in

7 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus, Aman, dan Harga Terjangkau!

freepik.com

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus – Rambut sepertinya telah menjadi mahkota bagi setiap wanita. Tak jarang wanita selalu all out dalam melakukan perawatan rambut atau ‘menghias’ rambut agar terlihat cantik dan menarik, salah satunya seperti dengan mewarnai rambut dengan warna yang indah.

Apalagi saat ini mewarnai rambut juga tidak perlu lagi dilakukan di salon, tetapi juga bisa dilakukan di rumah dengan mudah karena sudah banyak cat rambut kemasan yang dijual di pasaran.

Namun, perlu diingat bahwa saat mengecat rambut juga tidak bisa sembarangan ya, Grameds. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mengecat rambut, seperti memilih cat rambut yang bagus dan aman untuk digunakan agar rambut jadi tidak cepat rusak.

Kebetulan sedang membahas soal rambut, kamu sudah pernah baca buku yang menceritakan tentang rambut belum nih, Grameds? Gramedia ternyata punya banyak sekali buku yang membahas rambut, lho! Salah satunya adalah Sains Eksperimen Seri Sherlock Holmes: Aliansi Rambut Merah dari Digital Touch, yang menceritakan tentang organisasi khusus orang dengan Rambut Merah!

Cara Memilih Cat Rambut yang Bagus dan Aman Digunakan

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus
freepik.com

Kebanyakan orang memilih cat rambut hanya dari warna cat rambut yang bagus saja tanpa memikirkan faktor-faktor lain. Padahal ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mantap untuk mewarnai rambut, seperti kesehatan rambut dan juga kulit kepala.

Apalagi untuk yang sebelumnya belum pernah sama sekali mewarnai rambut, pasti kamu tidak mau rambut sampai rusak saat pertama kali diwarnai. Oleh karena itu, berikut ini ada sederet cara atau tips dalam memilih cat rambut yang bagus dan pastinya aman untuk kesehatan rambut!

1. Hindari Bahan Cat Rambut yang Berbahaya

Sama halnya dengan make up, ternyata ada juga beberapa kandungan bahan yang justru dapat membahayakan rambut nih, Grameds. Di mana bahan-bahan berbahaya ini sangat disarankan untuk dihindari penggunaannya, oleh karena itu perlu kehati-hatian ketika memilih cat rambut.

Adapun bahan yang termasuk berbahaya untuk digunakan dalam cat rambut adalah parabens, ammonia, resorcinol, phthalates, PPD, dan juga gluten. Keenam bahan tersebut harus dihindari karena merupakan bahan yang dapat memicu alergi serta iritasi di kulit kepala.

Terutama ammonia yang sebenarnya digunakan agar warna bisa menembus sampai kutikula rambut, tetapi penggunaan ammonia dalam jangka waktu lama justru bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak.

Selain itu, usahakan juga untuk hindari melakukan bleaching ketika mewarnai rambut, karena bahan kimia yang terdapat dalam produk bleaching bisa membuat rambut jadi rusak dan lebih rapuh. Bahkan, bisa memicu reaksi alergi, menimbulkan rasa panas, sampai iritasi pada kulit kepala. Oleh karena itu, usahakan untuk pilih cat rambut yang bagus tanpa bleaching.

2. Gunakan Cat Rambut dengan Bahan Alami

Agar jangan sampai menggunakan cat pewarna rambut yang mengandung bahan berbahaya, maka alternatifnya bisa memilih cat rambut yang bagus dengan kandungan bahan-bahan yang alami.

Cat rambut dengan bahan alami sendiri bisa ditemukan di produk-produk cat rambut yang natural, dengan kandungan dari kombinasi bahan alami seperti henna, yang tidak hanya bisa membuat rambut menjadi memiliki warna yang cantik, tetapi juga menutrisi rambut dan kulit kepala dengan adanya kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya.

Untuk memudahkan kamu dalam memilih cat untuk rambut yang aman dan berbahan alami, pilihlah cat rambut dengan kandungan almond oil atau minyak zaitun yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah rambut dari kerusakan.

3. Tes Cat Rambut Terlebih Dahulu

Sama halnya dengan ketika mencoba skincare atau make up, akan lebih baik jika mencoba atau melakukan tes pada cat rambut terlebih dahulu, ini bertujuan agar untuk melihat apakah muncul reaksi tertentu.

Ini karena produk pewarna rambut akan mengenai kulit begitu digunakan, oleh karena itu disarankan untuk melakukan tes ke area kulit lainnya untuk melihat apakah ada reaksi atau tidak. Jika muncul reaksi seperti kulit mulai gatal, ruam, atau mengalami perih, maka lebih baik untuk jangan menggunakan produk tersebut.

4. Ikuti Aturan Pemakaian Produk Cat Rambut

Jika kamu lebih suka untuk mewarnai sendiri di rumah dan bukan mewarnai di salon, ada baiknya jika selalu memperhatikan dan mengikuti aturan pakai yang sudah tertera di kemasan produk dengan cermat. Aturan pakai yang ada di kemasan bukanlah hanya tulisan pajangan yang diabaikan begitu membeli cat rambut, tetapi tulisan tersebut harus dibaca dan diikuti dengan baik.

Jangan pernah mencampur produk yang berbeda merek di dalam satu wadah yang sama karena cat rambut mengandung bahan kimia yang keras dan bisa menyebabkan iritasi. Jika mencampur cat rambut, hal tersebut justru bisa memicu reaksi alergi. Alternatifnya bisa dengan menggunakan cat rambut yang bagus tanpa bleaching dengan bahan alami yang tak perlu dicampur-campur bahan lainnya lagi.

5. Pastikan Produk Cat Rambut Telah Terdaftar di BPOM

Salah satu cara dalam memilih produk cat rambut yang aman adalah dengan memastikan bahwa produknya sudah terdaftar di BPOM, yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jika sudah terdaftar dalam badan tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan karena sebelumnya sudah diuji oleh ahli dan sudah memiliki izin edar.

6. Sesuaikan Warna dengan Undertone Kulit

Ternyata tidak hanya memilih shade make up saja yang harus disesuaikan dengan undertone kulit, tetapi dalam memilih cat warna juga, lho! Untuk orang dengan warm undertone, maka disarankan untuk memilih warna cat rambut yang senada, seperti caramel, ash brown, atau cool brunette, karena dipercaya bisa membuat wajah terlihat lebih glowing.

Kemudian, bagi yang memiliki cool undertone, kamu bisa memilih warna-warna terang, tetapi jika ingin menggunakan warna gelap, beberapa warna pilihan yang bagus adalah warna coklat tua, espresso, atau burgundy.

Untuk neutral undertone, kamu punya keunggulan dengan bisa memilih warna gelap sampai warna terang. Meskipun cocok mengenakan warna rambut apapun, tetapi disarankan jangan memakai warna yang terlalu warm atau keemasan karena bisa membuat wajah jadi terlihat kusam. Jika ingin menggunakan warna hangat, bisa mencoba warna biscuit, walnut, atau honey.

7. Pilih Tekstur Cat Rambut yang Sesuai

Sama halnya dengan rambut yang memiliki tekstur, ternyata cat rambut pun juga punya berbagai macam tekstur, yang perlu kamu ketahui agar bisa paham kegunaan serta keunggulannya.

Pertama, ada tekstur cat rambut foam, yang cocok untuk digunakan bagi yang baru mewarnai rambut sendiri, sebab untuk menggunakannya tidak memerlukan persiapan yang banyak. Namun, kekurangannya adalah kamu jadi sulit mengetahui bagian rambut mana saja yang sudah diwarnai dan yang belum.

Kemudian, ada tekstur cat rambut lateks yang sangat direkomendasikan untuk orang dengan rambut yang panjang, ini karena cat rambut lateks memiliki emulsi, sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan dan diratakan. Selain itu, adanya sisir juga membantu mengecat rambut seperti cara menyisir, tetapi karena teksturnya cair jadi perlu berhati-hati saat menggunakannya.

Terakhir, ada cat rambut yang bagus bertekstur krim yang punya banyak keunggulan, seperti zat warna yang lebih melekat kuat pada rambut dan tidak mudah menetes saat digunakan, serta bisa menjangkau semua bagian rambut bahkan bagian yang sulit untuk diwarnai. Sayangnya, kekurangan cat rambut tipe ini adalah akan memakan waktu yang lama karena harus diaplikasikan selapis demi selapis sehingga kurang disarankan untuk pemula.

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus
freepik.com

Setelah mengetahui cara memilih cat rambut yang aman dan bagaimana memilih warna cat rambut yang bagus, berikut ini ada sederet rekomendasi produk cat rambut yang aman dan beberapa di antaranya bisa diaplikasikan tanpa harus melakukan bleaching terlebih dahulu.

1. Etude House Hot Style Bubble Hair Coloring

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus
blibli.com

Korea Selatan memang selalu memiliki produk dengan bentuk yang unik, salah satunya adalah cat rambut dari brand Etude House ini. Jika biasanya cat rambut berbentuk krim agar mudah diaplikasikan dengan menggunakan sisir atau kuas khusus, Etude House memiliki cat rambut yang berbentuk busa dengan cara pemakaian seperti saat menggunakan shampoo!

Etude House Hot Style Bubble Hair Coloring ini dilengkapi micro bubble booster yang membuatnya bisa menghasilkan busa yang lebih tebal dan menyerap ke setiap helai rambut. Produk yang satu ini juga bebas dari amonia sehingga menjadi salah satu cat rambut yang bagus dan aman untuk digunakan. Keunggulan lainnya adalah cat rambut ini juga terbuat dari ekstrak bunga alami yang akan menjaga kesehatan rambut dan bersinar.

Namun jika kamu tidak melakukan bleaching saat mengaplikasikan cat rambut dengan warna yang terang, maka hasilnya akan menjadi lebih gelap. Meski begitu, cat rambut ini tahan lama dan tidak luntur, harganya juga cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp. 100 ribuan saja.

2. Revlon Colorsilk

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus
shopee.co.id

Selanjutnya, ada Revlon Colorsilk, di mana produk yang satu ini bisa membuat rambut jadi terlihat lebih berdimensi dan juga membuat rambut tetap sehat berkilau meskipun setelah diwarnai. Revlon Colorsilk memiliki tiga varian dengan warna cat rambut yang bagus, yaitu Colorsilk Beautiful, Colorsilk Moisture-Rich Color, dan Colorsilk Luminista yang bisa digunakan sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Beberapa keunggulan cat rambut ini di antaranya memiliki wangi yang enak dan tahan lama. Selain itu, tidak mengandung ammonia, sehingga aman digunakan dan tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Tidak hanya itu saja, Revlon Colorsilk ini juga dilengkapi dengan UV Defense dan Silk Protein yang membuat warna rambut jadi tidak mudah luntur. Harganya juga sangat bervariasi, mulai dari Rp. 45.000 sampai Rp. 76.000-an.

3. L’Oreal Excellence Fashion Hair Color

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus
zalora.co.id

L’Oreal tidak hanya merilis produk untuk kesehatan rambut saja, tetapi brand ini juga memiliki produk cat rambut yang tak kalah bagus. Terinspirasi dari kehidupan kota Paris yang glamour dan berkelas, L’Oreal menghadirkan sebuah cat rambut dengan hasil yang berkilau memukau dan warna yang cantik.

Tidak hanya memiliki warna yang cantik saja, cat rambut ini juga memiliki kandungan triple-neutralizing pigments yang dapat mengangkat pigmen rambut tanpa harus merusaknya. Adanya triple care formula juga akan melindungi, menutrisi, serta menjaga kekuatan rambut.

L’Oreal Excellence Fashion Hair Color merupakan cat rambut yang bagus tanpa bleaching sehingga warnanya tetap bisa keluar dengan cantik di rambut tanpa harus melakukan proses bleaching dengan harga hanya Rp. 145.000-an saja.

4. Matrix Wonder Brown Hair Color

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus
shopee.co.id

Sesuai dengan namanya, produk cat rambut yang satu ini berfokus pada warna cokelat saja, di mana terdapat 17 tone warna coklat yang bisa kamu pilih sesukamu dan sesuai dengan warna yang cocok dengan warna undertone kulit. Warna-warna yang terdapat dalam merk ini juga menyesuaikan dengan warna rambut orang Asia pada umumnya.

Kemudian, Matrix Wonder Brown Hair Color ini juga menggunakan teknologi coverbrown yang dapat membantu untuk menyamarkan uban, sehingga rambut terlihat lebih gelap alami. Harganya juga cukup terjangkau yang berkisar Rp. 70.000-an untuk ukuran tube 90 ml, tetapi belum termasuk dengan developernya.

5. Implora Permanent Hair Color

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus
shopee.co.id

Jika kamu ingin mendapatkan cat rambut yang bagus tanpa bleaching, salah satu produk yang bisa kamu gunakan adalah Implora Permanent Hair Color. Cat rambut permanen ini diklaim bisa masuk ke setiap helai rambut dengan mudah dan meresap dengan baik ke batang rambut. Tidak hanya itu saja, produk cat rambut ini juga dilengkapi dengan vitamin, sehingga melindungi rambut dan membuat warnanya jadi lebih tahan lama.

Selain itu, Implora juga menyajikan banyak pilihan warna cat rambut yang bagus dengan formula 3D color, yaitu efek multidimensi yang akan terlihat di rambut. Harganya pun juga sangat murah, yaitu hanya Rp. 13.000-an.

6. Nyu Creme Hair Color

Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus
shopee.co.id

Produk Nyu Creme Hair Color sangat direkomendasikan untuk kamu yang mencari cat rambut yang bagus tetapi dengan harga yang masih ramah di kantong. Meskipun memiliki harga yang murah, tetapi kandungan yang terdapat di dalamnya tidak akan merusak rambut karena dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Selain itu, dalam satu pembelian Nyu Creme Hair Color, kamu akan langsung mendapatkan vitamin rambut yang bisa digunakan setelah selesai mewarnai rambut. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan sarung tangan bahkan sampai sikat rambutnya dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu berkisar dari Rp. 10.000 sampai Rp. 25.000-an.

7. Garnier Color Naturals

Ini dia salah satu produk cat rambut yang bagus tanpa bleaching dengan hasil yang sangat cantik dan banyak dicari, yaitu Garnier Color Naturals. Ada dua variasi yang bisa kamu pilih dari produk cat rambut yang satu ini, yaitu Creme Riche untuk yang ingin menutupi uban, dan Ultra Color untuk kamu yang ingin bereksperimen dengan warna-warna yang cantik dan memukau.

Garnier Color Naturals dilengkapi dengan color boost formula, yang akan menghasilkan warna yang terang dan jelas, meskipun di rambut yang gelap. Cat rambut ini juga mengandung bahan-bahan alami yang aman digunakan, seperti Olive Oil, Almond Oil, Coconut Oil, serta Vitamin A, D, dan E.

Dengan adanya kandungan tiga jenis minyak alami tersebut, rambut akan tampak berkilau dan terasa halus bahkan setelah berminggu-minggu mewarnai rambut. Harganya juga sangat terjangkau dengan harga mulai dari Rp. 1.400 – Rp. 46.000-an.

Itulah deretan rekomendasi cat rambut yang bagus yang bisa coba dibeli di pasaran dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus pula. Selamat bereksperimen di rumah, Grameds!

Jika kamu ingin mencari buku tentang rambut atau tentang perawatan kulit, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Adinda Rizki

BACA JUGA:

  1. 15 Cara Merawat Rambut dengan Mudah
  2. 13 Cara Melemaskan Rambut agar Tidak Mengembang dan Kaku 
  3. 7 Tips Bleaching Rambut serta Manfaat, Risiko, dan Cara Merawatnya 
  4. 13 Shampo untuk Rambut Rontok agar Rambut Kembali Sehat 
  5. Rekomendasi Hair Powder Terbaik agar Rambut Lebih Tebal


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda