in

Mindset Orang Sukses, Seperti Apa Sih?

Mindset Orang Sukses – Semua orang mengharapkan kesuksesan, namun hanya sedikit yang tahu bahwa salah satu kunci paling penting untuk mencapainya adalah mindset. Mindset yang tepat dapat menghasilkan tindakan dan respon yang tepat untuk suatu keadaan dan mengubah cara kamu melihat dunia ini. 

Orang-orang sukses di dunia seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, atau Elon Musk tidak begitu saja meraih kesuksesannya. Mereka harus melewati proses yang panjang, perjalanan yang berliku, mendapatkan banyak pengalaman yang membantu membentuk mindset positif.  Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan mindset dan mengapa ini sangat penting untuk mencapai kesuksesan? Apa saja mindset yang harus Grameds miliki? Mari kita bahas secara lengkap!

Pengertian Mindset

Singkatnya mindset adalah pola pikir yang terbentuk dari keyakinan, pengalaman, perjalanan, perilaku, juga kebiasaan yang mempengaruhi cara berpikir. Selain itu, pandangan akan sesuatu juga dapat menjadi salah satu faktor pembentuk mindset.  Secara natural mindset terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Pasalnya, setiap zaman memiliki masalah yang berbeda-beda dan memerlukan solusi nya masing-masing. Misalnya, pola pikir atau mindset orang yang hidup di tahun 1945 pasti beda dengan kita yang hidup di tahun 2021 ini. Zaman dulu, orang tua kita fokus memikirkan cara bertahan hidup di tengah situasi yang tidak terkendali.  Sekarang kita lebih fokus untuk tetap bertahan di era teknologi yang sangat mempengaruhi jumlah pekerjaan untuk manusia. Khususnya bagi generasi Z dan Alpha yang juga harus bersaing dengan 74,93 juta orang untuk mendapatkan pekerjaan dan bertahan hidup.  Hal ini tentu merupakan tantangan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebagai generasi Z kita harus terus memperbarui mindset dan beradaptasi dengan perubahan yang semakin cepat. BACA JUGA: Apa itu ABG? Dan Bagaimana Proses Menjadi ABG?

Jenis-jenis Mindset

Pada umumnya, mindset terbagi menjadi dua bagian, yaitu growth mindset dan fixed mindset. Apa perbedaan di antara keduanya? Simak penjelasan berikut ini:

1. Growth Mindset

Growth mindset adalah pandangan terhadap diri sendiri sehingga kamu dapat terus belajar dan mengembangkan kemampuan dalam segala bidang. Pola pikir ini memiliki gagasan bahwa bakat dan kemampuan dapat terus dikembangkan dengan usaha yang keras.  Dengan kata lain tidak ada kata berhenti untuk mencari pengalaman yang baru. Carol Dweck, seorang psikolog, percaya bahwa orang yang memiliki growth mindset lebih mungkin untuk meraih banyak hal daripada orang yang memiliki fixed mindset.

2. Fixed Mindset

Yang kedua adalah fixed mindset. Mindset ini berpaku pada gagasan bahwa kemampuan dan bakat sudah ditentukan sejak lahir. Maka tidak ada kata “berkembang” dalam kamus mereka. Bahkan jika orang yang memiliki mindset ini punya kemampuan, biasanya dia malas belajar dan mengasahnya. Jadi apa pun yang dimiliki orang dengan fixed mindset itu mutlak dan sangat sulit untuk bisa dikembangkan. Pada akhirnya, tidak ada perjuangan untuk mencapai kesuksesan. Pembahasan lebih lanjut tentang perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset dapat kamu temukan dalam buku Mindset dari Carol S. Dweck. 

Mindset
Mindset

tombol beli buku

20 Mindset Orang Sukses yang harus kamu miliki

Dari dua jenis mindset di atas, sudah bisa dipastikan orang sukses seperti Bill Gates memiliki growth mindset. Akan tetapi, ada beberapa mindset lain yang tentu saja bisa kamu pelajari atau kembangkan.

1. Visioner

visionerUntuk menghindarkan kamu dari kebingungan menentukan arah tujuan di masa depan, kamu harus menjadi seorang yang visioner. Dengan mindset visioner, kamu bisa menentukan visi untuk jangka panjang, menerapkan tujuan jangka pendek dan memilih strategi yang tepat.  Hal lain yang bisa kamu dapatkan dari mindset visioner adalah kemampuan untuk mempertahankan motivasi serta upaya agar tetap sejalan dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

2. Optimis

optimisMindset optimis dapat mendatangkan kebahagiaan dan juga membantu kamu menjadi lebih sukses dari orang yang pesimis. Karena itu usahakan untuk selalu berpikir positif agar bisa menjadi optimis. Namun harus diperhatikan juga bahwa kamu mesti tetap realistis terhadap tujuan dan hasil.

3. Berani ambil resiko

berani ambil risikoDengan mindset ini kamu bisa mendapatkan peluang dan potensi untuk mencapai kesuksesan. Ingat, kamu tidak akan tahu sejauh mana batasan yang kamu miliki jika terlalu takut mengambil resiko. Bisa saja apa yang kamu anggap mustahil, setelah dijalani ternyata cukup mudah dilakukan.  Akan tetapi jangan sembarangan mengambil resiko, kamu harus sadar bahwa ada kemungkinan untuk gagal di tengah jalan nantinya. Siapkan diri untuk menghadapinya, ya!

4. Gigih

gigihHanya mempunyai kemampuan jelas tidak akan cukup untuk meraih sukses, kamu harus memiliki mindset selalu gigih dan pantang menyerah. Kuncinya adalah memegang teguh nilai-nilai yang kamu percaya dan tetapkan misi yang tepat.  Kamu bisa belajar dari orang lain yang sudah sukses mengenai mempertahankan kegigihan untuk sampai ke tahap sukses.

5. Rasa Ingin tahu

rasa ingin tauOrang sukses juga selalu penasaran dengan berbagai hal. Mindset ini menciptakan perasaan haus untuk terus belajar tanpa henti. Dengan rasa ingin tahu yang besar, kamu bisa terus melawan hambatan yang ada dalam diri sendiri dan tak pernah berhenti berkembang.

6. Mengenal dan mencintai diri sendiri

Mengenal dan mencintai diri sendiriOrang sukses juga harus bisa mengenal diri sendiri dengan baik. Artinya tahu nilai yang dipercaya, tujuan, impian yang ingin diraih, dan kemampuan yang dimiliki apa saja. Menerapkan mindset yang satu ini sangat penting karena bisa membantumu menjadi lebih puas dan bahagia. Ditambah, kamu juga tidak akan berusaha untuk menjadi orang lain dan membuang-buang energi yang kamu miliki. Kamu juga harus mencintai diri sendiri karena dampaknya sangat besar, lho! Salah satunya adalah tidak mudah terdistraksi oleh hal-hal negatif dari orang lain.

7. Miliki target dan berusaha untuk mencapainya

Miliki target dan berusaha untuk mencapainyaIngin menjadi orang sukses tanpa memiliki target yang jelas tidak akan membawa kamu kemana-mana. Sebaliknya, orang sukses justru selalu menentukan target yang harus dicapai lengkap dengan cara mewujudkannya.  Mindset ini juga membantu kamu terus bekerja dan mencoba membuat perubahan sehingga bisa lebih dekat dengan target. Di sisi lain kamu bisa terus melakukan refleksi setiap hari tentang target yang baru dan kegiatan yang bisa kamu lakukan.

8. Apresiasi kesuksesan orang lain

Apresiasi kesuksesan orang lainMerasa iri dengan kesuksesan orang lain hanya akan memperlambat perjalanan kamu menuju kesuksesan. Jika dibiarkan waktumu bisa habis untuk menyalahkan orang lain daripada digunakan untuk memperjuangkan apa yang kamu inginkan.  Mengapresiasi kesuksesan orang lain akan membantu kamu fokus pada hal-hal yang lebih positif dan menghindari perasaan dendam.

9. Berani ambil keputusan

Berani ambil keputusanMindset selanjutnya yang harus kamu kembangkan adalah berani mengambil keputusan dengan tepat. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mencari informasi yang relevan sehingga pikiranmu tidak menebak-nebak atau berasumsi sendiri.  Setelah itu baru memilih opsi yang paling baik sesuai dengan apa yang sudah diketahui. Jika pada akhirnya keputusan yang diambill salah, kamu tetap bisa mempelajari sesuatu dari kesalahan itu.

10. Dengarkan intuisi

Dengarkan intuisiTerlalu sering menebak-nebak keputusan yang kamu buat ternyata tidak akan menyelesaikan apa-apa. Terlalu banyak memikirkan sesuatu juga menghasilkan proses destruktif yang berpotensi merusak karir karena tidak bisa move on dari masa lalu.  Kendalikan semuanya menggunakan pikiran dan tindakan yang didasarkan pada nalurimu sendiri. Seringnya, mendengarkan intuisi justru membantumu sampai ke jalan yang benar. Kamu tahu apa yang baik untuk dirimu sendiri, kan?

11. Kegagalan adalah bagian dari kesuksesan

Kegagalan adalah bagian dari kesuksesanTidak ada orang sukses yang terjerumus dalam kegagalan. Mereka justru percaya bahwa kegagalan adalah bagian dari kesuksesan dan menjadi kesempatan bagus untuk memulai kembali dengan lebih baik.  Mindset ini membantumu keluar dari penyesalan dan membuat dirimu terbiasa dengan kegagalan. Karena pada dasarnya kegagalan juga bagian dari tantangan yang harus kamu lalui.

12. Tak pernah mengharapkan keberuntungan

Tak pernah mengharapkan keberuntunganKeberuntungan memang ada, kamu juga mungkin bisa mengalami keberuntungan beberapa kali dalam hidupmu, namun tidak akan berjalan seperti itu selamanya. Jadi daripada mengharapkan keberuntungan lebih baik utamakan usaha nyata.  Orang sukses menganggap keberuntungan sebagai sesuatu yang tidak pasti dan menganggap usaha nyata sebagai cara untuk mengontrol situasi yang sedang dihadapi.

13. Komitmen

komitmenKomitmen juga mindset yang wajib kamu tumbuhkan sehingga kamu bisa menjaga motivasi untuk mencapai setiap target yang sudah kamu tentukan. Ditambah kamu juga bisa belajar bertanggung jawab pada diri sendiri untuk berbagai hal.  Nah, yang paling penting kamu harus ingat bahwa komitmen bukan berarti meninggalkan tujuan lain atau pekerjaan yang kamu punya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

14. Learn, unlearn, relearn

Learn, unlearn, relearnSeperti mindset yang terus berkembang, ilmu yang kamu miliki juga seperti itu. Ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah atau sekolah, empat atau lima tahun lagi mungkin sudah tidak relevan.  Karena itu penting untuk meng-upgrade ilmu dengan cara learn, unlearn, dan relearn. Singkatnya kamu harus terus belajar seumur hidupmu, lalu di tengah-tengah proses belajar itu kamu harus bisa melupakan informasi yang tidak relevan, dan diakhiri dengan mempelajari sesuatu (perspektif) yang baru.

15. Kritik adalah wadah untuk terus belajar

Kritik adalah wadah untuk terus belajarOrang sukses menganggap kritikan adalah perhatian dari orang lain, bukan sebuah hinaan. Dengan kritik, kamu bis amengetahui masalah yang ada pada dirimu untuk kemudian kembali ke jalan yang tepat.  Berterima kasihlah jika ada orang yang memberikan kritikan kepadamu, apalagi secara gratis alias tanpa diminta sama sekali!

16. Istirahat juga penting

istirahat juga pentingBekerja keras memang bagus, namun istirahat juga penting karena tubuhmu punya batasannya sendiri. Jadi sediakan waktu untuk beristirahat dan mengembalikan energi yang terbuang saat kamu bekerja.  Tujuannya agar kamu terhindar dari penyakit yang menyebabkan banyak kegiatan tertunda. Lebih baik meluangkan waktu tiga sampai empat jam untuk beristirahat daripada menghabiskan tiga sampai empat hari tidur di rumah sakit.

17. Berbagi dengan orang lain

Berbagi dengan orang lainOrang sukses tidak pernah pelit ilmu kepada orang lain. Manfaat utama yang bisa kamu dapatkan dari membagikan ilmu adalah menambah koneksi. Koneksi inilah yang nantinya akan memberikan “kejutan” yang tidak bisa kamu perkirakan.  Selain itu, menyebarkan ilmu juga bisa menjadi amal yang tidak ada putusnya sebagai bekal di kehidupan nanti.

18. Paksa diri untuk keluar dari zona nyaman

Paksa diri untuk keluar dari zona nyamanTerlalu nyaman berada di dalam kenyamanan bisa membawa kamu ke dalam keadaan stuck dan tidak bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Jika dibiarkan begitu saja, kamu akan berakhir memiliki fixed mindset. Pelajari banyak hal, coba sesuatu yang baru, asah kreativitas, dan terus lakukan inovasi. Dengan begitu, kamu bisa selalu bergerak ke depan dan mencapai kesuksesan meski secara perlahan-lahan.

19. Mengubah kebiasaan

mengubah kebiasaanKebiasaan juga punya pengaruh yang kuat terhadap pola pikir. Pikiran manusia pada umumnya sangat menyukai alur yang terus berulang, entah itu baik atau buruk. Inilah yang disebut dengan habit.  Jika kamu punya kebiasaan buruk yang menghambat proses mencapai kesuksesan, segera perbaiki dari sekarang. Karena proses mengubah kebiasaan tidak bisa dilakukan dengan cepat, melainkan butuh waktu dan energi yang besar. Seperti yang dijelaskan oleh James Clear dalam bukunya Atomic Habits

Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

tombol beli buku

20. Menerima Kenyataan

menerima kenyataanMindset menerima kenyataan berarti memahami apa yang sedang kamu alami saat ini. Mindset ini membuat kamu terhindar dari perasaan stress yang dapat menghambat segala kegiatan dan aktivitasmu.  Orang yang sukses akan selalu bisa menerima apa yang terjadi dengan lapang dada dan melewati semuanya dengan baik.

Contoh mindset orang sukses

Setelah mengetahui apa saja mindset yang dimiliki oleh orang sukses, tentunya akan lebih lengkap jika kamu juga mengetahui salah satu contoh nyata yang sudah terbukti. Salah satu cerita yang paling populer adalah cerita pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC) Colonel Sanders.  Di usia 10 tahun, Sanders memulai pekerjaan menjadi seorang buruh tani setelah ayahnya meninggal karena patah tulang dan penyakit lainnya. Sejak saat itu ibunya harus menjadi tulang punggung keluarga dan Sanders lah yang membantu ibunya sambil bersekolah. Dia tidak menyelesaikan pendidikannya. Sanders keluar dari sekolah saat berusia 13 tahun, waktu itu dia duduk di kelas 1 SMP. Setelah keluar, dia kemudian bekerja sebagai tukang cat dan sempat kembali menjadi buruh tani di peternakan. Sanders tidak pernah menyalahkan keadaan dan merasa terintimidasi oleh masalah hidupnya.  Yang lebih mengejutkan, Sanders pernah merasakan 1009 kali penolakan saat melamar pekerjaan di sebuah restoran cepat saji. Jumlah yang sangat banyak, tentu saja, namun dia tidak patah semangat dan kehilangan harapan. Selama 50 tahun dia terus berproses, mencoba berbagai pekerjaan, pendidikan, serta mengalami penolakan yang lebih banyak lagi. Kemudian dia memulai usahanya sendiri, yang kita kenal sebagai KFC saat ini, pada usia 65 tahun! Dalam perjalanannya, Sanders sempat dua kali menutup usahanya. Pertama karena perang dunia kedua, lalu karena kebakaran. Namun Sanders tidak pernah berhenti berjuang. Dia terus gigih, percaya dengan impiannya, dan terus memperbarui mindset-nya sehingga membawanya mencapai kesuksesan. Hingga sekarang, Colonel Sanders terkenal sebagai pendiri KFC sekaligus pengusaha pantang menyerah. Dia berhasil memberikan inspirasi kepada banyak orang dari kisah perjalanan hidupnya. Kesimpulannya pikiran dan mindset yang kuat akan memberikanmu kekuatan untuk melewati setiap tantangan yang datang kepadamu. Tidak ada yang bisa menghentikanmu dari keinginan kuat untuk mencapai kesuksesan dengan mindset yang tepat.  Kamu bisa membaca buku Mindset dan Mental Orang Sukses dari Rakha Kurniawan untuk menemukan dan mempelajari rahasia yang akan membantumu mencapai kesuksesan.

Mindset & Mental Orang Sukses: Miliki Rahasia Terbesar Ini,
Mindset & Mental Orang Sukses: Miliki Rahasia Terbesar Ini,

tombol beli buku Begitulah pembahasan mengenai mindset orang sukses dan beberapa contoh mindset atau pola pikir yang harus kamu miliki untuk mencapai kesuksesan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali! BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih