Uncategorized

Pengertian Webinar: Jenis, Manfaat, Cara Kerja dan Tips

Pengertian Webinar: Jenis, Manfaat, Cara Kerja dan Tips 1
Written by Wida Kurniasih

Pengertian Webinar – Perkembangan membawa banyak dampak kepada kehidupan. Contoh nyatanya adalah peralihan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan secara langsung, kina beralih melalui media digital. Saat ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan internet, tentu cara tersebut menjadi lebih mudah dan praktis.

Salah satu contohnya adalah webinar, webinar adalah kegiatan yang dilakukan dengan media digital dan bantuan internet. Banyak lembaga-lembaga yang menggunakan webinar untuk menyampaikan informasi maupun hal lainnya yang dibutuhkan.

Di samping memiliki banyak fungsi, apakah Grameds sudah mengetahui arti dari kata webinar itu sendiri? Artikel kali ini akan memberikan informasi-informasi mengenai webinar kepada Grameds.

A. Pengertian Webinar

Pengertian Webinar

Webinar adalah akronim dari kata web dan seminar. Sementara arti dari kata seminar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli. Maka dapat dikatakan bahwa webinar adalah kegiatan seminar yang dilakukan secara online atau melalui media digital. Dalam webinar, seminar yang biasa dilakukan secara langsung dialihkan ke webinar. Melalui jaringan internet dan tidak perlu hadir ke suatu tempat.

B. Jenis-jenis Webinar

Ada beberapa jenis webinar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Web broadcast

Web broadcast adalah jenis webinar yang dihadiri oleh banyak orang. Penggunanya dari ribuan bahkan bisa lebih. Perbedaannya dengan webinar biasa adalah penggunanya yang biasanya terbatas atau hanya sampai ratusan.

2. Web conference

Webinar conference adalah webinar yang bisa dilakukan secara dua arah. Pengguna atau peserta webinar bisa mengajukan diskusi kepada pembicara.

3. The multi-module webinar or webinar series

Webinar ini adalah jenis webinar yang memiliki episode, atau memiliki kelanjutan-kelanjutannya. Sehingga peserta tidak hanya mengikuti webinar sekali saja. Biasanya webinar jenis ini memiliki banyak topik , sehingga peserta akan mendapat banyak topik serta materi webinar.

4. The lead-generation or sales webinar

Webinar jenis ini adalah webinar yang sering digunakan oleh orang-orang yang sering memasarkan sesuatu untuk meningkatkan leads. Alur pendaftaran peserta dari webinar jenis ini adalah, peserta akan mendaftar melalui website atau email dengan mengisi data diri. Setelah itu, baru panitia akan menghubungi serta memberi akses beniar sekaligus pedoman, materi atau modul untuk webinar nantinya.

Hal yang perlu diperhatikan dari webinar the lead generation or sales ini adalah jangan hanya memerhatikan mengenai jumlah peningkatan leadnya saja. Namun kualitas materi tetap perlu diperhatikan sehingga berguna untuk penambahan wawasan.

5. The one-off for-profit webinar

Webinar ini adalah jenis webinar yang mengharuskan para pesertanya untuk mengeluarkan biaya pendaftaran, jika memungkinkan maka akan dikenakan biaya tambahan lainnya. Jika orang yang ingin mencari keuntungan lebih besar melalui sebuah webinar, maka webinar jenis ini adalah webinar yang cocok untuk digunakan.

Kelebihan dari jenis webinar ini adalah keuntungan yang didapat oleh peserta yaitu akan mendapatkan materi dari para pembicara yang sudah professional. Ilmu atau keuntungan yang didapat akan sepadan dengan uang yang dikeluarkan.

C. Cara Kerja Webinar

Pengertian WebinarSeperti diketahui bahwa webinar adalah seminar atau kegiatan yang dilakukan secara online. Maka dari itu, alur untuk kegiatan juga dilakukan secara online. Setelah peserta melakukan pendaftaran, panitia akan menghubungi peserta untuk memberikan akses atau materi yang akan digunakan ketika webinar berlangsung.

banner-promo-gramedia

Tidak seperti seminar yang harus datang ke tempatnya, webinar bisa dilakukan dimana saja. Akan tetapi, webinar juga tetap memiliki sistem yang sama dalam waktu kegiatannya. Semua dilakukan sama seperti seminar, ada pembukaan, puncak acara, hiburan, waktu istirahat sampai penutup.

D. Fungsi Webinar

Pengertian Webinar: Jenis, Manfaat, Cara Kerja dan Tips 2Ada beberapa fungsi dari webinar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai tempat mengumpulkan leads

Fungsi pertama dari adanya webinar adalah untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki kesamaan. Fungsi ini akan mendapatkan leads yang merupakan orang-orang yang tertarik dengan seminar yang dibuat.

2. Bisa menjadi tempat berpromosi barang atau jasa yang efektif

Fungsi selanjutnya adalah anda bisa menggunakan webinar untuk tempat berpromosi produk atau barang. Caranya adalah dengan menyampaikan materi mengenai promosi produk dengan baik, sehingga penonton bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. Memiliki efektivitas untuk memperkenalkan keunggulan bisnis

Fungsi yang bisa didapatkan dari kegiatan webinar adalah untuk menunjukan keunggulan dari produk, barang, jasa, atau suatu bisnis yang dimiliki. Maka peserta webinar menjadi paham setiap informasi mengenai keunggulan produk tersebut yang sedang

Menguasai Riset Pemasaran

Menguasai Riset Pemasaran

Beli Buku di Gramedia

4. Bisa menampung feedback (umpan balik)

Untuk mengetahui keberhasilan dari webinar yang sudah dilakukan, dapat melakukannya dengan umpan balik. Anda bisa meminta testimoni kepada peserta webinar mengenai acara webinar atau produk yang dijelaskan ketika webinar. Selain itu, umpan balik yang diberikan oleh peserta webinar bisa digunakan untuk kegiatan webinar selanjutnya sehingga dapat berjalan lebih baik dari webinar sebelumnya.

E. Manfaat Webinar

Pengertian WebinarMeskipun dilaksanakan melalui internet, webinar tetap memiliki manfaat yang tidak kalah dengan seminar. Manfaat dari webinar dibagi menjadi tiga, yaitu manfaat untuk peserta, manfaat untuk pembuat webinar, dan manfaat bagi pemateri.

1. Manfaat untuk peserta webinar

Ada banyak manfaat untuk peserta webinar. Salah satunya adalah mendapat ilmu mengenai topik webinar yang berlangsung. Selain ilmu yang sudah didapatkan mengenai pemaparan materi dari pemateri, peserta webinar juga bisa menggali ilmu lebih banyak lagi melalui sesi tanya jawab. Selain itu, manfaat dari webinar bagi peserta ini adalah menambah relasi.

2. Manfaat untuk pembuat webinar

Tentu saja banyak manfaat dari pembuat webinar. Salah satunya adalah untuk menjadi tempat memasarkan produk yang ingin dipasarkan, sehingga produk akan lebih terkenal dan kemungkinan mendapat relasi baru semakin besar. Karena tidak semua webinar bertujuan untuk memasarkan suatu produk, ada banyak webinar yang bertujuan untuk memberikan ilmu-ilmu atau berupa workshop.

3. Manfaat untuk pemateri webinar

Manfaat yang didapatkan oleh pemateri melalui webinar salah satunya adalah menambah jam terbang sebagai pemateri. Selain itu pemateri juga bisa mengasah skill berbicara atau public speaking. Manfaat lain yaitu bisa membagi ilmu yang di punya sehingga lebih bermanfaat.

Public Speaking for Success

Public Speaking for Success

Beli Buku di Gramedia

F. Tips Mengadakan Webinar

Ada beberapa tips untuk mengadakan webinar yang efektif yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menentukan topik webinar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik yang akan diangkat dalam webinar nanti. Pastikan topik yang diangkat adalah isu mengenai hal-hal terkini atau yang sedang tending. Sehingga banyak orang tertarik untuk mendaftar menjadi peserta

2. Menentukan tujuan webinar

Selanjutnya tentukan tujuan dari diadakannya webinar tersebut. Pembuat webinar harus menentukan apa tujuan dari diadakannya webinar, sehingga kegiatan webinar bisa terlaksana dengan baik. Contohnya seperti tujuannya hanya sekadar membagi ilmu, kegiatan pelatihan, atau untuk mempromosikan suatu produk.

Strategi Pemasaran, Prinsip Dan Penerapan

Strategi Pemasaran, Prinsip Dan Penerapan

Beli Buku di Gramedia

3. Menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan untuk webinar

Selanjutnya adalah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan untuk kegiatan webinar. Fasilitas yang perlu disiapkan adalah fasilitas terkait teknis dan non teknis.

4. Menentukan media yang digunakan untuk melakukan webinar

Menentukan media yang digunakan untuk webinar juga sangat penting. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara gratis ada juga yang berbayar. Selain itu ada aplikasi yang memiliki Batasan waktu dan juga batasan pengguna room tersebut. Jika anda ingin mengadakan webinar yang berskala besar, maka menggunakan aplikasi berbayar adalah solusi yang tepat untuk kelancaran acara.

5. Menyiapkan acara

Mulailah menyiapkan acara yang ingin dijalankan. Jika ingin mengadakan acara berupa pemasaran suatu produk, maka disarankan untuk menyiapkan strategi pemasaran supaya kegiatan berlangsung dengan baik dan pelanggan menjadi tertarik kepada produk yang dipasarkan.

PowerPoint untuk Seminar & Pameran

PowerPoint untuk Seminar & Pameran

Beli Buku di Gramedia

6. Memerhatikan waktu pelaksanaan webinar

Waktu atau susunan acara webinar juga perlu diperhatikan. Terutama ketika akan memulai dan mengakhiri webinar. Jangan sampai acara mulai tidak pada waktunya, itu akan membuat point plus kepada pembuat webinar.

7. Menyediakan waktu tanya jawab antara peserta dan pemateri

Ini adalah waktu yang sangat penting bagi peserta, peserta bisa bertanya kepada pemateri mengenai hal-hal yang tida ia mengerti. Jadi sesi tanya jawab harus diadakan di dalam sebuah webinar

8. Menyediakan hadiah

Hadiah juga bisa memicu ketertarikan peserta webinar untuk mengikuti webinar dan menyelesaikannya hingga bagian akhir. Jika memungkinkan, sediakanlah hadiah supaya peserta lebih antusias terhadap seminar.

Itulah beberapa informasi untuk Grameds mengenai webinar. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi bisa membaca buku referensi di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas selalu menyediakan berbagai macam buku  dan ebook yang menarik.

Baca juga artikel terkait “Pengertian Webinar” :

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien