in

Mengenal Proses Pembuatan Yogurt Hingga Kandungan dan Manfaat-Nya!

Sumber: Kompas.com

Proses pembuatan yogurt – Bicara soal yogurt memang sudah tidak asing lagi terlebih lagi bagi mereka yang suka dengan olahan susu. Kandungan gizi pada yogurt tak perlu ditanyakan lagi, sehingga tak jarang dijadikan sebagai makanan untuk diet. Namun, sebagian orang belum mengetahui secara pasti proses pembuatan yogurt.

Jika kamu termasuk orang yang belum mengetahui proses pembuatan yogurt, jangan khawatir karena artikel ini akan memberikan prosesnya. Terlebih lagi, ternyata yogurt bisa dibuat di rumah. Yuk, tunggu apalagi, segera simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Yogurt

Setiap orang selalu mendambakan memiliki bentuk tubuh ideal dan sehat. Selain melakukan olahraga secara teratur, makanan menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jenis makanan yang sejak dulu dianggap mampu menjaga daya tahan tubuh adalah yoghurt. Hal ini karena yogurt menjadi salah satu makanan bergizi yang baik untuk kesehatan.

Kandungan kalsium dan vitamin D pada yogurt berperan penting bagi perkembangan tulang dan gigi. Selain itu, olahan fermentasi susu ini juga dapat berfungsi efektif dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Yogurt merupakan hasil fermentasi susu dengan penambahan kultur organisme baik, salah satunya asam laktat.

Olahan yoghurt sendiri dijamin lebih aman kualitasnya. Teori bahwa yoghurt digunakan oleh orang-orang Turki kuno diperkuat dari buku Diwan Lughat al-Turk oleh Mahmud Kashgari dan Kutadgu Bilig oleh Yusuf Has Hajib yang ditulis pada abad ke-11. Kata yoghurt berasal dari Bahasa Turki, kata sifat yogun, yang berarti “padat” dan “tebal“.

Yoghurt yang dikenal luas berwarna putih ini diketahui merupakan makanan sehari-hari dari penduduk Yunani. Meski memiliki rasa asam, tetapi khasiat dari yoghurt pun tak diragukan lagi. Alhasil, banyak orang yang lantas menggemari yoghurt untuk dikonsumsi di pagi hari sebagai sarapan.

Biasanya, yogurt dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Alangkah baiknya, yogurt yang disajikan berupa yogurt plain atau tanpa campuran gula dan kamu bisa tambahkan beberapa buah, seperti apel, pisang, alpukat, dan sebagainya.

Membuat yoghurt sendiri di rumah bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mengisi waktu kosong di rumah. Dengan membuat yoghurt sendiri di rumah, Anda bisa menjaga kesehatan melalui olahan alami buatan tangan, tanpa campuran kimia maupun bahan pengawet lain.

Popularitas yogurt sebagai makanan sehat tak lepas dari adanya bakteri yogurt, salah satunya Lactobacillus acidophilus. Ini adalah jenis bakteri baik yang secara alami juga ada dalam tubuh. Umumnya, bakteri L. acidophilus terdapat di usus, mulut, dan vagina.

Bakteri ini bukan penyebab penyakit, justru sebaliknya memproduksi vitamin K dan laktase. Enzim laktase ini membantu pemecahan gula dalam produk susu.

 

https://www.gramedia.com/products/conf-kreasi-favorit-dengan-yoghurt?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Peran Bakteri Pada Yoghurt

Bakteri pada yogurt adalah jenis mikroba yang sama sekali tidak berbahaya. Bakteri inilah yang dapat mengubah susu biasa menjadi yogurt yang lezat. Di dalam yogurt, terdapat beberapa spesies dan spesies tersebut sering digunakan untuk membuat yogurt. Adapun beberapa bakteri yang dimaksud, seperti

  1. Streptococcus thermophilus
  2. Lactobacillus bulgaricus
  3. Lactobacillus acidophilus
  4. Lactobacillus casei
  5. Lactobacillus rhamnosus
  6. Bifidobacterium animalis

Jenis bakteri yang digunakan untuk proses pembuatan yogurt tercantum dalam kemasannya. Berbeda bakteri, akan berbeda pula jenis yogurt yang dihasilkan. Untuk bisa mengubah susu menjadi yogurt, bakteri-bakteri baik ini berperan melakukan fermentasi. Dalam proses fermentasi ini, gula laktosa dalam susu diubah menjadi asam laktat.

Asam laktat inilah yang membuat susu menjadi lebih kental dan terasa asam dan sedikit manis. Semakin tinggi asam laktat, pH akan menurun sehingga konsistensi susu menjadi lebih padat menjadi yogurt.

Lebih jauh lagi, jenis susu akan menentukan bagaimana hasil akhir yogurt yang dibuat. Contohnya susu murni untuk membuat yogurt full fat, susu rendah lemak untuk yogurt rendah lemak serta skim milk untuk yogurt tanpa lemak.

Produk olahan susu lain yang bisa dimasukkan dalam komposisi yogurt akan berpengaruh pula terhadap komposisinya. Contohnya krim untuk mengatur kadar lemaknya hingga menghasilkan susu tanpa lemak untuk mengatur kadar kekentalan yogurt.

Manfaat Yoghurt

Sudah tak bisa dipungkiri lagi apabila yogurt memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari yogurt jika dikonsumsi secara teratur.

  1. Yoghurt kaya protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yoghurt memiliki lemak setara dengan susu, sehingga bisa meningkatkan imun tubuh.
  2. Yoghurt bisa dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap susu, karena struktur laktosa telah dirusak oleh bakteri baik.
  3. Kandungan asam laktat bermanfaat membuat kulit jadi lembut dan bercahaya. Karena mampu membantu proses pengelupasan sel kulit mati, membersihkan pori, terhindar dari keriput, sehingga lebih glowing seperti artis Korea.
  4. Membantu sistem pencernaan lebih lancar.
  5. Kalsium dan vitamin D yang tinggi, baik untuk menjaga kesehatan tulang.
  6. Yoghurt mengandung asupan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zinc. Baik untuk sistem saraf dan melindungi jantung.
  7. Menggantikan energi setelah berolahraga, baik untuk mengganjal perut supaya tidak makan berlebihan.
  8. Bakteri baiknya, seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus membantu menjaga kulit dari radikal bebas. Kandungan ini juga memperkuat sistem imun dari penyakit yang menyerang saluran pencernaan
  9. Mencegah obesitas dan membantu menurunkan berat badan, bagi Anda yang sedang program diet.

Proses Pembuatan Yogurt

Pada dasarnya, yogurt bisa dibuat di rumah, sehingga tak perlu repot untuk membelinya dan kebersihannya pun lebih terjaga. Berikut ini beberapa tips dalam membuat yoghurt sendiri di rumah:
Pastikan proses fermentasi yogurt menggunakan wadah kedap udara.

Wadah yang tertutup rapat akan melancarkan proses fermentasi.

Saat membeli yogurt plain dan bibit yogurt, lihat dahulu tanggal kedaluwarsanya. Jika sudah tidak layak pakai, proses pembuatan yoghurt tidak akan berhasil.

Saat memasukkan susu ke wadah (untuk fermentasi), pastikan susu dalam keadaan hangat. Tidak panas dan tidak dingin.

Apabila Anda menggunakan yoghurt plain sebagai bakteri Lactobacillus f.Bulgaricus (pengganti bibit), carilah yang ada label live culture. Label tersebut menandakan bahwa ada kandungan bakteri hidupnya.

Siapkan pula susu cair tawar, termometer, sendok kayu, kain bersih, wadah kedap udara, dan juga panci anti karat. Semua alat benar-benar steril supaya yoghurt tidak terkontaminasi dan sukses.

Jika Anda masih memiliki yoghurt sisa, simpanlah dalam kulkas agar bakteri tidak mati dan rasa lebih nikmat.

Resep Yogurt

Yogurt bisa dikonsumsi dengan banyak bahan makanan. Berikut ini beberapa resep yoghurt yang enak dan sehat dan bisa Grameds coba di rumah:

1. Yoghurt Plain

proses pembuatan yogurt
Sumber: Product Nation

Bahan yoghurt:

  • 1 liter susu murni (lebih baik menggunakan susu sapi segar).
  • 50 ml atau 2 sdm bibit yoghurt (gunakan bibit yoghurt dengan perbandingan 5% dari banyaknya susu murni).
  • Bibit yoghurt sekarang sudah bisa Anda beli di toko online dan toko bahan kue.

Cara membuat:

  1. Panaskan susu murni dengan api kecil sambil diaduk-aduk selama 30 menit. Jangan biarkan susu mendidih, supaya protein susu tidak rusak.
  2. Setelah itu, angkat susu dan dinginkan hingga suhu hangat kuku dalam suhu ruangan.
  3. Masukkan bibit yoghurt, kemudian aduk merata menggunakan alat aduk steril. Bisa menggunakan spatula kayu yang sebelumnya sudah disterilkan menggunakan air panas.
  4. Selanjutnya masukkan ke dalam wadah tertutup lalu tutup dengan serbet untuk menciptakan kondisi gelap. Sebagai syarat hidup bakteri fermentasi selama 20 24 jam.
    Sesudah 24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaan susu.
  5. Apabila masih kurang kental atau kurang asam bisa diamkan lagi lebih lama.
  6. Kemudian, apabila Anda merasa sudah pas, aduk menggunakan alat steril sampai tercampur rata.
  7. Jika ingin membuat yoghurt lagi, pisahkan beberapa sendok yoghurt original pertama Anda ke dalam wadah kecil. inilah kelak yang menjadi starter jika Anda hendak membuat yoghurt lagi, tanpa perlu membeli bibit baru.
  8. Maksimal disimpan seminggu supaya tetap terjaga rasa dan sterilitasnya, bahan pengganti bibit tadi.
  9. Yoghurt siap dinikmati, bisa ditambahkan buah atau sirup sesuai selera Anda.

2. Yoghurt Plain Susu Bubuk

Bahan Yoghurt Plain Susu Bubuk:

  • 1 Cangkir yoghurt plain.
  • 1 Kotak susu bubuk plain atau full cream.

Cara Membuat Yoghurt Plain Susu Bubuk:

  1. Tuang 4 gelas air matang dan 12 sendok makan susu bubuk dalam panci. Aduk hingga tercampur sempurna. Supaya lebih merata, bisa dengan cara 1 gelas air ditambah 3 sendok susu bubuk diaduk dahulu baru dituang dalam panci begitu seterusnya sampai gelas keempat.
  2. Panaskan panci berisi susu di atas kompor, tunggu hingga susu mulai kelihatan bintik-bintik.
  3. Matikan kompor lalu tuang dalam panci lain yang ada tutupnya.
  4. Diamkan sampai uap tidak ada lagi.
  5. Kemudian, tuang yoghurt ke dalam susu, aduk sampai rata.
  6. Tutup rapat dan terakhir tutup juga menggunakan kain supaya kondisi gelap.
  7. Letakkan panci tersebut ke sudut ruangan yang suhunya stabil.
  8. Diamkan selama 10 jam atau lebih.
  9. Yoghurt sudah siap disajikan bersama topping.

3. Yoghurt Segar

proses pembuatan yogurt
Sumber: Hot-Liputan6.com

Bahan-bahan:

  • 1 liter plain yoghurt
  • Sejumput garam
  • Pewarna makanan
  • 300 gram gula pasir
  • 300 ml air

Cara membuat:

  1. Lelehkan gula dengan air panas. Saring sirup gula dan biarkan dingin.
  2. Tuang ke dalam plain yoghurt, tambahkan pewarna makanan. Aduk rata dengan mixer.
  3. Cetak yoghurt ke wadah plastik atau gelas. Masukkan ke freezer.

4. Yoghurt Jeruk

proses pembuatan yogurt
Sumber: Amazine.co

Bahan-bahan:

  • 800 ml susu putih cair
  • 1 sdt jeli bubuk
  • 120 gram yoghurt plain
  • 120 gram yoghurt rasa jeruk
  • 125 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 5 tetes pewarna kuning
  • 100 gram jeruk kaleng, dipotong-potong

Bahan hiasan:

  • 100 gram krim kocok
  • 6 buah jeruk kaleng
  • 6 tangkai daun mint

Cara membuat:

  1. Rebus susu cair, gula pasir, agar-agar bubuk, dan jeli bubuk hingga mendidih.
  2. Masukkan agar-agar ke dalam dua wadah yang berbeda. Tambahkan yoghurt jeruk dan pewarna kuning pada satu wadah. Sementara yoghurt plain pada wadah yang lain.
  3. Masak lagi agar-agar sampai mendidih.
  4. Tuangkan adonan 1/4 gelas, biarkan sampai sedikit beku.
  5. Tuangkan agar-agar jeruk setengah gelas, tunggu hingga setengah beku.
  6. Tambahkan hiasan di atasnya seperti krim kocok, daun mint, serta jeruk kaleng.

5. Yoghurt Pancake

proses pembuatan yogurt
Sumber: Kim’s Craving

Bahan-bahan:

  • 130 gr tepung terigu segitiga biru
  • 200 ml yoghurt rasa plain
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/4 sdt vanili bubuk
    2 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, soda kue, baking powder, vanili, dan gula pasir, aduk rata.
  2. Masukkan telur, aduk sebentar. Lalu tambahkan yogurt dan minyak goreng secara bertahap.
  3. Aduk pelan menggunakan whisk sampai bahan tercampur rata tapi jangan terlalu lama. Adonan nanti teksturnya menggerindil dan kental.
  4. Panaskan teflon, api kecil. Oles dengan minyak, kemudian tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur di tengah teflon.
  5. Masak sampai adonan habis. Siap disajikan.

https://www.gramedia.com/products/membuat-keju-yoghurt-dan-kefir-dari-susu-kambing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/membuat-keju-yoghurt-dan-kefir-dari-susu-kambing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

6. Yoghurt Leci

proses pembuatan yogurt
Sumber: Masak Apa Hari Ini?

Bahan bahan:

  • 1 liter homemade yoghurt plain

Bahan gula:

  • 100 gram gula pasir
  • Buah perisa (rasa leci, anggur, strawberry)
  • 100 ml air matang

Cara membuat:

  1. Siapkan yoghurt yang sudah dingin dan difermentasikan.
  2. Rebus air hingga sampai panas, tidak perlu mendidih.
  3. Masukkan gula, aduk sampai larut. Dinginkan.
  4. Campurkan gula dengan yoghurt.
  5. Masukkan perasa buahnya. Aduk rata.

7. Yoghurt Es Krim

proses pembuatan yogurt
Sumber: Hello Sehat

Bahan-bahan:

  • 200 ml / 1 kotak yogurt
  • 1 botol yakult
  • 7 sdm whipped cream bubuk

Bahan topping:

  • 4 sdm coklat batang
  • 2 sdm margarin

Cara membuat:

  1. Dinginkan yogurt dan yakult di kulkas minimal 1 jam.
  2. Kemudian aduk semua bahan menggunakan mixer atau bisa menggunakan garpu.
  3. Letakkan adonan dalam wadah, dinginkan dalam freezer.
  4. Rebus air secukupnya dalam panci, letakkan mangkuk berisi coklat dan margarin. Aduk hingga leleh, sisihkan.
  5. Es krim bisa langsung dimakan saat sudah beku atau bisa diberi topping coklat.

8. Greek Yoghurt

Bahan-bahan:

  • 500 ml yoghurt plain

Cara membuat:

  1. Persiapkan mangkuk bersih dan steril.
  2. Beri saringan besar besar dan tutup menggunakan saringan keju tepat di atasnya.
  3. Masukkan yoghurt secara perlahan-lahan lalu tutup menggunakan plastik wrap.
  4. Simpan ke dalam kulkas selama kurang lebih 4 jam.
  5. Keluarkan dan tuang ke dalam gelas saji.
  6. Siap untuk dinikmati.

9. Yoghurt Rice Cooker

Bahan-bahan:

  • 1 pack yoghurt starter
  • 1 liter susu UHT whole milk
  • 500 ml air matang

Cara membuat:

  1. Masukkan air matang ke dalam rice cooker.
  2. Setel rice cooker pada keadaan warm atau hangat.
  3. Tuang susu cair dan diamkan selama 45 menit.
  4. Tuang yoghurt starter ke dalam susu sambil terus diaduk agar merata.
  5. Tutup kembali rice cooker.
  6. Selimuti rice cooker menggunakan handuk tebal dan tunggu selama 12 jam.
  7. Buka dan aduk yoghurt.
  8. Saring untuk memisahkan yoghurt dan endapannya.
  9. Tuangkan yoghurt yang telah jadi ke dalam toples kecil.
  10. Simpan ke dalam lemari pendingin.
  11. Siap untuk dinikmati sewaktu-waktu.

10. Yoghurt Strawberry Alpukat

proses pembuatan yogurt
Sumber: Indozone

Bahan-bahan:

  • 2 sdm yoghurt plain
  • 250 ml susu UHT

Bahan Jus Alpukat:

  • 1 buah alpukat, kupas dan potong
  • 3 sdm gula pasir
  • 1,5 sdm larutan tepung maizena

Pelengkap:

  • 5 buah strawberry, cuci, dan potong

Cara membuat:

  1. Rebus susu cair selama 5 menit, jangan sampai mendidih agar protein susu tak hilang.
  2. Tambahkan 1,5 sdm yoghurt plain dan aduk merata.
  3. Masukkan ke dalam wadah besar dan tutup hingga rapat menggunakan serbet atau handuk tebal.
  4. Biarkan selama 13 jam, hindari untuk membuka tutup wadah agar proses fermentasinya berhasil.
  5. Simpan ke dalam lemari pendingin.
  6. Haluskan alpukat, agar-agar plain, dan gula dengan blender.
  7. Masak gula dan larutan tepung maizena.
  8. Tambahkan buah alpukat halus, aduk dan matikan kompor.
  9. Tuangkan yoghurt ke dalam gelas saji.
  10. Tambahkan alpukat halus di atasnya dan aduk hingga merata.
  11. Tambahkan potongan alpukat kembali dan potongan buah strawberry di atasnya.
  12. Siap dihidangkan untuk menemani waktu sarapan pagi Anda dan keluarga.

11. Yoghurt Istimewa

proses pembuatan yogurt
Sumber: Dreamers.id

Bahan-bahan:

  • 1 liter susu UHT full cream
  • 20 sdm yoghurt plain

Cara membuat:

  1. Panaskan susu UHT menggunakan api kecil sambil terus diaduk agar tak berbuih dan mendidih, matikan kompor.
  2. Tuangkan yoghurt ke dalam mangkuk tahan panas.
  3. Tambahkan susu kembali di atasnya, aduk merata.
  4. Masukkan ke dalam oven hingga memadat dan kental selama 3 jam.
  5. Angkat dan dinginkan.
  6. Siap untuk dinikmati bersama orang terdekat.

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-favorit-anak-ala-resto-es-krim?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Yogurt merupakan salah satu olahan susu fermentasi yang memiliki banyak manfaat karena didalamnya terdapat banyak sekali bakteri baik. Setelah mengetahui proses pembuatan yogurt di rumah, apakah Grameds tertarik untuk mencobanya? Demikian pembahasan tentang proses pembuatan yogurt, semoga artikel ini bermanfaat, Grameds.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak sumber informasi dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

buku resep mpasi

Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

buku resep masakan rumahan

Home Cooking ala Xander's Kitchen: 100 Resep Hits di Instagram

buku resep makanan favorit

241 Resep Makanan Favorit Antigagal (Ed. Revisi)

buku kelana rasa

Kelana Rasa Mancanegara - 80 Resep Hidangan Praktis dan Halal Dari 5 Benua Hits di Instagram



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi