in ,

Lirik Lagu Ampar Ampar Pisang Beserta Arti dan Maknanya

Lirik Ampar Ampar Pisang – Sebagai generasi muda, kita wajib melestarikan budaya Indonesia yang telah diwariskan oleh nenek moyang, salah satunya adalah lagu daerah. Dari Sabang sampai Merauke, kita memiliki banyak sekali lagu daerah. Tak terkecuali lagu Ampar Ampar Pisang.

Siapa yang tak kenal dengan lagu daerah berjudul Ampar Ampar Pisang yang berasal dari Kalimantan Selatan, tepatnya di daerah Banjar ini? Yap, lagu daerah ini sangat populer di khalayak umum, bahkan bagi mereka yang bukan berasal dari Banjar saja juga mengetahui akan lagu ini. Lagu daerah ini diciptakan oleh seorang maestro lagu daerah bernama Hamiedan AC yang kebanyakan lagu-lagunya dinyanyikan oleh penyanyi terkenal Ira Maya Sopha dan Puput Novel. Berhubung lagu ini tidak menggunakan Bahasa Indonesia, melainkan bahasa daerah yakni Bahasa Banjar, pasti ada sebagian besar yang bingung akan maknanya. Nah, jangan risau sebab dalam artikel ini akan membahas secara komplit mengenai lirik, arti, makna lagu Ampar Ampar Pisang, hingga biografi singkat dari Hamiedan AC selaku penciptanya. Yuk simak ulasan berikut!

Lirik Lagu Ampar Ampar Pisang

Ampar ampar pisang

Pisangku belum masak

Masak sabigi dihurung bari-bari

Masak sabigi dihurung bari-bari

Mangga lepak mangga lepok

Patah kayu bengkok

Bengkok dimakan api, apinya canculupan

Bengkok dimakan api, apinya canculupan

Nang mana batis kutung Dikitip bidawang

Nang mana batis kutung Dikitip bidawang

Ampar ampar pisang

Pisangku balum masak

Masak sabigi dihurung bari-bari

Masak sabigi dihurung bari-bari

Mangga ricak mangga ricak

Patah kayu bengkok

Tanduk sapi tanduk sapi kulibir bawang

Tanduk sapi tanduk sapi kulibir bawang

Nang mana batis kutung dikitip bidawang

Nang mana batis kutung dikitip bidawang

Arti Lagu Ampar Ampar Pisang

Susun-susun pisang

Pisangku belum masak

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Manggalepak, manggalepok (bunyi dahan/kayu yang patah)

Patah kayu yang bengkok

Yang bengkok dilalap api, apinya hampir padam

Yang bengkok dilalap api, apinya hampir padam

Yang mana kaki buntung, dipotong bulus

Yang mana kaki buntung, dipotong bulus

Susun-susun pisang

Pisangku belum masak

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Menggericak, menggericak (bunyi dahan/kayu yang patah karena diseruduk sapi)

Patah kayu yang bengkok

Diseruduk sapi, diseruduk sapi, kulit bawang

Diseruduk sapi, diseruduk sapi, kulit bawang

 

Makna Lagu Ampar Ampar Pisang

Grameds pasti sudah tahu dong jika di provinsi Kalimantan Selatan itu memiliki banyak sekali suku. Ada Suku Banjar, Suku Dayak Baraki, Suku Dayak Bukit Ngaju, Suku Dayak Bakumpai, dan lainnya. Nah, salah satu sukunya yaitu Suku Banjar memiliki lagu daerah yang sangat populer berjudul Ampar Ampar Pisang yang mana keseluruhan liriknya menggunakan Bahasa Banjar, sebab menceritakan akan kebudayaan dari suku tersebut.

Singkatnya, lagu Ampar Ampar Pisang ini menceritakan tentang hamparan buah pisang yang hendak dibuat kue rimpi. Namun, hamparan buah pisang tersebut terdapat binatang berukuran kecil yang berterbangan di atasnya, sebab menyukai aroma pisang tersebut.

Sedikit trivia saja nih, kue rimpi adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang berbahan dasar buah pisang. Cara pembuatannya adalah buah pisang diampar atau disusun terlebih dahulu di sebuah tempat yang luas dan datar. Lalu, amparan buah pisang tersebut dibiarkan hingga hampir matang mendekati busuk, kemudian barulah dijemur di bawah sinar matahari. Ketika menjemurnya di bawah sinar matahari, membutuhkan waktu yang lumayan lama sehingga pisang akan mengeras. Berhubung buah pisang ketika dijemur mengeluarkan aroma manis, maka akan datang binatang terbang berukuran kecil-kecil di atasnya. Binatang terbang tersebut dikenal oleh masyarakat Kalimantan dengan sebutan bari-bari. Sekilas, kue rimpi ini mirip dengan sale pisang.

Dalam lagu Ampar Ampar Pisang ini, tidak hanya binatang terbang bari-bari saja yang disebut, tetapi juga biawak. Mengapa begitu? Sebab hal itu untuk menakuti siapa saja yang suka mencuri pisang terutama ketika tengah dalam proses penjemuran. Biasanya, mereka yang mengambil pisang tersebut adalah anak-anak. Yap, anak-anak yang bandel sering mengambil dan memakan pisang-pisang yang tengah dijemur tersebut, kemudian memakannya dengan lahap.

Lagu ini biasanya dinyanyikan oleh masyarakat Kalimantan. Jika dinyanyikan oleh para anak-anak, maka akan menjadi sebagai lagu pengiring di sebuah permainan. Dalam permainan tersebut, dengan berakhirnya lagu Ampar Ampar Pisang dinyanyikan, maka anak terakhir yang mengikuti permainan harus tersentuh. Lalu, anak tersebut akan melipat kakinya layaknya kaki yang buntung karena digigit oleh bulus. Anak yang melipat kakinya tersebut berarti telah kalah dalam permainannya.

Biografi Singkat Hamiedan AC

Hamiedan AC adalah sosok pencipta lagu daerah Ampar Ampar Pisang yang berasal dari Kalimantan Selatan ini. Beliau lahir pada 26 September 1940 di Kandangan, Kalimantan Selatan dan wafat pada 10 Desember 1997 di Jakarta. Hamiedan AC terkenal akan kemampuannya dalam bernyanyi dan menciptakan lagu, sehingga dirinya disebut-sebut sebagai salah satu maestro hebat untuk lagu daerah Banjar. Tak hanya itu saja, lagu-lagu Banjar ciptaan Beliau juga seringkali dinyanyikan oleh para penyanyi nasional, sebut saja ada Ira Maya Sopha dan Puput Novel. Selain lagu-lagu berbahasa Banjar, Hamiedan AC juga turut serta dalam menciptakan lagu bergenre langgam keroncong yang kemudian dinyanyikan oleh beberapa penyanyi seperti Mus Mulyadi, Sundari Sukoco, dan lainnya.

Nah, itulah ulasan mengenai lirik dan makna dari lagu Ampar Ampar Pisang yang berasal dari Kalimantan Selatan, tepatnya dengan Bahasa Banjar. Apakah Grameds sudah hafal akan lagu daerah ini?

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum