in

11 Manfaat Buah Kelengkeng dan Rekomendasi Olahan yang Nikmat!

https://www.savoryexperiments.com/

Manfaat Buah Kelengkeng – Grameds pasti sudah mengenal buah kelengkeng, buah kecil yang memiliki rasa manis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan sehat.

manfaat buah kelengkeng
https://www.savoryexperiments.com/

Buah ini juga dapat ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Di balik rasa manisnya itu, manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan juga sangat banyak.

Yuk, ketahui apa saja kandungan gizi pada buah kelengkeng dan manfaatnya untuk kesehatan berikut ini!

Kandungan Gizi dalam Buah Kelengkeng

Dalam 100 gram buah kelengkeng, Grameds dapat memperoleh berbagai nutrisi seperti:

  • Air: 82.75 gram
  • Energi: 60 kkal
  • Protein: 1.31 gram
  • Lemak: 0.1 gram
  • Karbohidrat: 15.14 gram
  • Serat: 1.1 gram
  • Kalsium: 1 miligram (mg)
  • Zat besi: 0.13 mg
  • Magnesium: 10 mg
  • Fosfor: 21 mg
  • Kalium: 266 mg
  • Seng: 0.05 mg
  • Tembaga: 0.169 mg
  • Mangan: 0.052 mg
  • Vitamin C: 84 mg
  • Vitamin B1: 0.031 mg
  • Vitamin B2: 0.14 mg
  • Vitamin B3: 0.3 mg

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

manfaat buah kelengkeng
https://www.thermos.com.sg/

Berikut ini adalah berbagai manfaat buah kelengkeng yang dapat Grameds peroleh:

1. Melawan Efek Radikal Bebas

Di dalam buah kelengkeng ada kandungan asam elagat dan asam galat yang adalaha antioksidan yang dapat melawan berbagai efek negatif dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jumlah radikal bebas yang terlalu banyak ini dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit dan memicu kerusakan organ tubuh.

2. Buah Kelengkeng Baik untuk Tulang

Mengonsumsi buah kelengkeng juga sangat baik bagi kesehatan tulang, sebab buah ini kaya akan  kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, dan fosfor. Penelitian juga menjelaskan bahwa asupan fosfor dapat meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang secara signifikan.

Lansia juga dapat memperoleh manfaat ini bila dengan rutin konsumsi kelengkeng, karena kandungan yang ada di dalam kelengkeng dapat mencegah kondisi seperti osteoporosis. Maka dari itu, para ahli menyarankan orang dengan usia dewasa untuk mengonsumsi buah ini dengan porsi sekitar 3.5 ons per hari utuk membantu memenuhi kebutuhan mineralnya.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Lansia juga dapat memperoleh manfaat lain dari buah ini, karena buah ini memiliki kemampuan untuk membantu mencegah penyakit parkinson serta melindungi otak dari berbagai ancaman kerusakan.

Tidak sekadar itu, penelitian yang telah diujicobakan pada hewan juga membuktikan bahwa kandungan polisakarida yang berasal dari buah kelengkeng dapat mengurangi kerusakan otak pada pengidap stroke serta meningkatkan enzim antioksidan yang ada di otak.

4. Buah Kelengkeng Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Grameds yang mengeluhkan mengenai kelebihan berat badan juga dapat memperoleh manfaat bila dengan rutin mengonsumsi buah kelengkeng. Sebab, buah ini mempunyai kandungan kalori yang rendah, sehingga cukup efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Nutrisi yang ada di dalam buah kelengkeng rendah kalori serta dapat menekan nafsu makan, sehingga Grameds dapat mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak tanpa perlu takut akan kalorinya. Selain itu, kandungan bakteri probiotik yang ada pada ekstrak buah kelengkeng juga mampu mengurangi kenaikan berat badan dengan menyeluruh.

5. Meningkatkan  Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah kelengkeng ternyata juga dapat menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C ini dapat memiliki peranan sebagai antioksidan yang bisa membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah arteri. Pembuluh darah arteri yang kaku merupakan penyebab dari berbagai penyakit jantung.

6. Mencegah Kulit Alami Penuaan Dini

Para ahli mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan yang ada pada buah ini bisa menetralkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan buah kelengkeng ternyata juga bisa membantu untuk mencegah penuaan dini. Bila dikonsumsi dengan rutin, buah ini dapat mengurangi bintik hitam, kerutan, serta bekas jerawat pada wajah.

7. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Di dalam tubuh, sistem saraf memiliki fungsi untuk menerima, mengolah, serta mengirimkan stimulasi atau rangsangan dari seluruh organ. Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah kelengkeng bisa membantu melawan berbagai radikal bebas yang bisa memengaruhi fungsi sistem saraf.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat dari buah kelengkeng bagi kecantikan juga ada, lho! Kandungan abtioksidan serta vitamin yang ada di dalam buah kelengkeng bisa menjadikan kulit Grameds tetap sehat dan bersinar.

Bahkan, masyarakat tradisional Tiongkok telah lama lama menggunakan manfaat dari buah kelengkeng untuk kesehatan kulit tersebut.

9. Melancarkan Pencernaan

Buah-buahan pada dasarnya memilki kandungan serat yang cukup tinggi. Nutrisi yang sama bisa ditemukan di dalam buah kelengkeng.  Maka dari itu, salah satu manfaat buah kelengkeng bila dikonsumsi secara rutin dan secukupnya ialah dapat membantu memenuhi kebutuhan serat.

10. Meningkatkan Imunitas

Imunitas atau daya tahan tubuh yang baik sangat penting supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Pemenuhan asupan vitamin sangat diperlukan dalam hal ini. Mengonsumsi buah kelengkeng dalam porsi yang wajar bisa membantu Grameds dalam menjaga imun tubuh sebab ada banyak kandungan vitamin C di dalamnya.

11. Menurunkan Peradangan

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah kelengkeng juga memiliki manfaat sebagai antiinflamasi untuk membantu mengatasi peradangan.

Manfaat yang bisa didapatkan dari buah kelengkeng bagi kesehatan cukup banyak, bukan? Meski demikian, Grameds harus tetap berhati-hati dan tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Sebab, buah kelengkeng juga memiliki kandungan tinggi karbohidrat. Memakan buah ini secara berlebihan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Jadi, hindari makan buah kelengkeng dalam jumlah yang banyak, khususnya bila Grameds merupakan penderita diabetes.

Rekomendasi Olahan Buah Kelengkeng

Rasa buah ini manis, tetapi dapat agak sepat bila belum matang dengan sempurna. Buah ini tergolong sebagai buah musiman di tanah air.

Jika buah kelengkeng sedang dalam masa panen, harga buah ini akan cenderung turun dan akan lebih kerap dikonsumsi masyarakat baik dalam keadaan segar maupun diolah terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai sebuah sajian nikmat.

Bila di rumah Grameds mempunyai banyak stok buah kelengkeng dan bingung akan diolah menjadi apa, berikut ini ada lima referensi hidangan dari lengkeng yang dapat Grameds coba. Apa saja olahan nikmat tersebut?

1. Almond Jelly with Longans

manfaat buah kelengkeng
https://app.ckbk.com/

Almond jelly bukan sekadar makanan pencuci mulut biasa yang populer di kawasan Asia, sebab hidangan klasik asal Tiongkok ini menjadi sebuah makanan favorit saat memasuki musim panas, lantaran rasanya yang segar dan nikmat.

Olahan ini umumnya dibuat dengan mengandalkan bahan utama berupa bubuk agar-agar yang dicampur dengan susu kedelai. Sementara rasa almond yang kuat diperoleh dari pemilihan bahan yang berbentuk almond powder.

Tidak sampai di situ, sajian almond jelly biasanya akan dihidangkan bersama daging buah-buahan lain untuk menambah tesktur dan aroma. Kedua buah yang paling sering digunakan ialah leci dan kelengkeng.

2. Dried Longan

manfaat buah kelengkeng
https://raemedy.com.sg/

Dried longan atau banyak juga yang menyebutnya sebagai long nhan adalah kudapan ringan yang berasal dari Vietnam. Dried longan memiliki arti sebagai kelengkeng kering. Proses pengeringan seperti ini adalah salah satu cara memasak untuk memperpanjang usia sebuah hidangan supaya tetap bisa dimakan, enak, dan rasanya tidak berubah.

Meski demikian, tentu saja karena dried longan telah mengalami proses pengeringan, maka bentuk dari buah kelengkeng sudah tak akan semulus buah segarnya. Dried longan akan mengkerut dan juga warnanya berubah menjadi lebih gelap.

Di negara asalnya, Vietnam, dried longan kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan baku ramuan herbal untuk alasan kesehatan. Maka dari itu, dried longan menjadi makanan wajib kala musim panen buah kelengkeng telah tiba di sana.

3. Bubur Kelengkeng

manfaat buah kelengkeng
https://pngtree.com/

Selain untuk diolah menjadi hidangan-hidangan ringan, ternyata kelengkeng juga cocok jika diolah untuk menjadi makanan berat seperti bubur. Seperti yang kita ketahui, bubur adalah makanan alternatif pengganjal lapar, terutama pada pagi hari sebagai pengganti sarapan atau sebagai makanan alternatif untuk orang sakit.

Berbeda dari bubur nasi yang kerap kita temukan sehar-hari, bubur kelengkeng tersebut diolah dengan menggunakan beras ketan yang sebelumnya telah direndam selama semalaman. Sebagai penambah rasa, bubur kemudian dimasak bersama dengan daging buah kelengkeng dan buah gojiberry.

Bubur kelengkeng ini adalah sajian yang cukup populer di Tiongkok sebagai hidangan kaya manfaat yang baik untu kesehatan tubuh. Selain itu, tekstur dari bubur ini cenderung lembut dan memiliki cira rasa manis yang khas dari buah-buahan yang berada di dalamnya.

4. Es Buah Kelengkeng

Sajian Sedap

Di Indonesia, buah-buahan adalah salah satu jenis bahan baku yang tak pernah luput dari perhatian untuk diolah menjadi sajian segar seperti es buah, sop buah, maupun es krim. Selain dibuat untuk pelega dahaga dan menyegarkan tenggorokan, alasan pemrosesan olahan ini berdasarkan pada kondisi buah-buahan yang telah terlalu matang, sehingga kurang pas jika dikonsumsi secara langsung.

Hampir semua buah-buahan tak pernah mengecewakan rasa olahan klasik ini, salah satunya ialah kelengkeng. Meski memiliki bentuk yang kecil, tetapi kelengkeng cukup populer untuk dijadikan sebagai isian dari es buah, sop buah, maupun es krim.

Meski cukup memakan waktu lantaran biji buah harus dikeluarkan satu per satu, tetapi rasanya ada yang kurang jika kelengkeng absen sebagai isian dari minuman segar tersebut. Umumnya es maupun sop buah ini tak hanya menyajikan satu jenis bahan baku saja, misalnya kelengkeng sangat cocok untuk dimakan bersama dengan buah-buahan sejenis, seperti leci, alpukat, pepaya, maupun berbagai buah kesukaan Grameds yang tersedia di rumah.

5. Longan Popsicle

https://rasamalaysia.com/

Popsicle adalah jenis es tongkat yang berasal dari Amerika Serikat dan umumnya diolah dengan menggunakan bahan dasar susu. Sebagian besar bahan dasar dari makanan ini berasal dari buah-buahan yang memiliki cita rasa manis maupun asam yang kuat.

Olahan dari popsicle sendiri merupakan sajian jajanan sederhana dan menjanjikan untuk bisnis bila disuguhkan ketika mulai memasuki waktu musim panas. Selain mudah untuk dibuat, popsicle juga cenderung fleksibel dalam opsi bahan bakunya.

Salah satu varian dari es tongkat ini ialah logan popsicle atau es tongkat kelengkeng. Buah ini pada umumnya tak hanya disajikan sebagai rasa tunggal dari sajian tersebut, melainkan bisa dicampur dengan menggunakan buah-buahan lain seperti lemon atau mangga.

Nah, itu dia kelima rekomendasi olahan dari buah kelengkeng yang dapat menjadi inspirasi camilan maupun sajian di rumah. Dari kelima hidangan di atas, kira-kira mana yang menurut Grameds paling menggugah selera?

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah