in

7 Contoh Pidato Singkat untuk Berbagai Tema Acara!

jarmoluk/pixabay

Contoh pidato singkat – Pidato singkat adalah sapaan dengan susunan yang baik dan santun untuk menyampaikan sesuatu kepada hadirin. Sejak dahulu kala, pidato singkat masih digunakan di mana-mana dalam acara formal maupun informal. Bagi Anda yang masih awam berpidato di depan umum, sebaiknya menulis ringkasan yang akan disampaikan.

Tujuan dari pidato singkat itu sendiri adalah untuk memberikan gambaran kepada banyak orang tentang sesuatu. Pidato dapat diberikan di mana saja dan kapan saja. Dalam satu pidato, seseorang dapat menyampaikan banyak hal berbeda dengan banyak tujuan.

Namun, ada hal-hal tertentu yang harus dilakukan sebelum memberikan pidato. Orang yang berpidato juga harus memahami kegiatan pidato itu sendiri. Artikel ini akan membahas informasi tentang contoh pidato singkat.

Sobat Grameds, apakah kalian masih kesulitan membuat naskah pidato? Membuat pidato bukanlah tugas yang mudah. Daripada Grameds pusing lebih baik cari referensi contoh pidato singkat pada artikel di bawah ini! Yuk tunggu apalagi, mari simak artikel ini sampai selesai, ya

Apa itu Pidato?

contoh pidato singkat
mohamed_hassan/Pixabay

Pidato adalah tindakan berbicara di depan banyak orang. Pidato disampaikan dengan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh audiens. Dialog dalam pidato akan menjelaskan ide dan instruksi. Tidak jarang pembicara memberikan nasihat kepada pendengar dan itu tergantung pada konteks atau keadaan pidato.

Biasanya, pidato akan dibawakan oleh orang-orang yang dianggap penting. Dalam arti tertentu, orang tersebut dibutuhkan untuk menyampaikan pernyataan atau sudut pandang. Hal-hal yang dikomunikasikan mengandung informasi melalui cara berorasi.

Menurut KBBI, pidato adalah ungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata. Pidato bertujuan untuk disampaikan kepada orang banyak. Selanjutnya, pidato adalah sebuah wacana yang disiapkan yang diberikan kepada audiens.

Sedangkan menurut Djen Amar, pidato adalah sesuatu yang melibatkan tiga hal. Pertama, pembicara atau komunikator menyampaikan sesuatu secara lisan. Yang kedua menyangkut isi pidato atau pesan yang terkandung dalam pesan verbal. Yang ketiga pendengar atau penonton yang hadir dan mendengarkan, mereka disebut komunikator dalam berkomunikasi.

Pengertian pidato menurut Emha Abdurrahman adalah berbicara di depan umum. Pidato dibuat untuk mengungkapkan pendapat atau deskripsi. Pidato yang diberikan secara lisan oleh seseorang. Informasi dalam pidato yang menjelaskan sesuatu hal atau sebuah masalah. Pidato akan disampaikan dengan menggunakan kalimat yang jelas dalam waktu yang ditetapkan di depan banyak orang.

Berdasarkan pengertian umum dan menurut para ahli, dapat ditarik kesimpulan tentang pengertian pidato. Pidato adalah transmisi pesan dari pembicara ke pendengar. Pidato diberikan dalam situasi komunikasi tertentu. Tujuannya berbeda, baik untuk menghibur, menginformasikan atau membujuk.

Tidak jarang sebuah pidato dimaksudkan untuk menyentuh emosi pendengarnya. Kegiatan berbicara yang memerlukan bahasa formal dan struktur yang benar juga diperlukan. Ini dilakukan tergantung pendengarnya.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Bagi mereka yang sudah terbiasa tampil di depan banyak orang, akan mudah dalam melakukan pidato. Namun, lain halnya dengan seseorang yang belum terbiasa berbicara di depan banyak orang akan merasa sulit untuk berpidato. Saat ini, sudah ada banyak buku yang dapat memudahkan seseorang dalam berpidato.

Salah satu buku yang bisa dijadikan panduan adalah Cara Praktis Belajar Pidato. Buku yang berisi 156 halaman ini menjadi jawaban jawaban atas kekhawatiran mereka yang belum siap untuk berbicara di depan umum. Terlebih lagi, buku ini menggunakan bahasa yang sederhana.

Contoh Pidato Singkat

Jenis-Jenis Pidato

contoh pidato singkat
rocheartist/Pixabay

Nah, setelah membahas pengertian pidato, agar pembahasan pidato kita semakin lengkap, maka artikel ini juga akan membahas jenis-jenis pidato. Sudah tahu jenis-jenis pidato apa saja? Jika belum, kamu bisa penjelasannya di bawah ini, Grameds. 

1. Pidato Argumentatif

Jenis pidato yang pertama adalah adalah pidato argumentatif. Pidato argumentatif adalah pidato yang berisi beberapa hal. Seperti proposisi, argumen, data, atau alasan. Ini berfungsi untuk menyangkal atau mendukung sebuah pernyataan.

Seperti kepercayaan, pendapat atau opini tertentu. Untuk memperkuat akseptabilitas argumen, hal-hal lain juga diperlukan. Seperti statistik, data faktual, bukti atau kesaksian seseorang atau seorang ahli.

2. Pidato Rekreatif

Jenis pidato berikutnya adalah pidato rekreatif. Pidato rekreatif juga biasa disebut sebagai pidato kekeluargaan. Jenis pidato ini sering kali menimbulkan kegembiraan. Kegembiraan ini dapat dinikmati dengan penuh persaudaraan atau kekeluargaan.

Oleh karena itu, pembicara harus kompeten dalam melakukan pendekatan dengan audiens. Kemampuan yang dimaksud adalah menampilkan hal-hal yang dapat menciptakan suasana yang ramah.

Humor dan candaan juga bisa digunakan untuk menghangatkan suasana. Tujuan dari pidato yang menghibur ini adalah untuk membangkitkan suasana kekeluargaan. Keduanya terkait dengan kesedihan dan hal-hal yang terkait dengan kegembiraan.

3. Pidato Persuasif

Jenis tuturan yang ketiga adalah pidato persuasif. Tujuan dari pidato persuasif adalah untuk mempengaruhi audiens. Persuasif adalah proses mempengaruhi opini.

Selanjutnya, pidato  persuasif juga dapat mempengaruhi sikap dan tindakan seseorang. Caranya adalah dengan menggunakan manipulasi psikologis. Itu akan membuat pendengar bertindak sesuai dengan keinginan mereka.

Sikap, tindakan, dan pendapat adalah fenomena kepribadian. Oleh karena itu, seorang komunikator harus mengetahui sejumlah faktor. Faktor-faktor ini mempengaruhi kepribadian manusia.

Tujuan pidato persuasif adalah tindakan. Selain itu, sasarannya juga bisa terhadap tindakan atau perilaku seseorang. Hal ini dilakukan sesuai dengan keinginan pembicara atau komunikator.

4. Pidato Informatif

Jenis pidato yang terkenal adalah pidato informatif. Pidato informatif adalah pidato yang dimaksudkan untuk menyampaikan pengetahuan atau informasi penting. Informasi ini akan diberikan kepada komunikator atau pendengar.

Hal ini dimaksudkan agar pendengar mengetahui apa yang sedang ditransmisikan. Selain itu, agar pendengar paham dengan informasi yang telah disampaikan. Diharapkan juga agar pendengar menerima informasi yang disampaikan.

Menurut Monroe, Ehninger, dan Gronbeck, pidato informatif dapat dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, laporan lisan atau laporan kepanitiaan. Contoh laporan lisan adalah laporan komite, laporan ilmiah, laporan proyek, laporan tahunan, dll.

Kedua, mengajar atau menginstruksikan secara lisan. Misalnya seperti seorang guru yang menjelaskan suatu mata pelajaran dan juga bos yang menjelaskan pekerjaan kepada karyawan mereka.

Ketiga, informative lectures atau kuliah. Contohnya termasuk kuliah umum, presentasi kepada peserta konferensi, kegiatan pengajian, dan presentasi sebuah surat kabar.

Struktur Pidato

Sebelum berpidato, sering kali orang menuliskan isi pidatonya terlebih dahulu yang bertujuan ntuk membuat teks pidato. Maka dari itu, Grameds perlu mengetahui struktur teks pidato. Berikut adalah struktur teks pidato:

1. Bagian Pembukaan

Bagian pembukaan dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  1. Salam pembuka
  2. Salam hormat. Di bagian ini, umum untuk menyebutkan beberapa orang yang pernah memegang jabatan tinggi dan yang berpidato akan memberi penghormatan.
  3. Kata-kata terima kasih. Di bagian ini, seseorang akan memberikan pidato yang pasti untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya. Ini mungkin karena mereka memiliki kesempatan dan waktu untuk berbicara di depan audiens.
  4. Pengantar topik utama. Di bagian keempat ini, pembicara perlahan-lahan akan memulai percakapan yang mengarah ke topik. Pada umumnya mereka menggunakan kalimat pengantar yang akan mendukung topik yang akan dibahas nanti.

Di bagian pertama pidato Anda, mulailah dengan nada yang kuat. Karakter ini dapat digunakan untuk menarik perhatian pendengar. Jika mereka mendengarkan di awal, pendengar akan terus mendengarkan pembicara sampai akhir.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat pembuka pidato Anda menjadi berkesan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Pembicara harus memiliki karakter yang kuat. Ada lima elemen yang dapat membuat pidato pembukaan berkesan, yaitu:

Mencuri perhatian: Salah satu cara pembicara dapat menarik perhatian pendengar adalah memulai dengan pernyataan yang kuat. Selain itu, pembicara juga dapat melakukannya dengan bantuan visual.

Terhubung dengan pendengar: Komunikasi dua arah dengan pendengar. Akibatnya, pembicara akan memusatkan perhatiannya pada pembicara.

Relevansi: Hal lain yang perlu ditunjukkan kepada pendengar adalah kelayakan. Buktikan bahwa Anda layak untuk didengarkan. Ada baiknya berbicara tentang apa yang ingin Anda sampaikan. Sampaikan dengan bahasa yang sopan dan fakta yang jelas.

Objektif:Ini juga penting untuk dilakukan. Jelaskan tujuan dan harapan yang ingin Anda sampaikan melalui pidato Anda. Akibatnya, pendengar dapat memperhatikan pembicara.

Peta jalan: Kemudian Anda juga harus menunjukkan peta jalannya. Beri tahu pendengar Anda hal atau poin utama dari pidato yang akan Anda sampaikan. Hal ini memungkinkan pendengar untuk memahami dan mengerti apa yang akan mereka dengar.

Kalau bicara tentang pidato, pastinya tidak hanya dilakukan oleh pemimpin saja, tetapi setiap orang juga memiliki kesempatan untuk berpidato. Bahkan, berpidato pun bisa dilakukan dengan beberapa bahasa, seperti bahasa Inggris, Indonesia, dan Arab. Namun, melakukan pidato 3 bahasa tak mudah.

Meski tak mudah, tetapi sebenarnya hal ini tetap masih dilakukan asalkan sudah terbiasa terlebih dahulu. Untuk terbiasa melakukan hal itu, maka kamu bisa mempelajari pidato dengan 3 bahasa melalui buku  Pidato 3 Bahasa: Arab, Inggris, Indonesia. Melalui buku ini, pembaca akan mengetahui konteks yang ada, ketika berpidato.

2. Bagian Isi

Bagian selanjutnya setelah pembukaan adalah bagian isi. Isi pidato harus mengandung informasi penting. Isi pidato juga harus menyertakan alasan kuat.

Hal tersebut akan membuat percakapan Anda bertahan lama dan sesuatu yang bisa dipercaya. Menyusun secara akurat dan logis isi pidato yang akan dijelaskan. Kami juga menyarankan Anda menggunakan sumber terpercaya dan mengetahui tentang otentikasi.

3. Bagian Penutup

Bagian terakhir dari struktur pidato adalah bagian penutup Bagian ini biasanya berisi kesimpulan berdasarkan materi yang disampaikan. Selain itu, perlu juga meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan dalam pidato tersebut. Pembicara kemudian dapat memberikan ucapan terima kasih dan salam terakhir.

Contoh Pidato Singkat

contoh pidato singkat
klimkin/Pixabay

Sobat Grameds, berikut ini adalah beberapa contoh dari naskah pidato singkat yang bisa dijadikan sebagai referensi. Contoh pidato singkat di bawah ini mempunyai tema yang beragam, antara lain:

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Assalamualaikum Wr.Wrb

Selamat pagi

Bapak/Ibu yang kami hormati,

Dan semua teman-teman saya yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara pagi ini.

Guru dan teman-teman yang saya sayangi, karena kita tahu bahwa lingkungan kita telah menjadi cerminan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan sekitar kita terkesan tidak enak dipandang dan terasa tidak nyaman.

Apalagi sekolah ini sudah menjadi rumah kedua kita semua, dimana kita singgah setiap hari untuk belajar. Lingkungan sekolah harus selalu terjaga dan memiliki suasana yang sejuk agar kita dapat lebih fokus dalam proses belajar mengajar.

Maka, sebagai anggota keluarga besar sekolah ini, saya sangat berharap kita dapat terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita sayangi.

Setiap kelas harus memiliki kedisiplinan tersendiri tentang pentingnya kebersihan. Seperti yang telah disebutkan, setiap siswa memiliki jadwalnya masing-masing, selalu datang lebih awal untuk membersihkan kelas terlebih dahulu agar saat pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita bersih dan nyaman.

Dan ingat, kita semua sebagai pelajar harus selalu sadar bahwa keberadaan tong sampah bukan tanpa tujuan.

Mari belajar dengan patuh membuang sampah pada tempatnya agar sekolah dan kelas kita selalu bersih dan bebas dari sampah.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

Saya berharap dengan tindakan kecil yang saya sebutkan tadi, saya berharap dapat mengingatkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh penting terhadap kesehatan, oleh karena itu kebersihan harus dijaga oleh kita dan oleh kita juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sepatah kata dalam pidato singkat ini, jika ada kesalahan mohon dimaafkan.

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Yang terhormat kepala sekolah, Bapak/Ibu Guru dan staf Tata Usaha

serta murid-muridku yang saya cintai

Pada siang hari ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dengan sehat jasmani dan rohani.

Seperti yang kita ketahui bersama, negara kita telah menemukan fakta baru, yaitu jumlah orang yang menggunakan narkoba sangat besar.

Karena penegakan hukum yang lemah di Indonesia, agen internasional bebas bekerja sama dengan warga negara Indonesia untuk menyebarkan obat-obatan terlarang ini di negara kita.

Penyalahgunaan obat-obatan dan zat aditif sejenis tentunya berdampak luas dan kompleks bagi kita semua.

Contoh dampaknya antara lain perubahan perilaku, masalah kesehatan, produktivitas kerja yang anjlok, kriminalitas, dan perilaku kekerasan lainnya. Namun bapak ibu, sebenarnya kita bisa bersinergi untuk mencegah ketergantungan narkoba melalui program-program yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun organisasi sosial dan kelompok masyarakat.

Program ini meliputi berpartisipasi dalam kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pecandu atau pengedar narkoba, dan tidak mudah terombang-ambing oleh ajakan atau bujukan untuk menggunakan narkoba.

Karena remaja lebih mudah dan rentan untuk mencoba sesuatu yang baru, pengguna narkoba di negara kita juga didominasi oleh kalangan remaja dan pelajar.

Selain kegiatan yang saya sebutkan sebelumnya, dalam prakteknya sekolah juga sering mengedukasi siswa tentang bahaya dan akibat penyalahgunaan narkoba melalui guru BP kemudian melalui diskusi, melibatkan siswa dalam perencanaan pencegahan penyalahgunaan dan perencanaan intervensi. sekolah.

Program lain yang cukup penting adalah program peringatan narkoba dengan mengenali ciri-ciri pelajar yang menggunakan narkoba, mewaspadai pengunjung atau pengedar yang tidak dikenal, dan melakukan razia mendadak.

Ayo kita hindari dan jauhi serta berpartisipasi dalam pemberantasan peredaran narkoba. Hanya itu yang dapat saya sampaikan pada siang ini, jika ada kesalahan dalam pidato saya, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatian Anda. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Singkat Tentang Covid-19

Halo rekan-rekan yang saya sayangi.

Alhamdulillah saya masih bisa disini bersama teman-teman saya yang sehat.

Seperti yang kita tahu, pandemi Covid-19 masih menyebar di Indonesia. Jumlah korban aktif dan kematian meningkat setiap hari. Saya tidak bosan mengajak teman-teman semua untuk selalu menghormati prosedur perawatan kesehatan yang direkomendasikan oleh para profesional medis.

Prosedur kesehatan yang dimaksud adalah menjaga jarak, memakai masker dan selalu mencuci tangan. Protokol kesehatan ini penting untuk selalu dipatuhi guna meminimalisir penyebaran virus corona yang mematikan.

Selain itu, saya juga ingin mengajak teman-teman untuk mendoakan saudara-saudara kita yang terjangkit Covid-19, serta yang telah meninggal dunia.

Semoga yang sakit segera sembuh dan yang meninggal beristirahat dengan tenang.

Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan Sekolah

Salam sejahtera, semuanya.

Hadirin sekalian, pertama-tama kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah mengizinkan kita selalu sehat selama acara perpisahan sekolah ini.

Teman-teman, saya tidak merasa waktu berjalan secepat itu. Hari ini kita bersiap menuju pintu perpisahan untuk memasuki perjalanan hidup yang baru. Perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

 Mungkin semua yang kita pelajari di sekolah adalah pedoman yang kita pegang selama sisa hidup kita. Semoga masa-masa yang kita lewati panduan ilmu disini menjadi kenangan yang akan selalu kita kenang sampai tua nanti.

Jika ada pertemuan pasti ada perpisahan. Semoga perpisahan ini tidak mengakhiri persahabatan yang telah kita buat. Atas nama seluruh siswa, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para guru dan staf yang telah membimbing kami selama ini. 

Sampai jumpa lagi teman-temanku. Semoga kita selalu berjalan di jalan-Nya dan semua impian kita menjadi kenyataan.

Tampil atau menyampaikan suatu hal di depan orang banyak, tidak mudah dilakukan. Bahkan, tak sedikit juga yang akan merasa grogi, sehingga penampilan di depan orang banyak jadi kurang maksimal. Sama halnya, dengan orang yang belum terbiasa berpidato pasti akan terlihat canggung.

Hal seperti itu merupakan hal yang wajar terjadi. Untuk kamu yang ingin lebih mahir dalam berpidato, maka bisa mengetahui cara-cara berpidato yang tepat. Buku Mahir Pidato dan MC: Panduan Praktis Menyingkirkan Rasa Gugup berisi teori-teori dalam berpidato yang akan memudahkan kamu dalam berpidato.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pentingnya Teknologi Internet

Assalamualaikum Wr.Wrb

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat.

Terima kasih teman-teman telah meluangkan waktu untuk datang ke ruangan ini.

Maksud saya, saya ingin memberikan ceramah tentang Pentingnya Teknologi Internet Saat Ini.

Saat ini, Internet sudah pasti menjadi hal yang bisa dikatakan paling banyak dipraktikkan. Kata internet sudah tidak asing lagi bagi kita. Teknologi internet telah berkembang hingga saat ini. Dulu, internet jarang digunakan.

Namun, sekarang internet sudah banyak yang bisa digunakan. Kemajuan teknologi internet akibat globalisasi.

Dahulu internet hanya digunakan untuk komunikasi sosial, sedangkan saat ini internet dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Saat ini internet sudah sering digunakan oleh masyarakat. Internet juga diperlukan bagi pelajar hingga dewasa. Dengan kata lain, internet juga dapat membantu kita dalam pekerjaan kita.

Internet tidak hanya digunakan untuk memudahkan pekerjaan, tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi secara detail.

 

Ternyata dengan menggunakan internet bisa membantu kita mengurangi beban kerja kita. Seiring berjalannya waktu, teknologi internet telah banyak berkembang.

Internet memiliki banyak manfaat, terutama dapat membantu menyelesaikan sesuatu. Sekarang laptop, handphone dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet.

Saya harap teman-teman semua dapat memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Terima kasih telah mendengarkan pidato saya. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Sumber: Artikel Rumah 123.com

Contoh Pidato Singkat Jangan Buang Sampah Sembarangan

Sumber: Berita99.co

Penutup

Grameds pun tak perlu takut untuk berpidato jika ingin menyampaikan suatu aspirasi yang inovatif di depan publik. Demikian pembahasan tentang contoh pidato singkat. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu jadi tertarik untuk melakukan pidato singkat?

Demikian ulasan informasi mengenai contoh pidato singkat. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi pidato lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rujukan:

https://brainly.co.id/tugas/48637364

https://aryjanoe10.blogspot.com/2012/05/pidato-argumentatif.html

https://www.merdeka.com/jatim/6-jenis-jenis-pidato-beserta-tujuan-dan-metode-penyampaiannya-pelajari-lebih-lanjut-kln.html

https://brainly.co.id/tugas/51822070

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

5 Contoh Pidato Singkat Tentang Agama dengan Berbagai Tema

6 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Contoh Pidato Singkat tentang Kebersihan dan Tema Pidato Lainnya

4 Contoh Pidato Tentang Tanah Air Singkat dan Bermakna!

3 Contoh Pidato Perpisahan Singkat untuk Siswa, Wisuda, dan Karyawan

Apa saja jenis-jenis pidato?

1. Pidato Argumentatif 2. Pidato Rekreatif 3. Pidato Persuasif 4. Pidato Informatif

Struktur pidato ada berapa?

Struktur pidato ada tiga, yaitu pembukaan, isi, dan penutup

Apa yang dimaksud dengan pidato

Pidato adalah tindakan berbicara di depan banyak orang. Pidato disampaikan dengan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh audiens.

Apa arti pidato menurut KBBI?

Pidato adalah ungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata. Pidato bertujuan untuk disampaikan kepada orang banyak.

 



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.1k / 1.2k
  • Tidak
    6% 6% 84 / 1.2k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by ziaggi