in

Gaji Youtuber Pemula: Konten, Tujuan dan Subscriber

Gaji Youtuber Pemula – Youtube adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membagikan sebuah konten atau video. Selain itu, Youtube juga bisa menjadi sarana untuk menonton video lainnya. Dalam aplikasi YouTube terdapat Subscribe yang berguna untuk menambah pengikut pada channel YouTube Anda. Lalu untuk tanda panah yang bengkok pada YouTube berguna untuk mempermudah persebaran video YouTube Anda ke pengguna lainnya (share).

YouTube memiliki fitur kelengkapan lainnya, seperti dapat mendownload video yang Grameds sukai. Youtube juga terdapat berbagai macam fitur seperti  tombol suka dan tombol tidak suka. Youtube bahkan menyediakan tempat Anda mengekspresikan perasaan terkait video atau konten yang ingin dilihat.

Jika Grameds membuat video atau konten YouTube yang sesuai dengan yang diinginkan oleh penonton, maka bisa jadi videomu ditonton lebih dari satu miliar pengunjung setiap bulannya.

https://www.pexels.com/

Youtuber Pemula

Setiap menit ada sekitar ratusan video yang diunggah oleh seorang content creator di channel Youtube miliknya. Youtuber merupakan videografer pembuat video dalam situs web yang terdapat berbagai macam konten video, yang didukung oleh jaringan internet. Selain itu, pengertian Youtuber juga merujuk pada seseorang yang mempunyai channel YouTube untuk membuat karya.

Content Creator adalah sebuah sebutan untuk seseorang yang turut berkontribusi sebagai pembuat video atau konten dengan berbagai macam konteks, kemudian mempromosikan hasil video atau kontennya tersebut melalui media aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Tujuan dari membagikan konten ini adalah sebagai promosi atas video atau konten yang Anda buat supaya orang lain dapat mengetahuinya.

Banyak sekali Youtuber yang semangat dalam mengunggah video atau konten ke YouTube dengan berbagai macam tema dalam konten. Seorang Youtuber secara umum lebih sering berbagi konten mengenai apa yang mereka sukai. Youtuber membuat sebuah video atau konten mulai dari video klip musik, komedi, film pendek, dokumenter, informasi, berita politik, ASMR, unboxing dan masih banyak lagi.

Nah, apakah Grameds tertarik atau ingin mencoba keberuntungan sebagai Youtuber? Ada beberapa cara atau tips dan trik menjadi seorang Youtuber. Berikut tata caranya seperti:

  • Membuat akun Youtube dan konten Youtube
  • Mempelajari cara membuat konten Youtube yang menarik
  • Siapkan mental yang kuat untuk menjadi seorang Youtuber
  • Mencari topik atau selalu up to date untuk kebutuhan video atau konten Anda
  • Pelajari cara mengedit video YouTube dan lain sebagainya.
  • Promosikan akun Youtube
  • Kolaborasi dalam konten Youtube

Tidak hanya itu, seorang Youtuber juga bisa menghasilkan uang melalui iklan lho!

Saat videonya ditonton berulang kali oleh banyak orang, maka iklan akan muncul pada video tersebut dan menjadi income  untuk seorang content creator. Banyak sekali Youtuber Indonesia bahkan dunia yang mendapatkan harta kekayaan melalui channel Youtube.

Tentu saja, menjadi seorang Youtuber harus bisa menghasilkan video atau konten yang menarik. Video atau konten yang menarik dan unik menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu banyaknya subscriber, mendapatkan banyak suka dan komentar juga mempengaruhi gaji seorang Youtuber.

tombol beli buku

Macam-macam Konten Youtube

Berbagai macam video yang dibuat untuk diunggah ke channel Youtube. Jika kamu ingin menjadi Youtuber, pastikan pahami konten seperti apa yang akan ada di channel Youtube milikmu. Berikut beberapa macam video atau konten yang ada pada Youtube, seperti:

1. Vlog

Vlog adalah suatu video atau konten yang dibuat individu atau tim, dengan memuat tentang kegiatan sehari hari, baik di rumah maupun aktivitas di luar rumah, jalan-jalan hingga traveling. Vlog bisa dilakukan di sela-sela kesibukan.

Selain itu untuk pengambilan suatu video atau kontennya, kamu perlu menggunakan kamera atau alat rekam yang memadai. Namun, apabila Anda tidak mempunyai kamera, maka untuk sementara waktu dapat juga menggunakan kamera pada handphone.

Untuk video atau konten vlog, pastikan durasi pada vlog tersebut tidak terlalu lama atau bertele-tele. Jangan biarkan video atau konten yang Anda buat terlalu kaku dan garing. Sisipkan lelucon pada vlog yang dapat membuat penonton tidak bosan saat menontonnya.

2. Berita

Selain vlog, Youtube juga memuat video atau konten yang memuat berita terkini atau suatu informasi yang terjadi saat ini. Tidak hanya itu, pada Youtube juga ada video atau konten yang memuat berita yang terjadi pada masa lampau.

Gunanya ada berita masa lampau hingga masa kini adalah untuk suatu pembelajaran. Tujuannya video atau konten berita agar masyarakat mengetahui seperti apa berita-berita yang hangat diperbincangkan di negeri maupun luar negeri.

Selain itu Youtube juga berfungsi untuk memudahkan video yang dicari oleh masyarakat. Biasanya konten berita berisi tentang kejadian atau suatu peristiwa yang telah terjadi. Berikut macam-macam berita yaitu: berita majalah, berita penerangan, berita selebaran.

tombol beli buku

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

3. Video gaming

Video gaming merupakan salah satu permainan pada komputer atau gadget. Video gaming juga diartikan sebagai game yang terbentuk dengan permainan elektronik berupa gambar atau teks. Tujuan dari video gaming untuk mengalahkan pemain yang lain. Namun, konten video gaming ternyata dapat terdampak dampak positif maupun negatif, berikut dampak dari bermain video gaming:

  • Dapat menghindari stress atau depresi. Hal tersebut karena tujuan dari video gaming adalah untuk menghibur, maka video gaming menjadi salah satu video yang bisa dijadikan sebuah situs hiburan. Selain itu kita juga terhibur dengan ekspresi lucu seseorang yang memainkan game. Ekspresi itu lah yang menjadi daya tarik video gaming.
  • Membuat orang menjadi lebih kreatif, karena orang akan selalu berpikir bagaimana cara agar video kita diminati orang banyak, maka ini menjadi semangat untuk kita terus berpikir kreatif.
  • Melalui adanya video gaming tentu menjadi boomerang. Hal ini karena membuat kita betah untuk menatap layar handphone sangat lama, yang dimana malah bisa membuat kesehatan mata kita terganggu.
  • Membuat susah tidur. Selain itu mata kita akan sangat lelah karena terlalu lama menatap layar handphone. Video gaming ternyata dapat menjadikan kita sering menatap layar daripada beristirahat sehingga bisa menyebabkan kerusakan saraf mata.

4. Video Tutorial

Video tutorial adalah video yang bertujuan untuk memberikan tutorial atau tata cara pembuatan sesuatu. Video tutorial juga meliputi proses pembuatan suatu karya, makanan atau hobi.

Biasanya content creator mengisi video tutorial make-up, pembuatan karya seni, menggunakan alat musik dan sebagainya. Jika kamu memiliki hobi merias diri atau lainnya, dapat juga mencobanya menjadi content creator video tutorial.

5. Talkshow

Talkshow merupakan tayangan percakapan atau tanya jawab yang dihadiri oleh satu atau beberapa orang atau disebut “Bintang Tamu”. Bintang tamu merupakan orang yang memahami suatu informasi. Talkshow biasanya membahas seputar informasi terbaru, pertanyaan-pertanyaan pribadi atau hiburan semata. Konten Talkshow ini biasanya menghadirkan artis-artis ternama atau orang-orang yang mempunyai suatu pengaruh.

tombol beli buku

6. Mukbang atau ASMR

Mukbang atau ASMR merupakan suatu kata yang asalnya dari negara ginseng, Korea Selatan. Mukbang menjadi istilah bagi seorang Youtuber  yang membuat konten melalui makanan. Awalnya seorang Youtuber merekamnya saat mereka sedang makan makanan dengan porsi yang sangat banyak. Biasanya mukbang tampil dengan makanan yang sangat pedas. Setelah itu hasil video itu mereka mengunggahnya di channel Youtube pribadi.

7. Unboxing

Unboxing menjadi salah satu konten video trend besar di YouTube. Unboxing berisi pembuatan video produk atau membuat video diri mereka dengan gaya penampilan unboxing. Jadi produk berada di dalam sebuah, seorang content creator membuka isi kotak tersebut dan menunjukkan atau mereview apakah isi yang ada di dalam kotak tersebut.

8. Review

Review adalah video unboxing yang menunjukkan apa yang kalian dapatkan dari suatu produk itu. Seorang content creator menjelaskan suatu produk yang Ia miliki. Tidak hanya itu, biasanya seorang content creator juga seringkali mencari konsumen atau orang yang sudah pernah mencoba, menguji, dan menggunakan produk itu untuk jangka waktu tertentu.

Review produk tidak selalu mengenai gadget, tetapi juga dapat berupa barang, makanan, kosmetik hingga tempat wisata. Konten review biasanya mendatangkan manfaat bagi pihak tertentu.

9. Parodi

Parodi menjadi salah satu ide yang sangat menarik. Parodi adalah nantinya menampilkan video atau konten komedi. Biasanya seorang Youtuber mengikuti seseorang dengan tampilan yang lebih lucu. Tentunya parodi menjadi content creator yang sangat diminati.

Selain kita bisa terhibur dan mengundang gelak tawa, parodi juga menampilkan video yang sederhana dan apa adanya. Salah satu YouTuber Indonesia yang terkenal karena membuat konten parodi yaitu Mimi Peri. Mimi Peri merupakan seorang Youtuber yang terkenal karena video parodinya yang unik dan lucu.

Apakah kamu tertarik untuk membuat konten parodi? Pastikan kamu memiliki kelucuan yang unik ya!

10. DIY (Do It Yourself)

Video DIY merupakan konten yang cenderung memberikan tontonan atau video tutorial pembuatan suatu karya yang unik dan kadang sesuatu yang tidak terpikirkan sama sekali. Konten video DIY biasanya menampilkan sesuatu yang tidak ternilai bisa disulap menjadi sangat ternilai.

tombol beli buku

Youtuber Pemula, Berapa Gajinya?

Tahukah Grameds berapa gaji seorang Youtuber?

Seorang Youtuber atau konten creator mendapatkan gaji atau hasil dengan menghitung jumlah tontonan pada video. Sebuah tontonan video mencapai seribu biaya tampilan sponsor, semua video digabung menjadi satu channel.

Semakin banyak subscribe dan semakin banyak orang yang menekan tombol suka, maka semakin banyak pula gaji seorang Youtuber yang di dapat. Tidak hanya itu, apalagi jika video atau konten yang kamu buat menjadi trending, maka hasil yang kamu dapatkan bisa dua sampai tiga kali lebih besar lho! Gaji youtuber tidak hanya dilihat dari iklan saja, tetapi juga dilihat dari video dan juga harga dari iklan itu sendiri.

tombol beli buku

Tujuan Menjadi Youtuber

Untuk menjadi seorang Youtuber juga memiliki beberapa tujuan. Ada beberapa tujuan tersebut, yaitu:

  • Mendapatkan pemasukan atau penghasilan yang cukup besar. Seorang Youtuber apabila konten yang dibuatnya mendapatkan respon baik, maka pendapatan yang diraup bisa mencapai ratusan ribu sampai ratusan juta rupiah.
  • Menjadikan Youtube sebagai pekerjaan. Tidak sedikit orang yang menjadikan Youtube sebagai pekerjaan tambahan atau sebagai salah satu sumber penghasilan. Karena menjadi Youtuber terkadang kita tidak membutuhkan waktu yang cukup banyak dalam hal pembuatan konten.
  • Memberikan beberapa informasi yang sangat bermanfaat. Jika channel Youtube milikmu bertema edukasi, maka kamu akan selalu memberikan informasi yang bermanfaat kepada penonton.
  • Membuat orang menjadi  lebih kreatif dengan cara membuat konten Youtube. Hal tersebut karena Youtube adalah pekerjaan yang sebagian besar menggunakan karakteristik keunikan pada setiap konten. Tentu saja sebagai Youtuber, kamu harus selalu berpikir konten seperti apa yang akan Anda tampilkan kedepannya.
  • Memiliki waktu fleksibel. Jika Anda menjadikan Youtube sebagai penghasilan tambahan, maka kamu bisa mengerjakan atau membuat konten di sela-sela kesibukan. Misal, kamu adalah  seorang ibu rumah tangga, maka kamu bisa membuat konten di rumah dan tetap bisa sambil menjaga anak.

tombol beli buku

Selain gaji Youtube juga memberikan kenangan atau penghargaan sebagai balasan dari semangat seorang content creator. Penghargaan tersebut didapatkan Youtuber apabila telah mencapai subscriber tertentu. Berikut penjelasannya:

  • Silver Play Button

Apabila channel Youtube milikmu sudah mencapai 100.000 subscriber, maka plakat pertama yang akan didapat adalah Silver Play Button. Plakat Silver Play Button ini berwarna perak berbentuk logo Youtube dan terbuat dari tembaga, nikel seng dan karbon.

  • Gold Play Button

Selanjutnya, apabila channel Youtube milikmu sudah mencapai satu juta subscriber, maka plakat kedua yang akan didapat adalah Gold Play Button. Plakat Gold Play Button berbentuk logo Youtube yang terbuat dari emas. Kandungan emas yang terdapat pada Gold Play Button sekitar 15%, sisanya campuran nikel, besi dan tembaga.

  • Diamond Play Button

Apabila channel Youtube milikmu sudah mencapai sepuluh juta subscriber, maka plakat yang akan didapatkan adalah Diamond Play Button. Plakat ini memiliki bentuk yang eksklusif, berbentuk logo Youtube, berwarna mengkilap bermotif berlian. Selain itu Diamond Play Button biasanya akan dikirimkan dalam sebuah koper.

  • Custom Play Button

Apabila channel Youtube milikmu sudah mencapai lima puluh juta subscriber, maka kamu akan mendapatkan penghargaan yang bisa sesuai dengan keinginan Youtuber lho! Plakat untuk lima puluh juta subscriber bisa memilih Ruby Diamond Play Button atau Custom Play Button.

  • Red Diamond Play Button

Penghargaan Red Diamond Play Button adalah plakat paling tertinggi yang diberikan oleh Youtube untuk pemilik channel yang memiliki 100 juta subscriber. Bentuk dari plakat ini mirip dengan Diamond Play Button, hanya saja ada perbedaan pembuatannya. Red Diamond Play Button terbuat dari inset logam berlapis perak dan aksen merah tua di tengah logo.

tombol beli buku

Nah, itulah ulasan mengenai bagaimana cara menjadi seorang Youtuber? Apakah Grameds tertarik untuk menjadi seorang Youtuber? Jika iya, coba saja keberuntunganmu tersebut! Siapa tahu kelak kamu akan menjadi seorang Youtuber Top di seluruh negara!

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca Juga!

  1. 7 Youtuber Terkaya di Dunia, Siapa Saja?
  2. Rekomendasi Channel Youtube Edukatif Untuk Anak-Anak
  3. Bagaimana Meningkatkan Promosi dengan Social Media Marketing?
  4. Cara Menjadi Youtuber Sukses, Yuk Simak!
  5. Simak Gaji Youtuber Dengan 1 Juta Subscriber
  6. Mengenal Apa Itu Passive Income

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum