in

9 Contoh Oleh-oleh Khas Malaysia, Siap-siap untuk Kalap!

Siapa kat sini nak pergi Malaysia??? Selain tempatnya dekat dan harga tiket yang cenderung murah, negara jiran ini menjadi salah satu destinasi pilihan orang-orang Indonesia, lho! Apakah Grameds jadi salah satu di antaranya??

Berlibur ke luar negeri juga pasti sudah wajib mengutamakan satu hal ini. Yak, benar sekali: oleh-oleh. Kalau ini kali pertamamu pergi berlibur ke Malaysia, pasti kebingungan apa saja oleh-oleh khas Malaysia yang sebaiknya kamu beli sebagai kenang-kenangan pernah berkunjung ke sana.

 

Contoh Oleh-oleh Khas Malaysia

(Sumber foto: Kompas.com)

Mulai dari makanan hingga perhiasan, inilah contoh oleh-oleh khas Malaysia yang direkomendasikan oleh Gramin!?

1. Kue Kapit

Pertama adalah kue kapit, sebuah kue khas Malaysia yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, santan, dan telur. Pembuatan kue ini menggunakan cetakan loyang khusus sehingga tampilannya khas. Teksturnya juga kering dan renyah sehingga cocok menjadi teman minum kopi kamu!??

2. Milo Malaysia

Makanan satu ini pernah viral beberapa tahun lalu, tetapi orang masih menggandrunginya hingga sekarang. Entah kenapa, Milo yang berasal dari Malaysia memiliki rasa yang jauh lebih enak dibandingkan Milo lokal kita.?

Selain berbentuk serbuk minuman biasa, ada juga lho produk inovasi lainnya bernama Milo Cube. Bedanya, Milo Cube harus dicetak dahulu menjadi bentuk kubus yang berukuran kecil-kecil. Anak-anak maupun orang dewasa pasti setuju kalau ini jadi salah satu camilan kesukaan mereka.??

3. Old Town White Coffee

Di Indonesia ada Luwak White Coffee, di Malaysia ada Old Town White Coffee. Sebagai salah satu brand pembuat kopi terkenal di negaranya, Old Town membuat kopi ini dari biji kopi pilihan yang dipanggang sempurna. Penyajian white coffee ini juga menggunakan susu kental dan manis sehingga menciptakan cita rasa yang unik!? Mereka juga menyediakan versi sachet-nya, lho! Cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Malaysia yang bisa kamu bawa pulang.

4. Cokelat Beryl

Masih dengan tema makanan, kali ini kita beralih ke produk cokelat premium dari Malaysia. Brand Beryl menyediakan cokelat dengan berbagai varian rasa sehingga sempurna untuk dijadikan oleh-oleh khas Malaysia. Contohnya saja cokelat rasa tiramisu, choco bar, dan cokelat yang disimpan dalam toples. Tak hanya cokelat, ternyata mereka juga menjual beberapa jenis kue kering yang cocok untuk dipadukan dengan cokelat buatannya.?

5. Minyak Gamat

Pernah mendengar produk satu ini? Ternyata, minyak gamat dipercaya menjadi solusi dari sejumlah masalah kesehatan kulit dan tubuh. Misalnya keseleo, gigitan serangga, sakit sendi, pegal-pegal, dan masih banyak lagi. Makanya itu, minyak dari ekstrak teripang laut ini menjadi barang yang dicari-cari orang.?

6. Teh Tarik

Oleh-oleh khas Malaysia selanjutnya adalah teh tarik. Teh ini menjadi salah satu iconic khas Malaysia karena penyajiannya. Teh ini dituangkan dari satu cangkir ke cangkir lainnya dari ketinggian tertentu sehingga menghasilkan buih-buih lembut di atas permukaannya. Penggunaan susu atau krimer juga membuat perpaduan rasanya menjadi creamy dan harum. Apakah Grameds juga menyukai minuman satu ini?

7. Kerongsang

Oleh-oleh khas Malaysia ini menjadi pilihan aksesoris yang pas untuk diberikan ke para perempuan! Kerongsang merupakan sebuah aksesoris tradisional berbahan logam ataupun manik-manik. Biasanya, kamu bisa menemukannya sebagai hiasan pada pakaian tradisional khas Malaysia sana. Sebagai pilihan, ada beberapa motif dan desain kerongsang yang bisa Grameds tentukan.

8. Miniatur Menara Petronas

Kemudian ada juga oleh-oleh khas Malaysia berupa miniatur menara petronas. Pernah mendengar istilah two towers dari Malaysia? Inilah yang Gramin maksud. Oleh-oleh yang satu ini sangat iconic karena menjadi salah satu landmark terkenal dari negeri jiran.?

9. Tau Sar Piah

Makanan terakhir yang menjadi oleh-oleh khas Malaysia adalah tau sar piah. Ini adalah sebuah kue tradisional yang terbuat dari tepung terigu dan biasanya diisi oleh pasta kacang hijau. Teksturnya lembut dan kaya rasa sehingga menjadi salah satu makanan favorit wisatawan.?

 

Tips Memilih Oleh-Oleh Khas Malaysia

(Sumber foto: Kompas.com)

Supaya tidak menyesal nantinya, kamu mungkin perlu tips terkait memilih oleh-oleh khas Malaysia. Inilah lima tips yang bisa Grameds terapkan dalam memilih oleh-oleh tersebut!?

1. Tentukan Anggaran Kamu

Pertama-tama, catatlah seberapa anggaran yang ingin Grameds gunakan untuk membeli oleh-oleh khas Malaysia! Ini akan membantu kamu supaya tidak boros dan berlebihan dalam membeli oleh-oleh.?

2. Pilih Produk yang Mewakili Budaya Malaysia

Pilihlah oleh-oleh yang sangat mewakili budaya dari negara Malaysia. Selain unik, hal ini juga menjadi pertanda bahwa Grameds sangat menghargai warisan budaya negeri jiran! ?

3. Perhatikan Kualitas Produk

Untuk mendapatkan produk oleh-oleh khas Malaysia terbaik, Grameds wajib memilah-milah produk mana yang berkualitas terbaik. Produk oleh-oleh ini sebaiknya dibuat dengan bahan premium dan standar produksi yang jelas. Dengan begini, oleh-oleh kamu terjamin awet dan layak untuk dikonsumsi atau digunakan.?

4. Cari Produk yang Dapat Dibawa Pulang dengan Mudah

Keempat, belilah oleh-oleh yang sekiranya dapat dibawa pulang dengan mudah. Sebaiknya barang-barang tersebut tahan rusak dan tidak gampang bocor. Untuk alasan keamanan, perhatikan juga ukuran dan beratnya, ya Grameds!?

5. Belanja di Tempat-tempat Terpercaya

Terakhir, belilah oleh-oleh khas Malaysia hanya di toko terpercaya dan sudah punya nama yang besar di Malaysia. Ini memastikan bahwa oleh-oleh yang Grameds beli sudah terjamin keaslian dan kualitasnya.?

 

Rekomendasi Buku tentang Travel

(Sumber foto: Kompas.com)

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Malaysia yang bisa Grameds terapkan. Mau berkunjung ke Malaysia dalam waktu dekat? Yuk bekali dirimu dengan berbagai buku panduan travel berikut ini ?

1. The Naked Traveler 5: 1 Year Round The World Trip Part 1

The Naked Traveler 5: 1 Year Round The World Trip Part 1

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Bukan Trinity namanya kalau tidak punya cerita apes bin ajaib selama perjalanan. Saat perjalanannya baru dimulai saja, dia sempat sakit di udara. Namun, The Naked Traveler: 1 Year Round-The-World-Trip ini menuturkan pengalaman lain yang membuka pikiran. Pengalamannya berlanjut dengan menangis di kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz, menginap di penjara tua di Ljulbljana, menemukan surga dunianya di Rio de Janeiro (nanti kamu akan tahu kenapa), mendaki kota Inca yang hilang di Machu Picchu, memancing ikan piranha di Sungai Amazon, hingga berenang bersama ratusan singa laut di Galapagos! Segala keseruan ini tidak akan terwujud tanpa adanya perencanaan yang matang. Banyak persiapan mendasar seperti pemilihan isi ransel, bahan makanan, akomodasi, mengurus transportasi, sampai urus visa ke sana kemari. Dan, berbekal tekad “gimana di sanalah ntar”, Trinity mantap melangkahkan kakinya dan bertualang mengitari bumi. The Naked Traveler 5: 1 Year Round The World Trip Part 1 adalah buku yang berisi perjalanan wisata ala Trinity yang memiliki nama asli Ade Perucha Hutagaol ini. Buku ini wajib menjadi salah satu koleksi bacaanmu.

 

2. Backpacker’s Style: Telusur Malaysia Dalam 7 hari

Backpacker's Style: Telusur Malaysia Dalam 7 hari

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Anda hanya punya anggaran perjalanan yang kecil dengan pengalaman backpacking yang masih minim pula? Jangan berkecil hati, dengan memilih destinasi yang tepat Anda pun bisa menikmati pengalaman perjalanan yang mengasyikkan di luar negeri.

Malaysia adalah destinasi yang tepat bagi yang punya bujet tipis. Lokasinya juga sangat dekat dengan Indonesia dan bisa dicapai dengan banyak sekali penerbangan bertarif murah. Selain itu, Malaysia punya banyak keunikan karena penduduknya sangat multikultur. Keunikan itu tercermin dari gaya arsitektur, kuliner, serta adat istiadat masyarakatnya.

Malaysia menawarkan berjibun pilihan tempat wisata, dan banyak di antaranya bisa dikunjungi tanpa membayar tiket alias gratis! Lebih penting lagi, bahasa penduduknya hampir sama dengan bahasa Indonesia. Jadi buat yang belum pede berbahasa Inggris, masalah komunikasi tak akan jadi kendala besar di Malaysia.

Lalu tunggu apalagi? Ayo siapkan ranselmu dan mulailah berpetualang ke Malaysia!

 

3. Backpacking : Thailand Malaysia Singapura Di Bawah 2 Juta

Backpacking : Thailand Malaysia Singapura Di Bawah 2 Juta

button cek gramedia com

Bagi yang belum pernah backpacking, luar negeri selalu terasa asing dan menakutkan. Tapi kalau tidak mencoba maka tidak akan pernah tahu apakah memang benar menakutkan atau itu semua hanyalah dalam imajinasi kita. Cobalah sesekali melihat ke luar dan cobalah Negara Asia Tenggara terdekat dari Indonesia.

Negara mana saja itu? Malaysia? Singapura? Atau Thailand? Ah, kalau satu sepertinya kurang. Bagaimana kalau ketiganya sekaligus? Sebagai seorang backpacker, rasanya akan kurang lengkap kalau kamu hanya menjejakkan kaki di satu negara, apalagi ada negara yang berdekatan dengan akses transportasi yang bisa dibilang cukup mudah dengan harga terjangkau.

Menjelajah ke tiga negara itu akan memberikanmu pengalaman yang tak terlupakan terutama kalau kamu mencoba menjelajah dengan cara seorang backpacker yang benar-benar bertahan hidup selama perjalananmu. Kamu bisa coba dengan budget kurang dari 2 juta-an dan sudah bisa bertualang di tiga negara tersebut. Awalnya mungkin kamu tidak percaya tapi setelah kamu baca buku ini, kamu pasti akan penasaran untuk segera mencoba. Pokoknya, wajib dimasukkan dalam 101 Things Before You Die. Yuk segera miliki buku ini dan siapkan perjalanan seru!

4. Family Backpacking Singapura & Malaysia Update

Family Backpacking Singapura & Malaysia Update

Malaysia dan Singapura adalah dua negara tujuan utama keluarga Indonesia karena berbagai alasan. Salah satunya adalah akses ke kedua negara mudah dan kondisi serta objek wisata disana ramah anak. Buku ini ditulis dengan tujuan membantu para keluarga yang ingin membawa anak-anak, mulai usia bayi hingga remaja yang ingin berlibur ke Malaysia dan Singapura. Penulis buku adalah dua orang Ibu yang sering mengajak anak-anak mereka traveling. Mereka berbagi tip berdasarkan pengalaman liburan yang sudah mereka lakukan.

Dalam buku ini juga terdapat kiat membuat paspor untuk anak, rekomendasi akomodasi murah untuk keluarga, serta contoh itinerary yang akan membantu keluarga menikmati wisata yang keren, namun tetap ramah di kantong. Anda punya rencana untuk berkelana ke luar negeri bersama keluarga? Tetapi khawatir akan repot apabila membawa anak? Khawatir biaya akan membengkak apabila membawa anak-anak? Mau backpacking tapi…? Tenang saja, anak-anak pun dapat diajak jalan-jalan dengan gaya ini. Tentu, akomodasi, kuliner, transportasi, dan objek wisata harus dipilih dengan baik agar perjalannya berjalan dengan lancar. Dengan membaca buku ini, Anda pasti akan semakin mantap berkelana ke luar negeri bersama keluarga dan buah hati Anda. Tidak hanya itu, di buku ini juga dijelaskan tentang tips-tips jalan-jalan ria bersama anak di Singapura dan Malaysia. Ayo beli buku ini dan pelajari cara backpacker mengirit ongkos, banyak tips-tips untuk liburan ke luar negeri dengan cara yang benar.

5. Mozaik Hikmah 4 Negara: Pelesir Sarat Hikmah di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei

Mozaik Hikmah 4 Negara

button cek gramedia com

Lubang kerugiannya dimana? Sungguh, saya sangat sulit mencarinya dan menelisiknya. Apa yang harus kulakukan hanyalah ikhlas. Itulah modal yang harus kumiliki sebelum kami jauh terjerumus ke arah ketidakpastian yang hanya menimbulkan masalah demi masalah. Apa jadinya bila perjalanan bisnis diceritakan secara unik dan berbeda oleh seorang praktisi bisnis sekaligus dosen. Pergolakan batin, emosi, dan logika seringkali dihadapi saat melihat kondisi bisnis pada posisi yang tidak diharapkan. Inilah catatan perjalananan tidak biasa di empat negara ASEAN. Siapa sangka, Brunei menyadarkan kita akan potensi pembangunan sawah. Sementara itu, ada kisah mengenai pengalaman alotnya berkompromi dengan para petani rempah di Indonesia dan kisah tentang sosok seorang pekerja keras yang penuh dedikasi. Tengok pula Singapura yang mampu melejitkan negaranya lewat potensi wisata. Dan di Malaysia, kita akan belajar bahwa pertemanan lebih berharga dari sekadar penampilan. Temukan potensi dan nilai-nilai positif dari sudut pandang yang berbeda, khas seorang pebisnis, dosen dan traveler.

 

Kesimpulan

Selain mengetahui apa saja oleh-oleh khas Malaysia yang wajib banget dibeli, kamu juga sudah tahu kan bagaimana tips-nya supaya oleh-oleh yang dibeli berkualitas dan masih masuk budgetnya. Kamu senang, orang terdekatmu juga puas saat menerima oleh-olehnya.?

Grameds bisa dapatkan semua buku di atas dengan mudah dengan mengakses toko buku kesayanganmu di Gramedia.com lho! Buku-buku panduan di atas akan sangat berguna untuk melihat pengalaman para wisatawan Malaysia beserta tips dari mereka juga. Liburan tenang, hati juga ikut senang.?

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek halaman promo untuk mengetahui promo apa saja sih yang sedang berlaku di Gramedia.com!  Selamat liburan!

 

Penulis: Ivory Ayeisha Namira



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 57 / 63
  • Tidak
    9% 9% 6 / 63


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu