akuntansi, Prospek pekerjaanya dimulai dari menjadi Akuntan, baik Akuntan Publik (AP), Akuntan Sektor Publik (Akuntan Pemerintahan), Internal Auditor, Administrator Perpajakan, Auditor Pajak, Auditor Badan Pengawas Keuangan (BPK), Konsultan Keuangan, Staff Akuntansi Perbankan, Tenaga Pengajar, baik di lingkungan Perguruan Tinggi (Dosen) maupun Guru, Wirausaha, dan masih banyak lagi.

Menurut data statistik terbaru dari Biro Tenaga Kerja Amerika, rata-rata pemasukan seorang Akuntan mencapai hingga $65,940 per tahunnya. Meskipun jumlaah ini bisa sangat bervariasi, tergantung bidang, lokasi, jam kerja, pengalaman kerja dan berbagai faktor lainnya. Biro Tenaga Kerja Amerika juga melaporkan 10% akuntan digaji hampir $116,000 per tahunnya. Para akuntan memiliki jam kerja yang lebih panjang dibanding profesi yang lain, namun sebanding dengan bayarannya yang lebih tinggi.

Jurusan Akuntansi_[473x314]

Keahlian Jurusan Akuntansi

✓ Kemampuan mengelola keuangan

✓ Kemampuan mengevaluasi anggaran

✓ Kemampuan menyajikan laporan keuangan

✓ Kemampuan menilai laporan keuangan

✓ Kemampuan menginterpretasikan angka

✓ Teliti dalam menghitung

Jurusan Akuntansi_[473x314]

Kebutuhan Lulusan Jurusan Branding di Dunia Kerja

  • Akuntan Publik, akuntan yang mendapat ijin dari Menteri Keuangan untuk membuka jasa akuntannya sendiri kepada publik.
  • Akuntan Privat, disebut juga dengan akuntan intern. Akuntan ini bertugas menyusun semua keperluan akuntansi di perusahaan atau organisasi
  • Financial analyst adalah profesi yang bertugas menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis
  • Auditor Internal memiliki tugas memeriksa laporan keuangan internal sebuah perusahaan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen
  • Konsultan Pajak, Peluang atau prospek kerja akuntansi yang satu ini bertugas memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajb pajak
  • Accounts Payable atau Receivable Clerk, Profesi ini bertugas mengurusi akuntansi utang piutang.

Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Branding

Berkuliah di Jurusan Akuntansi, kamu akan belajar segala hal tentang laporan keuangan. Di awal perkuliahan, kamu akan mempelajari pengantar Akuntansi (Financial Accounting) yang berisi dasar-dasar ilmu Akuntansi dan pemahamannya.

Di tahun kedua, kamu akan belajar Akuntansi keuangan menengah (intermediate Accounting) berisikan pengembangan pemahaman dasar Akuntansi ke ilmu Akuntansi yang lebih kompleks lagi. Misalnya saja pada transaksi bonds atau obligasi dan bagaimana menghitung modal saham secara detail.

Selanjutnya, di tahun ketiga setelah lulus mata kuliah intermediate Accounting kamu akan berhadapan dengan Akuntasi keuangan lanjutan (Advance Accounting) yang mempelajari bagaimana penyusunan laporan keuangan suatu perusahaan, edufriends.

Mata Kuliah Jurusan Akuntansi

Berkuliah di adalah beberapa Mata Kuliah yang akan Kamu Pelajari di Jurusan Akuntansi:

  1. Ekonomi Mikro
  2. Ekonomi Makro
  3. Matematika Ekonomi
  4. Matematika Bisnis
  5. Ekonomi Koperasi
  6. Akuntansi Keuangan
  7. Akuntansi Biaya
  8. Akuntansi Manajemen
  9. Akuntansi Sektor Publik
  10. Auditing
  11. Sistem Pengendalian Manajemen
  12. Sistem Informasi Akuntansi
  13. Teori Akuntansi
  14. Komunikasi Bisnis
  15. Perpajakan
  16. Manajemen Pemasaran
  17. Manajemen Keuangan
  18. Manajemen Operasional
  19. Manajemen Sumberdaya Manusia
  20. Akuntansi Organisasi Nirlaba
  21. Perpajakan Internasional
  22. Manajemen Strategik
  23. Statistika Ekonomi dan Bisnis
  24. Permodelan Keuangan dan Simulasi Bisnis
  25. Analitik Bisnis
  26. Investasi dan Pasar Modal
  27. Strategi dan Manajemen Kinerja Organisasi
  28. Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Resiko

Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Akuntansi

  • Tekun
  • Teliti
  • Detil
  • Kritis Rasional
  • Independen
  • Senang berhitung
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang memecahkan masalah
  • Keterampilan interpersonal
  • Senang memecahkan masalah
  • Bisa bekarjasama dengan team

Universitas Terbaik Jurusan Akuntansi

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Akuntansi (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang
  4. Universitas Brawijaya (UB), Malang
  5. Universitas Jember (UNEJ), Jember
  6. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta
  7. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  8. Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung
  9. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  10. Universitas Halu Oleo (UHO), Sulawesi
Career Profesi

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Berkuliah di Jurusan Akuntansi kamu akan belajar segala hal tentang laporan keuangan. Mulai dari bagaimana membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai kelayakan usaha lewat laporan keuangan, sampai menilai prospek kedepannya. Berikut ini beberapa prospek kerja untuk lulusan Akuntansi yang dapat menjadi pilihanmu:

Akuntan Publik

Akuntan Publik dapat bekerja secara individual atau dengan perusahaan. Mereka menyiapkan dan menganalisa bebagai dokumen dan laporan keuangan. Profesi ini harus mengerti regulasi perpajakan dengan baik, dan terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan.

Petugas Akuntansi

Profesi ini mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan. Mereka tidak menganalisa data seperti akuntan, tetapi hanya menyediakan data. Profesi ini bisa bekerja di berbagai macam industri. Pekerjaan di bidang ini menggunakan komputer dan teknologi. Biasanya tidak diperlukan kualifikasi khusus untuk dapat diterima bekerja di profesi ini.

Manajer Akuntansi

Manajer Akuntansi menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang menguntungkan perusahaan. Seorang manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan dari para akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan. Profesi ini membutuhkan keahlian komunikasi yang kuat, dapat mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan.

Asisten Akuntansi

Asisten akuntansi membantu pekerjaan seorang akuntan. Posisi ini dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mengawali karir di bidang akuntansi. Asisten akuntansi mengerjakan beragam tugas seperti pembukuan, mencatat laporan keuangan, buku besar dan tugas-tugas dasar lainnya.

Akuntan Biaya

Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi supaya biaya-biaya tersebut dapat dikurangi, dan dengan demikian keuntungan dapat dimaksimalkan.

Account Officer

Account Officer menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar, edufriends.

Financial Analyst

Financial analyst adalah profesi yang bertugas untuk menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis.

Certified Public Accountants (CPA)

Karir CPA adalah salah satu profesi dengan bayaran tertinggi di Amerika. Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit hingga menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Sebelum menempati profesi ini, kamu diharuskan untuk lulus ujian sertifikasi  CPA terlebih dahulu.

Credit Analyst

Profesi yang satu ini biasa bekerja di industri perbankan untuk menganalisis calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman, edufriends.

Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan

Mengapa Jurusan Akuntansi banyak diminati?

Karena lowongan kerja bagi seorang akuntan (orang yang berkecimpung dalam dunia Akuntansi) bisa dibilang cukup banyak, hampir di semua aspek edufriends.

Apa saja prospek kerjanya?

Lembaga Keuangan, Akuntan Pemerintah, Akuntan Publik atau Perusahaan, Account Officer, Tenaga Pendidik, Wirausaha, dan masih banyak lagi.

Apakah Akuntansi Itu?

Secara umum Akuntansi adalah proses mencatat, mengklasifikasi, dan mengikhtisarkan transaksi yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, lalu melaporkannya dalam bentuk laporan keuangan yang nantinya akan membantu shareholder (pemegang kepentingan) dalam mengambil keputusan. Jadi pada intinya Akuntansi itu ilmu yang mempelajari bagaimana membuat laporan keuangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *