in

50+ Contoh Ucapan Belasungkawa Turut Berduka yang Menyentuh Hati!

pexels.com

Ucapan Belasungkawa – Situasi duka, tentu saja pernah dialami oleh setiap manusia, sebab sejatinya di dunia ini tidak ada yang abadi dan semuanya akan kembali pada Tuhan. Setiap orang yang kehilangan, entah itu kehilangan harta atau orang-orang terkasih tentu saja akan merasakan duka dan sedih. Oleh sebab itu, orang-orang sekitar perlu berusaha menguatkan dan mensupport mereka dengan baik.

Salah satu cara untuk menguatkan serta mendukung orang yang sedang berduka cita adalah dengan mengucapkan belasungkawa yang tulus seta berisi doa-doa atau harapan baik. Ucapan belasungkawa tidak hanya mendukung orang yang sedang berduka, tetapi juga bisa mendoakan orang yang telah meninggal dunia agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

Oleh sebab itu, berikut beberapa contoh ucapan belasungkawa yang dapat Grameds berikan apabila orang-orang terdekat Grameds sedang berduka.

Ucapan Belasungkawa untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Ucapan Belasungkawa
pexels.com

Sebagai bentuk empati dan simpati pada keluarga yang ditinggalkan setelah kematian, berbagai cara dapat dilakukan untuk mengungkapkan rasa belasungkawa. Salah satu cara termudah adalah dengan ucapan belasungkawa. Melalui ucapan belasungkawa tersebut, maka Grameds telah menunjukan simpati dan kepedulian pada orang yang tengah merasa berduka.

Berikut beberapa contoh ucapan belasungkawa yang bisa dijadikan referensi bagi Grameds.

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang menimpa dirimu saat ini.
  2. Semoga Allah memudahkan almarhumah/ almarhum untuk melewati seluruh tahapan pada kehidupan di akhirat.
  3. Semoga Allah menempatkan almarhum/ almarhumah di Jannatul Firdaus.
  4. Aku turut berduka cita atas kepergian atau meninggalnya kakekmu, semoga beliau khusnul khotimah dan mendapatkan kelapangan di akhirat.
  5. Aku turut berduka cita ya atas musibah yang sedang menimpa dirimu saat ini dan keluarga. Semoga seluruh duka yang kamu alami segera berlalu.
  6. Turut berduka cita yang mendalam ya untuk beliau, semoga beliau tenang di Surga.
  7. Turut berduka cita atas meninggalnya kedua orang tuamu, semoga kamu dan keluarga diberikan ketabahan dari peristiwa duka ini. Semoga orang tuamu mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.
  8. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang kamu alami hari ini.
  9. Aku merasa sangat sedih dan berduka cita sedalam-dalamnya. Sungguh aku tidak bisa mengatakan apa-apa selain mendoakan kamu agar tetap kuat dan tegar.
  10. Insyallah semua ini adalah rencana yang terbaik dari Allah. Kamu harus bisa mengikhlaskan dan menerima kepergian beliau dengan segera ketabahan serta hati yang lapang.
  11. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, saat ini yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah mendoakan beliau yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.
  12. Semuanya telah ada dalam rencana Allah Sang perencana terbaik. Semoga almarhum tenang di akhirat dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.
  13. Aku turut berduka cita atas meninggalnya (nama) semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan kekuatan baik itu iman maupun kesabaran.
  14. Kehilangan memang tidak pernah mudah. Akan tetapi, ingatlah selalu bahwa tidak ada cobaan yang diberikan oleh Tuhan dan melampaui kemampuan hamba-Nya, kamu pasti bisa bangkit dari rasa duka ini!
  15. Segala sesuatu terjadi karena kehendak Allah dan kita semua harus bisa menerimanya dengan lapang dada. Meskipun tidak mudah pada awalnya, tetapi pasti rasa duka ini akan hilang dan dapat kamu lewati dengan mudah.
  16. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita atas apa yang telah menimpamu, aku berharap agar kamu mendapatkan yang terbaik dan beliau mendapatkan kemudahan di akhirat. Semoga kamu kuat untuk menjalani semua ini.
  17. Aku turut bersedih serta berduka cita sedalam-dalamnya. Aku hanya dapat memanjatkan doa terbaik saat ini untuk almarhum dan almarhumah di sana.
  18. Inna ilahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita sedalam-dalamnya. Semoga almarhum/almarhumah diampuni seluruh kesalahannya serta diterima semua amal ibadahnya oleh Allah. Semoga, kamu dan keluarga yang ditinggalkan juga diberikan ketabahan, kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini.
  19. Turut berduka cita. Aku hanya bisa mendoakan semoga beliau mendapatkan tempat paling baik saat ini. Semoga kamu juga bisa mengikhlaskan dan melepaskan kepergian beliau.
  20. Turut berbelasungkawa, semoga kesedihan yang kamu alami saat ini bisa segera kamu lalui dan beliau diberikan tempat paling indah, nyaman di sisi-Nya.

Ucapan Belasungkawa

Ucapan Belasungkawa yang Menyentuh Hati

Ucapan Belasungkawa
pexels.com

Ucapan belasungkawa yang menyentuh hati seseorang akan membuat hati keluarga yang ditinggalkan luluh dan mampu mengeluarkan emosi yang sebenarnya. Dengan begitu, keluarga yang ditinggalkan pun dapat menikmati duka sementara waktu kemudian segera move on dan melanjutkan kehidupan dengan mengikhlaskan orang-orang terkasihnya yang telah tiada. Berikut beberapa contoh ucapan belasungkawa yang dapat menyentuh hati seseorang.

  1. Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Aku dan keluarga turut berduka cita. Semoga seluruh amal dan ibadah almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran serta ketabahan untuk menghadapi ujian ini.
  2. Turut berduka cita. Aku akan selalu berdoa semoga Tuhan menuntun dirimu pada kesembuhan hati serta membawa rasa damai di sepanjang waktumu.
  3. Aku tidak tahu kata apa yang cukup dan mampu meringankan beban atas rasa kehilangan yang kamu rasakan. Akan tetapi, ketahuilah bahwa doa ku tidak akan pernah terputus untuk dirimu. Semoga Tuhan selalu menyertaimu dalam peristiwa yang membawa duka ini.
  4. Selamat jalan sahabat baik ku, semoga Tuhan menyayangimu. Pulanglah dengan damai dan sampai jumpa kembali di surga-Nya kelak.
  5. Aku turut sedih serta berduka atas kehilangan yang kamu rasakan saat ini. Akan tetapi, selalu ingatlah bahwa ia telah berada di surga saat ini, tempat terbaik bersama Tuhan. Semoga Tuhan selalu menyertai dan menguatkan langkah-langkahmu meskipun tanpa dirinya.
  6. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku turut berduka cita. Segala sesuatu yang memiliki nyawa telah Allah tetapkan dalam batas waktunya masing-masing. Oleh sebab itu, maka bersabarlah atas kejadian yang menimpa dirimu saat ini. Lalu percayalah, bahwa pasti ada hikmah di balik semua hal ini.
  7. Semoga Allah SWT selalu memberikan tempat paling baik bagi almarhum dan almarhumah yang telah memiliki amalan baik di dunia ini. Semoga Allah juga memberikan dan menjaga orang-orang yang beliau tinggal di dunia, sehingga kamu dan keluarga mendapatkan kekuatan untuk tegar menghadapi cobaan. Sesungguhnya dia adalah milik Allah semata dan hanya kepada Allah lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah dia di sisi Mu termasuk dalam golongan orang-orang yang baik, lalu jadikanlah catatannya di illiyyin.
  8. Aku turut berduka cita atas kepergian beliau, semoga beliau diberikan tempat paling baik di sisi Allah SWT. Mudah-mudahan kamu dan keluarga yang ditinggalkan akan diberikan kesabaran untuk menerima musibah satu ini. Innallaha ma’ashobirin, maka percayalah bahwa sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang bersabar dan bertaqwa.
  9. Semasa hidup, almarhum dan almarhumah adalah orang yang sangat baik hati serta murah hati sepanjang hidupnya. Semoga Allah selalu memberikan balasan terbaik bagi almarhum dan almarhumah serta menempatkan pada surga yang terbaik. Aamiin yaa rabbal alamin.
  10. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita paling dalam untuk kamu dan sekeluarga. Semoga almarhum dan almarhumah diberikan tempat paling baik di sisi Allah SWT. Semoga kamu dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan serta rasa ikhlas. Jangan terlalu larut dalam kesedihan dan tetap semangat.
  11. Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk mengambil serta memberi sesuatu dari hamba-hamba-Nya, sebab segala sesuatu tersebut hanyalah titipan saja. Semoga kamu diberikan kesabaran serta ketabahan atas kepergian sosok yang kamu sayangi.
  12. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan oleh Allah. Maka percayalah, bahwa Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga-Nya kelak.
  13. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Aku beserta keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan memperoleh ketabahan dan kesabaran dari Allah. Semoga kamu dan keluarga bisa lekas melanjutkan hidup dengan baik, meskipun tanpa beliau dan percayalah bahwa kamu dan beliau akan bertemu di surga Allah nanti.
  14. Turut berbelasungkawa. Semoga Tuhan memberikan kekuatan bagi kamu untuk menghadapi kesedihan ini. Semoga Tuhan memberikan penghiburan sekaligus kesembuhan atas rasa kehilangan yang kamu alami saat ini karena kehilangan orang terkasih.
  15. Cobalah untuk mengikhlaskan kepergiannya. Kematian menjadi jalan satu-satunya untuk menuju sang pencipta. Suatu saat nanti kita pasti akan berkumpul kembali di rumah idaman yaitu surga yang kekal.
  16. Tuhan sudah memanggilnya kembali untuk pergi ke surga agar ia tidak merasakan sakit di dunia. Ia telah sembuh sekarang dan ia sudah damai dan tenang bersama Tuhan serta malaikat. Semoga Tuhan selalu menguatkan hatimu.
  17. Kamu perlu tahu bahwa kematian bukanlah akhir, tetapi suatu langkah awal dari kehidupan yang abadi di akhirat. Turut berbelasungkawa, semoga Tuhan memberikan tempat terbaik bagi beliau.
  18. Ketika beban jiwa tidak lagi mampu diurai, maka hanya air mata saja yang akan menunjukan segalanya. Selamat tinggal sahabat baikku, selamat jalan, doa kamu selalu menyertaimu agar kamu berada di surga yang indah dalam pelukan Sang Tuhan.
  19. Tuhan selalu berjalan di sebelah kita, melewati kegelapan serta menuntun kita pada kedamaian. Selamat jalan sahabat terbaikku, doaku selalu menyertaimu.
  20. Setiap yang datang, pasti akan kembali. Sesungguhnya Tuhan adalah sang pemilik rencana terbaik bagi seluruh umat-Nya yang ada di dunia. Semoga selalu damai dalam surga, semoga selalu tenang dalam pelukan Tuhan yang penuh dengan kasih.

Ucapan Belasungkawa

Ucapan Belasungkawa untuk Menguatkan Keluarga yang Ditinggalkan

Ucapan Belasungkawa
pexels.com

Ketika kehilangan seseorang atau sesuatu yang sangat disayangi atau berharga, tentu saja siapa saja akan merasa sedih. Oleh sebab itu, maka orang yang sedang mengalami kehilangan perlu didampingi dan selalu dikuatkan untuk kembali melanjutkan hidup dengan baik.

  1. Kebaikan serta ketulusan beliau akan selalu aku ingat selamanya di dalam hati. Semoga beliau sudah tenang berada di sisi-Nya. Aku turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya.
  2. Dia adalah sosok teman yang menyenangkan dan tidak pernah ragu untuk saling mengingatkan. Kamu senang mengenal orang seperti dirinya. Kami juga percaya bahwa dia akan mendapatkan tempat paling baik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Engkau tidak hanya guruku. Ikatan yang terjadi di antara kita sudah seperti sebuah keluarga. Jasa-jasa mu akan selalu aku kenang. Untukmu, doa ku rutin aku panjatkan. Selamat tinggal guruku tercinta. Semoga kamu diberikan tempat terbaik.
  4. Seperti lilin, engkau membawa terang untuk jalan kami yang cukup suram. Kemudian engkau pulang ke tempat asal cahaya diciptakan. Selamat tinggal pahlawan tanpa tanda jasaku. Semoga Tuhan selalu menjaga dirimu dan berkenan untuk menerima amalanmu. Kami juga akan berjuang untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi tanah air dengan bekal yang engkau berikan.
  5. Aku ikut merasa berbelasungkawa karena wafatnya (nama). Semoga ia mendapatkan tempat paling baik di kehidupan yang abadi. Semoga seluruh keluarga yang ditinggal tetap bersabar. Ingatlah bahwa Allah selalu menyertai mereka yang bersabar.
  6. Mari bersama mengusap tangis demi saudara kita yang hari ini pergi ke pangkuan Tuhan. Tangis yang berlebihan justru akan mempersulit jalan barunya menuju akhirat. Selamat jalan kawanku.
  7. Suatu kesedihan yang saat ini sedang kita rasakan adalah suatu tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan merasa risau, karena saat ini dia sudah tenang dan damai bersama Tuhan. Perpisahan ini hanyalah sementara waktu saja, kita pasti akan bertemu kembali dengan dirinya di surga Allah nanti.
  8. Kehilangan seseorang memang akan membuat hati sangat terpukul. Akan tetapi tidak ada jalan yang lebih selain mengikhlaskan dirinya. Apabila kita mengikhlaskan maka ia akan lebih tenang di alamnya. Sesungguhnya kita semua hanyalah milik Allah dan hanya pada Allah lah kita akan kembali serta berpulang.
  9. Kepulangan dirimu sangat cepat pada sang Khalik. Semua kenangan tentang dirimu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya mampu mendoakan dirimu, agar seluruh amal baikmu diterima dan semua kesalahan-kesalahanmu diampuni oleh Allah SWT.
  10. Yang lahir akan mati, tetapi tidak ada bukan berarti dilupakan. Kami dengan rela melepaskan keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap pada Allah semata. Semoga ia dilapangkan kuburannya dan diampuni segala dosa-dosanya, Aamiin.
  11. Tidak ada pemberian yang paling berjasa dalam hidup kamu selain ilmu pengetahuan yang telah engkau berikan pada kami. Selamat jalan guruku, semoga engkau selalu mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan di alam sana dan semoga Allah mengampuni seluruh dosa-dosamu.
  12. Sebuah kesedihan yang saat ini kita rasakan adalah sebuah tanda bahwa kita sangat mencintai dirinya. Maka janganlah risau, sebab saat ini dia telah tenang dan damai bersama sang Pencipta. Perpisahan yang kita hadapi ini hanyalah sementara waktu saja, kita pasti akan bertemu kembali dengan dirinya di surga kelak.
  13. Semoga dia merasakan damai di akhirat. Mari kita anggap bahwa kematian dirinya adalah pengingat bahwa kodrat setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami hidup dan mati.
  14. Kami sekeluarga menyampaikan ucapan berduka cita atas wafatnya (nama) semoga keluarga yang ditinggalkan dianugerahi kesabaran oleh Tuhan dan kekuatan untuk dapat melanjutkan hidup.

Ucapan Belasungkawa

Itulah 50 lebih contoh ucapan belasungkawa yang bisa Grameds berikan pada orang-orang terdekat yang sedang kehilangan untuk menyemangati dan memberikan kekuatan. Jika Grameds tertarik dengan ucapan-ucapan belasungkawa yang bisa menggugah jiwa atau quotes yang mampu penggugah jiwa, maka Grameds bisa membaca quotesnya dengan membaca buku.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.comUntuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. selalu menyediakan buku-buku bermanfaat untuk Grameds termasuk buku tentang quotes penggugah jiwa. Jangan ragu untuk membeli buku di gramedia.com karena dijamin original.

BACA JUGA:

  1. 92 Kata-Kata Sedih Kehiudpan Pahit untuk Bangkit dari Keterpurukan
  2. 36 Kata-Kata Ikhlas untuk Diri Sendiri Sebegai Pengingat Hidup
  3. 50 Kata-Kata Galau Sedih Penuh Makna
  4. Kumpulan Kata-Kata Healing Positif dan Bijak untuk Bangkitkan Semangat
  5. 71 Kata-Kata Sedih Cinta, Kecewa, Patah Hati yang Menyentuh Hati 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Yufi

Saya biasa dipanggil dengan nama Yufi. Saya senang menulis karena dengan menulis wawasan saya bertambah. Tema yang saya sukai adalah tema agama Islam dan juga quotes.

Kontak media sosial Instagram saya Yufi Cantika