in

Kisah-kisah Inspiratif Islami Terbaik

Kisah-kisah Inspiratif Islami Terbaik – Dalam agama Islam, ada berbagai macam kisah inspiratif yang memberi banyak pelajaran bagi umatnya. Kisah-kisah tersebut dapat menyadarkan kita sebagai manusia yang percaya akan kehadiran Allah SWT di dalam hati. Berikut ini kisah inspiratif Islami yang bisa Grameds pahami sekaligus ambil pelajaran di dalamnya sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Kisah Inspiratif Islami Tentang Kehidupan

1. Sang kakek Dan Pencuri Pepaya

Kisah inspiratif Islami ini bercerita tentang kehidupan seorang kakek yang hidup sederhana dan menjadi warga desa yang sederhana. Suatu hari ia menemukan pohon pepaya yang sedang berbuah di depan rumahnya, tetapi hanya beberapa buah yang siap untuk dipanen. Keesokan harinya, ketika dia mencoba memetik buah itu, dia menemukan bahwa seseorang telah mencuri buah tersebut. Sang Kakek tampak depresi karena papaya tersebut dan istrinya sedih dan terkejut karena hal tersebut.

Tapi rupanya lelaki tua itu bertanya-tanya betapa sulitnya bagi orang yang mencurinya, dia harus bersembunyi di tengah malam agar tidak ketahuan, dan harus berjuang memanjat dalam kegelapan untuk mengambilnya. Keesokan harinya, lelaki tua itu dengan sengaja meminjam tangga dan meletakkannya di bawah pohon untuk berjaga-jaga jika pencuri itu kembali. Tetapi keesokan harinya, kakek justru masih menemukan buah pepaya di sana. Tangga tidak bergerak sedikit pun, dan kakek mencoba bersabar dan ingin pencuri itu kembali lagi seperti malam itu.

Tapi keesokan harinya, buah pepaya  masih ada. Pada sore hari, seseorang mengunjungi rumah Kakek dan dia memiliki beberapa  pepaya besar di tangannya. Ia adalah seorang pemuda yang belum pernah terlihat sebelumnya. Sederhananya, setelah percakapan yang panjang dan ketika pemuda itu hendak berpamitan, pemuda itu  menyesal dan mengaku  telah mencuri pepaya.

“Sebenarnya, saya ingin mendapatkan sisa buah pepaya pada malam berikutnya, tetapi ketika saya melihat tangga, saya melihat bahwa saya terkesan dengan kebaikan  pemilik pohon dengan keramahan dan kesabarannya.” Sejak itu, dia memutuskan untuk tidak  mencuri lagi, tetapi dia mengembalikan pepaya kakeknya untuk menebusnya dan membeli pepaya  sendiri di pasar.

2. Buta Mata Namun Tidak Buta Hati

Kisah ini bercerita tentang seorang pembeli yang meminta kembalian pada pedagang kerupuk  dengan berkata, “Pak, saya kira saya tidak akan memberi uang, tetapi saya akan mengambil 10.000 kembalian, apakah Anda takut kehilangan?” Penjual kerupuk menjawab dengan lembut, “Tuhan tidak menukar makanan, Nak, makanan sudah diatur olehnya, jika saya rugi sekarang, Tuhan akan tetap menyiapkan makanan lain untuk saya. Saya yakin.”

Segera setelah mendengar jawaban penjual kerupuk tersebut pembeli tersebut bergetar hatinya dan Allah memberi penjual kerupuk lebih banyak uang untuk memberi makan pemuda yang membelinya. Kekayaan tidak  pernah tertukar.

3. Mendoakan Orang Lain

Di malam yang bersejarah di sepertiga malam terakhir, Sayyidah Fathimah R.A, putri tercinta Rasulullah SAW sholat malam di rumahnya. Terkadang dia menghabiskan malam dengan Qiyamul Rail dan berdoa. Sayyidina Hasan sering mendengarkan doa ibunya.

Suatu pagi, ketika Sayyidah Fatimah selesai shalat, Sayyidina Hasan bertanya kepada R.A. Sayyidah Fatimah  dengan lembut menjawab, “Nak, berdoalah untuk tetanggamu dulu. Ketika para malaikat mendengarmu berdoa untuk tetanggamu,  mereka berdoa untukmu. Apakah ada yang lebih baik daripada doa  para malaikat di dekat  Tuhan kita yakni Allah SWT?”

Berbicara kisah inspiratif, tidak jauh dengan hikmah dan perenungan dari kisah tersebut. Buku di bawah ini merupakan buku yang cocok untuk Anda yang sedang melakukan perenungan hidup.

Kisah Inspiratif Islami Tentang Untuk Anak-Anak

1. Kisah Asiyah Istri Fir’aun

Asiyah adalah istri Fir’aun yang taat dan beriman kepada Allah SWT. Keyakinan ini sangat  berbeda dengan Fir’aun suaminya. Asiyah bermoral sementara Firaun sendiri mengaku  sebagai dewa. Firaun bertemu Asiyah untuk mengerahkan kekuatannya di depan istrinya setelah membunuh Masita, wanita beriman. Tapi istrinya bahkan memberitahunya tentang Islam, dan Firaun marah dan bersumpah untuk menguji Asiyah dengan kematian atau untuk menguji Asiyah yang percaya pada Tuhan.

Firaun meraih tangan Asiyah dan mengikat tangan serta kakinya ke pasak besi. Firaun memerintahkan pasukannya untuk mengalahkan Asiyah, akhirnya mengeluarkan darah  dari tubuhnya, dan siksaan menjadi lebih menyakitkan dan hampir membuatnya mati. Asiyah melihat ke langit dan berdoa. Doa Asiyah dijawab oleh Allah ketika fisiknya yang sekarat tiba di langit dan dia tersenyum saat meninggal.

2. Kisah Masyitah Pelayan Putri Fir’aun

Kisah inspiratif Islami ini berasal dari Masita. Ia adalah pelayan putri Firaun, dan ia adalah seorang wanita yang berani mengorbankan jiwa dan raganya demi agama. Dia adalah seorang ibu dengan sifat cinta dan kebaikan. Dia sangat mencintai anak-anak dengan kasih sayang yang sangat tulus dan senang berjuang, bekerja dan membuat mereka bahagia di dunia dan di akhirat.

banner-promo-gramedia

Salah satu tantangan terberat yang dihadapi Masita adalah penyiksaan dan penyiksaan anak-anaknya oleh Firaun. Anak-anaknya penuh hormat dan baik hati. Ada berbagai kekejaman dan siksaan kepada Masita. Semua ketidaknyamanan yang dia hadapi dengan parah sampai akhir kematiannya membuatnya bahagia, dan Tuhan menyenangkannya.

Masyitah berhasil membesarkan anak-anak untuk berjuang di jalan Allah. Rasulullah pernah bertanya kepada Jibril ketika Rasulullah sedang menjalani Isra dan menyatakan bahwa Mi’raj Rasulullah mencium bau yang sangat harum. Jibril menjawab bahwa itu adalah bau  putri Firaun dan pelayan anak-anaknya, Masita.

Suatu hari, Masyitah menyisir rambut putri Firaun, sisirnya jatuh dari tangannya, dan dia berkata “Bismira.” Putri Firaun kaget dan melapor. Kejadian itu membuat Firaun tersinggung, yang memanggil Masita dan bertanya, “Apakah kamu memiliki tuhan yang berbeda dariku?”

Masyitah menjawab. Masita dan anak-anaknya tidak takut, Masita menanyakan satu hal kepada Firaun. Dia menuntut agar dia membungkus tulangnya dan tulang anak-anaknya, dan Firaun melakukannya.

3. Kisah Muslimah Hitam Penghuni Surga

Ketika Ibnu Abbas mengajak seorang sahabat untuk bertemu dengan seorang wanita yang merupakan ahli surga, dia berkulit hitam, yang pernah bertemu dengan Nabi SAW dan meminta doa untuk penyakitnya. Tetapi Nabi membuat pilihan untuk wanita, yaitu:

Jika dia sabar, wanita itu akan masuk surga. Ketika disembuhkan, itu terbatas pada penyembuhan. Jadi dia diberitahu bahwa dia menyukai surga, tetapi karena auranya terbuka karena penyakitnya, dia meminta Rasulullah saw untuk berdoa agar auratnya tidak terbuka, dan Rasulullah mendoakannya.

Kemudian wanita itu meminta Rasulullah kesabaran  hidupnya sehingga Allah  akan memberinya surga. Keputusan untuk bersabar dibuat dengan keyakinan tinggi baginya. Pahala terbaik bagi seorang yang menderita adalah surga.

Untuk anak-anak, Grameds tidak perlu khawatir karena kami menyediakan serial kisah-kisah hikmah untuk anak-anak.

Kisah Inspiratif Islami Tentang  Cinta

1. Kisah Shahabiyah Ummu Umarah

Kisah ini menceritakan tentang sahabat wanita Nabi (Shahabiya), Umm Umalo. Kisah Ummu Umarah sangat heroik, dan ia menjadikan tubuhnya  tameng bagi Rasulullah hingga sekitar 26  pedang mengenai tubuhnya pada Perang Uhud. Salah satunya berada di belakang leher dan hampir memotongnya untuk melindungi Nabi SAW untuk cintanya yang luar biasa.

“Allah, berilah kami cinta-Mu, cinta orang-orang yang mencintaimu, cinta yang membuat kami mencintaimu.” Segera setelah Perang Uhud usai, para sahabat  dibawa ke tenda untuk berobat. Diriwayatkan pula bahwa Rasulullah dipukul pada giginya dan pipinya dengan tombak.

Rasulullah datang ke tenda dan datang ke tendanya. Ummu Umarah mendengar suara Rasulullah, mengerang kesakitan, dan segera bangkit. Ummu Umarah tidak ingin dilihat oleh Nabi ketika dia menderita, juga tidak ingin membuat Nabi sedih. Mengapa ini terjadi ketika ia masih menanyakan kondisi Nabi dibandingkan dengan dirinya? Untuk cinta.

 

Baginya, ketika Rasulullah sakit, dia  sakit. Setelah beberapa saat, Nabi meninggalkan tenda, Umara pun segera meninggal. Ketika dia melihat dan menerima kabar bahwa Rasulullah sedang mengejar musuh,  Ummu Umara segera bangkit dan mengejar Raslullah. Mengapa ini terjadi? Ini adalah cinta sejati. Ini adalah bagian dari kisah seorang pejuang Muslim yang dengan berani melindungi Nabi dengan segenap jiwa dan raganya.

 

2. Kisah Inspiratif Islami Percintaan Rasulullah

2.1. Lomba Lari Dengan Aisyah

Dalam  riwayat disebutkan, Raslullah pernah mengajak Aisyah saat bepergian ke suatu tempat. Tubuhnya relatif ramping dan ideal, sehingga Aisyah berlari kencang, dan akhirnya Aisyah mengalahkan Raslullah SAW. Kemudian Rasulullah SAW mengajak  Aisyah untuk lari lagi, dan akhirnya Rasulullah SAW berhasil mengalahkan Aisyah. Sambil bercanda, Raslullah menggoda Aisyah dan berkata, “Ini adalah pembalasan atas kekalahanku sebelumnya.”

2.2. Menjadikan Lutut Sebagai Tangga Untuk Naik Unta

Suatu ketika, di akhir perang, Nabi SAW mendengar pesan tentang kecantikan seorang janda bernama Shafia Binto Huyai. Suaminya meninggal di awal pernikahan, dan Nabi menerima wahyu untuk menjadikannya seorang istri. Dalam perjalanan pulang, Anas bin Malik berkata: ” Aku melihat Rasulullah SAW duduk di dekat unta untuk meletakkan lututnya sehingga istrinya Shafiah bisa menginjakan kakinya di atas lutut beliau SAW untuk menaiki unta.”

2.3. Meluangkan Waktu Dengan Istri

Aisyah pernah melihat seorang sahabat Nabi SAW  berlatih pedang di  masjid. Rasulullah SAW bertanya kepada istrinya: “Muhammad, apakah kamu ingin melihatnya berlatih?” Aisyah menjawab “ya.” Raslullah berdiri di depan pintu, diikuti oleh Aisha. Aisha kemudian meletakkan dagunya di bahu Raslullah dan  wajahnya di pipi Raslullah. Setelah beberapa saat, Nabi berkata, “Cukup.” Aisha menjawab, “Kekasih Tuhan, jangan terburu-buru.” Rasulullah pun kembali menemani istri tercintanya. Sebenarnya, Aisyah tidak ingin melihat latihan pendamping. Dia hanya ingin menghabiskan waktu bersama Nabi SAW.

Kisah Inspiratif Islami Berdasarkan Kisah Nyata

Kisah inspiratif Islami yang datang dari kisah nyata ini adalah cerita dari seorang mualaf yang  merupakan seorang ateis dan profesor matematika. Sampai saat itu, dia tidak pernah menerima jawaban yang memuaskan tentang keberadaan surga dan sebagainya. Seringkali dia bermimpi menghadap Tuhan, bangun, membungkuk, lalu bangun lagi dan bermimpi mendorong dahinya ke lantai. Tidak hanya dia  di dalam ruangan, tetapi beberapa pria berbaris. Melakukan hal yang sama untuknya, Anda dapat melihat orang-orang di garis depan  memimpin gerakan.

banner-promo-gramedia

Singkat cerita, saat menjadi dosen di Universitas San Francisco, salah satu siswanya beragama Islam. Seorang siswa Muslim tersebut memberinya terjemahan Al-Qur’an. Sejak itu, dia merasa tercerahkan. Ditambah ketika ia melihat seorang mahasiswa Muslim berdoa di ruang bawah tanah. Sesuai dengan mimpi beberapa tahun  lalu. Akhirnya, profesor matematika itu mengucapkan dua kalimat keyakinan dan memutuskan untuk  menjadi seorang Muslim.

Ada beberapa kisah yang menceritakan perjuangan untuk hijrah dari kehidupan lama menuju kehidupan baru. Buku ini merupakan pilihan yang tepat untuk dibaca.

Kisah Inspiratif Islami Tentang Sedekah

Pada zaman Nabi Sulaiman AS, ada sebuah keluarga yang konon memiliki pohon besar  di samping rumahnya. Ada sarang burung dengan beberapa merpati di sana. Kemudian laki-laki itu membawa merpati itu kepada anaknya, setelah itu induk merpati mengadu kepada Nabi Sulaiman AS.

Nabi Sulaiman mengundang orang itu untuk bertobat dan  berjanji tidak akan melakukannya lagi. Suatu hari, istrinya menyuruh ia untuk mengambil  merpati lagi, jadi pria itu pada awalnya menolak, tetapi dibujuk oleh godaan istrinya untuk melakukannya beberapa kali.

Ibu Merpati mengeluh lagi, dan Nabi Sulaiman marah kepada laki-laki itu. Kemudian Nabi Sulaiman menginstruksikan Jin untuk melindungi pohon itu dan menegaskan bahwa pria itu tidak membawa pulang merpati. Ketika merpati itu lahir kembali, lelaki itu memanjat lagi dan tiba-tiba lelaki malang itu  mengetuk pintu dan menyuruhnya memberikan sesuatu kepada istrinya.

Istri berkata, “Aku tidak punya apa-apa,” dan lelaki itu turun dari pohon dan memberi lelaki malang itu segenggam makanan. Kemudian dia memanjat pohon lagi dan mengambil merpati lain. Kemudian induk merpati mengeluh lagi, dan Nabi Sulaiman  marah dan memanggil dua jin untuk melindungi pohon itu. Roh berkata bahwa ketika kami mencoba untuk menjatuhkan orang itu, tiba-tiba dua malaikat datang dan melemparkan kami ke arah yang berlawanan jauh. Amal dapat menyelamatkan orang dari bahaya.

Kisah Inspiratif Islami Tentang Remaja

Seorang pria agak  tua dengan pakaian lusuh memasuki toko yang megah dan mewah. Pakaiannya menunjukkan bahwa pria itu miskin. Tamu itu menatap pria itu dengan ekspresi aneh, tetapi tidak pada penjaga toko, seorang pengusaha muda dan dewasa. Pemilik sangat ramah dan mendatangi lelaki tua itu dan bertanya apa yang dia cari. Orang tua itu sedang mencari selimut untuk dirinya dan anak-anaknya, tetapi ternyata dia hanya membawa apa yang bisa dihasilkan berupa uang.

Lelaki tua itu mencari selimut  yang buruk hanya untuk melindungi anak-anaknya dari hawa dingin. Tetapi penjaga toko memberinya selimut yang sangat bagus dan itu pasti tidak murah, tetapi penjaga toko mengatakan bahwa harganya masuk akal untuk uang yang dibawa pria itu.

Kemudian pria itu pulang dengan  sangat gembira. Tiba-tiba, seorang pengunjung toko yang mengetahui harga sebenarnya dari selimut terkejut dan bertanya, “Anda menjual selimut kepada saya kemarin dengan harga tinggi, tetapi apakah Anda menjualnya dengan sangat murah hari ini?” Tanya pengunjung. Kepada penjaga toko menjawab, “Karena selimut mahal, saya menjualnya dengan harga yang wajar, tetapi kemarin saya berdagang dengan manusia dan hari ini saya berdagang dengan Tuhan.”

Si pemilik toko muda itu tidak dengan sengaja menyerahkan selimut untuk melindungi martabat si orang tua, sehingga dia tidak merasa malu untuk menerima sedekah. Penjaga toko muda itu ingin lelaki tua  itu  dan anak-anaknya terhindar dari hawa dingin yang  datang. Dan dia ingin Allah menyelamatkan dia dan keluarganya dari panasnya penderitaan api neraka.

Kisah Inspiratif Islami Tentang Kejujuran

Kisah inspiratif Islami tentang kejujuran ini kemudian datang dari seorang sahabat Ka’ab Bin Malik dan dua sahabat lainnya. Ka’ab bin Malik absen dari pertempuran Tabuk karena keterlambatan dalam mempersiapkan perlengkapan perang. Dia khawatir karena mereka yang absen dari perang dianggap sebagai orang munafik dan melakukan dosa besar. Juga, jika alasan ketidakhadiran tidak dapat dibenarkan.

Niatnya adalah untuk berbohong, tetapi Curve menolaknya dan memutuskan untuk mengatakan yang sebenarnya tentang ketidakhadirannya di Pertempuran Tabuk. Rasulullah SAW menerimanya, Curve menerima hasil dari tindakannya. Pada hari ke-50 keputusan, Curve mengadu kepada Allah setelah berdoa sebelum matahari terbit.

banner-promo-gramedia

Kemudian rasul Allah memanggilnya dan mengatakan kepadanya bahwa Allah telah mengampuni dosa-dosa Curb dan dua sahabatnya yang lain. Ampunan Allah kepada Kab dan dua sahabat lainnya dapat ditemukan dalam Surah at Tauba, ayat 117-119. Kejujuran ketiganya berbuah manis, meski harus menghadapi konsekuensinya. Alasan mereka tidak hadir dalam Perang Tabuk bukanlah karena secara sadar meninggalkan kewajiban mereka.

Nah, itulah beberapa kisah inspiratif Islami terbaik yang bisa dijadikan teladan. Grameds bisa akses berbagai referensi buku Gramedia di www.gramedia.com tentang kisah inspiratif Islami, seperti rekomendasi buku berikut ini: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nanda