in

15 Ide List Belanja Bulanan dan Tips Hemat Belanja Bulanan Untuk-Mu!

pexels.com

List Belanja Bulanan – Mengatur keuangan selama satu bulan memang bukan hal yang mudah, Grameds perlu mengetahui prioritas agar dapat mengkotak-kotakan kepentingan dan membelanjakan uang untuk hal-hal yang perlu saja. Salah satu rutinitas paling penting adalah mengisi stok bahan pangan dan kebutuhan lainnya selama satu bulan.

Untuk mengisi rumah dengan sembako, Grameds perlu mengatur daftar belanja bulanan agar tetap hemat dan terhindar dari masalah keuangan keluarga. Jangan sampai, Grameds kalap ketika akan melakukan belanja bulanan dan kebutuhan pokok keluarga justru tidak berhasil dibeli.

Oleh sebab itu, list belanja bulanan adalah hal penting untuk dibuat agar Grameds tetap fokus untuk membeli kebutuhan pokok dan sesuai dengan prioritas keluarga. Agar tidak bingung, berikut ide list belanja bulanan agar bisa menghemat pengeluaran.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Belanja Bulanan

List Belanja Bulanan
pexels.com

Jika Grameds ingin membuat list daftar belanja bulanan, maka Grameds harus memperhatikan beberapa hal agar tidak ada barang-barang prioritas yang terlewat dan tidak mengeluarkan banyak biaya karena terlalu banyak membeli barang yang tidak penting. Berikut penjelasannya.

1. Mengecek Bahan Makanan yang Sudah Habis

Mengecek bahan makanan atau bahan pokok lain yang sudah habis dan perlu segera di refill. Contohnya seperti sabun cuci piring, sabun mandi, sabun cuci baju, bumbu masakan tertentu dan lainnya. Kemudian catatlah barang-barang tersebut di list belanjaan Grameds.

2. Mengecek Bumbu dan Bahan Tambahan yang Sudah Habis

Siapkan daftar bumbu ataupun bahan-bahan lainnya yang biasanya banyak digunakan di beberapa resep makanan. Contohnya telur dan ayam biasa dijadikan sebagai lauk utama, maka masukan bahan makanan ini dalam list belanjaan Grameds.

3. Buat List Belanja Bulanan

Buatlah list belanja bulanan dengan rapi. Kotak-kotakan setiap bahan sesuai dengan kode atau keterangannya. Contohnya bahan makanan, kemudian kelompokan lagi barang-barang untuk keperluan mandi, kelompokan pula kebutuhan pribadi untuk setiap anggota keluarga. Jika ada anggota keluarga perempuan, maka jangan lupa untuk memasukan kebutuhan kewanitaan dalam list belanja bulanan.

4. Mencoret Barang yang Sudah Ada di Dalam Keranjang

Ketika pergi belanja, jangan lupa untuk mencoret beberapa barang yang sudah Grameds masukan dalam troli belanja. Dengan cara ini, maka Grameds tidak akan bingung barang mana yang sudah atau belum dibeli.

5. Lakukan Belanja dengan Teliti

Telitilah ketika berbelanja, jangan asal memasukan barang-barang ke troli, tetapi periksa juga tanggal kadaluarsa produk yang akan dibeli. Lebih baik jika memilih barang yang memiliki tanggal kadaluarsa masih lama. Pada umumnya, produk-produk diskon memiliki tanggal kadaluarsa yang lebih dekat dibandingkan produk tanpa potongan harga.

Jika ingin membeli produk diskon, maka sebaiknya jangan membeli barang tersebut terlalu banyak, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Selebihnya belilah barang dengan masa kadaluarsa yang masih lama, terutama untuk bahan makanan.

List Belanja Bulanan

6. Perhatikan Kematangan Buah

Apabila ingin membeli buah-buahan, sesuaikanlah buah tersebut dengan tingkat kematangan serta waktu konsumsinya. Contohnya jika Grameds ingin membeli sebuah pisang, maka Grameds bisa memilih satu ataupun dua pisang yang telah matang untuk segera dikonsumsi dalam waktu dekat, sementara pisang lainnya pilih yang masih agak hijau, sehingga bisa dikonsumsi setelah tiga atau empat hari setelah membelinya. Dengan begitu, kualitas buah akan baik meskipun tidak segera dimakan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

7. Memilih makanan beku

Jika ingin membeli bahan makanan yang tidak akan segera dimasak, Grameds bisa memilih makanan beku seperti daging sapi, ikan, ayam atau bahkan sayur. Dengan tips ini, maka Grameds masih bisa mengkonsumsi makanan segar meskipun telah disimpan lama dan kualitas masih terjamin. Jika ingin membeli bahan makanan segar, sebaiknya segera dihabiskan atau diolah, agar tidak busuk dan terbuang sia-sia.

List Belanja Bulanan

List Belanja Bulanan
pexels.com

Setelah mengetahui apa saja hal-hal yang harus Grameds perhatikan ketika membuat list belanja bulanan, barulah Grameds bisa membuat list belanja bulanan yang tidak akan membuat boros pengeluaran. Jika masih bingung, Grameds bisa mengikuti ide list belanja bulanan berikut ini.

1. Daging

List pertama yang bisa Grameds masukan ke dalam daftar belanja bulanan adalah daging-dagingan. Daging menjadi salah satu sumber protein yang penting bagi tubuh. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membeli daging. Tidak perlu daging sapi atau daging dengan harga yang mahal.

Grameds bisa memilih daging ikan yang lebih murah. Seperti ikan lokal yang mudah ditemui di supermarket atau pasar. Grameds juga bisa memilih untuk membeli daging ayam. Setelah membelinya dari pasar, segera bersihkan daging tersebut dan simpan dengan baik, sehingga daging tersebut tidak akan cepat busuk.

Jika suka, Grameds bisa mengolahnya menjadi lauk dan menyimpannya, sehingga akan lebih praktis untuk Grameds ketika akan mengkonsumsinya.

2. Makanan beku

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa makanan beku umumnya akan lebih awet dan memiliki tanggal kadaluarsa yang lama. Jadi, jika Grameds ingin membeli stok makanan yang cukup banyak untuk waktu yang lama, lebih baik Grameds membeli makanan beku.

Makanan beku yang dimaksud tidak melulu daging mentah. Akan tetapi juga bisa berupa nugget, siomay, sayuran beku dan lainnya. Saat ini, ada banyak sekali lauk-pauk beku yang mudah ditemukan dengan berbagai macam varian.

Sesuaikan dengan selera Grameds dan budget untuk membeli makanan beku.

3. Sayuran

Tidak kalah penting selain lauk-pauk, Grameds juga perlu membeli sayuran sebagai sumber serat untuk makanan anggota keluarga. Jika ingin membeli stock sayur yang banyak, Grameds bisa memilih sayuran beku.

Biasanya sayuran beku yang tersedia di pasaran adalah mixed veggie yang berupa jagung pipil, kacang polong serta wortel. Selain ketiga jenis sayur tersebut, Grameds bisa membeli sayuran segar.

Jika membeli sayuran segar, belilah dalam jumlah yang wajar dan segera simpan. Agar kualitas sayur tidak memburuk dan busuk. Ada beberapa cara menyimpan sayur yang benar agar sayur tetap segar dalam waktu yang lama.

Salah satunya adalah dengan mencuci sayur dengan bersih, kemudian keringkan sayur dan simpan di wadah kedap udara dan simpan di kulkas.

4. Buah-buahan

Sebagai ibu yang baik, Grameds juga tidak boleh lupa untuk menyiapkan sumber vitamin. Sumber vitamin yang mudah untuk dikonsumsi dan memiliki rasa enak adalah buah-buahan.

Jika ingin membeli buah, sebaiknya jangan membeli terlalu banyak. Sebab buah-buahan biasanya lebih cepat busuk. Oleh sebab itu, belilah beberapa jenis buah dan pilihlah tingkat kematangan yang sesuai.

Selain membeli buah segar, Grameds juga bisa membeli buah beku. Saat ini ada banyak macam-macam buah beku. Mulai dari berry, hingga buah-buahan lain yang mudah ditemukan di pasaran.

Biasanya buah beku cocok dijadikan sebagai smoothies, juice atau sebagai topping. Buah beku juga lebih menyenangkan untuk dimakan serta mudah untuk diolah.

5. Telur dan olahan susu lainnya

Apabila Grameds tahu bagaimana cara menyimpan makanan yang benar, telur maupun olahan susu adalah makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama dan bisa bertahan selama satu bulan.

Untuk telur, jangan cuci telur ketika akan menyimpannya. Sebab akan membuka pori-pori dari cangkang telur dan membuatnya cepat busuk. Sementara keju, mentega, butter dan susu bisa disimpan dalam wadah steril dan bersih.

Sebaiknya produk olahan susu tidak sering di keluar dan masukan dari kulkas. Oleh sebab itu, buatlah potongan yang pas untuk keju maupun butter. Dengan begitu, maka olahan susu dan telur pun akan lebih awet serta tahan lama.

List Belanja Bulanan

6. Makanan kaleng

Makanan kaleng bisa awet cukup lama selama tidak terkontaminasi. Oleh sebab itu, makanan kaleng bisa untuk stock dalam jangka waktu yang lama. Meskipun begitu, jangan lupa untuk melihat tanggal kadaluarsanya.

Grameds bisa memilih berbagai macam jenis makanan kaleng, seperti ikan sardines, tuna, rendang dan lainnya. Usahakan untuk tidak hanya memilih satu jenis saja, sebab lauk yang bervariasi tidak akan membuat anggota keluarga dan Grameds bosan dengan menunya, meskipun itu makanan kaleng.

7. Bumbu kering

Bumbu kering akan memudahkan Grameds dalam memasak. Oleh sebab itu, Grameds perlu menyimpan beberapa bumbu kering terutama bumbu-bumbu yang biasanya digunakan.

Contohnya seperti garam, gula, kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu jamur dan lainnya. Jika Grameds biasa memasak dengan menggunakan banyak rempah-rempah, maka Grameds juga bisa membeli rempah-rempah kering. Seperti ketumbar, bubuk pala, bubuk bawang putih, thyme, basil, bubuk kunyit, daun salam dan lainnya.

Simpan bumbu kering dalam wadah kedap udara dan terhindar dari sinar matahari, agar bumbu kering tidak mudah berjamur dan rusak.

8. Bumbu basah

Masakan Indonesia, umumnya banyak menggunakan berbagai macam jenis rempah-rempahan dan bumbu. Entah itu bumbu kering maupun basah. Oleh sebab itu, Grameds harus selalu menyimpan beberapa stock bumbu basah.

Bumbu basah yang biasa digunakan dalam berbagai masakan adalah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, lengkuas, sereh, daun jeruk dan lainnya.

Untuk bumbu basah, terutama bawang pastikan untuk menyimpannya di tempat kering dan jangan simpan di kulkas. Sebab jika Grameds menyimpan bawang di kulkas, maka bawang akan bertunas dan tidak bisa digunakan.

Sementara cabe-cabean lebih baik disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara dan diberikan tisu dapur sebagai alas agar cabai lebih awet.

9. Minuman

Jika Grameds lebih suka berdiam diri di rumah bersama keluarga. Grameds bisa menikmati sore hari dengan meminum minuman berasa seperti kopi atau teh. Jika Grameds dan keluarga memiliki kebiasaan seperti ini, maka Grameds perlu membeli stock untuk minuman.

Perhatikan kebiasaan orang di rumah, apakah lebih suka minum teh, kopi hitam atau kopi susu? Atau ketiganya? Belilah minuman sesuai dengan budget dan jangan lupa memperhatikan tanggal kadaluarsa.

Selain minuman sachet, Grameds juga bisa membeli minuman instan seperti soda maupun jus. Minuman ini tidak harus ada dalam list belanja bulanan, tetapi bisa menjadi reward sesekali untuk anggota keluarga.

10. Bahan kue

Barang selanjutnya yang harus ada dalam list belanja bulanan adalah bahan-bahan kue. Bahan kue seperti tepung terigu protein sedang bisa digunakan untuk berbagai macam masakan dan bukannya untuk membuat kue saja.

Grameds bisa membeli berbagai jenis tepung, seperti tepung terigu, tepung beras dan tepung bumbu. Selain itu baking soda, baking powder juga diperlukan di dapur, karena bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan rumah tangga.

11. Saus

Bahan makanan selanjutnya yang harus ada dalam list belanja bulanan adalah saus. Rasanya makanan Indonesia tanpa saus sambal kurang lengkap bukan? Grameds bisa menambahkan saus sambal, saus tomat, kecap atau bahkan sambal instan.

Lalu, apabila suka Grameds bisa menambahkan saus lainnya dalam list belanjaan. Contohnya seperti mayonaise, kecap ikan, saus tiram, saus BBQ dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membeli saus sesuai kebutuhan saja agar tetap hemat!

12. Perlengkapan mandi

Selain bahan makanan, perlengkapan mandi tidak kalah penting dan harus ada dalam list belanja bulanan Grameds. Jika Grameds memiliki bayi, maka Grameds harus lebih teliti dalam memilih perlengkapan mandinya. Sebab bayi memiliki kulit yang masih sensitif dan membutuhkan perawatan khusus.

Sementara itu, perlengkapan mandi untuk perempuan biasanya juga berbeda dengan laki-laki. Seperti sabun wajah dan pembalut. Belilah perlengkapan mandi untuk persediaan yang cukup lama dan sesuaikan dengan kebutuhan.

13. Perlengkapan kebersihan rumah

Agar rumah selalu dalam keadaan bersih, Grameds tentunya tidak boleh lupa untuk membeli perlengkapan kebersihan rumah. Contohnya seperti pewangi ruangan, cairan pembersih lantai, cairan pembersih kaca hingga disinfektan.

Biasanya, perlengkapan kebersihan rumah lebih awet, karena hanya digunakan satu minggu sekali. Oleh karena itu, Grameds tidak perlu membeli produk kebersihan rumah terlalu banyak. Cukup 1 pcs per produk agar pengeluaran tidak membengkak.

14. Perawatan wajah

Tak kalah penting, Grameds tentunya harus memasukan produk perawatan wajah dalam list bulanan. Karena produk perawatan wajah umumnya lebih mahal, maka Grameds hanya perlu membeli produk-produk yang sudah habis saja.

15. Keperluan hewan peliharaan

Apabila Grameds memiliki hewan peliharaan, maka Grameds tidak boleh lupa untuk membeli keperluan hewan peliharaan, seperti makanan, pasir, vitamin dan lainnya.

Tips Hemat Belanja Bulanan

List Belanja Bulanan
pexels.com

Setelah membaca contoh list belanja bulanan, apakah Grameds merasa kurang cocok dengan contoh tersebut, Grameds bisa menyimak beberapa tips hemat untuk belanja bulanan. Berikut beberapa tipsnya.

1. Buatlah daftar skala prioritas

Untuk bisa belanja bulanan dengan hemat, Grameds harus membuat skala prioritas. Grameds harus menentukan barang mana yang sesuai dengan kebutuhan utama bagi keluarga Grameds. Dengan begitu, maka akan lebih mudah untuk Grameds ketika akan membuat list belanja bulanan.

2. Menyesuaikan tempat belanja dan membandingkan harga

Tips kedua agar hemat belanja bulanan adalah memiliki lokasi belanja yang sesuai dengan Grameds dan menawarkan harga barang yang cukup murah. Karena harga barang-barang sembako biasanya bergantung pada lokasi Grameds berbelanja.

Contohnya jika Grameds berbelanja di supermarket modern, tentu harganya akan berbeda dengan di toko kelontong atau bahkan pasar. Oleh sebab itu, belanjalah di tempat yang sesuai dengan budget Grameds.

Selain itu, bandingkanlah harga barang yang akan Grameds beli. Dibandingkan memiliki brand tertentu, lebih baik Grameds membeli barang dengan kualitas sama dengan harga yang lebih murah, meskipun merek nya tidak terlalu terkenal.

3. Manfaatkan kupon, promo dan kartu member

Tips selanjutnya adalah manfaatkan potongan harga dengan kupon maupun kartu member khusus. Dengan begitu, Grameds akan lebih hemat. Potongan harga akan sangat membantu menekan pengeluaran Grameds dalam satu bulan.

List Belanja Bulanan

Itulah list belanja bulanan dan tips agar hemat untuk belanja bulanan. Jika Grameds ingin tips hidup dengan hemat dan menekan pengeluaran, maka Grameds bisa membaca buku tips terkait yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia menyediakan berbagai macam buku untuk Grameds menambah wawasan. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Jangan ragu untuk membeli buku di gramedia.com karena dijamin berkualitas!

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros
  2. 10 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa
  3. Frugal Living, Hidup Hemat di Tahun 2022
  4. Daftar Menu Masakan Sehari-Hari yang Sederhana untuk Satu Minggu
  5. Resep Menu Masakan Sehari-Hari untuk 1 Bulan yang Enak
  6. 25 Menu Masakan Sehari-Hari untuk Keluarga yang Enak dan Sehat


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda