in

Rumah Hook: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan & Mitos Rumah Hook

99.co

Rumah Hook – Tidak dipungkiri lagi, saat akan membeli rumah, kita pasti sering mendengar istilah-istilah properti yang menunjukkan jenis dan tipe rumah, salah satunya yaitu rumah hook. Rumah hook banyak ditawarkan oleh developer perumahan karena rumah hook mempunyai berbagai kelebihan, salah satunya nilai investasi yang tinggi, dan kelebihan lainnya.

Meski memiliki banyak kelebihan, ada juga yang mengatakan bahwa rumah hook menurut Feng Shui (seni dan ilmu warisan masyarakat Tionghoa kuno yang digunakan untuk menata bangunan, benda, dan ruang dalam suatu lingkungan) justru membawa nasib yang kurang baik bagi pemiliknya.

Rumah hook yang dibangun di satu lokasi sering kali mempunyai denah lokasi dan konfigurasi halaman yang berbeda dari yang lainnya di suatu lingkungan tersebut. Pada sebuah rumah hook, kita bisa mempunyai ruangan yang lebih besar, garasi bisa berada di tempat yang berbeda atau bahkan halaman depan bisa lebih besar daripada di belakang.

Karena rumah hook lokasinya berada di sudut dua sisi, kita juga bisa lebih mendapatkan ketenangan dan privasi daripada rumah yang terjepit di antara dua rumah tetangga. Rumah hook sangat terbuka dan serbaguna, hal ini akan memberikan kesempatan bagi arsitek untuk bermain dengan gaya arsitektur yang berbeda saat tahap desain.

Semua kelebihan rumah hook itu menambah kualitas hidup yang lebih tinggi dan berpotensi memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi pada saat ingin dijual. Maka tidak heran lagi, memiliki rumah hook menjadi pilihan yang populer.

Apa Pengertian Rumah Hook?

Rumah Hook
99.co

Istilah “hook” sendiri berasal dari bahasa Belanda “hoek” yang memiliki arti sudut atau pojok. Akan tetapi, karena adanya salah kaprah yang terjadi di masyarakat, istilah rumah hook sudah terlanjur lebih dikenal. Rumah hook adalah rumah pojok atau rumah sudut yaitu rumah yang terletak di ujung perumahan dan mempunyai dua sisi yang terbuka.

Adanya dua sisi terbuka inilah, yang membedakan antara rumah hook dengan rumah lainnya. Rumah hook adalah area rumah pojok yang memiliki luas lebih dan banyak mendapatkan cahaya sinar matahari secara langsung. Selain itu, hunian dengan sudut ini juga lebih tenang dan lebih menjaga privasi bagi siapa saja penghuninya.

Selain itu, rumah hook merupakan rumah yang terletak di persimpangan dua jalan dan berdiri di pojok yang mempunyai area terbuka di sisi depan, dan biasanya salah satu sisi sampingnya menghadap ke arah jalan.

Saat kita ingin membeli rumah impian, apakah rumah hook layak dipertimbangkan? Semuanya tergantung pada perspektif kita sendiri. Beberapa calon pembeli menganggap rumah hook dengan sudut yang menarik, sementara yang lain lebih suka menghindari kekhawatiran karena rumah hook yang tampak menyeramkan.

Dengan begitu, sebaiknya sebelum kita memutuskan membeli atau menempati rumah hook, mungkin kita harus mempertimbangkan sejumlah kondisi dan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti apakah kita suka memiliki lebih banyak ruang? Karena rumah hook lebih terlihat dari jalan, hal ini akan menuntut lebih banyak perawatan untuk mempertahankan daya tarik di tepi jalan. Tanyakan pada diri sendiri juga apakah kita akan siap untuk melakukan lebih banyak upaya untuk menjaga sisi depan rumah dan halaman tetap agar rapi. Rumah hook memiliki lahan yang terbuka, rumah model ini jauh dari kesan yang sumpek karena sirkulasi udaranya yang bagus.

Apa saja Kelebihan Rumah Hook Dibandingkan Rumah Lain?

Setelah membahas pengertian dari rumah hook. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan ketika membeli atau menjual kembali rumah hook, di antaranya:

1. Rumah Hook memiliki karakter yang lebih besar dan luas

Karena letaknya berada di sudut ruas jalan, rumah hook mempunyai karakteristik bangunan yang besar dan luas tanah terdiri dari dua bidang kavling. Rumah hook yang mempunyai sisi terbuka menjadikan rumah ini lebih efisien untuk memaksimalkan lahan, tanpa terganggu dengan rumah yang berhimpitan di sampingnya.

2. Lahan di Rumah Hook bisa untuk menikmati hobi

Buat kita yang memiliki hobi berkebun, wajib beli rumah hook karena sisa lahan yang ada masih sangat luas. Kita bisa memanfaatkan lahan yang masih sangat luas tersebut untuk taman, kebun, atau sekadar membangun area santai untuk menikmati momen bersama keluarga tercinta.

3. Mudah jika ingin direnovasi

Kelebihan lain saat kita membeli rumah hook ini, yaitu kita bisa bebas merenovasi dan merancang ulang rumah serta menambahkan pagar agar menjaga privasi penghuni rumah. Berbeda dengan rumah non-hook yang lebih sulit untuk melakukan perombakan secara total, mulai dari eksterior sampai interior rumah.

4. Sirkulasi udara lancar

Rumah hook memang mempunyai kekurangan dari segi udara, karena berada di pojok perumahan dan memiliki partikel debu yang cukup banyak. Tak perlu khawatir, untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa memodifikasi interior rumah hook ini.

Seperti dengan menambahkan filter udara untuk menyaring debu yang mengganggu dan masuk ke rumah, menambahkan pohon dan tumbuhan yang rindang di depan dan sisi yang terbuka, dan juga bisa mengatasi serta menjadi pelindung rumah dari debu yang akan membuat penghuninya menjadi tidak sehat.

5. Hemat pencahayaan listrik

Pada rumah hook ini terdapat jendela-jendela besar yang menjadi ciri khas dari hunian ini. Hal ini bertujuan agar cahaya alami masuk ke dalam rumah dan membuat interior rumah menjadi tampak luas.

Kesan yang sumpek dan pengap tidak akan kita temui atau rasakan di hunian ini, karena sirkulasi dan pencahayaan yang cukup baik. Selain itu, penerangan yang maksimal dalam rumah bisa membuat penggunaan lampu jadi lebih sedikit sehingga hal ini akan membuat rumah ini hemat energi dan listrik.

6. Bisa dijadikan sebagai tempat usaha

Rumah hook berada di lokasi yang strategis dan persis menghadap ke jalan. Rumah hook juga sangat cocok dijadikan sebagai untuk usaha dengan skala kecil atau bahkan besar. Ada banyak jenis usaha yang bisa kita pilih mulai dari toko, ritel, bisnis sewa rumah, kantor, atau media promosi, dan lain-lain.

7. Memiliki nilai investasi mendatangkan profit

Kelebihan selanjutnya dapat menjadi pertimbangan yang membuat kita harus cepat-cepat membeli rumah hook. Rumah hook sangat tepat untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang, karena nilai jual rumah hook bisa melambung tinggi. Selain itu, jika kita berniat menjual atau menyewakannya, banyak orang yang akan berebut untuk mendapatkan rumah tersebut.

8. Rumah bisa dimanfaatkan sebagai taman

Mengingat posisi rumah hook yang berada di sudut, rumah hook mempunyai potensi lebih besar untuk dijadikan kebun. Oleh karena itu, membangun taman cantik di samping rumah sudah bukan menjadi mimpi lagi. Selain itu, rumah model hook juga bisa menjadi daya tarik pribadi yang bisa memberikan kesegaran.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

9. Ventilasi yang lebih lega

Rumah hook memiliki dua sisi, rumah hook juga ada ventilasi di kedua sisi. Hal tersebut akan memberikan kesan lapang dan luas. Daripada memakai AC atau kipas, kita bakal mendapatkan udara segar yang lebih banyak dan alami.

10. Desain rumah hook yang fleksibel

Desain rumah hook lebih fleksibel dengan akses pintu bisa dibuat di bagian depan dan sisi samping. Hal ini tentu saja memberikan variasi yang cantik dan tidak monoton.

Kekurangan Membeli Rumah Hook

Setelah membahas tentang kelebihan, tentu saja rumah hook memiliki kekurangan. Apa saja? Simak penjelasannya berikut!

1. Kawasan rawan kecelakaan

Meski rumah hook memiliki akses dan lokasi yang strategis, tata letak rumah di sudut jalan biasanya cenderung rawan kecelakaan. Untuk menghindari kekurangan ini, kita bisa memasang pagar untuk melindungi lingkungan rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Harga rumah yang cukup mahal

Karena banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh rumah hook, tidak bisa dimungkiri jika harga rumah ini mahal.

3. Tingkat keamanan lebih rendah

Beberapa sumber menyebutkan hunian di ujung perumahan lebih mudah kemalingan oleh orang yang berbuat jahat. Akan tetapi, ini bisa kita cegah dengan langkah-langkah misalnya memasang CCTV dan pagar yang tinggi.

4. Biaya pajak lebih besar dan lebih rentan terkena debu

Rumah hook memiliki lahan yang lebih luas, sudah tentu pemilik rumah hook harus membayar beban pajak tanah yang lebih besar juga. Selain itu, posisi terbuka yang menyebabkan akses yang lebih tinggi, sehingga aktivitas lalu lalang pengguna jalan dan kenderaan juga semakin meningkat.

Akibatnya, polusi suara dan polusi udara sering menjadi masalah bagi penghuni rumah hook. Bagaimana solusinya? Solusinya yaitu dengan cara menginstalasi pintu dan jendela yang kedap suara agar meminimalisir kendala yang bising, juga rajin membersihkan rumah hook secara baik dan teratur.

5. Efek negatif akses terbuka

Bukan hanya bising dan lebih berdebu, ada beberapa efek negatif dari akses yang terbuka dan patut untuk kita perhatikan, seperti lebih rawan kecelakaan, dijadikan sebagai tempat berputar mobil yang ingin melakukan U-Turn, dan ada kemungkinan hewan peliharaan orang lain bisa masuk rumah hook.

Selain itu, ketika malam hari, penghuni rumah hook juga bisa terganggu karena sorotan lampu mobil yang berlalu lalang. Terlebih, jika tidak dibatasi dengan baik, pengguna jalan bisa masuk ke area rumah tanpa kita sadari. Bagaimana solusinya? Kita bisa membatasi rumah hook dengan seksama. Selain itu, menggunakan pagar tinggi, tiang pembatas, dan tanaman- tanaman yang berukuran besar agar melindungi posisi rumah hook milikmu.

6. Biaya pembangunan yang mahal

Selain biaya pajak yang cukup besar, membangun rumah hook juga memerlukan biaya yang cukup mahal. Hal ini dikarenakan membuat dua fasad sekaligus, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Apa Mitos Seputar Rumah Hook?

Bagi siapa saja yang percaya dengan Feng Shui, rumah sudut atau hook seringkali dihindari. Hal ini karena posisinya dianggap kurang baik dan dipercaya bisa mengurangi keberuntungan bagi penghuninya.

Rumah hook menurut Feng Shui tidak memberuntungkan bagi pemiliknya karena huniannya memiliki dua akses, sehingga hal tersebut berakibat rezeki mudah keluar. Akan tetapi, Feng Shui juga memberikan solusi atas kelemahan rumah hook. Untuk menambahkan energi yang positif di rumah hook, water feature seperti air mancur bisa ditambahkan di sekitar rumah hook.

Apa yang Perlu Dipertimbangkan dari Rumah Hook?

Rumah Hook
rumah123.com

Bagi Grameds yang sangat mempertimbangkan mitos dari Feng Shui, rumah hook cenderung kurang diminati karena posisinya di ‘pojok’ sering dianggap sebagai ‘buangan’. Selain itu, ada juga kekhawatiran lain soal energi negatif dari arah sudut-sudut terbuka yang langsung mengarah ke rumah hook, sehingga bisa berakibat negatif terhadap kesehatan, keharmonisan keluarga, dan masalah kerjaan penghuninya.

Dari sisi ilmiah pun, rumah hook juga dianggap lebih rawan adanya kecelakaan jika terletak di dekat jalan raya. Selain itu, ada anggapan rumah hook yang lebih terbuka berpotensi meningkatkan persentase tindakan kriminal berupa kemalingan daripada jika dibandingkan dengan rumah yang posisinya bukan rumah hook.

Akan tetapi, kita tak perlu khawatir mengenai efek negatif rumah hook, ilmu feng shui sendiri selalu punya cara menangkal aspek yang negatif. Kita bisa melakukan upaya seperti: menambahkan pagar tinggi, menanam pepohonan, hingga menambahkan elemen air dan angin supaya landskap rumah hook menjadi lebih aman.

Sedangkan dari aspek ilmiah, kekhawatiran rumah hook yang rentan terjadinya kecelakaan juga bisa diatasi dengan memasang tiang atau pembatas yang akan mempermudah pengguna jalan raya. Selain itu, juga tidak ada data yang menunjukkan jika rumah hook lebih sering mengalami peristiwa kriminalitas dibandingkan dengan yang bukan rumah hook.

Dengan demikian, ada baiknya mari kita mengutamakan logika daripada mitos. Bagaimanapun juga, pemikiran modern bisa dikaji secara hati-hati.

Bagaimana Contoh Desain Rumah Hook?

Jika kita sudah yakin untuk memiliki tempat tinggal model rumah hook, maka desain-desain di bawah ini bisa menjadi inspirasinya.

1. Desain Rumah Hook 2 Lantai dengan Taman Zen

Rumah Hook
prospeku.com

Dengan lahan sisa yang cukup luas, kita bisa membangun taman sesuai dengan tema yang diinginkan. Pada contoh foto ini, pemilik membangun taman Zen dengan Gaya ala Jepang.

2. Desain Rumah Hook 1 Lantai Gaya Modern yang Minimalis

Rumah Hook
prospeku.com

Dengan adanya lahan yang cukup besar, kita juga dapat membangun segala macam gaya sesuai yang diinginkan. Selain memanfaatkan lahan yang cukup besar untuk membuat taman, ukuran bangunan juga bisa dilebarkan lagi. Seperti contoh foto di atas ini yang memaksimalkan ukuran bangunan untuk akses mudah ke jalanan sehingga ada dua akses masuk ke dalam rumah.

3. Desain Rumah Hook 2 Lantai dengan Gaya ala Americana

Rumah Hook
prospeku.com

Kita bisa mengatur denah rumah hook dengan berbagai macam cara. Pada contoh foto ini, lahan bisa digunakan untuk membuat halaman rumput yang identik dengan gaya rumah ala Americana.

Kenapa Rumah Hook Lebih Mahal?

Manfaat paling kentara dari rumah hook yaitu ketersediaan ruang tambahan. Dengan proporsi lot, rumah seperti ini sering memiliki halaman yang cukup luas. Hal ini bisa memberikan cahaya alami yang lebih baik untuk properti.

Jika mengingat adanya lahan ekstra, pemilik rumah sering kali bisa membangun lanskap dan fitur eksterior lainnya untuk mempercantik rumah hook ketika dipandang dan meningkatkan nilainya jika nanti pemiliknya berencana untuk menjualnya.

Dengan begitu, harga rumah hook memang lebih mahal dibandingkan dengan rumah biasa karena ukuran lahannya yang cukup besar dibanding dengan rumah dengan jenis lain.

Rekomendasi Buku Tentang Rumah Hook

Ada beberapa buku yang bisa Grameds baca tentang rumah hook di antaranya, yaitu:

1. Ciri-ciri Rumah Hoki (2013) karya Diana Tantiko

Rumah Hook

Buku yang ditulis oleh Diana Tantiko ini akan membawa pembaca untuk mengetahui ciri-ciri rumah hoki yang membuat penghuninya selalu diliputi dengan keberuntungan dan kemakmuran.

2. Rumah Modern Minimalis (2013) karya Ratna Fedara Fatimah

Rumah Hook

Buku ini menyajikan desain-desain rumah tinggal dengan konsep yang modern dan minimalis yang cocok dengan iklim tropis.

3. Inspirasi Rumah Sehat di Perkotaan (2021) karya Probo Hindarto

Rumah Hook

Buku yang menawarkan inspirasi untuk membangun rumah yang sehat dengan kaidah-kaidah arsitektur yang gampang untuk diaplikasikan.

Demikian artikel tentang rumah hook, semoga bermanfaat ya, Grameds!

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam 
  2. Inspirasi Desain Kamar Mandi Kecil 
  3. Inspirasi Desain Pagar Tembok Minimalis 
  4. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya 
  5. Pengertian, Ciri, dan Mansion Terbesar di Dunia 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda