in

Kenali 11 Kata untuk Memberikan Semangat dalam Bahasa Korea!

freepik.com

Semangat dalam Bahasa Korea – Bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang digemari dan diminati banyak orang saat ini, terutama penyuka K-Pop dan K-Drama. Untuk bisa memahami segala konten tanpa memerlukan terjemahan, banyak di antara mereka yang akhirnya mempelajari bahasa Korea.

Tidak perlu terlalu dalam mempelajarinya pun, saat ini juga sudah banyak orang yang lancar mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Korea yang mereka dengar lewat tontonan berbahasa Korea.

Memang ada beberapa kata yang memang mudah diucapkan seperti pujian maupun kalimat semangat dalam bahasa Korea, seperti hwaiting!. Kata hwaiting memang paling sering digunakan untuk ungkapan memberikan semangat pada orang lain. Tapi tahu tidak nih, Grameds, kalau ternyata ada banyak kata penyemangat lain dalam bahasa Korea yang bisa digunakan selain hwaiting.

Nah, berhubung sedang membicarakan kata semangat dalam bahasa Korea, sudah pernah belajar bahasa Korea lewat buku, belum? Kalau belum pernah, pas sekali karena di Gramedia ada banyak buku yang mempelajari bahasa Korea, salah satunya buku Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea karya M. Hasan Hwang yang dijamin bisa membantu kamu yang sedang mendalami bahasa Korea!

Semangat dalam Bahasa Korea

Arti dari Kata “Hwaiting”

Semangat dalam Bahasa Korea
freepik.com

Pada dasarnya, kata hwaiting ini ternyata merupakan bentuk Konglish atau Korean-English, yang meminjam kata dari bahasa Inggris, yaitu fighting. Selain hwaiting, fighting juga suka digunakan sebagai ucapan semangat dalam bahasa Korea oleh masyarakat sana. Meskipun dalam tulisan dan pengucapannya berbeda, tetapi keduanya tetap memiliki arti yang sama, yaitu untuk memberi semangat.

Jadi, arti dari hwaiting sendiri adalah semangatlah atau berjuanglah. Kata ini menjadi salah satu kata dalam bahasa Korea yang digunakan orang-orang di sana untuk menyemangati orang di sekitar mereka. Selain itu, kata hwaiting ini biasanya juga akan ditambahi kalimat “aja aja” di depannya, di mana kalimat tersebut juga memiliki arti yang sama.

Biasanya, orang Korea akan mengucapkannya seperti “Aja aja, Hwaiting!” yang berarti “jangan menyerah” atau “jangan berhenti berjuang”.

Kapan Kata Hwaiting Bisa Digunakan?

Semangat dalam Bahasa Korea
pexels.com

Pada dasarnya, kata hwaiting ini merupakan kata yang bersifat informal, sehingga tidak bisa digunakan sembarangan ya, Grameds! Apalagi jika mengucapkannya ke orang yang umurnya lebih tua, orang dengan kedudukan yang lebih tinggi, atau mungkin ke orang asing yang belum dikenal dekat. Karena bersifat informal, kata hwaiting pada umumnya hanya bisa digunakan untuk orang yang sebaya atau orang yang sudah sangat akrab dalam situasi yang lebih kasual.

Kata hwaiting ini sendiri mulai digunakan dari waktu yang sangat lama, yaitu sejak saat tentara Amerika datang ke Korea, ketika perang Korea terjadi di tahun 1950-an. Kemudian, kata ini juga muncul saat pertengahan tahun 1980-an, yang digunakan untuk menyoraki atlet Taekwondo yang bertanding melawan Amerika. Kata yang digunakan untuk memberikan semangat dalam bahasa Korea ini kemudian semakin populer di Korea saat drama terkenal yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Rain, yaitu “Full House” mulai tayang.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah momen yang cocok untuk penggunaan kata semangat dalam bahasa Korea, yaitu hwaiting:

1. Pertandingan Olahraga

Kata hwaiting, umumnya akan diucapkan oleh penonton dan penggemar olahraga untuk menyemangati para atlet yang akan melakukan pertandingan. Selain itu, tim olahraga pun juga biasanya akan meneriakkan kata ini sebelum memulai pertandingan dengan tujuan untuk memacu semangat para pemain.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2. Saat Menghibur Orang Lain

Selain digunakan dalam pertandingan olahraga, kata hwaiting merupakan ucapan semangat bahasa Korea yang juga bisa digunakan untuk menghibur orang lain. Seperti saat akan melakukan wawancara kerja, melakukan ujian, melaksanakan presentasi, dan lain sebagainya.

3. Ketika Akan Menyemangati Orang Lain

Sebagai salah satu ungkapan untuk memberi semangat dalam bahasa Korea, tentu saja kata hwaiting ini cukup sering digunakan untuk menyemangati orang lain yang hendak melakukan sesuatu, misalnya teman atau kerabatmu akan mengerjakan suatu hal yang besar dan penting bagi mereka, kamu bisa menggunakan kata hwaiting untuk menyemangati!

Semangat dalam Bahasa Korea

Ungkapan Semangat dalam Bahasa Korea Lainnya

Semangat dalam Bahasa Korea
freepik.com

Meskipun kata hwaiting merupakan kata yang cukup terkenal sebagai kata semangat dalam bahasa Korea, tetapi sebenarnya masih ada banyak sekali kata lain dalam bahasa Korea yang bisa digunakan untuk menyemangati orang lain.

Selain kata “semangat”, orang Korea biasanya juga mengucapkan “semua akan baik-baik saja” atau “jangan khawatir”. Namun, biasanya dua ucapan tersebut digunakan untuk menenangkan seseorang yang sedang mengalami kegelisahan seseorang yang sedang dalam keadaan gelisah atau hampir menyerah dengan keadaan. Berikut ini adalah beberapa ucapan semangat dalam bahasa Korea yang bisa kamu gunakan!

1. Himnaeseyo

Kata penyemangat lainnya yang bisa digunakan selain hwaiting adalah himnaeseyo. Di mana jika diibaratkan dalam bahasa Indonesia, kata himnaeseyo ini seperti “yang kuat ya!” atau “semangat ya!”. Kata dasar dari himnaeseyo sendiri adalah himnaeda yang memiliki arti secara harfiah, bersemangat.

Dan kata ini merupakan bentuk formal sehingga bisa digunakan kepada orang yang lebih tua, yang lebih dihormati, atau dengan orang yang kedudukannya lebih tinggi. Untuk kata informal dari himnaeseyo adalah himnae atau himnaeja.

2. Gwaenchanayo

Kata yang satu ini menjadi kata yang mungkin paling sering didengar oleh pecinta Korea, karena memang cukup sering muncul di dalam dialog drama atau acara Korea lainnya. Karena sering muncul, tak sedikit orang yang sudah fasih mengucapkan kata yang satu ini.

Secara harfiah, gwaenchanayo memiliki arti “tidak apa-apa” dalam bahasa Indonesia, dan dalam bahasa Inggris “it’s okay”, di mana kata ini akan digunakan secara kasual kepada orang yang sudah kenal dekat dan akrab dengan tujuan untuk menenangkan mereka jika mereka sedang dilanda kesulitan atau kesedihan atau menghibur mereka.

Jika ingin menggunakan kata gwaenchanayo secara lebih santai, kamu bisa mengucapkannya menjadi hanya gwaenchana. Ini biasanya digunakan kepada teman dekat, atau orang yang sudah kenal.

3. Halsuisseoyo

Kemudian, salah satu kata untuk memberikan semangat dalam bahasa Korea lainnya adalah halsuisseoyo. Selain hwaiting, kata halsuisseoyo juga bisa digunakan untuk memberikan dorongan semangat pada orang yang sudah pasrah akan kondisinya dan butuh untuk disemangati. Arti dari kata secara harfiah di bahasa Indonesia adalah “Kamu bisa melakukannya!” atau “Kamu pasti bisa!”

Selain itu, tidak hanya bisa digunakan untuk menyemangati orang yang sedang pasrah, kata ini juga bisa digunakan saat ada orang yang merasa lagu ketika melakukan sesuatu. Kata ini paling mendekati maknanya dengan hwaiting karena bisa digunakan untuk menyemangati orang yang akan melakukan sesuatu yang penting bagi mereka, bisa seperti mengikuti ujian, wawancara kerja, atau akan melakukan pertandingan.

Kata halsuisseoyo sendiri merupakan kata semangat dalam bahasa Korea yang berbentuk formal, jadi kamu bisa menggunakannya kepada orang yang lebih tua atau berkedudukan lebih tinggi. Sedangkan untuk bentuk yang lebih informalnya adalah halsuisseo, ini bisa dijadikan ucapan kepada teman dekat, orang yang lebih muda, atau orang yang sebaya.

4. Pogi Hajima

Kata penyemangat selain hwaiting lainnya adalah pogi hajimayo. Dalam bahasa Indonesia sendiri, kata ini memiliki arti “jangan menyerah” dalam bentuk yang informal atau santai. Kata yang satu ini juga telah menjadi ucapan pemberi semangat lainnya yang populer di Korea.

Biasanya, kata ini akan digunakan untuk menyemangati orang lain atau teman yang sedang merasa putus asa atas hidupnya, kehilangan motivasi untuk melakukan apapun termasuk hidup, sampai saat ada orang yang hampir menyerah dengan sesuatu.

Kamu juga bisa mengucapkan kata ini secara lebih sopan dengan menggunakan bentuk formalnya, yang ditambah kata yo di bagian belakang, yaitu menjadi pogi hajimayo.

Namun, dalam suasana yang sangat formal dan ingin ekstra sopan di hadapan orang lain, kamu juga bisa menggunakan pogi hajimaseyo, ini biasanya digunakan kepada orang yang dihormati seperti orang dengan kedudukan yang tinggi, atau orang yang lebih tua. Dengan menggunakan dua kata dalam bentuk yang formal tersebut, kamu akan terlihat lebih sopan di mata orang lain.

5. Geokjeong Hajima

Selain menggunakan kata gwaenchanayo ketika ingin menenangkan orang lain saat mereka sedang overthinking atau sedang khawatir akan sebuah masalah yang dihadapi, kamu juga bisa menggunakan kata geokjeong hajima, yang pada dasarnya memiliki arti “jangan khawatir”.

Dikarenakan tidak ada imbuhan apapun di belakangnya, maka kata geokjeong hajima ini adalah bentuk informal, di mana kamu hanya bisa mengucapkannya pada orang yang sebaya dan memang sudah akrab dalam suasana yang lebih santai.

Jika ingin mengucapkannya dalam bentuk formal, kamu bisa mengucapkannya dengan Geokjeong hajima yo agar bisa terdengar lebih sopan. Atau kamu juga bisa menggunakan geokjeong hajimaseyo.

6. Eungweonhalke

Selanjutnya ada kata eungwonhalkeyang bisa digunakan jika ingin menunjukkan dukungan kepada orang terdekat yang sedang mengalami masalah, ungkapan yang satu ini sangat tepat untuk kondisi tersebut karena dalam bahasa Indonesia, secara harfiah, kata ini berarti “Aku akan mendukungmu”. Kata ini juga sering digunakan oleh para penggemar K-Pop ketika mereka menyemangati idolanya.

Ketika ada orang yang harus segera memutuskan keputusan sulit, kamu bisa menenangkannya atau menyemangatinya dengan mengatakan eungwonhalke. Dengan ucapan tersebut, bisa dipastikan perasaan orang tersebut akan menjadi lebih baik dan tenang saat tau bahwa ada orang yang mendukungnya.

Kata eungwonhalke sendiri merupakan kata informal ya, Grameds. Oleh karena itu, jika ingin menggunakannya pada orang yang lebih tua atau orang yang kedudukannya lebih tinggi, maka bisa mengucapkan eungwonhalkeyo.

7. Jaldwilgeoeyo

Kata untuk memberikan semangat dalam bahasa Korea selain hwaiting selanjutnya adalah jaldwilgeoeyo, yang secara harfiah memiliki arti “ini akan berhasil” dalam bahasa Indonesia. Karena ada imbuhan yo di belakangnya, maka kata yang satu ini berbentuk formal dan bisa digunakan pada orang yang umurnya lebih tua atau jabatannya lebih tinggi. Nah, jika ingin mengucapkannya secara santai pada teman dekat atau orang sebaya, kamu bisa menggunakan jaldwilgeoya.

8. Sugohaesseo

Kata lain yang bisa digunakan untuk memberi semangat lainnya adalah sugohaesseo, kata penyemangat ini memiliki arti “Kamu sudah bekerja dengan baik” dalam bahasa Indonesia, arau dalam bahasa Inggris artinya adalah “You did a good job“. Pada umumnya, ini akan diucapkan untuk orang lain ketika mereka selesai melakukan sesuatu atau menyelesaikan pekerjaan.

Penggunaan kata ini bisa kamu dengar ketika para artis Korea mengucapkannya kepada staf-staf yang bertugas dan bekerja keras dalam membantu pekerjaan mereka. Untuk penggunaan sehari-hari, kamu bisa sekali menggunakannya untuk diucapkan pada teman yang sedang kelelahan karena habis mengerjakan pekerjaan yang berat dan sulit. Bentuk formal dari kata sugohaesseo adalah sugohaesseoyo.

9. Jalhaesseo

Selain sugohaesseo, untuk memuji orang lain sekaligus memberikan semangat pada orang di sekitar, bisa juga dengan menggunakan kata jalhaesseo. Dalam bahasa Indonesia, secara harfiah jalhaesseo memiliki arti “kerja bagus”, yang bisa digunakan saat orang lain berhasil mengerjakan sesuatu dengan tepat atau sempurna.

Namun, kata untuk memberi semangat dalam bahasa Korea ini juga bisa diucapkan meski saat orang lain merasa tidak puas dengan pekerjaannya atau ada sedikit kesalahan, ini diucapkan agar mereka merasa dihargai hasil kerja kerasnya dan tetap bersemangat untuk mengerjakan pekerjaan mereka dengan lebih baik lagi.

Kata ini juga bisa menjadi ucapan untuk memberi dukungan pada orang yang sudah berusaha keras dalam melakukan sesuatu. Contohnya, ada orang yang berhasil mendapatkan hasil ujian yang bagus, kamu bisa memberikan ucapan jalhaesseo kepada orang tersebut atau jalhaesseoyo jika ingin mengucapkannya secara formal.

10. Giunnaeyo

Kata giunnae sendiri pada dasarnya memiliki arti yang serupa dengan hwaiting nih, Grameds, yaitu semangatlah. Sama halnya dengan kata hwaiting, giunnae merupakan kata semangat dalam bahasa Korea yang berbentuk informal. Untuk mengucapkan kata yang satu ini dalam bentuk yang lebih sopan, kamu bisa menambahkan yo di bagian belakang, menjadi giunnaeyo atau giunnaeseyo jika dalam kondisi yang sangat formal, seperti mengucapkan ke orang yang lebih tua atau kedudukannya lebih tinggi.

11. Haenguneul Bimnida

Kata yang diucapkan untuk memberikan semangat pada orang sebenarnya bisa dengan mengucapkan kata apapun yang bermakna positif, salah satunya adalah “semoga beruntung”.

Kata yang bisa digunakan dalam memberi semangat dalam bahasa Korea selain yang memiliki arti semangat ada kata haenguneul bimnida, yang memiliki arti “semoga beruntung” dalam bahasa Indonesia atau good luck” dalam bahasa Inggris. Kata ini juga merupakan bentuk formal sehingga bisa digunakan pada orang yang lebih tua atau jabatannya lebih tinggi, atau orang yang dihormati.

Jika kamu ingin mengucapkannya secara lebih kasual pada teman dekat, kamu bisa mengucapkan haenguneul bileoyo.

Demikian pembahasan tentang kata semangat dalam bahasa Korea, semoga setelah membaca artikel ini sampai selesai, kamu menjadi lebih mudah semangat dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang bahasa Korea, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Penulis: Adinda Rizki

BACA JUGA:

  1. Buku Belajar Bahasa Korea Best Seller
  2. Daftar Buku Kamus Bahasa Korea Best Seller 2022 di Gramedia 
  3. 13 Rekomendasi Kamus Bahasa Korea Terbaik di Gramedia
  4. 8 Tips Mudah Belajar Bahasa Korea Agar Cepat Bisa
  5. Mengenal Ottoke dan Istilah Bahasa Korea Populer Lainnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda