in

Tahukah Kamu tentang Apa itu Fiksi Metropop?

qerja.com

Resah dengan kemacetan di kota besar? Merasakan getirnya falling-in-love-with-people-you-can’t-have? Frustrasi dan merasa stuck di pekerjaan yang begitu-begitu saja? Wah, kami punya bacaan yang tepat buat kamu!

Metropop adalah genre fiksi yang mulai populer sejak tahun 2010-an awal, dan semakin banyak dibaca hingga kini.

Kalau kamu pernah mendengar nama-nama penulis tenar seperti Ika Natassa, Ilana Tan, hingga aliaZalea, berarti kamu familiar dengan fiksi metropop.

Tapi, memangnya apa itu metropop?

1. Gara-gara Chicklit

Beberapa tahun lalu, novel-novel populer bergaya chicklit dan teenlit merajai rak-rak buku lokal. Kedua genre ini adalah “kakak kelas”-nya metropop.

Sementara teenlit berisi cerita-cerita penuh haru yang ditujukan untuk remaja, novel-novel chicklit banyak mengangkat kisah cinta dengan karakter yang lebih dewasa.

Salah satu serial lain yang menginspirasi metropop adalah serial legendaris Lupus, karya Hilman Hariwijaya.

Serial buku yang sempat tenar banget di tahun 1980’an ini sempat jadi panutan para penulis teenlit dan chicklit. Walau saat Lupus keluar, istilah teenlit belum dikenal.

Buku
Beli e-books Lupus – Suster Ngepooot! di sini

2. Mengangkat Kehidupan Perkotaan

Karakter-karakter di novel metropop biasanya tinggal di kota besar, menghadapi masalah-masalah khas anak muda yang sudah bekerja, dan mandiri, tapi jeblok di masalah percintaan.

Hidup mereka umumnya diguncang oleh kemunculan karakter love interest yang misterius, keren, dan mengubah prinsip mereka.

Novel seperti Critical Eleven karya Ika Natassa bisa jadi referensi bagus untuk bacaan-bacaan dengan gaya seperti ini. Atau Sunshine Becomes You karya Ilana Tan juga termasuk di dalamnya.

Buku
Beli e-books Sunshine Becomes You di sini

 

3. Lebih Realistis

Ada satu perbedaan kunci antara novel chicklit, teenlit, dan metropop: ending-nya. Sementara novel chicklit dan teenlit cenderung punya akhir bahagia, metropop biasanya lebih dewasa dan lebih realistis.

Jangan berharap ending yang selalu bahagia dan sempurna, karena kehidupan nyata enggak sesempurna itu.

4. Bacaan yang Selalu Menarik

Karena alurnya yang lebih sulit ditebak, setting-nya yang lebih realistis, dan karakter-karakternya yang cenderung dewasa, fiksi metropop adalah bacaan yang menantang dan seru.

Mau nyemplung ke dunia metropop? Jajal buku seperti Miss Pesimis dari aliaZalea, Divortiare karya Ika Natassa, hingga My Partner karya Retni SB.

Buku
Beli e-books Miss Pesimis di sini

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by RI