Agama Islam

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

Written by Wida Kurniasih

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya – Tugas malaikat adalah sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT. Allah SWT menciptakan malaikat dengan berbagai keistimewaan. Namun di samping itu, malaikat memiliki tugas-tugas yang diberikan oleh Allah. Tugas malaikat tersebut ditujukan kepada seluruh makhluk hidup yang ada di dunia.

Artikel ini akan membahas mengenai nama-nama malaikat beserta tugas malaikat. Selain itu, akan dibahas pula mengenai sifat-sifat malaikat.

Nama dan Tugas Malaikat

1. Malaikat Jibril

Tugas Malaikat Jibril

Quran – holy book of Muslims, in the Malaysian mosque

Nama malaikat pertama adalah Malaikat Jibril. Malaikat Jibril memiliki sebuah tugas untuk para rasul. Tugasnya adalah untuk menyampaikan waktu pada para rasul Allah SWT.

Namun, dibalik itu ada tugas lain yang dilakukan oleh Malaikat Jibril. Tugas tersebut adalah meniupkan ruh pada setiap janin yang ada pada tubuh manusia.

Tuga Malaikat Jibril juga untuk memenuhi atau menahan tugas manusia. Selain itu, Malaikat Jibril juga bertugas untuk membawa rahmat. Rahmat itu ditujukan kepada mereka yang senantiasa menjaga kesucian ketika tiba sakaratul maut.

“Katakanlah (Nabi Muhammad), “Siapa yang menjadi musuh Jibril?” Padahal, dialah yang telah menurunkan (Al-Qur’an) ke dalam hatimu dengan izin Allah sebagai pembenaran terhadap apa (kitab-kitab) yang terdahulu, dan petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang beriman”. QS. Al-Baqarah ayat 97.

Seri Mengenal Malaikat : Tugas Para Malaikat; Asyiknya Naik

Seri Mengenal Malaikat : Tugas Para Malaikat; Asyiknya Naik

Beli Buku di Gramedia2. Malaikat Mikail

Tugas Malaikat Mikail

Man Thanksgiving thank God on the mountain

Tugas Malaikat Mikail adalah memberikan rizki kepada makhluk yang ada di dunia. Maka seluruh makhluk yang ada di bumi akan diberikan rizki oleh Allah SWT melalui Malaikat Mikail. Jadi yang menerima rizki tidak hanya manusia, tetapi seluruh makhluk hidup.

Tugas Malaikat Mikail selanjutnya adalah mengatur hujan dan angin. Selain itu, Malaikat Mikail juga bertugas untuk mengatur tanaman. Semua kendali mengenai hal-hal tersebut berada di tangan Malaikat Mikail. Tentunya atas izin dari Allah SWT.

Rasulullah SAW juga pernah menyebutkan nama Malaikat Mikail. Rasulullah SAW mengatakan bahwa Malaikat Mikail adalah salah satu pembantu Rasulullah SAW dari atas langit.

Dalam hadits Riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya Allah SWT menguatkanku dengan empat pembantu: dua dari penduduk langit itu yaitu Jibril dan Mikail. Dan dua dari penduduk bumi adalah Abu Bakar dan Umar”.

3. Malaikat Israfil

Tugas Malaikat Israfil

Facing Mecca, deep in prayer, traditional carpet

Salah satu malaikat yang sudah dikenal banyak umat Islam adalah Malaikat Israfil. Tugas Malaikat Israfil adalah meniup sangkakala. Ketika hari kiamat tiba nanti, Malaikat Israfil akan meniup sangkakala tersebut.

Sangkakala adalah sejenis terompet. Sangkakala akan ditiup oleh Malaikat Israfil atas perintah dari Allah SWT. Saat hari kiamat datang, Malaikat Israfil akan meniupkannya. Kemudian, seluruh makhluk hidup yang memiliki nyawa akan mati.

Malaikat Israfil akan meniupkan sangkakala beberapa kali. Setelah tiupan pertama selesai, Allah SWT akan menghidupkan kembali Malaikat Israfil. Kemudian Allah SWT akan memberikan perintah untuk meniup terompet yang kedua.

Setelah tiupan kedua, Allah SWT juga akan membangkitkan semua makhluk hidup yang sudah mati. Setelah tiupan kedua ini, terjadilah sebuah hari yang dinamakan dengan hari kebangkitan.

Di dalam Al-Quran, tepatnya di surat Az-Zumar dijelaskan:

“Sangkakala pun ditiup sehingga matilah semua (makhluk) yang (ada) di langit dan di bumi, kecuali mereka yang dikehendaki Allah SWT. Kemudian, ia ditiup sekali lagi. Seketika itu, mereka bangun (dari kuburnya dan) menunggu (keputusan Allah SWT)”. Ayat 68.

4. Malaikat Izrail

Rugas Malaikat Izrail

Woman hands praying for blessing from god on sunset background

Nama malaikat selanjutnya adalah Malaikat Izrail. Malaikat Izrail memiliki tugas untuk mencabut nyawa semua makhluk hidup yang ada di dunia. Semua makhluk yang memiliki nyawa pasti akan merasakan kematian. Kematian adalah sebuah proses pencabutan nyawa. Malaikat Izrail lah yang bertugas untuk melakukan hal ini.

Malaikat Izrail adalah salah satu nama malaikat yang juga banyak dikenal oleh umat Muslim. Malaikat Izrail sangat mematuhi perintah Allah SWT. Meskipun harus membinasakan hal apapun. Ia tega untuk mencabut nyawa makhluk hidup. Asalkan itu perintah dari Allah SWt sebagai Maha Pencipta.

“Malaikat maut yang diserahi (tugas) untuk (mencabut nyawa)-mu akan mematikanmu, kemudian kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan”. QS. As-Sajdah ayat 11.

5. Malaikat Munkar

Tugas Malaikat Munkar

Woman hands praying for blessing from god on sunset background

Ketika manusia meninggal, manusia akan berada di dalam kubur. Kemudian di alam kubur, manusia akan didatangi malaikat untuk ditanya. Tugas malaikat yang menanyai manusia yang sudah meninggal adalah Malaikat Munkar.

Malaikat Munkar akan bertanya mengenai keimanan dari manusia itu. Selain itu, Malaikat Munkar akan mendatangi seseorang yang sudah berbuat banyak keburukan selama ia hidup di dunia. Malaikat Munkar akan mulai bertanya ketika selesai proses penguburan. Setelah 70 langkah orang terakhir dari tempat kuburnya sudah pergi.

Diceritakan bahwa Malaikat Munkar akan datang kepada manusia dalam wujud yang menyeramkan. Malaikat Munkar akan datang dengan membawa godam sebagai senjatanya. Jika seorang manusia tersebut tidak dapat menjawab pertanyaan Malaikat Munkar, maka godam tersebut akan menghantam tubuhnya hingga hancur.

Lalu manusia itu dibangkitkan kembali, dan diberi pertanyaan yang sama seperti sebelumnya. Jika pertanyaan ini tidak dapat dijawab oleh manusia, maka manusia itu akan dihancurkan kembali. Begitupun seterusnya hingga tiba hari kebangkitan.

6. Malaikat Nakir

Tugas Malaikat Nakir

Quran – holy book of muslims, scene in the mosque at Ramadan time

Tidak hanya Malaikat Munkar yang bertugas datang ke alam kubur. Tugas malaikat ini juga dilakukan oleh Malaikat Nakir. Namun, Malaikat Nakir bertugas sebaliknya. Malaikat Nakir memiliki tugas untuk mendatangi orang yang sudah berbuat baik selama ia hidup.

Diceritakan bahwa Malaikat Nakir akan datang kepada manusia dengan wujud yang indah dan bagus untuk dipandang. Selain itu, diceritakan pula bahwa orang yang didatangi oleh Malaikat Nakir akan masuk ke dalam surga.

7. Malaikat Raqib

Tugas Malaikat Raqib

Quran in the mosque

Grameds, jangan ragu untuk berbuat baik saat tidak ada satu orangpun yang melihatnya. Amalan baikmu akan tetap dicatat. Karena ini adalah tugas Malaikat Raqib. Malaikat Raqib akan mencatat sekecil apapun perbuatan baik yang sudah kamu lakukan selama hidup kamu.

8. Malaikat Atid

Tugas Malaikat Atid

female hand of prayer with wooden beads in sunlight, iftar concept, Ramadan month, Koran, plate of dried fruit, Cup of tea on wooden table

Tugas Malaikat Atid adalah kebalikan dari malaikat Raqib. Jika Malaikat Raqib bertugas untuk mencatat amal baik, maka Malaikat Atid bertugas untuk mencatat amal buruk. Semua amal buruk yang dilakukan oleh manusia akan dicatat oleh Malaikat Atid.

Meskipun kamu melakukan perbuatan buruk dan tidak terlihat oleh siapapun, malaikat Atid tetap melihatnya. Kemudian akan dicatat di dalam catatan amal perbuatanmu. Semua amalan yang sudah kamu kerjakan akan diadili pada hari akhir nanti.

“(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya). Yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri. Tidak ada suatu kata pun yang terucap, melainkan ada di didinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat)”. Qs. Qaf ayat 17 dan 18.

9. Malaikat Malik

Tugas Malaikat Malik

Ankara Çankaya’da bulunan, modern mimarisiyle dikkat çeken çeken camide ibadet eden adam. full frame makine ile çekilmiştir.

Malaikat kesembilan adalah Malaikat Malik. Tugas Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka. Neraka adalah tempat bagi orang-orang yang selalu melanggar perintah Allah SWt. Selain itu, mereka yang tidak beriman akan ditempatkan di dalam neraka.

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar dan keras. Mereka tidak durhaka kepada Allah SQT terhadap apa yang Dia perintahkan kepadanya dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. Qs. At-Tahrim ayat 6.

10. Malaikat Ridwan

Tugas Malaikat Ridwan

Muslim dua to Allah over meadow sunset background

Tidak hanya pintu neraka yang dijaga oleh malaikat. Pintu surga juga dijaga oleh Malaikat Ridwan. Surga adalah tempat bagi orang-orang yang beriman. Mereka yang selalu melakukan amalan baik dan mengikuti perintah serta larangan Allah SWT akan ditempatkan di surga.

Allah SWt berfirman “Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa (ialah seperti taman), mengalir dibawahnya sungai-sungai; senantiasa berbuah dan teduh. Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa. Sedangkan tempat kesudahan bagi orang-orang kafir adalah neraka”. QS Ar-Ra’d ayat 35.

Sifat-sifat Malaikat

1. Tidak suka menyombongkan diri

Ini adalah sifat malaikat yang sangat berbeda dengan manusia dan jin. Jika manusia dan jin sering menyombongkan diri, tidak demikian dengan malaikat. Meskipun malaikat memiliki banyak keistimewaan, tetapi ia tidak pernah menyombongkan diri.

Allah SWT berfirman dalam Surat An Nahl:

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ مِنْ دَاۤبَّةٍ وَّالْمَلٰۤىِٕكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ

“Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri”. Ayat 49

2. Takut dan selalu patuh perintah Allah SWT

Manusia adalah makhluk yang lalai. Sehingga sering mendahulukan hal lain, dibandingkan dengan perintah dari Allah SWt. Akan tetapi, malaikat kebalikannya. Malaikat akan sangat takut jika tidak langsung menjalankan apa yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT.

Malaikat akan selalu mematuhi apa yang sudah ditugaskan oleh Allah SWT. Sehingga para malaikat selalu patuh pada Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

يَخَافُوْنَ رَبَّهُمْ مِّنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

“Mereka takut kepada Rabb mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)”. QS: An Nahl ayat 50

3. Hamba Allah SWT yang dimuliakan

Para malaikat  memiliki kedudukan serta derajat yang tinggi. Hal itu karena malaikat adalah makhluk yang dimulialan oleh Allah SWT. Malaikat adalah makhluk yang sangat taat secara ucapan maupun perbuatannya.

Allah SWT berfirman

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمٰنُ وَلَدًا سُبْحٰنَهٗۗ بَلْ عِبَادٌ مُّكْرَمُوْنَۙ

“Dan mereka berkata:”Yang Maha Pemurah telah mengambil (mempunyai) anak,” Maha Suci Allah. Sebenarnya(malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan”. Di dalam QS. Surat Al Anbiya ayat 26

Malaikat Bertanya, Nabi Menjawab

Malaikat Bertanya, Nabi Menjawab

Beli Buku di GramediaBuku Malaikat Bertanya, Nabi Menjawab menceritakan sosok Malaikat yang bertanya kepada Nabi saw., mengenai tiga fondasi hidup yang berkaitan dengan keberagamaan kita, yaitu iman, Islam, dan ihsan. Mulai dari makna, kaitannya dengan Al-Qur’an, serta bagaimana agar ketiga fondasi tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan. Sebab, ketiganya tidak bisa dipisahkan. Dengan demikian, hidup akan lebih berkah. Kesucian Islam pun akan tetap terjaga.

4. Tidak pernah membantah

Malaikat adalah makhluk yang tidak pernah membantah Allah SWT. Mereka tidak mengucapkan kata-kata di hadapan Allah SWT. Para malaikat tidak pernah menentang segala perintah dan keputusan untuk mereka dari Allah SWT. Mereka selalu segera mengerjakan semua yang diperintahkan.

Allah SWT berfirman

لَا يَسْبِقُوْنَهٗ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِاَمْرِهٖ يَعْمَلُوْنَ

Artinya: Mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkatan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya. QS. Al Anbiya ayat 27

5. Tidak pernah durhaka

Berbeda dengan manusia, malaikat tidak pernah durhaka kepada Allah SWT. Mereka akan selalu siap mengerjakan perintah Allah SWT. Bahkan, mereka tidak akan terlambat sedikitpun untuk mengerjakan tugas tersebut.

Malaikat adalah makhluk yang memiliki kekuatan. Selain itu, mereka juga tidak memiliki kelemahan. Apapun tugas yang dibebankan kepada malaikat, akan selalu dikerjakan.

Allah SWT berfirman

لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan­Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. QS At-Tahrim ayat 6

6. Selalu bertasbih

Malaikat adalah makhluk yang selalu bertasbih kepada Allah SWT. Mereka selalu memuji Allah SWT. Baik di siang hari maupun di malam hari.

Allah SWT berfirman

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اِنِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةًۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

“(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah 13) di bumi. “Mereka berkata, “APakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan mensucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. QS Al-Baqarah ayat 30.

7. Tidak suka bau anjing dan patung

Dari Abu Thalhah radliallahu anhum, Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan patung”. HR. Bukhari No. 5493. Shahih.

8. Tidak makan dan minum

Tidak seperti manusia, malaikat adalah makhluk yang tidak makan dan tidak minum

Allah SWT berfirman:

فَلَمَّا رَأَى أَيْدِيَهُمْ لَا تَصِلُ إِلَيْهِ نَكِرَهُمْ وَأَوْجَسَ مِنْهُمْ خِيفَةً قَالُوا لَا تَخَفْ إِنَّا أُرْسِلْنَا إِلَى قَوْمِ لُوطٍ وَامْرَأَتُهُ قَائِمَةٌ فَضَحِكَتْ

“Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka, dan merasa takut terhadap mereka. Malaikat itu berkata, “Jangan kamu takut, sesungguhnya kami adalah (malaikat-malaikat) yang diutus kepada kaum Lut.” Dan istrinya berdiri (di balik tirai), lalu dia tersenyum”. QS Hud ayat 70 dan 71.

9. Mampu berubah wujud

Malaikat adalah makhluk yang dapat mengubah bentuk atau wujud mereka. Terkadang, malaikat bisa berubah menjadi manusia. Bahkan, malaikat juga dapat berubah wujud menjadi kuda.

Allah SWT berfirman:

فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُوْنِهِمْ حِجَابًاۗ فَاَرْسَلْنَآ اِلَيْهَا رُوْحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا

“Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka, lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.” QS. Maryam ayat 17

10. Tidak berjenis kelamin

Salah satu sifat malaikat adalah tidak berjenis kelamin. Tidak seperti manusia yang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki. Malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT tanpa memiliki jenis kelamin

وَلَوْ جَعَلْنٰهُ مَلَكًا لَّجَعَلْنٰهُ رَجُلًا وَّلَلَبَسْنَا عَلَيْهِمْ مَّا يَلْبِسُوْنَ

“Dan kalau Kami jadikan rasul itu (dari) malaikat, tentulah Kami jadikan dia berupa laki-laki dan (jika Kami jadikan dia berupa laki-laki), Kami pun akan jadikan mereka tetap ragu sebagaimana kini mereka ragu”. QS. Surat Al An’am ayat 9

Itulah nama-nama serta tugas malaikat. Malaikat adalah makhluk mulia yang perlu untuk diteladani. Temukan hal-hal serupa di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan artikel menarik serta rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Z1 Sd/Mi Kls.Iv Buku Siswa Pendidikan Agama Islam Dan Budi P

Z1 Sd/Mi Kls.Iv Buku Siswa Pendidikan Agama Islam Dan Budi P

Beli Buku di GramediaBuku ini menampilkan pembelajarannya dibagi yang ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

Baca Juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien