Sains dan Teknologi

Ciri-ciri Dan Contoh Benda Gas, Ini Penjelasannya

contoh benda gas
Written by Ahmad

Ciri-ciri dan contoh benda gas – Apakah Grameds sedang mencari referensi tentang benda Gas? Tepat sekali, benda gas adalah salah satu unsur yang akrab dengan kehidupan kita, termasuk kebutuhan utama makhluk hidup, yakni oksigen atau udara yang masuk dalam unsur gas. Berdasarkan contoh benda gas tersebut menunjukkan bahwa unsur ini perlu kita kenali dengan baik karakteristik atau ciri-cirinya.

Mulai dari bangku Sekolah Dasar mungkin kita sudah memperoleh pelajaran tentang benda gas. Namun apakah Grameds sudah yakin bisa mengidentifikasi ciri- ciri dan contoh benda gas dengan baik dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, untuk memahaminya lebih lanjut Grameds bisa simak artikel dibawah ini tentang ciri-ciri dan contoh benda gas dengan lengkap:

Mengenal Benda Gas

Benda gas adalah salah satu bentuk  atau unsur benda yang  volume dan bentuknya selalu berubah-ubah tergantung wadahnya, meskipun sulit dilihat dengan mata telanjang. Tidak hanya tidak terlihat oleh mata manusia, tetapi juga benda-benda gas  tidak dapat dipegang seperti benda yang sifatnya padatan atau cairan. Itulah sebabnya benda gas memiliki ciri-ciri khusus atau karakteristik yang berbeda dengan benda lainnya.

Karena gas adalah udara dalam bentuk oksigen yang ditemukan di setiap sudut dunia, kita dapat menemukan materi gas di mana-mana. Udara dan oksigen adalah  contoh  benda gas yang kita hirup setiap hari yang kita butuhkan untuk  bertahan hidup. Ketika udara dan gas oksigen  menghilang dari permukaan bumi, maka manusia mati bahkan punah, termasuk hewan dan tumbuhan. Itulah sebabnya oksigen adalah gas terbesar di planet ini dan dapat ditemukan di mana-mana.

Materi gas terus bergerak kemana-mana, sehingga bentuknya tidak tetap. Artinya, mengikuti bentuk wadahnya. Berbeda dengan zat padat dan zat cair yang lebih stabil bentuk dan volumenya, volumenya juga terus berubah. Karena kebebasan molekul dan pergerakannya, udara juga dapat dengan mudah diubah menjadi zat lain  secara alami tanpa  campur tangan manusia.

Ciri-ciri Benda Gas

ciri-ciri benda gas

Air pollution

Berdasarkan pengenalan di atas menunjukan bahwa benda gas memiliki ciri-ciri atas keberadaan unsurnya di muka bumi. Berdasarkan ciri-ciri tersebut kita bisa mengidentifikasi dan memanfaatkan benda gas untuk kebutuhan sehari. Lebih jelasnya berikut ini beberapa ciri-ciri benda gas yang juga menunjukan sifatnya yang berbeda dengan unsur atau benda lainnya, seperti benda padat atau cair:

1. Mengisi Seluruh Ruang yang Ditempatinya

Udara adalah campuran berbagai zat gas yang tidak terlihat, tidak berwarna,  tidak berbau atau tidak berbau. Namun demikian, udara tetap menempati ruang dan  mengikuti bentuk ruang atau wadahnya. Grameds mampu membuktikan sifat benda gas ini. Hal ini karena ketika kita meniupkan udara ke dalam balon, aka balon tersebut akan terisi dengan gas udara yang menekan lapisan karet balon, mengubah bentuk balon dan membuatnya lebih besar.

Semakin keras balon tersebut ditiup, semakin banyak  gas yang dimasukkan ke dalam balon. Balon dibentuk menjadi bentuk gas  dengan menyesuaikan bentuk  balon. Misalnya balon berbentuk kepala binatang, maka gas  akan mengikuti bentuk balon tersebut.

2. Bisa Ditemukan Di Mana Saja

Benda gas dapat berada di mana saja, sehingga kita dapat menemukannya di mana saja, seperti di rumah, di jalan, atau di lingkungan apa pun. Bahkan ruang atau ruang kosong tetap mengandung udara atau gas. Ini adalah bentuk gas yang tidak berwarna dan tidak berbau serta tidak pula terlihat dan dapat dideteksi, tetapi gas tersebut masih ada dan  kita dapat merasakannya. Sifat-sifat benda gas yang ada di semua tempat ini membuktikan bahwa manusia  sangat bergantung pada keberadaan oksigen.

3. Menekan ke Segala Arah

zat gas dapat mendorong ke segala arah di segala bentuk ruang, sehingga tidak dapat diisi atau dikompresi hanya dalam satu arah. Grameds dapat membuktikan ciri-ciri ini pada benda-benda yang berisi gas. Contohnya bentuk balon yang mengembang, terdapat unsur gas yang mendorong balon  ke segala arah, sehingga menyebabkan balon  mengembang lebih  dari ukuran sebelumnya.

Gas  mengisi seluruh bentuk balon dan mendorong seluruh bahan karetnya menjauh. Hal ini dapat terjadi karena zat gas memiliki molekul yang dapat bergerak bebas, dan dapat memberikan tekanan pada ruang tertentu  dari semua sisi. Pergerakan gas ke segala arah juga disebabkan oleh unsur-unsur kimia dari gas yang lebih ringan di udara.

4. Gas Tampak Ringan, Tetapi Tetap Memiliki Massa Berat

Materi gas tidak ditampilkan, tetapi telah ditemukan bahwa gas juga memiliki massa atau berat benda. Massa atau berat  gas jelas berbeda dari besaran massa benda padat dan cair. Bahkan perhitungan zat gas berbeda dengan menghitung massa  karbon dioksida dengan massa kering biomassa dan menghitung persamaan gas ideal.

Penentuan massa suatu zat gas juga dipengaruhi oleh besarnya tekanan, volume, dan suhu di sekitar zat tersebut. Contohnya pada massa gas udara  bumi secara kasar terdiri dari 68% molekul nitrogen, 21% molekul oksigen, dan 1% gas lainnya, termasuk  karbon dioksida molekul.

5. Jarak Antar Partikel Bervariasi.

Seperti benda padat dan cairan, benda gas  juga memiliki partikel dan molekul  penyusunnya, tetapi pada laju yang berbeda dari benda padat dan cairan. Jarak dari partikel dan molekul yang membentuk gas berubah, membuat benda gas menjadi tidak stabil.

Tidak seperti benda padat dan cairan, partikel dan molekul cenderung diam. Mengubah jarak antar partikel gas memungkinkan gas bergerak bebas dan mengisi ruang kosong atau membentuk wadahnya ke segala arah. Zat padat dan cair juga dapat mengandung gas. Hal ini mungkin terjadi karena kerapatan partikel dan molekul  gas  sangat bebas dan dapat diabaikan.

6. Susunan Partikelnya Tidak Beraturan

Jika jaraknya  tidak konstan, susunan partikel gas dalam keadaan tertentu tidak akan merata. Karena susunan partikel mudah diubah, maka benda gas juga mudah diubah ke jenis zat yang berbeda atau hanya dengan reduksi partikel dan molekul. Karena pengaturannya yang tepat, partikel zat gas  dengan mudah mengubah massa atau volume.

Secara umum, partikel yang menyusun gas  sangat teratur. Secara alami, zat gas tidak mudah dikenali oleh mata manusia apa  unsur kimianya. Unsur-unsur kimia gas juga berbeda dalam kandungan unsur-unsur kimianya, sehingga mereka sulit dibedakan  satu sama lain karena berbagai karakteristiknya.

7. Gaya Tarik Lemah Antar Partikel

Benda gas memiliki gaya tarik menarik antar partikel yang lemah. Faktanya, banyak ilmuwan mengatakan bahwa ada sedikit daya tarik antara partikel materi gas. Partikel yang membentuk gas sangat ringan dan tidak beraturan sehingga mudah menjadi tidak stabil. Akibatnya, juga tidak ada gaya  antara partikel zat gas layaknya benda lainnya.

8. Pergerakan Partikelnya yang Sangat Bebas

Ciri-ciri gas yang  paling kentara adalah sifatnya yang bisa bergerak  bebas karena dipengaruhi oleh sifat-sifat gas lain. Ini berarti bahwa partikel-partikel tersebut tidak diam, melainkan tersusun tidak merata, sehingga memungkinkan mereka bergerak bebas ke segala arah untuk mengisi kekosongan. Itulah sebabnya benda gas dapat menjadi media propagasi untuk energi tertentu, seperti energi suara, cahaya dan energi panas.

Gas yang  bergerak bebas dengan mudah membentuk atau menghasilkan energi dalam jumlah besar. Grameds dapat menemukan ciri benda-benda gas yang bergerak bebas dengan mengamati hembusan angin yang terjadi dalam kondisi alami ketika gas bergerak  tidak seragam menurut tekanan atau suhu  ruang atau wilayah tertentu. Kita tidak bisa melihatnya, tapi kita  bisa merasakan gas  bergerak maju mundur di sekitar kita.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

9. Bentuk Benda Gas Bervariasi Menurut Wadahnya

Berdasarkan sifatnya yang menekan ke segala arah dan memenuhi semua ruang kosong membuat bentuk benda gas bergantung dari wadah yang menahannya. Jika benda padat bisa berbentuk kotak, bulat dan sebagainya, maka benda gas juga bisa berbentuk demikian, yakni mengikuti wadah yang ia tempati. Contohnya dalam benda padat kotak jika diisi gas, maka gas akan berbentuk kotak pula. Berbeda dengan benda padat yang tidak mengikuti wadah yang menampungnya.

10. Volume Bervariasi Menurut Wadahnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa benda gas juga memiliki volume atau massa berat, namun perhitungannya juga bervariasi sesuai dengan wadah yang menampungnya. Jadi volume benda gas tidaklah tetap dan akan selalu berubah mengikuti tempat atau wadahnya.

11. Gas Tidak Dapat Dipegang dan Dilihat

Meskipun memiliki volume atau massa berat, namun benda gas tidak bisa dipegang seperti benda padat atau benda cair. Selain itu, sebagian besar bentuk benda gas juga tidak terlihat. Contohnya angin, kentut, gas LPG dan sebagainya. Namun pada beberapa contoh benda gas ada pula yang terlihat seperti asap.

Contoh Benda Gas

Setelah mengetahui ciri-ciri benda gas di atas, berikut ini adalah contoh-contoh benda gas yang mungkin sering Grameds jumpai dalam kehidupan sehari-hari:

1. Gas LPG

gas lpg

Closeup man’s hand operating valve of LPG cylinder for cooking

Gas LPG merupakan contoh  gas  rumah tangga yang sangat penting dan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan memasak. Gas LPG biasanya dikemas dalam tabung 3 kg, 5 kg dan 12 kg. Agar gas LPG dapat bekerja, kita memerlukan selang dan pengatur untuk  menyalakan  kompor. Salah satu ciri  gas LPG adalah memiliki bau yang cukup menyengat.

2. Alat Pompa

alat pompa

Oil pump, oil industry equipment

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Jika Grameds memiliki mobil atau sepeda di rumah, pasti memerlukan pemompa gas. Suatu hari, jika  ban sepeda atau mobil bocor, kita tidak akan bisa mengendarainya dan ban  bisa membengkak. Alat ini bekerja dengan cara menghasilkan udara atau gas yang sebelumnya terdapat di dalam selang dan membiarkannya mengalir ke dalam ban kendaraan kita. Gas kemudian akan mengisi penuh sesuai ruang atau bentuk ban kendaraan tersebut.

3. Knalpot

Knalpot

Exhaust pipe of a car – blowing out the pollution. Exhaust pipe coming out of the car with its exhaust. View from below, see the bottom of the exhaust pipe silver. Visible rear bumper eclipse of gray.

Jika Grameds memiliki motor atau mobil di rumah, pasti sudah tidak asing lagi dengan gas yang keluar dari knalpot bukan? Fungsi knalpot adalah untuk mengubah karbon dari sisa pembakaran dan mengurangi kebisingan mesin. Sebagai peringatan, perlu Gramesd catat, jangan menyalakan kendaraan berknalpot di dalam ruangan. Gas yang terperangkap di dalam ruangan  bisa menjadi racun bagi tubuh kita.

4. AC

AC

Woman turning on air conditioner with remote

Saat ini, banyak orang  memasang AC di rumah mereka untuk meningkatkan sirkulasi udara dan membuat ruangan mereka terasa sejuk. Karena AC mengandung Freon, udara dingin dapat dihembuskan. Freon merupakan senyawa berupa gas yang membantu menyerap beban pada AC dan tempat-tempat yang memerlukan pengontrolan suhu. Berbeda dengan gas yang ada pada tabung LPG, Freon tidak memiliki warna, tidak  terlihat, dan tidak berbau.

5. Kulkas

kulkas

Woman holding the fridge door and taking a bunch of parsley

Lemari es adalah perabotan rumah tangga yang diperlukan sebagai tempat penyimpanan agar makanan lebih awet. Seperti halnya AC, lemari es membutuhkan Freon untuk menghasilkan udara dingin. Jika Freon rusak, lemari es pasti akan rusak dan makanan  di dalamnya  bisa cepat menjadi busuk lagu.

6. Parfum

parfume

Closeup of a woman spraying perfume on her wrist at home

Kebanyakan orang perlu menyimpan parfum di rumah mereka atau menggunakannya setiap hari, baik itu parfum pria maupun wanita. Fungsi dari parfum adalah untuk membuat wangi tubuh lebih harum. Jadi saat berangkat kerja, pesta atau kegiatan di luar, kita  pasti jadi lebih percaya diri. Parfum sebenarnya adalah cairan karena tidak mengubah bentuk zat. Setelah parfum disemprotkan, cairan bersentuhan dengan suhu lingkungan dan berubah menjadi unsur gas.

7. Tabung Oksigen

Tabung Oksigen

3 medical oxygen tanks on yellow background with oxygen mask on the center cylinder.

Tabung oksigen telah menjadi salah satu barang yang paling penting  di rumah akhir-akhir ini, terutama jika Grameds memiliki kerabat yang sakit. Tabung ini berisi cairan yang bisa berubah menjadi oksigen saat mengalir melalui  saluran udara seperti hidung dan mulut. Tabung oksigen banyak digunakan untuk membantu pasien Covid-19 yang menderita sesak napas selama pandemi. Selain tabung oksigen, pasien Covid 19 juta perlu mengkonsumsi berbagai vitamin dan obat-obatan selama isolasi mandiri.

8. Angin

angin

Modern hotel room in Sri Lanka.

Angin adalah contoh benda gas tidak terlihat namun bisa dirasakan. Dalam beberapa kasus, kita mungkin dapat melihat angin yang membawa dedaunan kering atau debu halus. Jadi kita bisa melihat bentuk angin dari apa-apa yang telah dibawa atau disentuhnya.

9. Kentut

kentut

A dirty hipster affecting his coworkers in an elevator

Hampir serupa dengan angin, kentut juga tidak bisa dilihat. Namun kentut jasanya memiliki bau. Kentut bahkan disebut sebagai gas alami yang dimiliki oleh manusia. Kentut menjadi contoh benda gas yang pasti permen kita jumpai bukan?

10. Asap

Asap

A view of the dark silhouette of the power plant against the backdrop of the setting sunBlachownia Power Plant – block thermal condensing power plant, with a closed cooling water system, Kedzierzyn-Kozle, south-west Poland.

Asap adalah contoh bentuk benda gas yang dapat dilihat dan berbau. Dalam beberapa kasus, keberadaan asap berbahaya karena kandungan unsur dalam gas tersebut. Perlu Grameds ingat kembali bahwa banyak jenis gas yang berbahaya dimuka bumi ini. Termasuk salah satunya asap yang juga memiliki berbagai jenis kandungan di dalamnya.

11. Uap Air

uap air

Vapor Coming Out of Coffee Pot on Stove.

Uap air adalah salah satu contoh benda gas yang merupakan hasil dari perubahan benda. Artinya uap air terjadi karena adanya perubahan benda, yakni benda cair menjadi gas karena dipanaskan. Misalnya saat Grameds merebus air, maka saat mendidih air tersebut akan berubah menjadi gas yang menguap ke udara.

Nah, itulah penjelasan tentang ciri-ciri dan contoh benda gas. Apakah Grameds sudah bisa mengidentifikasinya dalam kehidupan sehari-hari? Sekilas, ciri-ciri dan contoh benda padat mungkin mudah, namun jenis benda ini memiliki karakteristik yang unik dan peran penting dalam siklus kehidupan. Baik jenis benda gas yang bermanfaat, maupun unsur gas yang berbahaya atau beracun.

BACA JUGA:

Secara lebih luas benda gas memiliki banyak unsur yang membuatnya memiliki banyak kajian, termasuk kajiannya yang mengisi alam semesta. Jika Grameds tertarik belajar tentang benda gas lebih luas dan dalam, maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com, seperti rekomendasi buku berikut ini: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Gas dan Termodinamika

Gas dan Termodinamika

tombol beli buku

Hidrogen dan Medical Gas

Hidrogen dan Medical Gas

tombol beli buku

Fisika Panas & Termodinamika: Soal & Penyelesaian

Fisika Panas & Termodinamika: Soal & Penyelesaian

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien