in ,

10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa – Kuliah sambil bekerja adalah sesuatu yang tidak semua mahasiswa dapat menjalaninya karena membutuhkan manajemen waktu yang sesuai. Lagipula, kuliah sambil bekerja itu bukan hal yang salah lho… Bahkan banyak yang melakukannya untuk beberapa alasan, misalnya untuk menambah uang saku dan mendapatkan pengalaman berharga.

Apalagi jika pekerjaan ini ditekuni ketika liburan semester datang. wah tentu saja Grameds  akan mendapatkan pundi-pundi rupiah di sela-sela liburan tersebut. Selain itu, pekerjaan sambilan tersebut nantinya dapat juga dimasukkan ke CV (Curriculum Vitae) yang berguna di dunia kerja kelak.

Lalu, apa saja ya pekerjaan sambilan yang cocok untuk para mahasiswa? Yuk simak ulasan berikut ini!

10 Pekerjaan Yang Dapat Dijalani Mahasiswa

1. Guru Les

Sebenarnya, pekerjaan ini juga digandrungi oleh para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menambah uang saku sekaligus pengalaman mereka. Terutama bagi Grameds yang merupakan mahasiswa jurusan pendidikan, tentu saja pekerjaan yang satu ini dapat menambah pengalaman yang berguna untuk nanti saat mendaftar di lembaga pendidikan.

Biasanya, mata pelajaran yang diajarkan oleh para guru les adalah yang diujikan di ujian nasional. Selain itu, untuk menjadi guru les itu dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni secara privat dan bergabung dengan lembaga bimbingan belajar.

Jika bergabung dengan lembaga bimbingan belajar, upahnya akan dihitung per jam atau per kehadiran.

2. Admin Sosial Media

Di zaman yang serba digital ini, tentu saja keberadaan sosial media sangat dibutuhkan untuk berbagai aspek. Terutama untuk memasarkan produk di sebuah online shop.

Nah, bagi Grameds yang tergolong kreatif dan memiliki pengetahuan akan copywriting, tentu saja bisa menjadi mencoba pekerjaan admin sosial media ini.

Admin sosial media ini biasanya sangat diperlukan bagi online shop untuk memasarkan produknya, di perusahaan, startup, hingga UMKM.

tombol beli buku

3. Fotografer

Apabila Grameds memiliki hobi memotret, yuk coba pekerjaan sambilan sebagai fotografer!

Seringkali terdapat pemikiran bahwa pekerjaan ini hanya sekadar memfoto saja, padahal sebenarnya seorang fotografer juga membutuhkan teknik khusus supaya hasil potretnya terlihat apik lho…

Bagaimana cara untuk memperoleh pekerjaan ini? Yakni dengan bekerja secara sendirian atau bergabung di sebuah Wedding Organizer (WO). Memang kebanyakan WO itu membutuhkan fotografer profesional, tetapi tidak sedikit pula WO yang memperbolehkan seorang fotografer “newbie” untuk bergabung dan belajar bersama mereka.

4. Penulis

Pekerjaan ini tentu saja dapat dilakoni oleh mahasiswa dari jurusan apapun. Apa saja yang dapat diperoleh dari pekerjaan menulis selain pundi-pundi rupiah? Tentu saja ada banyak. Sebut saja dengan menulis, kita dapat memperluas wawasan, memperkaya perbendaharaan kata, melatih kemampuan untuk mengemukakan pemikiran secara sistematis, hingga menambah relasi antar penulis lain.

Penulis itu tidak harus selalu berhubungan dengan menulis buku, tetapi juga bisa dengan menulis artikel yang ada di internet. Bahkan, bisa juga dengan menulis review buku di blog pribadi.

tombol beli buku

5. Barista

Pekerjaan yang satu ini tengah digandrungi oleh kaum muda-mudi, baik itu yang masih kuliah dan menjadikannya sebagai pekerjaan sambilan atau sebagai pekerjaan tetap. Jangan dipikir bahwa pekerjaan barista itu hanya sekadar meracik minuman di cafe saja ya… 

Ternyata seorang barista itu memiliki teknik dan cara tertentu untuk meracik bahan untuk menjadi minuman yang enak. Bahkan saat ini, banyak diadakan seminar kecil-kecilan yang membahas tentang bagaimana cara menjadi barista yang benar.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Biasanya, seorang barista akan dibayar per jam, per hari, atau per dua minggu, bergantung kedai kopi atau cafe yang mempekerjakannya. Selain itu, seorang barista harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik supaya dapat menarik pelanggan secara asyik.

6. Penerjemah

Bagi Grameds yang mempunyai kemampuan berbahasa asing di atas rata-rata, bisa lho menjadi seorang penerjemah!

Biasanya, pekerjaan ini dilakoni oleh mereka yang mengambil jurusan kuliah bahasa asing. Proyek yang diberikan juga biasanya berupa menerjemahkan buku, hasil penelitian, jurnal ilmiah, dan lain-lain.

Untuk upah, biasanya para penerjemah akan menghitung per lembar.

tombol beli buku

7. Reseller

Nah, bagi Grameds yang menyukai dunia bisnis, tentu saja mengawalinya dengan bekerja sebagai reseller di sela-sela perkuliahan.

Banyak lho produk yang bisa dijadikan sebagai barang reseller, misalnya jilbab, pakaian, aneka camilan, paket aplikasi berbayar, hingga album dan merchandise KPOP.

Untuk memasarkannya cukup mudah karena hanya bermodalkan smartphone saja dan promosinya juga melalui sosial media hingga platform khusus belanja online. Jika Grameds serius dan tekun dalam menjalani pekerjaan ini, tentu saja upah yang didapatkan tidak akan main-main!

8. Driver Transportasi Online

Sudah cukup lama, negara kita ini ramai akan keberadaan transportasi online, baik Grab, Gojek, Maxim, hingga Anterin. Keberadaan transportasi online tersebut tentu saja memudahkan masyarakat kita ini untuk memperoleh pekerjaan sebagai driver.

Apalagi untuk para mahasiswa yang telah memiliki kendaraan pribadi, baik itu motor atau mobil. Tidak perlu gengsi untuk menjadi seorang driver transportasi online ini karena ternyata pundi-pundi rupiah yang didapatkan sangatlah fantastis!

Namun, perlu diingat ya untuk menomorsatukan kegiatan kuliah terlebih dahulu. Jadi ketika masih ada jadwal kuliah, aplikasi tersebut dapat dimatikan sementara. Nah, setelah kuliah telah usai atau ada waktu kosong, baru menghidupkan aplikasi tersebut dan “berburu” penumpang.

tombol beli buku

9. Make Up Artist (MUA)

Pekerjaan ini sangat cocok bagi Grameds yang suka berdandan. Meskipun terlihat sepele, pekerjaan sebagai make up artist itu susah lho karena membutuhkan keterampilan khusus supaya riasan make up dapat terlihat menawan.

Berkaitan dengan upah, para make up artist pemula biasanya mematok harga sekitar Rp250.000 per orang. Nah, ketika pelanggan pertamamu itu puas dengan pulasan make up tersebut, nantinya namamu akan semakin besar sehingga upahnya juga akan semakin tinggi.

10. Freelance

Pekerja lepas atau freelance ini ternyata tidak bisa dianggap remeh lho. Meskipun tidak terikat dengan kontrak perusahaan, tetapi upah yang diberikan biasanya cukup fantastis!

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan freelance ini? Caranya cukup mudah, yakni dengan mencarinya di platform khusus, misalnya Freelancer, Fastwork, dan Sribulancer.

Pekerjaan yang ditawarkan juga beragam, ada sebagai penulis artikel, desain grafis, hingga illustrator. Nah, melalui pekerjaan freelance ini tentu saja nantinya dapat dimasukkan ke CV yang berguna untuk mendaftar pekerjaan nanti setelah lulus kuliah.

tombol beli buku

Nah, itulah sepuluh pekerjaan yang dapat dilakoni oleh para mahasiswa. Sebelum mengambil pekerjaan sambilan ini, perlu diingat untuk tetap menomorsatukan kegiatan perkuliahan ya… Jangan karena telah mendapatkan pundi-pundi rupiah yang lumayan, justru melupakan perkuliahan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

  1. Mengenal Perencanaan dan Pengembangan Karir yang Sukses 
  2. 4 Tips yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Kerja, Apa Saja? 
  3. 30+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar [Template Gratis] 
  4. Tips Mengikuti Job Fair Agar Sukses Mendapatkan Pekerjaan 
  5. Pertanyaan Interview Kerja & Jawabannya, Serta Tips Interview Kerja 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum