in

15 Text Editor Terbaik untuk Programmer, Ngoding Jadi Lebih Seru!

Text Editor Untuk Programmer – Seorang programmer atau pengembang website tentunya membutuhkan peralatan yang bisa digunakan untuk mengembangkan dan membangun websitenya. Apabila untuk melakukan analogi, maka seorang programmer bisa disebut dengan pekerja bangunan dan alat untuk membangun bangunannya disebut dengan text editor.

Melalui adanya text editor, seorang programmer bisa menyusun baris baris kode saat melakukan pengodingan, sehingga susunan baris tersebut dapat tersusun menjadi aplikasi yang baik. Sama halnya seperti pekerja bangunana yang membutuhkan alat yang bagus dan mumpuni dalam melakukan kerja-kerjanya, maka seorang programmer juga membutuhkan text editor sebagai alat yang baik, supaya kerja pengodingan dapat dilakukan dengan maksimal untuk mendapatkan hasil yang bagus juga.

Lalu, apa saja ya rekomendasi text editor terbaik yang dapat digunakan untuk proses ngoding? Yuk simak ulasan berikut ini!

https://www.pexels.com/

Mengenal Apa Itu Text Editor

Mungkin Grameds masih asing dengan text editor, apa sih sebenarnya text editor itu? Dapat digunakan untuk apa saja text editor itu?

Pada umumnya text editor adalah sebuah perangkat lunak atau disebut juga dengan software yang memiliki fungsi untuk memberikan kemudahan bagi para programmer saat menuliskan kode-kode pemrograman.

Seperti di awal sudah dijelaskan bahwa, text editor adalah alat, maka tentunya adanya text editor berguna untuk memberikan kemudahan untuk kerja yang dilakukan oleh pengguna.

Dalam pemrograman tentunya kita sering mendengar adanya istilah bahasa pemrograman, misalnya PHP, GoLang, C++, Ruby atau Javascript. Istilah bahasa pemrograman tersebut tentu saja dapat menggunakan text editor.

Semakin majunya zaman, penggunaan text editor juga terus berinovasi dan semakin berkembang. Dahulu, text editor hanya digunakan untuk coding saja, tetapi saat ini text editor telah berkembang, bahkan dapat juga digunakan untuk keperluan desain atau memperindah tampilan sebuah website.

tombol beli buku

Tips dan Trik Memilih Text Editor

Seorang programmer tentunya harus bisa memilih alat yang digunakan untuk melakukan coding dengan baik. Hal tersebut supaya kegiatan mereka dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lalu bagaimana cara memilih text editor yang baik? Berikut tipsnya dengan cara memperhatikan beberapa faktor penting:

1. Perhatikan Fiturnya

Hal pertama yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih text editor adalah memperhatikan fitur apa saja yang tersedia dalam text editor tersebut, tentunya setiap software memiliki keunggulan dan fitur yang ditawarkan pasti berbeda.

Mungkin ada software atau aplikasi dengan banyak fitur tetapi berat saat dijalankan. Ada juga software dengan fitur yang minimalis tetapi tetap ringan digunakan. Semua itu bergantung pada perangkat yang kamu, kamu bisa memilih text editor seusai kebutuhan fitur yang kamu butuhkan.

2. Perhatikan Jenis Text Editor Gratis atau Berbayar

Faktor kedua yang harus diperhatikan adalah apakah text editor tersebut gratis atau berbayar

Mungkin kamu dapat mengklasifikasikan text editor mana yang berbayar dan mana yang gratis tetapi sudah mumpuni untuk membantu kerjamu.

Jadi kamu juga bisa membuat estimasi biaya yang harus dikeluarkan saat menggunakan text editor. Kalau kamu masih dalam tahap pemula dan baru belajar maka lebih baik gunakan text editor yang gratis. Text editor gratis dan tidak berbayar, contohnya Notepad++, Visual Code, Sublime Text, Vim dan lainnya yang memberikan penawaran uji coba gratis atau trial.

Namun, apabila kamu seorang yang profesional dan sudah tidak asing dengan text editor tentunya pasti memiliki kebutuhan yang lebih  banyak dibandingkan pemula. Maka text editor gratis bukanlah pilihan, menggunakan text editor berbayar lebih disarankan untuk membantu pekerjaanmu.

3. Perhatikan Spesifikasi Komputer

Untuk memperlancar pekerjaanmu, faktor berikutnya yang harus diperhatikan adalah spesifikasi komputer milikmu. Apakah spesifikasi komputermu mumpuni atau tidak jika digunakan untuk meng-install text editor pilihanmu itu.

Hal yang harus diperhatikan dari spesifikasi komputermu adalah kapasitas RAM, sisa penyimpanan yang ada dalam storage-mu, kemudian sistem operasi apa yang kamu gunakan untuk komputer milikmu.

4. Perhatikan Bahasa Pemrograman

Selanjutnya faktor berikutnya yang harus diperhatikan dalam memilih text editor adalah bahasa pemrograman yang digunakan. Contohnya jika aplikasi yang akan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C#, maka text editor yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan kamu adalah aplikasi yang berbasis visual studio.

tombol beli buku

Rekomendasi Text Editor Terbaik

1. Notepad++

Siapapun yang sudah pernah mengoperasikan komputer pasti tidak asing dengan notepad. Yap,  Notepad adalah aplikasi yang sudah tersedia dan dimiliki oleh Windows sehingga menjadi aplikasi bawaan Windows.

Nah, jika notepad biasanya digunakan untuk menuliskan catatan ringan dan disimpan dalam bentuk format txt, maka Notepad++ adalah pengembangan dari notepad dan sama juga bawaan dari windows itu sendiri.

Berbeda dengan notepad, Notepad++ memiliki fitur tambahan yang lebih canggih dibandingkan dengan notepad. Jika ketika kita menggunakan notepad tampilannya sederhana dan berlatar putih, maka di notepad++, fitur serta menu akan lebih banyak pilihannya.

Notepad++ memiliki keunggulan dapat membaca banyak bahasa pemrograman dan juga memiliki plugin sebagai fitur tambahan. Tampilan yang diberikan adalah tampilan dengan jendela tab, karena itu dengan tampilan tersebut, kita bisa membuka beberapa file dalam satu waktu. Selain itu, Notepad++ juga memiliki fitur susunan atas file yang sedang dikerjakan sehingga bisa memudahkan pengguna dalam mencari informasi dimana posisi file dalam pekerjaan yang sedang kita kerjakan.

Fitur lainnya tentu masih banyak lagi ada text shortening, shortcut customization, macro recording, dan lainnya. Bagi kamu yang masih pemula menggunakan Notepad++ adalah pilihan yang bagus, karena Notepad++ ringan untuk digunakan, meskipun fiturnya terbatas.

2. Emacs

Berikutnya ada aplikasi Emacs yang sudah dikembangkan sejak tahun 1976. Emacs pertama kali dirilis dan dikembangkan pada tahun 1976. Keunggulan dari emacs adalah file manager yang ada didalamnya dapat digunakan juga untuk menjalankan games, yaitu games tetris.

3. Sublime Text

Lalu ada juga Sublime text yang menawarkan fitur yang melimpah dengan desain yang elegan dan keren. Software ini memiliki desainnya yang bagus, sehingga menjadi keunggulan tersendiri untuk sublime text. Sublime text juga memberikan tema yang menarik dan dapat dipilih oleh pengguna.

Sublime text dapat digunakan di berbagai sistem operasi Windows, Linux dan Mac. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika Sublime Text nantinya tidak mendukung sistem operasi yang kamu gunakan.

Keunggulan dari sublime text yang lainnya adalah cepat ketika sedang digunakan, meskipun perangkatmu memiliki resource kecil. Sama seperti Notepad++, Sublime Text juga memiliki fitur yang bisa membuat pengguna menambahkan plugin. Sehingga pengguna bisa menggunakan banyak plugin asalkan resourcenya cukup aja.

Sublime Text juga tersedia secara gratis namun dengan sistem uji coba gratis atau trial. Fitur lainnya yang bisa digunakan jika kamu berlangganan versi premium tentunya lebih banyak lagi. Biaya langganan sekitar 70$ dan kamu dapat menerima lisensi secara penuh.

4. Vim

Jika membicarakan tentang aplikasi text editor, pasti aplikasi satu ini tidak akan pernah ketinggalan untuk dibahas, yakni Vim. Menurut banyak pengguna text editor, Vim ini termasuk ke dalam text editor terbaik yang dapat digunakan.

Pengguna aplikasi Vim juga tersedia di seluruh penjuru dunia. Sama halnya seperti Sublime Text, Vim juga dapat digunakan di berbagai sistem operasi baik itu Windows, Linux ataupun MacOS. Urusan speed atau kecepatan sudah tidak perlu ditanya lagi, Vim termasuk kedalam aplikasi dengan kecepatan yang mumpuni.

Keunggulan lainnya, Vim terbukti sebagai aplikasi yang fleksibel dan bisa digunakan untuk bahasa pemrograman apapun. Vim juga dapat digunakan secara free tanpa mengharuskan penggunanya berlangganan demi menikmati semua fitur dan layanan nya.

tombol beli buku

5. Visual Code Studio

Tahukah kamu bahwa Windows bukan hanya menggarap Notepad, tetapi juga Visual Code Studio. Keunggulan dari Visual Code Studio adalah tampilannya yang sangat menarik serta banyaknya ornamen pada desain yang ditampilkan.

Meskipun dalam penggunaanya, Visual Code Studio sangat powerful, tetapi aplikasi ini juga tersedia secara gratis, membuat pengguna akan dengan mudah menyukainya. Dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu pengguna melengkapi baris kode yang dikerjakan secara otomatis.

Keunggulan lainnya dari Visual Code adalah adanya fitur menyembunyikan menu dan ikon saat sedang bekerja. Fitur tersebut disebut dengan mode Zen, yang memudahkan pengguna untuk tetap fokus pada aplikasi yang dia kembangkan saat sedang bekerja. Untuk memberikan navigasi yang menghubungkan antara fitur yang satu dengan fitur lainnya pengguna juga dapat dengan mudah menggunakannya dengan memanfaatkan fitur shortcut.

Namun Visual Code Studio ini dibuat pada awalnya untuk memudahkan pengguna dengan bahasa pemrograman C#. Sekarang ini, Visual Code Studio terus berkembang dan bisa juga untuk digunakan oleh bahasa pemrograman lainnya. Tersedia versi gratis dan juga versi berbayar untuk penggunaan Visual Code Studio ini.

6. Bluefish

Rekomendasi selanjutnya adalah Bluefish yang terkenal dengan keunggulannya yang ringan dan juga stabil saat digunakan oleh pengguna.

Meskipun ringan, Bluefish tetap bisa menangani pekerjaan yang melibatkan file dengan ukuran besar dan juga tetap mempertahankan kecepatan saat mengerjakannya.

Fitur yang diberikan oleh bluefish juga bisa memberikan penambahan atas efektivitas dan kemampuan kerja seperti fitur toolbar, fitur snippet, format baris kode, dan pencarian. Jadi pekerjaanmu tentu saja sangat terbantu oleh Bluefish.

7. Komodo Edit

Text Editor yang mirip dengan Sublime Text dan direkomendasikan berikutnya adalah Komodo Edit. Fitur yang ditawarkan beragam dan cukup lengkap, Komodo Edit juga dapat dioperasikan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS dan Linux.

Didirikan sejak tahun 2007, Komodo Edit memberikan pilihan berbayar melalui Komodo Activate State. Keunggulan lainnya dari Komodo Edit adalah mendukung semua bahasa pemrograman tanpa terkecuali.

8. Atom

Aplikasi text editor berikutnya adalah Atom. Atom merupakan text editor yang secara langsung dikembangkan oleh GitHUb, tetapi pada tahun 2018, Microsoft secara resmi melakukan akuisisi terhadap Atom.

Jika kamu adalah programmer yang sedang melakukan project coding yang harus dilakukan secara bersamaan, maka Atom adalah aplikasi tepat untuk digunakan. Atom dapat memberikan kemudahan dengan fitur cross-platform yang disediakan berdasarkan adanya kerangka pada electron.

Maka dari itu, apabila menggunakan Atom, pekerjaan atau project yang sedang dikerjakan dapat dibagikan dan dikerjakan dengan sistema real time.

tombol beli buku

9. Geany

Berikutnya, jika Windows punya Notepad++, maka Linux juga memiliki aplikasi bawaan yaitu Geany. Geany tentunya dapat digunakan oleh sistem operasi Linux dengan fitur unggulan yang juga banyak. Fitur unggulan Geany antara lain, syntax highlighting, code folding, code navigation, autocompletion programming, dan lain sebagainya.

Melalui kebutuhan yang minimum, yakni GTK+ runtime, tentu saja dapat menambah keunggulan dari Geany.

10. Brackets

Banyak pengembang website (web developer) menyebutkan bahwa Brackets merupakan aplikasi terbaik yang mereka gunakan. Hal ini dikarenakan Brackets mendukung berbagai macam ragam sistem operasi. Dari segi tampilan, Bracket juga menawarkan desain yang eyecatching dan modern, sehingga terlihat nyaman saat digunakan.

Fitur unggulannya ada fitur live preview yang dapat memberikan tampilan secara langsung dan dihasilkan oleh CSS/HTML yang telah dikerjakan sebelumnya. Cara penggunaan juga cukup mudah mudah karena bisa diakses dari browser yang ada pada default komputer.

11. Intype

Jika kamu menyukai text editor yang terus berinovasi dan berkembang, maka ntype bukan pilihan yang tepat. Hal tersebut karena semenjak tahun 2009, Intype belum melakukan inovasi lagi sehingga banyak fiturnya yang ketinggalan zaman.

Namun jika kamu membutuhkan text editor dengan kecepatan atau speed yang mumpuni tetapi tetap ringan, maka Intype adalah pilihan yang bagus.

12. Adobe Dreamweaver CC

Aplikasi text editor yang canggih dan juga powerful berikutnya adalah Adobe Dreamweaver CC. Keunggulan Adobe Dreamweaver CC adalah kemampuannya untuk close-source sehingga memberikan kemudahan integrasi dalam ekosistem yang ada dalam adobe lainnya.

tombol beli buku

13. Ultraedit

Ultraedit adalah aplikasi text editor berikutnya yang sangat direkomendasikan karena kemampuannya untuk menulis berbagai macam bahasa pemrograman yang ada dengan sangat handal.

Aneka ragam fitur yang disediakan juga sangat menunjang dalam melakukan pekerjaanmu. Contohnya fitur live preview, shortcut, autocomplete, add ons, template, dan lain sebagainya.

14. AIDE

Jika kamu memiliki kebutuhan untuk menciptakan dan mengembangkan aplikasi untuk android, maka AIDE adalah pilihan text editor yang tepat.

Dibangun dengan sistem SDK, NDX dan juga Phonegap bahkan juga Java, maka aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan untuk keperluan membangun dan mengembangkan program yang menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

15. Netbeans

Bagi seorang programmer yang sedang melakukan pekerjaan dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript, C/C++, HTML5, dan Java, maka lebih baik menggunakan text editor Netbeans.

Netbeans sangat terkenal dengan kecanggihannya dan kinerja yang mumpuni untuk membantu kerjamu dalam melakukan proses pengodingan.

Semua aplikasi text editor tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. yang paling penting adalah kamu mengetahui apa kebutuhan kamu untuk membantu kerja ngodingmu. Selanjutnya sesuaikan dengan spesifikasi komputer yang kamu punya, sehingga kerjamu bisa lebih optimal lagi.

tombol beli buku

Nah jika Grameds masih pemula dan ingin belajar lebih banyak lagi tentang dunia programming, maka rekomendasi aplikasi text editor tersebut tentu akan berguna. Supaya kemampuan coding-mu bertambah, jangan lupa untuk tetap membaca buku-buku pemrograman dengan tujuan menambah pengetahuanmu serta menambah skill ngoding-mu. Pokoknya jadikan pekerjaan ngoding-mu jauh lebih seru!

Penulis: Aisiti Rahayu

Baca Juga!

  1. Mengenal Apa Itu Algoritma dan Jenisnya
  2. Bagaimana Perjalanan Revolusi Industri 1.0 Hingga 5.0 Itu?
  3. Pekerjaan Paling Populer di Indonesia
  4. Apa Itu Technical Skill dan Cara Mengembangkannya
  5. Perbedaan Mac OS dan Windows OS
  6. Memahami Apa Itu Neobank dan Kelebihannya
  7. Apa Itu Blockchain dan Sederet Manfaatnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum