in

Profil Winter Aespa dan Perjalanan Karirnya Di Industri!

Wikipedia

Winter Aespa – Grameds pasti pernah mendengar tentang grup idol bernama Aespa. Girl group asal Korea Selatan ini menjadi hit saat merilis single pertamanya pada 17 November 2020 yang berjudul “Black Mamba”. Aespa atau yang umum ditulis aespa merupakan grup vokal wanita Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment.

Grup ini terdiri dari empat orang member, yaitu Karina, Giselle, Winter, dan Ningning. Nama grup Aespa sendiri diketahui menggabungkan inisial bahasa Inggris dari “avatar” dan “pengalaman” (Avatar X Experience), dengan kata bahasa Inggris “aspect“, yang berarti “dua sisi”, untuk melambangkan gagasan “bertemu diri lain dan mengalami dunia yang baru”.

Meskipun baru debut pada tahun 2020, Aespa telah terbentuk sejak tahun 2016, lho. Jadi, perjalanan karier grup idol yang satu ini terbilang cukup panjang. Di bawah ini akan diuraikan perjalanan karier Aespa.

2016–2019: Kegiatan pra-debut 

winter aespa
allkpop.com

Pada 19 September 2016, Ningning diperkenalkan sebagai anggota tim pelatihan pra-debut SM Rookies. Sebagai bagian dari tim, Ningning tampil di Rookies Princess: Who’s the Best?, yakni segmen dari program My SMT tahun itu.

Dalam segmen itu, Ningning merekam beberapa cover untuk program TV Korea, Shining Star, di tahun 2017. Pada Februari 2019, Karina muncul di video musik labelmate Taemin untuk lagu “Want” dan tampil bersama Ningning di beberapa program musik pada minggu-minggu berikutnya.

2020–2021: Perkenalan, debut, dan perilisan Savage 

Pada 26 Oktober 2020, SM Entertainment mengumumkan akan mendebutkan girl grup baru lagi sejak tahun 2014 mendebutkan Red Velvet dan pada 2016 mendebutkan grup idola NCT. Nama grup dan seluruh membernya diumumkan satu per satu mulai dari 27 Oktober 2020, dengan urutan Winter, Karina, Ningning, dan Giselle). Lee Soo-man, pendiri SM Entertainment, menjelaskan konsep grup tersebut di Forum Industri Budaya Dunia 2020 pada 28 Oktober.

Trailer video yang menampilkan keempat anggota kemudian dirilis pada 2 November 2020, bersamaan dengan pengumuman perilisan single debut Aespa, “Black Mamba”, pada 17 November 2020. Grup ini membuat debut siaran mereka di Music Bank KBS2 pada tanggal 20 November untuk membawakan “Black Mamba”. Single pertama Aespa ini berhasil mencapai nomor satu di tangga lagu video musik K-pop dari layanan streaming musik terbesar China, QQ Music, selama tiga minggu berturut-turut.

Lagu Black Mamba juga berhasil membuat Aespa memenangkan acara musik pertama mereka di SBS Inkigayo pada 17 Januari 2021. Pada 29 Januari 2021, SM Entertainment mengumumkan Aespa akan merilis remake dari “Forever”, single yang awalnya dibuat oleh Yoo Young-jin untuk album liburan tahun 2000 SM Entertainment, Winter Vacation di SMTOWN.com. Lagu versi Aespa, sebuah “balada tempo sedang yang bercirikan suara gitar akustik” dengan “lirik hangat tentang janji selamanya kepada orang yang dicintai”, dirilis pada 5 Februari tahun itu.

Pada 4 Mei 2021, SM Entertainment mengumumkan Aespa akan merilis single baru berjudul “Next Level”. Mereka mendeskripsikan lagu itu sebagai lagu dance dan hip-hop dengan rap yang groovy, bass energik, dan vokal yang kuat. Album ini kemudian dirilis pada 17 Mei 2021. Album ini debut menempati nomor sembilan di Gaon Digital Chart dan kemudian memuncak ke nomor dua, yang membuatnya menjadi hit lima besar pertama mereka di Korea Selatan.

“Next Level” menjadi lagu ketiga Aespa yang menduduki tangga lagu Billboard World Digital Song Sales yang memuncak di nomor 3. Pada 22 Juli 2021, Aespa diumumkan telah menandatangani kontrak dengan Creative Artists Agency untuk aktivitas mendatang mereka di Amerika Serikat. Pada 10 September 2021, diumumkan bahwa versi remix dari “Next Level” akan dirilis pada 14 September, bersama dengan video musik dan video visualizer untuk “Next Level (IMLAY Remix)”.

Pada 14 September 2021, SM Entertainment mengumumkan Aespa akan merilis drama panjang pertama mereka, Savage. Album ini berisi enam lagu, termasuk single utama dengan judul yang sama. Album ini dirilis pada 5 Oktober 2021.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Drama yang diperpanjang menandakan entri pertama dan tertinggi Aespa di US Billboard 200, memuncak di nomor 20, dan memulai debutnya di atas Tangga Album Gaon.

Dalam waktu 15 hari setelah dirilis, dilaporkan bahwa mini-album tersebut terjual sebanyak 513.292 eksemplar. Aespa sempat tampil di Parade Hari Thanksgiving Macy 2021, yang menjadikan mereka grup wanita Korea pertama yang tampil di acara tersebut. Pada tanggal 2 Desember 2021, Aespa memenangkan Daesang (Stage of the Year) pertama mereka di Asia Artist Awards. Dua hari kemudian, pada 4 Desember, grup ini memenangkan Daesang kedua mereka di Melon Music Awards 2021 untuk Record of the Year.

Pada tanggal 4 November, diumumkan bahwa Aespa akan merilis remake dari “Dreams Come True” S.E.S., yang dirilis pada tanggal 20 Desember. Video musik untuk lagu tersebut disutradarai oleh Lucid Colour, dan dikoreografikan serta disutradarai secara visual oleh BoA.

Lagu tersebut berhasil memuncak di nomor 8 di Gaon Digital Chart dan di nomor tujuh di tangga lagu Billboard World Digital Songs. Pada tanggal 26 Desember, Karina dan Winter diumumkan sebagai anggota supergrup “Got the Beat”. Grup ini memulai debutnya dengan single “Step Back” pada 3 Januari 2022.

2022: Penampilan Coachella dan perilisan Girls 

Pada 8 Januari, Aespa menjadi pemenang perdana penghargaan Artist of the Year di Golden Disc Awards. Pada 19 April 2022, diumumkan bahwa Aespa akan tampil di Coachella pada 23 April, pada minggu kedua festival musik tahunan tersebut. Daftar lagu yang mereka bawakan, yakni “Savage”, “Next Level”, “Black Mamba”, dan versi bahasa Inggris dari lagu “Life’s Too Short” yang belum pernah dirilis.

Pada tanggal 12 Mei 2022, grup tersebut masuk ke dalam daftar Pemimpin Generasi Berikutnya oleh majalah Time. Pada tanggal 27 Mei, grup ini juga masuk dalam daftar Forbes’ 30 Under 30. Pada 1 Juni 2022, SM Entertainment mengumumkan bahwa Aespa menandatangani kontrak dengan Warner Records. Mereka juga mengumumkan bahwa Aespa akan merilis album mini kedua mereka yang berjudul “Girls” pada 8 Juli 2022.

Lagu tersebut berisi sembilan lagu, termasuk lagu dengan judul yang sama, dua single pertama mereka, “Black Mamba” dan “Forever”, serta “Dreams Come True”, yang sebelumnya dirilis sebagai bagian dari album SMTOWN: SMCU Express Musim Dingin 2021 pada Desember 2021. Dua lagu lain di Girls, yakni “Illusion” dan “Life’s Too Short” (versi bahasa Inggris), mendahului EP, dan dirilis masing-masing pada tanggal 1 dan 24 Juni 2022.

Aespa juga sempat menyampaikan pidato dan tampil di pertemuan Forum Politik Tingkat Tinggi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan pada 5 Juli 2022. Pada 14 Desember 2022, grup idol ini merilis single kolaboratif, “Beautiful Christmas”, dengan rekan satu label Red Velvet untuk album SM Town 2022 Winter SM Town: SMCU Palace.

Wah, luar biasa sekali ya perjalanan karier girl group yang terbilang masih baru ini! Aespa terbukti telah berhasil menarik hati bukan masyarakat Korea Selatan saja, tetapi juga masyarakat seluruh dunia. Seluruh pencapaian yang telah mereka dapat juga membuktikan bahwa karya-karya grup yang satu ini memang luar biasa.

Setelah berkenalan dengan grup Aespa, selanjutnya kita kenalan dengan salah satu membernya, yuk! Pada artikel kali ini, kita akan berkenalan dengan salah satu member yang memiliki nama yang dikatakan unik. Ya, kita akan kenalan dengan Winter. Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Profil Winter Aespa

winter aespa
bacaterus.com

Winter memiliki nama asli Kim Min-jeong, ia adalah wanita kelahiran Busan, Korea Selatan, pada 1 Januari 2001. Wanita berusia 21 tahun ini adalah anggota grup vokal wanita Korea Selatan Aespa dan unit wanita GOT the beat.

Winter menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Samseong, Sekolah Menengah Samseong, dan SMA Putri Yang San. Namun, dia putus sekolah saat SMA. Winter kemudian mengikuti ujian Kesetaraan Kelulusan SMA (GED) dan berhasil diterima.

Member Aespa yang diperkenalkan paling pertama ini memiliki kemampuan spesial, yakni dia menguasai tongue twister dalam Bahasa Inggris, dia juga dapat memutar tangan 360 derajat dan membalik tangan dari telapak tangan ke atas ke telapak tangan ke bawah ke arah luar, bisa membuat bunyi klik keras dari lidahnya yang digulung ke belakang, serta bisa mengiris kertas dan timun menggunakan pedang samurai palsu sejak ia belajar kendo selama 6 bulan.

Selain dipanggil Winter, ia juga kerap dipanggil gyeoul (yang berarti musim dingin), Jeongie, Wingingie, Mindoongie, My Melody, Kim Gyeoul, baby bunny, Melonpanna, Winyomi, Kim Min Kyung Hoon, dan Winjeong.

Meskipun nama panggungnya berarti “musim dingin”, tetapi musim yang paling disukai Winter adalah musim gugur. Winter memiliki sejumlah makanan kesukaan, yakni pizza, coklat, kue, roti, jeli, kerupuk, Kongguksu (sup kacang dingin), smoothie talas, Lasagna, biskuit, susu, dan keripik. Sebagai penyanyi, Winter menyukai lagu-lagu slow and ballad, dan ia merupakan penggemar Harry Styles.

Winter memiliki hobi yang cukup unik, yakni ia suka menonton film action, film perang, dan film yang sulit dimengerti. Diketahui bahwa Winter memang ingin menjadi seorang penyanyi sejak ia masih kecil. Selain itu, Winter juga bercita-cita menjadi tentara, karena menurutnya profesi itu sangat menarik, ditambah lagi dengan fakta bahwa dia berasal dari keluarga yang banyak anggotanya adalah tentara.

Winter di-casting oleh SM Entertainment selama festival tari di kampung halamannya, Yangsan-si (Kota Yangsan). Winter sempat muncul di video musik Kangta “Free To Fly 2021” bersama dengan Sungchan NCT. Adapun perjalanan karier Winter adalah sebagai berikut.

2020: Debut Winter Aespa 

winter aespa
allkpop.com

Pada tanggal 26 Oktober 2020, SM Entertainment mengumumkan Winter sebagai anggota pertama Aespa. Pada tanggal 4 November Avatar-nya terungkap, æ-WINTER, melalui video SYNK, WINTER. Pada tanggal 6 Desember, Winter membawakan “ID; Peace B” di Mnet Asian Awards (MAMA) untuk Spesial Ulang Tahun ke-20 BoA. Keduanya membawakan lagu milik Raiden dan Chanyeol Yours, menampilkan kemampuan vokal Winter.

2021: Debut GOT the beat 

Winter membuat penampilan khusus dalam video musik single remake Kangta “Free To Fly 2021”, yang dirilis pada 14 Juli 2021. Pada tanggal 27 Desember, diumumkan bahwa Winter akan memulai debutnya di unit pertama, GOT the beat, dari grup proyek wanita, Girls On Top.

Dia akan memulai debutnya bersama, Karina, BoA, Taeyeon dan Hyoyeon dari Girls’ Generation, serta Wendy dan Seulgi dari Red Velvet. Mereka akan membawakan single digital debut mereka, “Step Back”, di konser online SMTOWN Live 2022 : SMCU Express@Kwangya pada 1 Januari 2022, sebelum rilis resmi pada 3 Januari 2022.

Nah, sekarang Grameds sudah kenal kan dengan Aespa dan Winter. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian. Bagi Grameds yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Korea Selatan, Grameds bisa belajar melalui membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

https://en.wikipedia.org/wiki/Aespa

https://Aespa.fandom.com/wiki/Winter

Rekomendasi Buku Terkait Winter Aespa

Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea Korean Wave

Saat ini, budaya Korea bisa dibilang sudah menyebar sangatlah luas, bahkan hingga sampai saat ini, budaya Korea sudah sampai ke Indonesia. Namun, terkadang, masih banyak orang Indonesia yang belum mengetahui tentang budaya Korea.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang budaya Korea, maka bisa membaca buku Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea Korean Wave. Buku ini sangat cocok untuk dibaca para remaja, jadi, apakah kamu tertarik untuk membeli buku ini?

winter aespa

Bahasa Korea Untuk Kpop

Berkembangnya budaya Korea ini bisa dibilang berkembang sangat cepat. Terlebih lagi, perkembangan Kpop ini sudah sampai ke negara Indonesia, apakah termasuk seseorang yang senang dengan Kpop?

Nah, supaya kamu mengetahui lebih jauh tentang Kpop, maka akan lebih baik mempelajari bahasa Korea juga. Melalui buku Bahasa Korea Untuk Kpop ini, bahasa Korea akan jadi lebih mudah dipelajari. Jika tertarik untuk membeli buku ini, kamu tinggal klik gambar di bawah ini, Grameds.

Bahasa Korea Untuk Kpopers 1

Trik Cepat Kuasai Bahasa Korea

Dengan mempelajari bahasa asing, pastinya akan menambah wawasan kita, salah satu bahasa asing yang cukup banyak dipelajari adalah bahasa Korea. Hal ini karena budaya Korea sudah menyebar ke banyak negara, termasuk negara Indonesia.

Nah, jika kamu masih bingung mencari buku tentang bahasa Korea, maka tak perlu khawatir, mengapa begitu? Karena, dalam buku Trik Cepat Kuasai Bahasa Korea karya Melia Lee, pembaca akan mengetahui cara mempelajari dan memahami bahasa Korea lebih cepat.

Trik Cepat Kuasai Bahasa Korea

Wisata Hemat Korea

Siapa yang ingin pergi berwisata ke Korea? Bagi kamu yang ingin pergi ke Korea, maka perlu mengetahui rekomendasi wisata di Korea Selatan. Jika masih bingung, mencari informasi tentang tempat wisata Korea, maka tak perlu khawatir, karena di dalam buku Wisata Hemat Korea. Ketika membaca buku ini, pembaca akan mengetahui perkiraan harga hingga tempat wisata yang nyaman. Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa klik gambar di bawah ini, Grameds.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.