Agama Islam

Niat Puasa Senin Kamis: Tata Cara, Keutamaan, dan Manfaatnya

Niat Puasa Senin Kamis – Puasa senin kamis merupakan sebuah amalan puasa sunah yang dapat dikerjakan oleh umat Islam. Bahkan puasa senin kamis juga puasa yang sering dikerjakan oleh Rasulullah Saw. semasa hidupnya. Hari senin dan kamis adalah hari yang selalu dinantikan oleh Rasulullah Saw.

Hal ini dibuktikan dalam hadis yang diriwayatkan dari Aisyah RA bahwa Rasulullah Saw. selalu menanti hari senin kamis untuk berpuasa. Aisyah RA dalam H.R. Ahmad berkata, “Rasulullah Saw. selalu menunggu-nunggu saat berpuasa pada hari Senin dan Kamis.

Hal tersebut dikarenakan bahwa hari senin merupakan hari di mana amal kita diperiksa oleh malaikat. Jadi, jika kalian sedang berpuasa maka malaikat tentu akan mencatat amal baik kalian, dan semoga saja amal buruk kalian bisa berkurang karena berpuasa pada senin dan kamis.

Selain itu Rasulullah Saw. juga menekankan untuk selalu berpuasa senin kamis. Beliau sangat jarang meninggalkan puasa senin kamis karena banyaknya keutamaan dan manfaat yang didapatkan dari puasa senin kamis. Hal ini dilakukan oleh Rasulullah Saw. karena beliau ingin ketika amalnya diangkat oleh Allah Swt. berada dalam keadaan shaum.

Buku ini menceritakan apa saja mukjizat yang didapatkan setelah rutin melakukan puasa senin kamis. Di dalam buku ini juga akan dijelaskan bagaimana cara melakukan puasa senin kamis dan pengamalannya.

Niat Puasa Senin Kamis

Dalam melaksanakan ibadah puasa senin kamis, ada niat yang harus diucapkan sebelum melaksanakannya. Hal ini adalah langkah yang penting ketika ingin melaksanakan ibadah. Berikut adalah niat puasa senin kamis.

1. Niat Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala.

Artinya: “Saya niat puasa pada hari Senin, sunah karena Allah Ta’aalaa.”

2. Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat puasa pada hari Kamis, sunah karena Allah Ta’aalaa.”

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Tata cara yang dilakukan untuk melaksanakan ibadah puasa senin kamis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan puasa pada umumnya, khususnya sama seperti saat kalian melaksanakan puasa Ramadhan, namun yang membedakan hanya hukumnya yang sunah. Berikut adalah tata cara puasa senin kamis.

1. Membaca Niat Puasa Senin Kamis

Dalam membaca niat puasa senin kamis sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum hari mulai puasa dilakukan atau sebelum terbit fajar. Namun, karena puasa yang dilakukan adalah puasa sunah maka tidak apa jika lupa dan membaca niat di pagi hari. Hal ini diperbolehkan jika kalian belum mengonsumsi makanan dan minuman apa-apa sesudah terbit fajar.

2. Makan Sahur

Pada hukumnya, makan sahur juga termasuk sunah dalam berpuasa. Di mana jika kalian melakukan makan sahur maka kalian akan mendapat pahala. Namun, jika tidak melakukan juga tidak apa-apa. Contohnya, ketika kalian bangun tepat pada azan subuh maka puasa tanpa makan sahur tetap dikatakan sah.

3. Menghindar dari Hal yang Membatalkan Puasa

Dalam waktu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau berkumandangnya azan maghrib, bagi yang berpuasa diharuskan untuk menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Hal-hal tersebut seperti, makan, minum, berhubungan suami-istri, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa.

Selain hal yang membatalkan puasa, kalian yang melaksanakan puasa senin kamis juga harus bisa mengindar dari hal yang menghapus pahala puasa. Hal yang dapat menghapus pahala puasa kita seperti, berbohong, ghibah, dan semua bentuk maksiat yang lainnya. Puasa kita akan sia-sia jika melakukan itu semua.

4. Berbuka Puasa

Setelah melakukan puasa senin kamis seharian, ada waktunya berbuka puasa yaitu pada saat matahari terbenam atau saat azan maghrib berkumandang. Pada saat itu, kalian dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa, karena hal tersebut juga salah satu sunah dalam puasa.

Adapun dua doa berbuka yang diriwayatkan oleh Abu Daud seperti berikut.

  • Dzahabazh zhama-u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: “Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah.”

  • Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthartu.

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka.”

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis memiliki keutamaannya tersendiri yang dapat memberikan kalian keuntungan jika menjalankannya. Berikut ini adalah keutamaan puasa senin kamis yang telah dianjurkan oleh Rasulullah Saw.

1. Hari Lahir Rasulullah Saw.

Hari senin merupakan hari kelahiran Rasulullah Saw. Tidak hanya itu, hari senin juga merupakan waktu diturunkannya Al-Quran dan juga risalah kenabian Muhammad Saw. yang dibawakan oleh malaikat Jibril.

Pernyataan bahwa hari senin merupakan hari lahir Rasulullah Saw. juga tertulis dalam hadis dari Abu Qotadah Al Anshori ra bahwa Rasulullah Saw. berkata, “Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (H.R. Muslim).

2. Hari Diperiksanya Amal

Ketika kita masih hidup di dunia, pemeriksaan catatan amal dilakukan secara berkala, yaitu pada hari senin dan kamis. Maka dari itu, lebih baik jika pada saat malaikat memeriksa amal kita, kita sedang berpuasa. Dengan berpuasa Insyaallah amal perbuatan baik kita tentu akan bertambah dan semoga keburukan kita juga berkurang.

Hal ini diriwayatkan dalam hadis dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

3. Berharap Mendapat Ampunan Allah Swt.

Rasulullah menganjurkan kepada umatnya agar selalu melaksanakan puasa senin kamis. Karena, pada hari senin dan kamis selain amal kita diperiksa, Allah Swt juga memberikan ampunan kepada hambanya pada hari tersebut ketika kita melaksanakan puasa senin kamis.

Hal ini juga telah diriwayatkan dalam hadis dari Abu Hurairah ra. yang mengatakan bahwa, “Sesungguhnya amal-amal itu dipersembahkan pada tiap Senin dan Kamis, maka Allah berkenan mengampuni setiap muslim atau setiap mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan.”

Meski beberapa keburukan yang kita jalani diberikan ampunan oleh Allah Swt. Namun, orang-orang yang bermusuhan sesama tidak diberikan toleransi ampunan oleh Allah Swt. Maka dari itu janganlah kita selalu bermusuhan dengan siapa pun, sebab dosanya akan sulit untuk diampuni.

4. Sebuah Solusi Menuju Takwa

Seseorang yang sering melakukan puasa, terutama puasa senin kamis tentu lama-kelamaan ketakwaannya akan bertambah. Hal ini dikarenakan mereka yang memulai puasa senin kamis dilandasi dengan niat yang ikhlas hanya karena Allah ta’aala.

Jika kita sudah ikhlas dalam melakukan puasa, tentu melaksanakan ibadah lain juga akan ikhlas. Apalagi puasa yang dijalankan adalah puasa sunah, bukan hanya puasa wajib seperti pada bulan Ramadhan.

Orang-orang yang ikhlas dalam melaksanakan puasa sunah tentu akan bersemangat dalam menjalankan puasanya. Bahkan mereka juga menunggu datangnya hari senin dan kamis seperti Rasulullah Saw. Semua ini sulit dilakukan kecuali oleh orang yang ikhlas dalam beribadah.

5. Surga Bagi Orang yang Sering Berpuasa

Allah Swt. telah menyediakan Surga Ar-Rayyan bagi mereka yang rajin dalam melakukan ibadah puasa. Pernyataan ini tercantum dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

“Sesungguhnya di Surga ada satu pintu yang namanya ‘Ar-Rayyan’ yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari Kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka. Jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR. Bukhori dan Muslim).

6. Hari Rasulullah Saw. Melakukan Safar

Hari kamis merupakan hari-hari Rasulullah yang sering melaksanakan safar atau perjalanan. Pernyataan ini juga tercantum dalam hadis riwayat Bukhari bahwa Ka’ab bin Malik ra. berkata bahwa, “”Sangat jarang Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis.” – (H.R. Al-Bukhari).

Selain itu Ka’ab bin Malik juga berkata dalam hadis yang sama berupa. “Bahwa Nabi Sholallahu ‘alaihi wasallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” – (H.R. Al-Bukhari).

Buku ini mendeksripsikan apa saja keistimewaan yang didapat ketika melaksanakan puasa senin kamis. Buku ini juga dilengkapi dengan cerita para pengamal dari puasa senin kamis.

Baca juga: Niat Puasa Nazar

Manfaat Puasa Senin Kamis

Melaksanakan puasa senin kamis tentu memiliki banyak manfaat, terutama manfaat dalam kesehatan. Berikut adalah manfaat dari puasa senin kamis.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan melaksanakan ibadah puasa senin kamis dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Untuk lebih jelasnya puasa ini dapat menurunkan risiko aterosklerosis, yang berarti penyumbatan arteri yang disebabkan oleh partikel lemak. Risikonya menurun karena saat berpuasa lemak menjadi cadangan energi kita, dan tidak menumpuk dan menyebabkan arteri tersumbat lemak.

2. Mengurangi Lemak Pada Tubuh

Seperti yang sudah disinggung pada manfaat sebelumnya bahwa puasa senin kamis dapat membuat lemak yang ada di dalam tubuh kita menjadi menurun kadarnya. Dengan melaksanakan puasa senin kamis, lemak yang tidak sehat tentu lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya karena dijadikan sebagai cadangan energi.

Karena dijadikan sebagai sumber energi maka lemak yang sebelumnya menumpuk di dalam tubuh kita akan berkurang. Hal tersebut juga menghindarkan kita dari berbagai gangguan penyakit seperti kolesterol, jantung, dan tekanan darah yang tinggi.

3. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Puasa senin kamis juga dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun tersebut biasanya bercampur di dalam darah, lemak, dan bagian lain yang asalnya dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.

Teorinya, jika kita berhenti untuk mengonsumsi makanan dan minuman selama satu hari maka tentu racun akan dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluaran racun ini dapat melalui beberapa cara seperti melalui keringat, buang air kecil, dan juga buang air besar. Dengan keluarnya racun di dalam tubuh maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

4. Organ Pencernaan Beristirahat

Sistem pencernaan tentu merupakan hal yang penting dalam tubuh kita. Dengan pencernaan kita dapat mengonsumsi berbagai makanan dan minuman dengan mudah. Maka dari itu pastinya organ pencernaan membutuhkan energi lebih untuk melakukan itu semua. Dengan memberinya istirahat seperti berpuasa senin kamis, tentu akan membuat kinerja organ pencernaan terjaga dengan baik.

Puasa senin kamis akan membuat sistem organ pencernaan sekali-sekali beristirahat dari tekanan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Hal ini baik dilakukan karena dapat mencegah masalah pencernaan seperti, masalah pada lambung, diare, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

5. Mengontrol Gula Darah

Puasa senin kamis juga dapat mengontrol tingkatan gula darah yang ada di dalam tubuh kita. Dengan puasa, kadar glukosa yang ada di dalam darah akan hancur dan menjadi energi untuk tubuh kita.

Dengan hancurnya glukosa maka produksi insulin pada tubuh juga akan menurun, di mana akan menurunkan gula darah juga. Jika kamu rutin melaksanakan puasa senin kamis maka akan mencegah melonjaknya gula darah.

Selain menurunkan insulin, puasa senin kamis juga dapat mengurangi resistensi insulin. Hal tersebut akan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin yang ada. Lalu, insulin akan mudah memindahkan glukosa dari dalam darah ke sel-sel lain yang juga membutuhkan dengan penyebaran yang efisien.

6. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Puasa senin kamis juga bermanfaat bagi tubuh untuk melancarkan metabolismenya. Cara yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kadar neutrotransmitter norepinefrin. Dengan ini tubuh harus bertahan tanpa makanan dan minuman selama beberapa jam. Karena tidak ada makanan yang masuk lemak akan dijadikan sumber energi, dan racun dalam tubuh juga akan terbuang.

Karena tubuh sudah bertahan tanpa makanan dan minuman berjam-jam maka dari itu kalian harus berbuka dengan makanan yang memiliki gizi seimbang, agar metabolisme terbangun kembali dan meningkatkan level energi. Makanan yang perlu dikonsumsi saat berbuka seperti, buah, sayur, gandum, protein tanpa lemak, dan tentunya air mineral.

7. Menurunkan Berat Badan

Puasa senin kamis lebih efektif dalam menurunkan berat badan daripada melakukan pembatasan kalori untuk mengurangi lemak. Puasa senin kamis bukan menurunkan berat badan secara drastis, namun dengan puasa tentu nutrisi akan lebih diperhatikan lagi yang akan mudah melakukan penurunan badan.

Selain nutrisi, lemak darah yang meningkat karena puasa juga dapat menurunkan berat badan. Selama kita berpuasa maka sel-sel di dalam tubuh akan ditekan. Hal tersebut membuat berat badan dapat mudah untuk diturunkan.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Puasa senin kamis dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena dengan berpuasa dapat mengurangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, seerta dapat mengatur kondisi peradangan tubuh agar sel-sel kanker kelaparan.

Hewan juga akan melakukan berhenti makan jika mereka sedang merasa sakit di dalam tubuhnya. Insting yang dimiliki hewan cukup baik, karena dengan beristirahat tanpa makan akan mengurangi stres dan tubuh akan melawan infeksi dengan sendirinya. Berbeda dengan manusia yang sakit selalu mencari makan yang banyak.

Buku ini tidak hanya berisi uraian tata cara dan fadhilah puasa Senin Kamis, tetapi juga memuat cerita-cerita inspiratif pengamalnya hasil wawancara penulisnya yang berprofesi sebagai wartawan majalah Islam Al-Furqan.

Baca juga:

Grameds, demikianlah penjelasan mengenai niat puasa senin kamis, tata cara melakukannya, keutamaan, dan juga manfaat yang akan didapat jika melakukannya. Jika kalian belum pernah mencoba puasa senin kamis maka setelah membaca artikel ini kalian bisa mencobanya. Selain mendapat pahala, pastinya tubuh kalian akan lebih sehat dari sebelumnya.

Jika kalian ingin banyak belajar mengenai puasa senin kamis lebih dalam lagi, kalian bisa membaca dan membeli buku yang disediakan oleh Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku yang mungkin bermanfaat untuk kalian. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Share
Published by
Ricky

Recent Posts

Fungsi dan Jenis Aktiva Setara Kas

Salah satu jenis aktiva yang biasanya ada di dalam sebuah bisnis adalah aktiva setara kas.…

5 jam ago

Eksploitasi Adalah: Pengertian, Contoh, & Perbedaan dengan Eksplorasi

Eksploitasi adalah - Istilah eksploitasi kini bukanlah hal yang asing lagi di tengah-tengah masyarakat. Kata…

11 jam ago

Pengertian Sadar Berbangsa dan Bernegara dan Contohnya

Di zaman modern ini, masyarakat Indonesia, khususnya para kalangan anak-anak muda perlu memahami pentingnya membangun…

11 jam ago

Pengertian Rela Berkorban: Ciri-ciri, Contoh, dan Cara Menerapkannya

Rela berkorban adalah salah satu sikap yang perlu ditanamkan di dalam diri seseorang supaya nantinya…

11 jam ago

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi: Unsur-unsur, Teknik, Fungsi, dan Contohnya

Sebenarnya, karya seni rupa 2 dimensi seringkali kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Dimana seni rupa…

12 jam ago

Pengertian Cinta Tanah Air: Manfaat, Contoh, dan Cara Menerapkannya

Tanah air merupakan salah satu istilah yang digunakan oleh bangsa Indonesia untuk menyebut seluruh wilayah…

12 jam ago

Ayo Gabung Gramedia Affiliate
Dapatkan Komisi Hingga 10%

Belanja Sekarang!