in

8 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan dan Tips Memilih Buah Bit yang Tepat!

unsplash.com

Manfaat Buah Bit – Dibandingkan buah yang biasa kita konsumsi seperti apel, jeruk, nanas, dan buah-buahan lainnya, buah bit memang kurang begitu populer. Jangankan mencicipinya atau melihat penampilan buahnya, namanya saja rasanya agak asing di telinga banyak orang.

Buat kamu yang kurang familiar dengan buah yang satu ini, maka bisa simak artikel ini. Buah bit memiliki tampilan luar seperti bengkuang, bedanya buah bit berwarna merah mencolok. Untuk rasa dari buah bit bila dibandingkan dengan buah lainnya, bisa dibilang tidak terlalu enak. Namu, jangan salah, manfaat buah bit sangat beragam, salah satunya adalah untuk menambah darah bagi mereka yang menderita anemia.

Di masa penjajahan, orang-orang Belanda rajin mengonsumsi buah bit untuk menjaga agar tekanan darah mereka tetap stabil. Buah bit biasanya direbus hingga airnya berwarna merah. Lalu, airnya diminum dan buahnya dimakan tanpa tambahan apapun. Buat yang tidak terbiasa dengan rasanya, kamu mungkin tidak akan menyukainya. Namun, kalau sudah terbiasa, rasanya mungkin tidak akan seburuk itu.

Terlepas dari rasanya, buah bit memiliki segudang manfaat yang baik sekali bagi tubuh. Manfaat apa saja ketika mengonsumsi buah bit? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak artikel ini, Grameds!

Manfaat Buah Bit

5 Manfaat Buah Bit yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Bit
pixabay.com

Dari segi rasa, buah bit memiliki rasa yang hambar dengan bau tanah yang cukup menyengat. Bahkan, setelah kamu merebusnya, kamu masih dapat mencium aromanya. Namun dengan segudang manfaat yang dimiliki oleh buah bit, sayang rasanya jika kita melewatkan buah satu ini begitu saja. Berikut 8 manfaat buah bit yang perlu kamu ketahui!

1. Menurunkan tekanan darah

Banyak orang salah kaprah dan berpikir kalau buah bit dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah sehingga kita bisa terhindar dari anemia. Entah mungkin karena warnanya yang merah, yang membuat banyak orang mengaitkannya sebagai obat penambah darah.

Kebalikannya, buah bit justru bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Ini karena buah bit mengandung nitrat yang bila masuk ke tubuh akan diubah menjadi nitrat oksida yang berfungsi menurunkan tekanan darah meski itu hanya sedikit.

2. Mencegah pikun

Alih-alih menambah darah, fungsi nitrat selain dapat menurunkan tekanan darah juga berfungsi untuk mencegah kita dari gejala kepikunan. Nitrat yang masuk ke tubuh akan membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Dengan aliran darah yang lancar, maka otak kita dapat bekerja dengan baik.

Dengan fungsinya ini, maka buah bit baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Ini karena orang-orang di rentang usia tersebut sudah mengalami penurunan fungsi otak dan daya ingatnya sudah mulai menurun.

3. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Selain dapat menjaga agar tekanan darah tetap stabil, mengkonsumsi buah bit juga dapat membantu menjaga agar kadar gula dalam darah tetap stabil. Oleh karena itu, tidak heran kalau buah satu ini cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Kemampuan yang satu ini dimiliki buah bit, karena buah satu ini mengandung senyawa yang dapat mengendalikan glukosa dan juga insulin di dalam tubuh manusia. Selain itu, buah bit juga memiliki antioksidan yang dapat membantu memperbaiki sel darah yang rusak akibat penyakit diabetes.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

4. Mencegah kanker

Selain nitrat, buah bit juga memiliki kandungan antioksidan asam alpha-lipoic dan juga betasianin disetiap gigitannya. Bukan rahasia lagi kalau antioksidan dikenal akan fungsinya sebagai pencegah kanker. Ini karena antioksidan dapat ‘memakan’ radikal bebas yang masuk ke tubuh, sekaligus juga memperbaiki sel tubuh yang rusak karena radikal bebas.

Sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas ini harus diperbaiki agar tidak menumpuk dan akhirnya berubah menjadi sel kanker.

5. Menjaga agar pencernaan tetap sehat

Organ-organ pencernaan menjadi organ yang sangat penting fungsinya bagi tubuh kita. Jika organ pencernaan tidak bekerja dengan baik, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa tercerna dengan sempurna dan akhirnya menyebabkan berbagai masalah seperti kembung dan nutrisi tidak bisa terserap dengan baik.

Mengkonsumsi buah bit dapat membantu kamu menghindari berbagai masalah tersebut. Penyebabnya karena buah bit kaya akan serat. Serat-serat inilah yang akan membantu mencegah kerusakan dinding saluran pencernaan. Tidak hanya sampai disitu, buah bit juga mengandung betaine yang dapat mengurangi kembung di perut plus memastikan penyerapan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Manfaat buah bit memang tidak main-main, tapi meski manfaatnya sangat baik bagi kesehatan, bukan berarti kamu bisa mengkonsumsinya secara berlebihan, ya! Ingat, segala hal yang berlebihan itu tidak baik.

Terlepas dari segudang khasiatnya, buah bit juga dapat mengurangi kadar kalsium dalam tubuh, bahkan mengganggu fungsi ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, pastikan kamu tidak mengkonsumsi buah satu ini terlalu banyak ya!

5 Tips Memilih Buah Bit yang Matang

Manfaat Buah Bit
unsplash.com

Meski buah bit memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, tetapi karena rasanya yang dianggap aneh, konsumsi buah ini masih sangat rendah di Indonesia dan hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja.

Dikarenakan jarang dikonsumsi, maka orang juga jadi jarang mencari tahu seperti apa sih penampilan buah satu ini. Alhasil, ketika disuruh membeli, banyak orang bingung sendiri membedakan mana buah bit yang siap dikonsumsi dan mana yang belum.

Berbeda dengan buah lain yang akan menjadi lebih lunak daging buahnya atau menjadi lebih harum aromanya saat sudah matang, buah bit tidak begitu. Tekstur maupun rasa buah tidak akan berubah meski sudah matang. Selain itu, buah ini juga tidak akan mengeluarkan aroma harum sedikit pun.

Nah, supaya kamu tidak kebingungan dan akhirnya salah dalam memilih buah bit, berikut 5 tips memilih buah bit yang benar!

1. Pilih buah yang warnanya merah marun

Kalau ada yang aneh dari buah bit, itu adalah warnanya. Bisa dibilang, warna buah bit agak menyeramkan karena warnanya sangat merah dan hampir menyerupai merah darah. Namun, justru warna buah bit yang merah itulah yang menandakan buah ini sudah matang dan dalam kondisi terbaiknya.

Buah bit yang sudah siap dikonsumsi adalah buah bit yang memiliki warna merah marun. Warna ini menunjukkan bahwa buah sudah mencapai tingkat kematangan yang sempurna. Meski begitu, sebaiknya kamu mengabaikan buah bit dengan warna terlalu gelap karena itu artinya buah sudah terlalu tua untuk dikonsumsi.

2. Pilih yang permukaannya mulus dan berukuran lebih kecil

Normalnya saat kita memilih buah di supermarket, kita akan memilih buah yang ukurannya paling besar. Semakin besar ukuran buahnya, maka daging buahnya juga akan semakin banyak. Namun, kamu harus menggunakan metode sebaliknya saat membeli buah bit.

Daripada memilih buah bit yang berukuran besar, akan lebih baik kalau kamu memilih buah bit yang berwarna merah marun dengan ukuran yang lebih kecil. Ini karena buah bit yang berukuran lebih besar cenderung memiliki tekstur yang lebih keras ketimbang buah bit yang ukurannya lebih kecil.

Selain itu, pilih buah bit yang memiliki permukaan luar mulus tanpa cacat maupun lubang. Permukaan buah bit yang mulus tanpa cacat menunjukkan buah tersebut memiliki kualitas yang baik.

3. Batangnya kokoh

Meski namanya buah, tetapi buah bit sebenarnya masuk ke dalam keluarga umbi-umbian, sehingga penampilannya agak tidak biasa. Buah bit tumbuh di dalam tanah dan hanya bagian batangnya saja yang akan terlihat di atas permukaan tanah.

Ini jugalah alasannya kenapa buah bit memiliki bau yang kurang enak. Untuk memastikan buah bit sudah matang atau belum, kamu juga bisa memperhatikan batangnya.

Batang buah bit yang matang sempurna dan masih dalam keadaan segar akan terlihat kokoh dan keras. Sedangkan batang buah yang sudah busuk menunjukkan buah bit sudah melewati masa terbaiknya dan kualitasnya sudah menurun banyak.

4. Pilih yang akarnya sedikit

Selain memperhatikan batangnya, kamu bisa memastikan buah bit sudah matang atau belum dari akarnya. Berbeda dengan buah lain, buah bit dengan akar banyak menunjukkan buah sudah terlalu tua. Sedangkan akar yang sedikit menunjukkan buah dalam keadaan sempurna.

Untuk itu, pastikan kamu menghindari buah bit berakar banyak karena itu artinya buah bit sudah terlalu tua untuk dikonsumsi. Tidak seperti buah lain yang semakin terasa manis dan enak untuk disantap, buah bit yang berusia terlalu tua akan memiliki tekstur yang lebih keras dan rasanya juga kurang enak.

5. Simpan dengan benar

Tidak seperti jenis umbi-umbian lainnya yang tahan lama meski disimpan di suhu ruangan, buah bit justru sebaliknya. Meski memiliki tekstur yang keras, buah bit nyatanya mudah sekali membusuk jika dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan.

Untuk menjaga agar buah tetap bertahan lama, kamu perlu memperlakukannya sama seperti buah lain. Pertama, cuci buah bit yang kamu beli. Lalu, angin-anginkan hingga kering. Setelah itu, masukkan buah ke dalam kulkas. Di dalam kulkas, buah bit akan bertahan selama 2 sampai 3 minggu. Meski begitu, akan lebih baik kalau kamu mengkonsumsinya tidak lama setelah membelinya.

Manfaat Buah Bit

6 Cara Mengolah Buah Bit yang Enak dan Nikmat

Manfaat Buah Bit
unsplash.com

Buah bit memang hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Bukan, bukan karena harganya yang mahal, tapi lebih karena rasanya yang tidak biasa dan berbeda dengan buah lainnya. Biasanya, kalangan orang yang mengonsumsi buah ini adalah mereka yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau mereka yang memiliki pola hidup sehat, sehingga rasa maupun aroma buah bit bukan lagi masalah untuk mereka.

Dengan konsumsi yang rendah, seseorang bukan hanya bingung bagaimana cara memilih buah bit, tetapi juga cara mengolahnya. Buah bit sebenarnya sama seperti buah lainnya yang bisa dikonsumsi mentah-mentah. Kamu hanya tinggal mengupas bagian luar kulitnya. Namun, rasa buah bit tidak terlalu enak ditambah teksturnya yang keras membuat buah ini jadi sulit dikonsumsi.

Daripada menyiksa diri dengan memaksakan menyantap buah bit mentah-mentah, akan lebih enak kalau kamu mengolahnya menjadi beberapa makanan. Berikut 6 cara mengolah bit yang enak dan nikmat!

1. Dibuat jus

Dibandingkan dengan cara lainnya, jus menjadi salah satu cara paling populer untuk menikmati buah bit. Selain lebih mudah dikonsumsi, buah bit juga bisa dicampur dengan aneka buah lain sehingga rasanya jadi lebih enak.

Namun karena teksturnya yang cukup keras, akan lebih baik kalau kamu menggunakan juicer ketimbang blender. Kalaupun harus menggunakan blender, sebaiknya potong buah kecil-kecil dan tambahkan air agar blender lebih mudah menghancurkannya.

2. Dipanggang sampai empuk

Kamu yang tidak suka dengan tekstur buah bit yang keras dan aroma tanahnya yang mengganggu, memanggang buah bit bisa jadi pilihan yang baik. Cuci bersih buah, kemudian panggang hingga teksturnya menjadi empuk dan berair.

Dengan cara ini, aroma buah bit yang mengganggu itu juga akan menghilang. Biasanya buah bit panggang paling enak disantap dengan berbagai makanan bercita rasa pedas atau disantap dengan berbagai jenis kacang.

3. Diolah menjadi dessert

Kalau dipanggang menjadi cara mengkonsumsi buah bit yang paling mudah, mengolah buah bit menjadi desert bisa menjadi cara paling nikmat untuk mengkonsumsi buah bit. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai dessert enak seperti puding, es krim, atau dessert lainnya yang tidak kalah enak.

Asiknya, dengan mengolah buah bit menjadi dessert, bukan hanya teksturnya yang akan berubah, tapi rasanya juga akan jadi lebih enak. Jangan lupa menambahkan susu atau bahan lainnya, ya!

Sayangnya, buat kamu yang menderita diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi bit dengan cara satu ini. Dessert, meski bahannya buah bit, tetap saja mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga jelas tidak baik untuk mereka yang menderita diabetes.

4. Dibuat sup

Oke, sup buah bit mungkin terdengar mengerikan di telinga kita. Tapi serius deh, rasanya tidak akan separah seperti yang kita bayangkan. Untuk membuat sup buah bit, kamu harus mengupas dan merebusnya di air mendidih hingga lunak. Cara ini jugalah yang dulu sering digunakan oleh orang Belanda untuk menikmati buah bit.

Kalau menurut kamu rasanya masih mengerikan, kamu bisa menambahkan aneka bahan lain agar sup jadi terasa lebih nikmat.

5. Dibuat jadi salad

Kalau kamu tidak suka rasa sup buah bit, kamu bisa coba mengolah buah ini menjadi salad. Pertama, bersihkan buah dan kupas kulitnya. Potong buah bit yang sudah bersih menjadi berukuran lebih kecil agar lebih mudah dikunyah. Kemudian campur dengan aneka sayuran lain.

Buah bit paling enak kalau disantap dengan keju feta atau biji-bijian. Jadi, kamu bisa menambahkan dua bahan ini ke dalam salad. Jangan lupa tambahkan saus dressing favorit agar rasa saladnya jadi lebih nikmat.

6. Dijadikan acar

Karena buah bit tumbuh di dalam tanah, maka aroma maupun rasanya juga akan terasa sedikit seperti tanah. Sebenarnya dengan mengolahnya menjadi salad, rasa tanahnya akan sedikit berkurang. Tapi kalau kamu masih terganggu, kamu bisa mengolahnya menjadi acar.

Kamu bisa menambahkan buah bit yang sudah bersih dan dipotong kecil-kecil dengan potongan mentimun dan juga wortel. Untuk menghilangkan rasanya, kamu bisa menambahkan cuka. Penambahan cuka ke dalam acar bukan hanya akan mengusir aroma dan rasa tanah pada buah, tapi juga mengubah rasanya menjadi lebih asam dan manis.

Manfaat Buah Bit

Penutup

Tidak bisa dipungkiri bahwa buah bit memang memiliki rasa yang kurang enak. Apalagi buat mereka yang baru pertama kali mencicipinya. Namun untuk bisa mendapatkan segudang manfaat dari buah bit, kamu tidak harus menyiksa diri dengan memakannya mentah-mentah.

Enam cara diatas bisa menjadi alternatif yang enak untuk mengkonsumsi buah bit tanpa kehilangan manfaat buah bit yang luar biasa banyak itu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengolah buat bit dan mengonsumsinya secara rutin?

Untuk Grameds yang sedang mencari manfaat seputar buah bit, kamu bisa mengunjungi gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan produk terbaik dan terbaru untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah

BACA JUGA:

  1. 10 Manfaat Buah Jeruk yang Perlu Anda Tahu
  2. 10 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan
  3. 15 Manfaat Buah Semangka sebagai Buah Tropis Sumber Antioksidan 
  4. 15 Manfaat Buah Naga untuk Tubuh
  5. 15 Manfaat Buah Mengkudu yang Perlu Anda Tahu


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah