in ,

Daftar Koran Naungan KG Media Terbaik

Newspapers

Daftar Koran Naungan KG Media – Di era modern seperti sekarang, koran sebagai media untuk memperoleh informasi memegang peranan penting di tengah masyarakat. Dalam arus globalisasi yang semakin deras, keperluan untuk mengakses informasi yang kredibel merupakan hal yang mutlak.

Ancaman hoax atau berita bohong yang mengintai setiap saat membuat kita perlu waspada dalam memilih media informasi yang akan kita akses. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk menghindari hoax adalah mencari informasi dari sumber terpercaya.

Sumber informasi yang dapat kita akses pun tak lagi terbatas pada koran konvensional yang berbasis pada media cetak, namun kini kita sudah bisa mengakses informasi pada koran elektronik yang berbasis media digital.

Dengan koran elektronik yang berbasis media digital ini, kita dapat memperoleh informasi secepat mungkin tentang berita yang telah lampau melalui website atau aplikasi yang bersangkutan tanpa harus membuka lembaran kertas pada edisi koran di hari sebelumnya. Selain itu, koran elektronik memudahkan kita untuk mencari informasi yang relevan sesuai kebutuhan kita melalui fitur pencarian tanpa perlu membuka satu per satu halaman koran.

Hal lain yang menjadi daya tarik pada koran elektronik adalah kemudahan dalam mengakses topik yang diminati. Apabila Grameds tertarik pada berita seputar politik, teknologi, ataupun gaya hidup, koran elektronik telah memisahkan berbagai informasi sesuai dengan kategorinya masing-masing. Grameds hanya perlu membuka kolom kategori yang sesuai minat dan kebutuhan, lalu voi la! Bermacam-macam  artikel sesuai dengan topik yang bersangkutan akan muncul.

Pengertian Koran

pengertian koran
Newspapers

Koran, yang biasa disebut pula sebagai surat kabar, adalah suatu produk penerbitan yang dari segi sifatnya ringan dan biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah dengan ciri-ciri buram dan lebar. Sebuah koran biasanya berisi berita-berita terkini tentang berbagai topik, mulai dari politik, hukum, gaya hidup, teknologi, olahraga, hingga ramalan cuaca. Secara bahasa, koran merupakan kata serapan dari bahasa Belanda krant dan bahasa Perancis courant.

Pada umumnya, koran diterbitkan setiap hari dengan pengecualian hari libur, meskipun ada pula koran yang terbit dalam periode mingguan. Penerbitan koran pun dapat menyesuaikan jangkauan berita yang akan disampaikan, mulai dari lingkup lokal, nasional, bahkan internasional.

Sering kali koran disandingkan dengan majalah yang biasa dicetak menggunakan kertas yang dijilid dan diterbitkan berkala, baik mingguan maupun bulanan. Perbedaan mendasar yang membedakan koran dengan majalah biasanya terletak pada kedalaman isu dan tema yang disampaikan.

Kebanyakan majalah cenderung membahas suatu isu lebih mendalam dan berdasarkan tema tertentu, sementara koran cenderung membawa suatu isu dengan lebih ringan dan tidak terikat pada tema edisi terbit.

Dalam proses penerbitan koran pun biasanya terdapat beberapa peran yang saling berkesinambungan. Mulai dari pemilik surat kabar sebagai penanggung jawab keberlangsungan dan arah serta tujuan medianya, redaktur sebagai jurnalis bertanggung jawab atas kepenulisan rubrik tertentu, editor sebagai penentu layak atau tidaknya suatu artikel yang akan terbit, hingga reporter yang memegang posisi utama dalam pencarian berita di lapangan.

Dalam perkembangannya, koran tidak lagi bersifat konvensional dengan menggunakan media cetak berupa kertas. Seiring kemajuan teknologi, koran berevolusi menjadi bagian dari media digital sehingga cara mengaksesnya cukup dengan menggunakan ponsel pintar, tablet, maupun laptop. Keunggulan dari koran elektronik ini memberikan kemudahan akses bagi pembaca, mulai dari tahap pembelian produk, pencarian kata kunci, hingga penyimpanan.

Melalui koran elektronik pembaca dapat membelinya dengan berlangganan pada penyedia layanan surat kabar melalui tranksasi online sehingga cukup praktis dilakukan. Lalu, pencarian kata kunci yang dibutuhkan oleh pembaca juga dapat dilakukan melalui mesin pencari yang disediakan aplikasi pembaca koran elektronik sehingga tidak perlu membuang waktu untuk mencari informasi yang dituju.

Terakhir, koran elektronik yang telah dibaca dapat disimpan dengan baik pada ponsel, tablet, atau laptop tanpa harus menghasilkan limbah kertas sehingga pemanfaatan kertas dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Koran Terbitan Kompas Gramedia yang Menempati Peringkat Terbaik di Indonesia

Kini hidup kita tak akan lepas dari informasi yang dibawa melalui koran. Oleh karena peranan koran, baik yang berbasis cetak maupun digital, memegang peranan besar dalam seperempat awal abad ke-21 ini, tentu kita dapat menemui berbagai media yang menawarkan berbagai infomasi. Di tengah persaingan berbagai media ini, kita tentunya perlu memilah media mana yang dapat kita percayai sebagai sumber informasi. Dalam artikel ini, kami telah merangkum lima rekomendasi media di bawah naungan KG Media yang dapat dijadikan rujukan Grameds dalam memperoleh informasi.

Kompas Way, Jakob’s Legacy - 85 Tahun Jakob Oetama
Kompas Way, Jakob’s Legacy – 85 Tahun Jakob Oetama

tombol beli buku

Kompas Way atau Cara Kompas tidak hanya kumpulan kode etik dan tuntunan moral, tetapi juga kiat agar tetap survive dan berkembang. Sebagai lembaga idealisme dan bisnis, sebagai bagian integral masyarakat, Kompas berusaha terus meraih kepercayaan (trust) masyarakatnya. Karena itu perubahan adalah keniscayaan. Di suatu zaman pernah sebagai anjing penjaga yang galak, di zaman lain sebagai anjing penurut dan sopan. Dalam kondisi zamannya, tanpa menutup kemungkinan polesan, Kompas Way jadi sumber rujukan: kiat dan nilai yang ditransformasikan dan diwariskan para pendirinya lewat kata-kata yang mengajar dan perbuatan yang meninggalkan keteladanan dengan terus didialogkan dengan realitas.

1. Harian Kompas

Koran yang satu ini tentu tidak asing lagi bagi Grameds. Sebagai surat kabar terbaik di Indonesia, Harian Kompas mengedepankan nilai-nilai terpercaya, akurat, dan mendalam. Dengan semboyan “Amanat Hati Nurani Rakyat”, Harian Kompas telah menjadi kiblat masyarakat dalam mencari informasi kredibel selama beberapa generasi. Harian Kompas berpusat di Jakarta dan diterbitkan oleh PT Kompas Gramedia Nusantara yang merupakan bagian dari Kompas Gramedia yang berdiri sejak 28 Juni 1965 di bawah komando P. K. Ojong dan Jakob Oetama.

Harian Kompas tak hanya bergerak pada produk cetak, namun juga meliputi produk digital. Kini kita dapat mengakses berbagai informasi dari Harian Kompas melalui ePaper Kompas dengan cara berlangganan terlebih dahulu. Dengan tampilan seperti koran konvensional dengan modifikasi sehingga tampak lebih modern, produk digital Harian Kompas menyajikan kepada pembaca sebuah pengalaman membaca koran yang lebih nyaman melalui ponsel maupun tablet pintar.

Dalam mengakses informasi pun pembaca dimudahkan untuk dapat mencari berita yang sesuai dengan kebutuhan lewat cara memilih tanggal edisi terbit. Grameds bisa langsung mengakses Harian Kompas secara daring di www.kompas.id

KOMPAS: MENJADI PERKASA KARENA KATA
KOMPAS: MENJADI PERKASA KARENA KATA

tombol beli buku

MENJELANG pensiun pada tahun 2004, atas izin pimpinan, saya mengumpulkan bahan untuk menulis tentang sejarah Harian Kompas. Walaupun saya tidak mengikuti sejak kelahirannya pada tahun 1965, dan baru masuk tahun 1970, namun itu tak menjadi masalah dalam upaya pengumpulan bahan-bahan atau data yang dibutuhkan untuk penyusunan buku tersebut.

2. Kompas.com

Berbeda dengan Harian Kompas yang menyajikan informasi, baik berupa cetak maupun elektronik, melalui tampilan khas koran, Kompas.com memberikan berbagai informasi kepada pembaca dalam bentuk beragam artikel daring pada media elektronik yang masing-masing berdiri sendiri. Grameds dapat memilih informasi sesuai kebutuhan dengan tampilan sebuah artikel tunggal tanpa perlu tercampur dengan artikel lain. Dengan tampilan seperti ini, Kompas.com dapat merilis berita up to date pada hari yang sama pasca kejadian tanpa perlu menunggu penerbitan di hari berikutnya sebagaimana koran pada umumnya menerbitkan berita terakual di edisi berikutnya.

Di bawah naungan PT. Kompas Cyber Media yang bersemboyan “Jernih Melihat Dunia”, Kompas.com juga menyajikan beragam topik informasi yang tersebar dalam berbagai kategori, seperti News yang berisi kumpulan bermacam-macam berita teraktual, Money berisi kumpulan informasi bisnis, Bola yang berisi berita seputar dunia sepak bola, Lifestyle yang berisi berita terkait gaya hidup, Bisnis & Keuangan, Humaniora, Opini, Politik & Hukum, Sosok, Nama & Peristiwa, Nusantara, Metropolitan, dan berbagai macam kategori rubrik lainnya.

3. Kontan

PT Granusa Mediatama di bawah Kompas Gramedia memiliki sebuah media yang berfokus utama di bidang ekonomika dan bisnis yang kini kita kenal sebagai Kontan. Dengan tabloid pertama yang terbit pada 30 September 1996, Kontan mulai memasuki persaingan media di Indonesia.

Selain dua produk utama, yakni surat kabar harian (Kontan) dan tabloid mingguan (Tabloid Kontan), Kontan juga mengelola portal berita online (Kontan.co.id). Portal daring Kontan menyediakan berbagai rubrik kategori mulai dari investasi, keuangan, peluang usaha, personal finance, hingga lifestyle sesuai dengan kebutuhan pembaca. Grameds dapat langsung membuka situs daring Kontan di www.kontan.co.id.

4. Tribun Network

Tribun Network merupakan jaringan berbagai surat kabar di setiap daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Di bawah naungan KG Media, Tribun Network terbit setiap hari dengan mengangkat berbagai isu di setiap daerah yang tersebar di Indonesia. Dengan nama awal “Persda”, Tribun Network merintis dari yang awalnya hanya memiliki beberapa koran di daerah, di antaranya Serambi Indonesia yang beroperasi di Aceh, Pos Kupang di Kupang, Bernas di Yogyakarta, Bangka Pos di Bangka, Banjarmasin Post di Banjarmasin, dan Sriwijaya Post di Palembang.

Seiring dengan berjalannya waktu, Persda berubah nama menjadi Tribun Network dan telah berhasil menerbitkan surat kabar dengan nama “Tribun”. Surat kabar bernama “Tribun” ini kemudian mulai diaplikasikan di beberapa surat kabar; seperti harian Tribun Kaltim di Kalimantan Timur, Tribun Jabar di Jawa Barat, Tribun Lampung di Lampung, Tribun Bali di Bali, dan Tribun Timur di Sulawesi Selatan. Salah satu surat kabar yang paling terkenal dari anggota Tribun Network ini ialah Warta Kota yang terbit di kawasan Jabodetabek dan berpusat di Jakarta.

5. Tribunnews.com

Situs berita ini berada di bawah naungan PT. Tribun Digital Online yang merupakan bagian dari Tribun Network. Berita yang disediakan oleh Tribunnews.com bersumber pada 28 surat kabar daerah yang tergabung dalam Tribunnetwork. Berkantor pusat di Jakarta, tepatnya di Jalan Palmerah Selatan No 3, Jakarta Pusat, informasi yang disajikan oleh situs ini meliputi berbagai berita dalam cakupan regional, nasional, hingga internasional.

Salah satu hal yang menarik dari Tribunnews adalah rubrik Tribuners dan Citizen Reporter yang memberikan kesempatan pada publik untuk berkontribusi. Kehadiran rubrik tersebut dapat diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat luas dalam menyampaikan gagasan berupa ide serta pengalamannya melalui kemasan berita kepada para pembaca.

Tribunnews.com juga menyajikan halaman digital paper dari berbagai surat kabar yang terafiliasi dengan Tribun Network. Digital paper ini merupakan koran yang hanya terbit secara online dalam format digital tanpa adanya versi cetak. Hal ini berbeda dengan e-paper yang merupakan replika dari edisi cetak yang memiliki tampilan seperti koran konvensional

Baca Koran Melalui Aplikasi Gramedia Digital

Diera digital yang sudah semakin maju ini, kita bisa membaca koran, buku sampai majalah hanya melalui aplikasi. Salah satunya adalah melalui aplikasi Gramedia Digital. Selain lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas, juga lebih praktis dan simple.

Untuk bisa membaca koran atau majalan melalui handphone, Anda dapat mendowonload aplikasi gramedia digital berikut ini :

Syarat dan Ciri Koran yang Baik

Syarat dan Ciri Koran yang Baik
Closeup top view of a mid 20’s handsome guy having morning coffee and reading newspaper at a local coffee shop. He’s going through job ads and making some phone calls.

Setelah kita melihat berbagai surat kabar naungan KG Media yang menduduki peringkat terbaik di Indonesia, kami mengajak Grameds untuk mencari tahu lebih banyak mengapa deretan surat kabar itu berhasil memperoleh posisinya sekarang. Pada dasarnya, terdapat beberapa syarat dan ciri yang membuat sebuah surat kabar dapat menarik banyak pembaca, terlebih bertahan dalam waktu yang relative cukup lama.

Dalam memahami ciri-ciri koran yang baik, kita dapat terlebih dahulu menengok pendapat Karl Batwizch yang mengemukakan lima syarat bagaimana koran atau surat kabar dapat dikatakan baik, yakni harus memenuhi unsur publisitas, perioditas, aktualitas, universalitas, dan kontinuitas.

1. Unsur Publisitas

Koran atau surat kabar harus diterbitkan untuk publik secara luas. Dengan kata lain, koran tersebut diterbitkan dengan maksud untuk menjangkau masyarakat umum tanpa mengecualikan siapa pun.

Siapa saja berhak memperoleh informasi dari koran tersebut, termasuk dengan membeli dan membaca isinya. Apabila suatu penerbitan koran hanya menyebarkan produknya untuk kalangan tertentu, maka tentu informasi yang termuat di dalamnya tidak dapat tersebar secara luas untuk masyarakat umum.

2. Unsur Perioditas

Koran atau surat kabar harus menerbitkan produknya secara berkala dalam periode waktu tertentu, entah itu harian maupun mingguan. Penerbitan ini harus bersifat terencana dan teratur, termasuk pada rincian waktu terbit, apakah suatu koran diterbitkan secara rutin pada pagi hari atau sore hari.

3. Unsur Aktualitas

Koran atau surat kabar harus memuat informasi terbaru sesuai dengan fakta-fakta valid yang dapat dipertanggung jawabkan. Tentu apabila informasi yang ditawarkan sudah tidak relevan dengan perkembangan berakibat pada menurunnya jumlah pembaca. Di sini, suatu surat kabar perlu memperhatikan segala perkembangan isu yang ada di masyarakat sehingga tak perlu khawatir akan adanya informasi yang terlewat.

4. Unsur Universalitas

Koran atau surat kabar harus berisi bermacam-macam topik sehingga tidak terbatas pada satu tema permasalahan saja. Misalnya, surat kabar tidak boleh hanya membahas isu seputar olahraga tanpa membahas isu lainnya. Surat kabar harus memuat beragam permasalahan yang relevan bagi masyarakat, seperti hukum, pendidikan, olahraga, teknologi, politik, sosial, budaya, gaya hidup, dan lain sebagainya.

5. Unsur Kontinuitas

Koran atau surat kabar harus berisi informasi yang berkaitan antara berita satu dengan berita lainnya di setiap edisi penerbitan. Misalnya, pada edisi hari ini membahas soal sidang pertama kasus korupsi, maka pada edisi berikutnya surat kabar perlu melanjutkan informasi yang berkaitan, seperti perkembangan sidang selanjutnya soal kasus terkait.

Selain karena memenuhi syarat-syarat di atas, suatu koran atau surat kabar perlu memperhatikan beberapa hal teknis yang akan membawa kesan sangat baik bagi pembaca, di antaranya:

6. Penggunaan bahasa yang tepat

Bahasa yang terlalu berat untuk pembaca umum akan membuat koran tidak menarik untuk dibaca. Bahasa yang ringan sekaligus formal merupakan standar umum yang bisa kita terapkan.

7. Pembahasan yang lugas

Dalam membahas suatu topik, penulis artikel dalam surat kabar perlu mengemasnya dengan lugas tanpa bertele-tele, sehingga pembaca tidak merasa bosan dengan isi artikel.

8. Pendasaran data yang faktual

Dalam memuat informasi dalam koran, penulis perlu mendasarkan diri pada fakta-fakta yang benar benar terjadi di lapangan sehingga tidak ada distorsi dalam penyampaian informasi pada pembaca.

Dasar-Dasar Jurnalistik: Buku Pegangan Wajib Para Jurnalis
Dasar-Dasar Jurnalistik: Buku Pegangan Wajib Para Jurnalis

tombol beli buku

Buku ini memang ditulis secara sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami oleh awam dan mereka yang baru belajar jurnalistik. Walaupun begitu, bagi yang telah lama berkutat dengan dunia jurnalistik, buku ini mengingatkan ulang akan dasar-dasar teori jurnalistik yang tidak lekang oleh zaman. Sebab, jurnalis adalah penggali dan pembawa kebenaran untuk disebarluaskan kepada siapapun

Demikian kita telah membahas sederet koran naungan KG Media yang menempati peringkat terbaik di Indonesia. Berbagai hal yang menjadi hal wajib dalam surat kabar juga telah kita kupas satu per satu.

Bagi Grameds yang tertarik untuk belajar dan terjun ke dunia jurnalistik bisa langsung mengakses berbagai buku yang Gramedia sediakan. Sekali lagi, jangan lupa untuk tetap mengakses berbagai informasi, baik dari media cetak maupun media elektronik , ya, Grameds!

Penulis: Savero Aristia Wienanto

BACA JUGA:

Written by Wida Kurniasih